Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Keunggulan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan Dibanding Manual

Tayang 26 May 2022
Diperbarui 12 Desember 2023

Dalam setiap transaksi bisnis, faktur penjualan adalah salah satu bagian penting yang tidak dapat diabaikan. Aplikasi faktur penjualan dapat memudahkan Anda dalam pengecekan bahwa transaksi telah dilakukan baik secara kontan maupun kredit

Dengan menggunakan aplikasi faktur penjualan, Anda bisa merekam transaksi penting perusahaan secara mudah dan praktis.

Pada dasarnya, fungsi dari faktur penjualan bermacam-macam. Salah satunya, sebagai rekaman transaksi yang dilakukan dalam bisnis agar tidak terjadi kesalahan atau tertukar dengan transaksi lain.

Faktur penjualan juga berfungsi sebagai bukti lampiran laporan keuangan dalam periode tertentu.

Kenapa Anda Harus Menggunakan Aplikasi Faktur Penjualan?

Saat ini, perusahaan masih banyak yang menggunakan cara-cara manual untuk membuat, mengirim, dan mengelola faktur penjualan. Padahal penggunaan cara manual kadang menjadi cukup merepotkan.

Misalnya saja menggunakan microsoft excel, biasanya pemilik bisnis harus memulai pengaturan dari awal, menambah logo, hingga mengatur fungsi agar perhitungan akurat.

Hal ini tidaklah mudah. Apalagi tidak semua pemilik bisnis mahir menggunakan Microsoft Excel untuk membuat faktur.

Hal lain yang juga bisa terjadi adalah data yang hilang saat komputer rusak.

Hal ini mengakibatkan hilangnya data faktur penjualan yang telah disimpan atau sedang diproses dalam transaksi.

Tentu saja hal tersebut bisa mengakibatkan kerugian bagi bisnis Anda.

Dari faktur tersebut, Anda juga bisa merekam transaksi sebagai sumber data seberapa besar omzet yang diperoleh. Akan lebih mudah bagi pemilik usaha untuk menggunakan aplikasi dalam mengelola faktur penjualan di setiap transaksi bisnis.

Baca juga: Nota Penjualan: Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh

Jurnal software akuntansi UKM

Kemudahan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan

Aplikasi faktur penjualan adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur pembuatan faktur penjualan.

Fitur tersebut bisa digunakan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan berskala besar.

Aplikasi terintegrasi pada laporan keuangan perusahaan, dilengkapi pula dengan perhitungan yang akurat sehingga kesalahan perhitungan tidak akan terjadi.

Berikut ini adalah kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh aplikasi faktur penjualan dalam bisnis:

Mudah Mencetak Faktur Penjualan

Jika sebelumnya untuk membuat faktur penjualan harus mengakses komputer untuk membuka Ms Excel, dengan aplikasi Anda bisa mengakses lewat smartphone atau device apapun selama terkoneksi dengan internet.

Kemudahan ini membuat proses mencetak faktur jauh lebih cepat. Selain versi cetak, aplikasi faktur penjualan juga menyediakan versi digital untuk fungsi yang lebih mudah bagi perusahaan dan juga pelanggan.

Proses Infrastruktur Mudah

Saat menggunakan Microsoft Excel, mungkin Anda harus mengatur setiap fungsi, kolom, logo, dan juga detail lainnya agar perusahaan bisa mencetak faktur penjualan. Dengan menggunakan aplikasi, proses tersebut tidak perlu dilakukan.

Aplikasi ini telah diatur agar bisa dengan mudah dipakai tanpa harus dilakukan pengaturan ulang. Anda hanya perlu memasukkan data dan semua akan diolah oleh aplikasi tersebut.

Mengurangi Human Error

Dengan cara manual, data rawan hilang dan kesalahan kecil mungkin bisa terjadi. Human error bisa terjadi saat memproses faktur penjualan dengan cara manual. Sistem aplikasi telah memiliki pengaturan yang mengurangi human error.

Salah satunya adalah kehilangan data. Aplikasi memiliki basis sistem cloud sehingga setiap data yang dimasukkan akan tersimpan dan bisa diakses kapanpun serta dimanapun. Data yang hilang bisa di-back up agar bisa bertahan lebih lama.

Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Belajar Membuat Faktur Penjualan Komputer Ternyata Mudah

Dalam bisnis, setiap transaksi tentunya harus dicatat agar terdapat rekaman yang bisa disimpan untuk perhitungan keuangan perusahaan.

Rekaman catatan tersebut bisa disebut juga dengan faktur penjualan. Di era digital, faktur penjualan komputer memberi kemudahan bagi perusahaan karena bisa digunakan secara praktis dibanding faktur konvensional, umumnya bagian dari fitur aplikasi komputer akuntansi.

Faktur penjualan memiliki banyak kegunaan bagi perusahaan. Beberapa fungsinya yakni, sebagai catatan tentang setiap transaksi barang yang keluar, menjadi bukti laporan keuangan, hingga alat pendukung stock opname gudang. Selain itu, faktur penjualan juga berfungsi sebagai rekaman atas status dan kondisi barang.

Penting untuk perusahaan memiliki faktur penjualan dalam setiap transaksi. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pencatatan data barang, sekaligus pencatatan keuangan dari sisi penjualan.

Selain itu, pelanggan juga memiliki bukti transaksi sehingga jika terjadi kerusakan terhadap barang ataupun jasa, pelanggan bisa meminta ganti atau pengembalian dengan bukti faktur tersebut.

Saat ini, masih banyak usaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM) yang membuat faktur penjualan dengan menggunakan cara manual. Cara manual yang dimaksud yakni menggunakan secarik kertas atau dengan Microsoft Excel.

Baca juga: 6 Aplikasi Nota Online Jadikan Bisnis Lebih Mudah!

Membuat faktur penjualan dengan Microsoft Excel adalah cara yang cukup mudah dilakukan oleh banyak orang. Tetapi data yang tersimpan berpotensi hilang dan tidak terekam secara rapi.

Selain itu, pencatatan faktur penjualan tersebut rawan terjadi kesalahan, terutama dalam penulisan nominal harga atau jumlah barang. Faktur juga tak terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan sehingga dapat terjadi kesalahan pencatatan.

Faktur penjualan manual juga cukup membutuhkan waktu yang lama dan tingkat kerumitan yang tinggi. Akan lebih mudah jika membuat faktur penjualan dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi accounting. Sebuah aplikasi accounting sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan faktur pajak yang terintegrasi dengan sistem aplikasi accounting.

Sehingga perusahaan bisa mencetak faktur penjualan dengan mudah dan cepat kapanpun diperlukan.

Dibandingkan dengan menggunakan cara manual, akan ada banyak kemudahan yang didapat dengan menggunakan aplikasi accounting untuk memproses faktur pajak.

Misalnya saja aplikasi accounting memiliki perhitungan yang lebih akurat sehingga human error akan kecil kemungkinannya terjadi.

Manfaat lainnya adalah sistem aplikasi accounting telah terintegrasi dengan fitur lainnya. Faktur penjualan yang dibuat telah disesuaikan dengan stok barang. Sehingga setiap faktur penjualan dibuat, stok barang juga mengikuti jumlah yang telah terjual. Ini memudahkan perusahaan untuk melakukan stok opname barang perusahaan.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Membuat Faktur Penjualan Komputer

Ada banyak software akuntansi yang bisa digunakan untuk membuat faktur penjualan dengan mudah. Mulai dari Microsoft Excel hingga aplikasi accounting yang memang dibuat khusus untuk proses akuntansi perusahaan.

Cara pembuatannya pun tidak jauh berbeda, atau Anda juga bisa download template buku nota kosong.

Ms Excel akan membutuhkan pengaturan secara manual terlebih dahulu. Anda harus mengatur nama perusahaan Anda dan juga logonya, kemudian mengatur kolom-kolom agar sesuai untuk dijadikan faktur penjualan.

Pastikan juga bahwa data ter-back up dengan rutin agar tidak hilang dengan mudah.

Dengan aplikasi accounting, Anda cukup memasukkan data yang diperlukan saja karena data perusahaan dan logo sudah diatur sebelumnya.

Selain itu, faktur penjualan dengan menggunakan aplikasi accounting juga lebih praktis dan akurat karena perhitungannya sudah dikelola oleh sistem aplikasi.

Menggunakan aplikasi accounting untuk pembuatan faktur pajak bisnis Anda akan memudahkan sebagian proses bisnis.

Aplikasi accounting bisa diakses kapanpun serta dimanapun. Anda juga tidak perlu khawatir data akan hilang karena aplikasi accounting berbasis cloud akan selalu menyimpan data Anda.

Salah satu aplikasi accounting yang bisa Anda gunakan adalah Jurnal. Jurnal dilengkapi dengan fitur faktur penjualan dan Anda bisa memanfaatkan setiap fiturnya untuk kebutuhan bisnis Anda.

Proses akuntansi bisnis Anda akan lebih mudah karena faktur penjualan Jurnal telah terintegrasi dengan sistem laporan keuangan di dalamnya.

Software Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, aplikasi faktur penjualan, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Mekari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis aplikasi penjualan selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

 

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal