8 Identifikasi Faktor Kegagalan Usaha dan Tips Menghindarinya

Identifikasikan faktor kegagalan usaha? Apakah Anda bisa melakukan kegiatan tersebut di perusahaan yang Anda kelola?

Berbisnis tidak hanya bisa untuk memikirkan tentang kemajuan dan keuntungan usaha, tapi harus juga cerdas dalam meminimalkan serta menghindari kegagalan dalam usaha. Penyebab kegagalan usaha ada banyak, tapi bagaimana kita bisa mengidentifikasikan hal tersebut sangat penting untuk di pahami.

Kita bahas pada tulisan ini.

Dengan kita berbisnis kita tidak hanya menghidupi diri kita sendiri, tetapi juga menghidupi orang-orang yang ada dalam tanggung jawab kita, dan bahkan bila kita sudah berkecukupan kita bisa memberikan sebagian dari hasil usaha kita guna menolong orang lain yang memerlukan.

Pendirian suatu usaha akan memberikan berbagai manfaat atau keuntungan terutama bagi pemilik usaha. Disamping itu, keuntungan dan manfaat lain bisa pula dipetik oleh berbagai pihak dengan kehadiran suatu usaha.

identifikasikan faktor kegagalan usaha

Pengertian Usaha

  • Menurut Hughes dan Kapoor

Sebagaimana yang dikutip oleh Buchari Alma dalam bukunya Pengantar Bisnis, menjelaskan defensi usaha yaitu, suatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam pandangan Straub dan Attner, usaha adalah suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produk dan penjualan barang-barang serta jasa-jasa yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh profit.

  • Menurut Harmaizar Z

Dalam buku “Menangkap Peluang Bisnis”, definisi bisnis atau bisa juga disebut perusahaan yang merupakan bentuk bisnis yang terus-menerus dan terus-menerus melakukan kegiatan dengan tujuan menghasilkan keuntungan bagi individu dan badan hukum dalam bentuk badan hukum atau badan hukum yang diciptakan dan hidup di daratan.

  • Kamajaya

Pengertian usaha (dalam ilmu fisika) adalah perpindahan energi melalui gaya yang membuat benda menjadi berpindah.

  • Budi Prasodjo

Usaha (dalam ilmu fisika) merupakan hubungan gaya dengan aktivitas perpindahan benda.

  • Aip Saripudin

Usaha (dalam ilmu fisika) merupakan setiap gaya yang diberikan pada benda.

  • Efrizon Umar

Usaha (dalam ilmu fisika) dapat diartikan sebagai resultan gaya yang bekerja pada benda yang menyebabkan pergerakan dan perpindahan posisi benda.

  • Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry

Pengertian usaha (dalam ilmu fisika) adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami aktivitas perpindahan (posisi).

  • Wasis dan Sugeng Yuli Irianto

Usaha secara keseluruhan adalah upaya manusia yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan bisnis dalam sains adalah gaya yang diberikan objek yang dapat membuat posisi objek diimbangi..

  • Menurut Society’s Needs.

Usaha atau bisnis adalah suatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang ter-organisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

identifikasikan faktor kegagalan usaha

Tujuan Dari Usaha

  1. Untuk kemaslahatan keluarga
  2. Usaha untuk bekerja
  3. Untuk memenuhi kebutuhan hidup
  4. Untuk memakmurkan bumi

Jenis-Jenis Usaha

  • Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro.
  • Usaha Besar adalah usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar dari Usaha Menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.
  • Usaha Kecil adalah segala kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan.
  • Perusahaan menengah adalah perusahaan ekonomi produktif yang independen dan dioperasikan oleh individu atau badan hukum yang bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikendalikan atau bagian dari, secara langsung atau tidak langsung, perusahaan kecil atau perusahaan besar dengan aset bersih. dan penjualan tahunan.

Arti Kata Usaha

1. Kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam seperti telah ditempuh nya untuk mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan mutu pendidikan.

2. Kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung) dan beberapa arti kata lainnya seperti dibawah ini :

  • Perkemasan = usaha pengangkutan barang-barang dalam peti kemas.
  • Tani = kegiatan usaha yang dilakukan dalam bidang pertanian.
  • Tani campuran = kegiatan usaha pertanian yang mengkombinasikan pengusahaan ternak, tanaman, atau ikan.
  • Tertutup = badan usaha yang sahamnya tidak dijual kepada masyarakat umum.
  • Bersama = 1 usaha gabungan antara pengusaha asing dan pengusaha nasional; 2 kegiatan bersama antara dua pengusaha atau lebih.
  • Niaga = kegiatan jual beli barang dan jasa.
  • Pabrik = bentuk usaha yang mengolah atau mengubah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi (produk).
  • Patungan = gabungan pengusaha untuk melakukan usaha tertentu.
  • 8 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Penjelasannya

Tidak seorangpun berharap mengalami kegagalan saat menjadi seorang wirausaha. Berbagai upaya dan langkah dilakukan untuk meminimalkan kegagalan kala menjadi seorang wirausaha.

Walau demikian, ada banyak faktor kegagalan wirausaha yang tidak diduga-duga sebelumnya bisa menimpa siapa saja. Nah, maka dari itu, bersiap diri atau sedia payung sebelum hujan adalah hal yang perlu kamu lakukan.

Dalam menyikapi banyak faktor kegagalan wirausaha tentunya perlu disikapi dengan motivasi yang kuat dari kamu dan juga lingkungan. Hal ini akan menentukan bagaimana kamu kedepannya dalam menjadi wirausaha yang berhasil.

Motivasi tentunya bisa diperoleh dari mana saja, misalkan saja dari bacaan-bacaan seperti media massa, buku dan internet. Dengan begitu, wawasan kamu akan semakin terbuka dan memudahkan kamu untuk menghindari kegagalan.

Identifikasi Faktor Kegagalan Usaha

Nah, lalu apa saja sebenarnya identifikasi faktor kegagalan usaha yang acap kali terjadi. Untuk lebih jelas terkait dengan hal ini, Jurnal merangkum 8 identifikasi faktor kegagalan usaha, antara lain :

1.  Tidak kompeten dalam manajerial

Hal pertama dalam identifikasi faktor kegagalan wirausaha adalah kapabilitas, kemampuan dan pengetahuan yang minim terkait dengan pengelolaan usaha. Hal ini menghambat potensi seseorang dalam meraih kesuksesan sebagai seorang wirausaha.

Minimnya pengetahuan mengenai pengelolaan usaha tentunya akan mendorong kamu pada level yang tidak kompeten dalam manajerial, sehingga menghalangi kamu untuk menjadi wirausaha yang sukses, namun hal ini bisa saja karena posisi yang kamu emban saat ini tidak sesuai dengan kompetensi kamu.

2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan

Minim pengalaman adalah cambukan yang paling keras bagi seorang wirausaha. Padahal dimanapun dan apapun kegiatan seseorang, pengalaman merupakan hal yang utama dalam menjajal kewirausahaan. Ini menjadi salah satu identifikasi faktor kegagalan usaha yang sering terjadi.

Hal ini sangat memiliki koherensi dalam dunia wirausaha di mana kemampuan mengkoordinasikan, mengelola SDM, mengintegrasikan operasi perusahaan merupakan pengalaman yang sangat penting dan tidak bisa terelakkan dalam setiap pekerjaan.

3. Kurang dapat mengendalikan keuangan

Kondisi ini juga merupakan salah satu identifikasi faktor kegagalan usaha, di mana kamu sebagai seorang wirausaha tidak mampu mengendalikan keuangan. Kamu tentunya harus mampu mengatur cash flow dan memeliharanya dengan baik dan benar.

Minimnya kecermatan dalam pengelolaan cash flow akan membawa kamu pada jurang kehancuran sebagai wirausahawan. Di sisi lain, kamu juga harus teliti dan paham bagaimana memisahkan dana usaha dan dana pribadi sehingga tidak meminimalisir kerugian yang kamu alami.

Anda dapat mengantisipasinya dengan aplikasi jurnal akuntansi dari Mekari Jurnal yang dapat memudahkan pembukuan usaha Anda dan segala jenis transaksi keuangannya.

4. Kegagalan dalam perencanaan

Perencanaan merupakan salah satu hal yang penting dalam melakukan apapun. Terlepas dari bisnis dan usaha, perencanaan menjadi hal yang sangat krusial dan merupakan faktor penentu kesuksesan.

Bagaimana mau sukses sebagai wirausaha, jika saja perencanaan kamu tidak matang. Maka dari itu, perencanaan adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan karena tanpanya, bisa termasuk dalam identifikasi faktor kegagalan usaha. Ini bertujuan agar memudahkan kamu dalam melakukan implementasi dari perencanaan dan juga melakukan tindakan yang tepat.

5. Lokasi yang kurang memadai

Hal lain yang menjadi identifikasi faktor kegagalan usaha adalah lokasi kurang strategis yang tidak mendukung proses implementasi kewirausahaan kamu.

Misalkan saja lokasi yang jauh dari kawasan pemukiman, jauh dari pusat pendidikan dan juga fasilitas umum. Ini tentunya mendorong kamu kesulitan dalam menjalankan usaha. Maka dari itu, lokasi menjadi sebuah penentu kesuksesan usaha kamu.

Jika memang sudah demikian, ada baiknya jika kamu menggeser lokasi usaha kamu ke tempat yang lebih strategis. Misalkan saja dekat dengan pasar dan fasilitas umum. Dengan begitu perlahan tapi pasti usaha kamu akan berkembang.

6. Kurangnya pengawasan peralatan

Di sisi lain, pengawasan tentunya memiliki hubungan yang sangat erat terkait dengan hal efisiensi dan dan juga efektifitas. Dengan minimnya pengawasan akan berdampak pada penggunaan peralatan yang jauh dari kata efisien atau hemat dan berdaya guna tepat.

7. Kurang sungguh-sungguh dalam berusaha

Hal selanjutnya dalam identifikasi faktor kegagalan usaha adalah sikap yang tidak serius terhadap bisnis yang tengah dijalani. Sikap ini tentunya akan membuat kamu menjadi labil dan sulit untuk memutuskan mana yang prioritas dan mana yang bukan prioritas. Dengan begitu, dengan sikap yang tidak sungguh-sungguh tentunya kamu berpeluang mengalami kegagalan dalam melakukan usaha.

8. Tidak bisa menyesuaikan konsep

Identifikasi faktor kegagalan usaha yang terakhir adalah minimnya kemampuan untuk mengubah konsep usaha. Padahal konsep usaha terus mengalami perkembangan semakin harinya mengingat kondisi masyarakat yang semakin maju, dan cenderung meninggalkan gaya hidup konvensional.

Para wirausaha tentunya harus memanfaatkan kondisi tersebut sebagai peluang yang baik, namun hal ini jika saja wirausaha memiliki kapabilitas dalam pengetahuan. Namun jika tidak, maka akan sulit untuk mengembangkan usaha semakin maju dan mengikuti zaman.

identifikasikan faktor kegagalan usaha

Karakteristik Wirausaha

Selain pengertian wirausaha ternyata ada 6 karakteristik wirausaha untuk menuju sukses dalam menjalankan bisnis yang harus kamu tahu.

Sebelumnya, kamu wajib tahu dulu nih apa itu karakteristik wirausaha. Jadi, karakteristik wirausaha adalah perilaku, sikap, ciri khas, dan tindakan dari seseorang untuk membuat dan mewujudkan usaha dengan inovatif. Karakteristik wirausaha yang sukses diantaranya.

  1. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi. Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan kamu pertanggung jawabkan.

Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun usaha membuat sebuah kepercayaan terhadap diri kamu ataupun perusahaan. Maka dari itu, bisa membuat langkah kamu dalam berbisnis juga lebih mudah.

  1. Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan kamu harus mempunyai karakter disiplin dengan begitu memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis. Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha. Jika disiplin kamu dapat memotivasi dan membangkitkan semangat diri untuk mencapai sebuah tujuan.

  1. Percaya Diri

Percaya diri sebagai langkah awal kamu untuk bisa memulai usaha, karena kamu percaya terhadap kemampuan dirimu bahwa dapat membangun dan menjalankan bisnis.

Kepercayaan diri menandakan kalau kamu siap menghadapi segala rintangan kedepannya tapi jangan terlalu berlebihan, kamu harus mengimbanginya juga dengan pengendalian diri agar kesannya tidak sombong.

  1. Pantang Menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis.

Tentu saja, membuat usaha dari awal itu pasti ada tantangannya atau kegagalan selama berjalannya usaha. Sifat pantang menyerah wajib dimiliki oleh wirausahawan agar kita tidak mudah menyerah jika mengalami suatu kegagalan.

Dan dari kegagalan tersebut dapat dijadikan motivasi untuk kamu kedepannya agar meminimalisir gagal dalam berwirausaha.

  1. Memiliki Kreativitas Tanpa Batas

Kreativitas salah satu karakteristik yang penting juga untuk dimiliki oleh wirausaha. Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha dapat menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk atau usaha serupa.

Maka dari itu,  suatu kreativitas harus dibarengi dengan adanya inovasi tujuannya adalah agar menarik minat para pelanggan terhadap usaha kamu. Caranya kamu bisa mengadakan riset kepada orang-orang mengenai tren yang sedang berkembang saat itu.

  1. Berani Mengambil Resiko

Karakteristik lainnya seorang wirausaha berani bertanggung jawab atas semua keputusannya dan mengambil resiko terberat sekalipun. Berani mengambil resiko jika bisnisnya nanti akan mengalami kerugian bahkan produk yang dijual tidak laku.

Dengan adanya permasalahan tersebut, biasanya wirausahawan dapat mengatasinya dengan baik dan sudah memiliki solusi supaya kejadian yang terjadi tidak dapat terulang kembali.

Manfaat Memiliki Karakteristik Wirausaha

Beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika memiliki karakteristik wirausaha untuk menuju sukses dalam berbisnis, sebagai berikut :

  • Memiliki keterampilan untuk membuat keputusan dengan melakukan analisis di setiap pilihan, menimbangnya, dan menentukan alternatif solusi jika ada masalah dikemudian hari.
  • Menumbuhkan keahlian untuk memimpin bisnis dengan menentukan serta berkembangnya keterampilan di bidang kepemimpinan
  • Mampu membuat sebuah inovasi produk maupun pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa membantu kegiatan lainnya seiring dengan berkembangnya teknologi.

Identifikasi Faktor Kegagalan dengan Skill Mandiri

Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses.

1. Pengusaha Sukses itu Kerja Keras & Tekun

Terdengar simple namun untuk bisa tekun dalam menjalankan bisnis sendiri sebenarnya sangat sulit. Memerlukan kerja keras dan konsisten sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapatkan tantangan dalam menjalankan usaha.

2. Berani Menantang Diri Sendiri

Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam dirinya sendiri maupun di lingkunganya. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantangan berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda.

3. Lakukan Karena Passion

Banyak yang bermula dari hobi kini menjadi tempat usahanya. Inilah karena semua yang dilakukan berdasarkan kesenangan akan terasa lebih ringan dan bisa menjadi sebuah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Pilihlah passion Anda, baik di bidang teknologi, fashion ataupun kuliner sehingga bisa mendalami bisnis yang Anda mulai. Contohnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki pengetahuan lebih, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kedai kopi sendiri.

Dengan passion pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide-ide bisnis kreatif baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

4. Berani Mengambil Resiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko sehingga berkeinginan untuk mendapatkan hal-hal baru di dalam hidupnya. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihannya adalah hal yang perlu Anda biasakan dan ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Sehingga calon pengusaha dapat ditentukan dari cara pandangnya menyelesaikan masalah.

5. Pengusaha Sukses itu Percaya Diri

Calon pengusaha sukses dapat dilihat dari gestur tubuhnya sangat Anda berkenalan pertama kalinya. Ia sangat percaya diri, kemampuan ini juga akan meningkatkan intuisi yang bergantung pada kebijakan dalam mengambil keputusan.

Percaya akan kemampuan diri Anda akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang seringkali menjadi ketakutan pengusaha di awal memulai berwirausaha. Ingat Anda harus yakin dengan kemampuan Anda, pengalaman dan ilmu yang Anda miliki.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai bagaimana mengidentifikasikan faktor kegagalan usaha dan penjelasan lainnya. Mekari Jurnal menyediakan program referral untuk Anda dengan mengajak rekan bisnis bergabung menggunakan Mekari Jurnal. Ikuti programnya dan dapatkan keuntungannya sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo