Jurnal Enterpreneur

5 Tips Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Sistem Akuntansi

Seiring dengan berkembangnya teknologi, perangkat lunak atau software akuntansi semakin marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil.

Tidak bisa dipungkiri, penggunaannya untuk setiap aktivitas bisnis akan sangat berguna, efektif, dan efisien karena kemudahan dan terhindar dari risiko kesalahan teknis lainnya.

Berikut langkah cepat dalam mempersiapkan laporan keuangan menggunakan perangkat lunak untuk akuntansi.

Siapkan Database Perusahaan


Sebagai permulaan, Anda harus mengisi informasi profil lengkap mengenai perusahaan atau bisnis Anda.

Seperti nama perusahaan, tanggal perusahaan berdiri, jenis perusahaan, dan lainnya. Ini penting untuk proses validasi dan otorisasi seluruh aktivitas bisnis Anda.

Baca Juga : Cara Mudah Memahami Akuntansi Keuangan

Buat Charts of Accounts

aplikasi akuntansi
Charts of Account (CoA) adalah ringkasan seluruh akun terkait pembukuan akuntansi Anda seperti akun kas, piutang, daftar aset lancar dan tetap, biaya-biaya, dan lain sebagainya.

Jika perusahaan atau bisnis Anda sudah memiliki CoA sebelumnya, maka Anda bisa melakukan migrasi data dari CoA sebelumnya ke software akuntansi yang Anda gunakan.

Baca Juga : Tips Agar Faktur Penjualan Dibayar Tepat Waktu

Isi Informasi Setiap Akun Pada Software Akuntansi


Isi data akun seperti saldo awal kas dan kas di bank, aset-aset, piutang, utang, dan lainnya. Masukkan juga data pelanggan, vendor, persediaan-persediaan, dan pajak.

Jika sebelumnya Anda sudah mempunyai laporan neraca saldo, Anda hanya perlu menyalin atau melakukan impor isi dari laporan tersebut ke software akuntansi pada periode berjalan.

Setelah semua akun terisi lengkap, Anda siap untuk mulai memasukkan segala transaksi bisnis Anda.

Baca Juga : Ketahui Pengertian dan Cara Pembuatan Faktur Penjualan

Memproses Faktur Di Software Akuntansi

software pembukuan
Membuat atau memproses faktur mungkin akan menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan dalam bisnis.

Anda dapat membuat dan mendistribusikan faktur kepada pelanggan yang berutang kepada Anda dan tentunya Anda dapat memasukkan faktur vendor ketika Anda berutang kepada mereka.

Untuk membuat invoice atau faktur, Anda akan memasukkan informasi seperti nama pelanggan, nomor faktur dan tanggal, tanggal jatuh tempo, produk atau jasa yang diberikan, kuantitas, dan harga sesuai pesanan pelanggan.

Anda dapat mencetak dan mengirimkan faktur atau mengirimkannya melalui e-mail ke pelanggan Anda. Faktur berfungsi sebagai catatan piutang Anda.

Ketika Anda menerima faktur dari vendor, Anda harus memasukkan datanya ke software akuntansi. Ini akan membantu Anda ketika hendak melunasi utang ketika telah jatuh tempo.

Baca Juga : Contoh Faktur Penjualan dan Komponen Penting di Dalamnya

Mengatur & Memasukkan Data Transaksi

software akuntansi bisnisSoftware akuntansi akan melacak setiap pengeluaran dan pendapatan bisnis Anda. Ketika Anda melakukan atau menerima pembayaran, transaksi tersebut akan secara otomatis akan memperbarui nilai saldo Anda.

Agar informasi dalam laporan keuangan khususnya laporan laba rugi bisa akurat, Anda harus mengetahui biaya apa saja yang harus dibayar dan pendapatan baik berupa kas langsung atau secara kredit.

Jika software akuntansi Anda sudah menggunakan metode akuntansi akrual, pelacakan transaksi utang-piutang akan lebih mudah dilakukan.

Menggunakan software akuntansi sesuai dengan langkah cepat di atas akan memberi Anda akses secara mudah dan cepat terhadap laporan keuangan yang dihasilkan.

Selama software akuntansi Anda melacak setiap pendapatan dan pengeluaran perusahaan, secara otomatis laporan keuangan akan dihasilkan. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Menyimpan laporan keuangan dalam software akuntansi juga dapat mencegah risiko kehilangan data bisnis Anda. Bayangkan, jika Anda masih menggunakan kertas sebagai worksheets Anda, kertas tersebut akan mudah rusak atau hilang dan tentunya membuat Anda kewalahan dalam membuat laporan keuangan.

Dengan software akuntansi online, informasi Anda tersimpan secara aman dengan fitur cloud-based.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi terbaik dengan fitur-fitur akuntansi lengkap dan komprehensif yang bisa memenuhi kebutuhan pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis atau perusahaan Anda.

Jurnal akan mencatat segala transaksi secara realtime secara cloud-based. Dimana, data-data keuangan Anda akan tersimpan secara aman dan Anda tidak lagi membutuhkan waktu lama untuk membuat seperangkat laporan keuangan.

Tunggu apa lagi? Dapatkan kemudahan membuat laporan keuangan dengan fitur Jurnal. Coba sekarang secara gratis dengan free trial selama 14 hari! Dapatkan informasi lebih lanjut melalui software invoice.

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo