Kelola Keuangan Optimal dengan Sistem Approval Transaksi

Dalam setiap bisnis, ada banyak transaksi yang terjadi setiap harinya. Ada pula proses keuangan penting yang menjadi bagian dari aktivitas bisnis. Demi mengoptimalkan tata kelola keuangan yang baik, pemilik perusahaan membutuhkan sistem persetujuan atau approval transaksi atas berbagai aktivitas keuangan di dalam perusahaannya.

Sayangnya, tak banyak perangkat pengelola keuangan yang mampu menyediakan kebutuhan pengawasan keuangan yang baik bagi para pemilik usaha. 

Persetujuan dari kepala bagian atau manajer, bahkan pemilik usaha seringkali dibutuhkan, misalnya terkait data transaksi pembelian, penawaran penjualan, pemesanan penjualan, dan persetujuan belanja usaha yang berhubungan dengan operasional bisnis. Perizinan atas transaksi penting menjadi bentuk optimalisasi pengawasan keuangan oleh pemilik perusahaan.

Ketika pemilik bisnis membiarkan staf keuangan mengirimkan faktur (invoice) transaksi secara bebas, seringkali invoice yang dikirimkan menjadi salah. Pada akhirnya, kesalahan tersebut menyulitkan proses tutup buku atau validasi laporan keuangan.

Banyak ahli manajemen keuangan menilai bahwa pelaksanaan mekanisme persetujuan atau approval transaksi dari manajer keuangan akan mengurangi kesalahan ketika menyerahkan invoice.

Tentu saja proses persetujuan transaksi bisa menghabiskan waktu yang cukup lama jika dilakukan dengan proses manual. Tak hanya itu, akan rentan pula jika pemilik bisnis atau pihak jajaran manajemen memberi persetujuan dalam bentuk fisik. Jika proses approval transaksi terhambat, maka otomatis proses bisnis juga menjadi lebih lambat.

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik usaha membutuhkan mekanisme approval transaksi keuangan yang dapat digunakan secara mudah dan praktis, namun tak mengabaikan aspek keamanan keuangan. Mekanisme itu tersedia jika Anda menggunakan software akuntansi online. Software akuntansi Jurnal by Mekari di dalam Paket Enterprise+ menyediakan fitur Approval transaksi agar perusahaan mampu mengelola keuangan secara lebih optimal. 

Baca Juga: Keunggulan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan Dibanding Manual

Manfaat Fitur Approval Transaksi

Mengapa Anda membutuhkan fitur Approval Transaksi? Terdapat beberapa manfaat lain dari fitur Approval Transaksi. Berikut adalah diantaranya:

 

Keputusan Lebih Akurat

Proses persetujuan transaksi dilakukan secara seksama oleh manajer. Hal itu sebagai langkah pemantauan keuangan, pengawasan transaksi, dan pengambilan keputusan transaksi yang lebih akurat.

Intinya, transaksi dilakukan melalui pertimbangan matang sehingga tak berpotensi terjadi kesalahan pencatatan ataupun kebocoran transaksi. Pada akhirnya, approval transaksi dari pihak pimpinan membuat keputusan yang diambil untuk operasional bisnis juga menjadi lebih akurat.

 

Efisiensi Kerja

Proses kerja menjadi lebih efisien dengan adanya software akuntansi online yang memiliki fitur approval. Alasannya, staf keuangan tidak lagi memerlukan waktu lama untuk mendapatkan persetujuan, sementara manajer atau pemilik usaha juga membutuhkan waktu singkat untuk memproses persetujuan secara mudah. Cukup dengan satu platform aplikasi Jurnal dan proses persetujuan menjadi lebih praktis.

Baca Juga: Mengenal Definisi, Jenis, dan Cara Menghitung Rasio Profitabilitas

Meningkatkan Produktivitas

Tanpa ada mekanisme approval transaksi keuangan, perusahaan berpotensi mengalami kesalahan dalam pencatatan keuangan. Maka dibutuhkan sistem persetujuan tersebut. Jika persetujuan transaksi dilakukan dengan cara manual, maka akan menghabiskan waktu dan bisa menghambat produktivitas kerja.

Dengan adanya fitur Approval Transaksi otomatis seperti yang ada pada Jurnal by Mekari, proses persetujuan tidak lagi memerlukan waktu lama, sehingga kerja karyawan bisa lebih produktif.

 

Jurnal software akuntansi UKM

Mekanisme Approval Transaksi untuk Pebisnis

Tidak perlu menunggu lama, proses approval bisa dilakukan dalam hitungan menit lewat fitur Approval Transaksi yang tersedia pada software akuntansi Jurnal by Mekari. Fitur Approval berfungsi membantu Anda sebagai pemilik usaha mengetahui bahwa setiap transaksi penjualan yang diinput oleh pengguna tertentu telah melalui review dari manajer.

Dengan demikian, Anda hanya perlu melakukan approval untuk setiap transaksi yang akan dilakukan. Caranya, dengan mengaktifkan fitur approval yang ada di Jurnal agar proses ini bisa berlangsung. Setiap formulir atau transaksi yang diperlukan akan secara otomatis terkirim kepada pemilik bisnis untuk persetujuan.

Cara mengaktifkan fitur approval pada Jurnal cukup mudah. Cukup dengan mencentang fitur approval dan setiap transaksi yang perlu review dan persetujuan dari pemilik bisnis akan secara otomatis masuk ke dalam tab ‘membutuhkan persetujuan’. Sehingga pemilik bisnis bisa memeriksa tab dengan mudah.

Sedangkan untuk memberikan persetujuan, Anda hanya perlu membuka draft pemesanan penjualan lalu pilih tab ‘membutuhkan persetujuan’. Setelah itu di dalamnya akan terdapat beberapa transaksi yang memerlukan persetujuan. Kemudian Anda tinggal klik centang pada transaksi yang perlu disetujui. Selanjutnya cukup klik setujui untuk transaksi tersebut

Penggunaan fitur Approval pada Jurnal Enterprise+ akan memudahkan banyak proses kinerja perusahaan. Terutama yang berhubungan dengan transaksi penting milik perusahaan.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED17 Sep 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: