Keunggulan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan Dibanding Manual

Dalam setiap transaksi bisnis, faktur penjualan adalah salah satu bagian penting yang tidak dapat diabaikan. Faktur penjualan menjadi penanda bahwa transaksi telah dilakukan baik secara kontan maupun kredit. Dengan menggunakan aplikasi faktur penjualan, Anda bisa merekam transaksi penting perusahaan secara mudah dan praktis.

Pada dasarnya, fungsi dari faktur penjualan bermacam-macam. Salah satunya, sebagai rekaman transaksi yang dilakukan dalam bisnis agar tidak terjadi kesalahan atau tertukar dengan transaksi lain. Faktur penjualan juga berfungsi sebagai bukti lampiran laporan keuangan dalam periode tertentu.

Saat ini, perusahaan masih banyak yang menggunakan cara-cara manual untuk membuat, mengirim, dan mengelola faktur penjualan. Padahal penggunaan cara manual kadang menjadi cukup merepotkan.

Misalnya saja menggunakan microsoft excel, biasanya pemilik bisnis harus memulai pengaturan dari awal, menambah logo, hingga mengatur fungsi agar perhitungan akurat.

Baca Juga: Arti Faktur Penjualan Kredit dan Komponen Pentingnya

Hal ini tidaklah mudah. Apalagi tidak semua pemilik bisnis mahir menggunakan Microsoft Excel untuk membuat faktur. hal lain yang juga bisa terjadi adalah data yang hilang saat komputer rusak. Hal ini mengakibatkan hilangnya data faktur penjualan yang telah disimpan atau sedang diproses dalam transaksi. Tentu saja hal tersebut bisa mengakibatkan kerugian bagi bisnis Anda.

Dari faktur tersebut, Anda juga bisa merekam transaksi sebagai sumber data seberapa besar omzet yang diperoleh. Akan lebih mudah bagi pemilik usaha untuk menggunakan aplikasi dalam mengelola faktur penjualan di setiap transaksi bisnis.

Jurnal software akuntansi UKM

Kemudahan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan

Aplikasi faktur penjualan adalah sebuah aplikasi yang memiliki fitur pembuatan faktur penjualan. Fitur tersebut bisa digunakan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan berskala besar. Aplikasi terintegrasi pada laporan keuangan perusahaan, dilengkapi pula dengan perhitungan yang akurat sehingga kesalahan perhitungan tidak akan terjadi.

Berikut ini adalah kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh aplikasi faktur penjualan dalam bisnis:

Mudah Mencetak Faktur Penjualan

Jika sebelumnya untuk membuat faktur penjualan harus mengakses komputer untuk membuka Ms Excel, dengan aplikasi Anda bisa mengakses lewat smartphone atau device apapun selama terkoneksi dengan internet.

Kemudahan ini membuat proses mencetak faktur jauh lebih cepat. Selain versi cetak, aplikasi faktur penjualan juga menyediakan versi digital untuk fungsi yang lebih mudah bagi perusahaan dan juga pelanggan.

 

Proses Infrastruktur Mudah

Saat menggunakan Microsoft Excel, mungkin Anda harus mengatur setiap fungsi, kolom, logo, dan juga detail lainnya agar perusahaan bisa mencetak faktur penjualan. Dengan menggunakan aplikasi, proses tersebut tidak perlu dilakukan.

Aplikasi ini telah diatur agar bisa dengan mudah dipakai tanpa harus dilakukan pengaturan ulang. Anda hanya perlu memasukkan data dan semua akan diolah oleh aplikasi tersebut.

Baca Juga: Mengenal Definisi, Jenis, dan Cara Menghitung Rasio Profitabilitas

Mengurangi Human Error

Dengan cara manual, data rawan hilang dan kesalahan kecil mungkin bisa terjadi. Human error bisa terjadi saat memproses faktur penjualan dengan cara manual. Sistem aplikasi telah memiliki pengaturan yang mengurangi human error.

Salah satunya adalah kehilangan data. Aplikasi memiliki basis sistem cloud sehingga setiap data yang dimasukkan akan tersimpan dan bisa diakses kapanpun serta dimanapun. Data yang hilang bisa di-back up agar bisa bertahan lebih lama.

Salah satu contoh aplikasi faktur penjualan tersedia pada aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari. Jurnal bisa dibuat dengan langkah mudah tanpa harus melakukan pengaturan yang rumit terlebih dahulu. Aplikasi Jurnal tidak hanya memiliki faktur penjualan di dalamnya, tetapi juga sistem akuntansi bisnis yang andal untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED17 Sep 2020
Desy
Desy


Kategori : Accounting