Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Usaha Akan Berhasil atau Gagal

Banyak pebisnis pemula mencari informasi yang komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi usaha pada mereka yang terlebih dahulu menjadi entrepreneur sukses. Pasalnya faktor-faktor tersebut memang kemungkinan besar menentukan apakah usaha akan berhasil atau justru mengalami kegagalan.

Lantas, apa saja faktor yang dimaksud ? Yuk cari tahu.

jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha

Apa Itu Keberhasilan Usaha ?

Sebelum membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian dari keberhasilan usaha. Memahaminya akan membantu Anda mengetahui sejauh mana bisnis yang dijalankan sudah berhasil atau belum. Karena setiap jenis usaha tentu berkeinginan untuk mencapai sebuah titik yang disebut dengan istilah keberhasilan tersebut.

Dan perlu diketahui bahwa keberhasilan suatu usaha sendiri bisa diukur dengan pengukuran kinerja dari berbagai aspek seperti image perusahaan dan kinerja keuangan. Beberapa ahli pun ikut mendefinisikan pengertian dari keberhasilan usaha tersebut. Salah satunya ada yang mengartikan keberhasilan usaha sebagai permodalan sudah terpenuhi dan tercapainya tujuan organisasi.

Memahami hal tersebut membuat jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha akan lebih mudah dijabarkan. Karena faktor yang dimaksud berarti punya hubungan sebab akibat dengan tujuan organisasi. Selain itu, keberhasilan usaha juga menunjukkan keadaan yang lebih baik dari periode sebelumnya atau bisnis mengalami peningkatan dari hasil yang telah lalu.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha

1. Niat

Tidak bisa dipungkiri bahwa niat memang menjadi salah satu hal penting yang memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan usaha. Karena tanpa dibarengi dengan niat yang kuat, maka semua strategi bisnis yang dijalankan pun agaknya kurang mampu meyakinkan konsumen. Bahkan semua yang masih dalam bentuk angan dan imajinatif sangat sulit dibangun menjadi kenyataan.

Itulah mengapa banyak wirausahawan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha utamanya adalah niat, lebih ketimbang modal. Sebab tanpa modal, Anda masih bisa menjalankan bisnis tanpa modal dengan adanya niat. Namun tanpa niat yang kuat, modal besar yang dimiliki pun belum mampu menciptakan usaha yang sukses.

Kalaupun ternyata bisnis pertama yang dijalankan masih tidak mendulang kesuksesan, namun niat akan membuat keinginan berwirausaha tidak menguap begitu saja. Sebaliknya, niat akan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran berharga. Sehingga ke depannya dapat menciptakan bisnis baru yang lebih fresh dan membawa kesuksesan.

2. Modal Usaha

Jika diminta jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, tentunya modal juga harus dimasukkan ke dalam daftar. Karena mau tidak mau modal ini memiliki andil yang cukup besar meskipun ada juga jenis bisnis yang bisa dimulai tanpa modal. Menurut KBBI, modal sendiri diartikan sebagai uang yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang.

Modal merupakan harta benda, baik itu berupa uang maupun barang dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk menghasilkan sesuatu agar menambah kekayaan. Pada konteks ini, modal bisa diartikan sebagai sejumlah uang yang dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai kegiatan bisnis.

Dalam sebuah usaha, uang sangat diperlukan untuk memperlancar kegiatan usaha. Contohnya Anda ingin menjalankan bisnis kuliner, modal yang besar tentu memungkinkan untuk membuka restoran yang lebih besar. Sementara modal kecil menuntut Anda meniti bisnis dari bawah, entah itu dimulai dari berjualan door to door atau lainnya. Maka  dari itu perlunya software akuntansi untuk kemajuan bisnis yang akan atau sedang Anda jalani.

3. Tenaga Kerja

Pada beberapa aspek keberhasilan usaha, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi usaha salah satunya yaitu tenaga kerja. Karena tenaga kerja ini sangat penting dalam kegiatan produksi. Pasalnya elemen inilah yang akan menggunakan dan mengalokasikan faktor-faktor lain untuk menghasilkan output yang bermanfaat.

Jadi semakin bagus sumber daya manusia yang dimiliki, maka cara penggunaan dan mengalokasikan faktor lainnya dalam proses produksi bisa berjalan lebih efektif serta efisien. Alhasil output yang dihasilkan bisa lebih bermanfaat, lebih berkualitas, atau lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.

Khususnya jika tenaga kerja yang mendukung bisnis mempunyai kemampuan kerja sama tim yang baik. Maka tujuan perusahaan dapat menjadi tujuan bersama yang akan lebih mudah direalisasikan, sebab setiap karyawan bergerak menuju tujuan tersebut. Itulah kenapa Anda sebagai pemimpin pun harus mementingkan kerja sama tim dan tidak boleh egois agar dapat mencapai keberhasilan usaha.

4. Rencana

Sudah memiliki niat, modal, dan tenaga kerja yang kompeten. Namun tidak dengan rencana yang matang ? Tentu akan butuh waktu lama untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Selain membutuhkan niat, modal, dan tenaga kerja atau SDM yang memadai, keberhasilan bisnis juga ditopang oleh  faktor-faktor yang mempengaruhi usaha juga melibatkan rencana. Rencana tentang bisnis atau bisnis plan ini sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Bisnis plan sendiri mencakup segala sesuatu yang ingin Anda wujudkan dalam bisnis, sesuatu yang ingin diraih, termasuk gambaran produk nantinya. Jadi tanpa adanya bisnis plan yang matang, mungkin Anda akan kehilangan arah terkait bisnis. Hingga brand yang dimiliki kurang menarik karena tidak memiliki ciri khas tersendiri.

Sebaliknya, rencana yang matang akan menuntun Anda memaksimalkan bisnis agar dapat berjalan lancar nantinya. Bahkan potensi kerugian yang mungkin dialami bisa diminimalisir menggunakan rencana yang rinci dan matang, bak sebuah kompas yang akan menuntun Anda ke jalan keluar ketika berada di tengah hutan.

5. Peluang

Berikutnya, faktor-faktor yang mempengaruhi usaha adalah peluang. Bisa dibilang bahwa menemukan peluang ini merupakan bagian dari alasan utama yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis. Sehingga Anda sebagai pebisnis memang dituntut agar lebih pintar dalam membaca peluang pasar.

Untuk menemukan peluang bisnis yang tepat guna mendorong pertumbuhan bisnis yang diharapkan, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Cara ini berguna untuk menentukan target konsumen, dan promosi seperti apa yang perlu dilakukan agar dapat menjangkau target konsumen tersebut.

Tentunya diperlukan riset yang maksimal agar dapat benar benar menemukan peluang bisnis yang tepat nantinya. Sehingga bisnis plan bisa masuk dan cocok dengan peluang tersebut. Alhasil bisnis dapat dikenal pasar, menggaet banyak pelanggan, meningkatkan penjualan, serta mencapai tujuan usaha yang diharapkan.

6. Etika Kerja

Tahukah Anda bahwa selalu ada cerita mengenai etika kerja dalam setiap kisah entrepreneur yang sukses ? Tidak heran apabila etika merupakan salah satu hal di antara faktor-faktor yang mempengaruhi usaha berkaitan dengan aspek tersebut. Contohnya seperti Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook, atau sekarang Meta, yang merupakan salah satu entrepreneur sukses dunia.

Zuckerberg membiasakan work-life balance dalam pekerjaannya, tapi juga cukup sering bekerja overtime apabila memang dirasa diperlukan. Dengan menggunakan etika kerja yang kuat seperti itu dan menjadikannya sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari hari, bukan tidak mungkin apabila bisnis Anda ikut berkembang nantinya.

Dan untuk menerapkannya, maka etika kerja tersebut perlu diimbangi dengan kedisiplinan. Bahkan sikap disiplin ini akan membuat Anda mampu mengaplikasikan strategi yang telah ditetapkan dengan baik untuk meraih goal. Tentunya Anda pun perlu menanamkan sikap tersebut pada setiap pegawai agar etika kerja yang bagus tercipta pada semua lini di perusahaan.

7. Kreativitas

Kreativitas akan sangat membantu dan mempengaruhi keberhasilan bisnis. Bahkan sudah banyak dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha salah satunya yaitu kreativitas ini. Pasalnya coba saja tengok di tengah masyarakat sekarang sudah ada berapa banyak bisnis yang sedang berjalan.

Tentu jumlahnya bukan hanya belasan atau puluhan saja, melainkan sudah ribuan atau mungkin lebih. Dan di antara banyaknya bisnis tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak yang memiliki kesamaan. Karena bidang bisnis yang dijalankan pun masih dalam kategori dan jenis yang serupa. Tanpa adanya kreativitas, ada banyak masalah yang bisa dialami.

Mulai dari produk Anda tidak terlihat menarik di mata konsumen, hingga produk dicap sebagai plagiat lantaran bias dari produk serupa yang sudah terlebih dahulu beredar di pasaran. Sehingga kreativitas diperlukan agar Anda bisa menjadi berbeda dengan kompetitor. Dan menjadi beda serta unik ini nantinya berpotensi membuat bisnis lebih berkembang.

8. Koneksi

Ternyata bukan hanya mencari pekerjaan saja yang bisa lebih mudah ketika mengAndalkan koneksi. Namun dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha pun berhubungan dengan aspek tersebut. Sebab koneksi menjadi hal yang begitu penting dan krusial dalam dunia profesional dan bisnis.

Bahkan banyak yang menyebutkan bahwa faktor satu ini merupakan penentu kemajuan usaha. Dimana semakin banyak koneksi yang dimiliki maka akan semakin besar pula peluang bisnis mengalami kemajuan. Baik itu koneksi dengan sesama pengusaha maupun koneksi dengan klien, keduanya akan sangat membantu.

Koneksi dengan klien membuat Anda berpotensi memperoleh pelanggan lebih banyak, yang berarti bisa meningkatkan penjualan bisnis dan membuat keuangan usaha berjalan lancar. Sementara koneksi dengan sesama pengusaha memperbesar peluang untuk melakukan kerja sama bisnis. Mungkin Anda berkesempatan untuk menciptakan co-branding untuk menarik lebih banyak pelanggan.

9. Pengalaman

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, maka salah satunya yaitu pengalaman. Pernah dengar pepatah yang menyebutkan bahwa pengalaman merupakan guru terbaik ? Rasanya hal ini memang sangat tepat, karena memiliki pengalaman akan sangat membantu untuk menentukan sesuatu dengan tepat.

Contohnya bisa dilihat dari perjalanan kesuksesan Wishnutama yang mendirikan NET TV. Sebelum membangun stasiun televisi sendiri dan menjadi sukses seperti sekarang, ternyata Wishnutama dulunya pernah bekerja di Trans TV selama belasan tahun. Pengalaman selama belasan tahun inilah yang membantunya berhasil mendirikan NET seperti sekarang.

Bahkan NET TV kini menjadi salah satu stasiun televisi terbesar dan begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Dari kisah tersebut bisa dilihat bahwa pengalaman memang punya andil cukup besar dalam mendorong kesuksesan bisnis. Karena pengalaman yang ada bisa dijadikan sebagai pembelajaran untuk menangani dan mengelola bisnis yang dijalankan sekarang.

10. Faktor Kepemimpinan

Faktor kepemimpinan juga punya andil dalam keberhasilan suatu bisnis. Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha ini memang sangat penting. Pasalnya seorang pengusaha mempunyai tanggung jawab terhadap nasib bisnis serta karyawan yang dimiliki. Dan mengatur bisnis sekaligus pekerja yang dimiliki secara berbarengan tentu bukan hal yang bisa dibilang mudah.

Itulah kenapa dibutuhkan faktor kepemimpinan yang baik agar dapat mengarahkan bisnis menuju apa yang diinginkan. Sehingga usaha bisa lebih berkembang dan bertumbuh menuju keberhasilan. Sebaliknya, faktor kepemimpinan yang buruk memiliki kemungkinan besar membuat bisnis menjadi bangkrut.

11. Mengenali Perubahan Selera Konsumen

Apabila sejauh ini bisnis dirasa berjalan dengan baik namun tiba tiba saja mengalami penurunan, mungkin masalahnya terletak pada selera konsumen. Sebab dijelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha salah satunya adalah perubahan selera konsumen. Karena perlu diketahui bahwa konsumen tidak selalu memiliki selera yang sama.

Selera pelanggan saat ini kemungkinan besar akan berbeda dengan era 20 tahun mendatang. Pun dengan selera konsumen pada 20 tahun lalu yang berbeda dengan era masa kini. Jadi alangkah baiknya jika Anda terus melakukan riset secara berkala untuk mengenali apa yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pasar.

Agar tetap eksis, para pengusaha dituntut mengikuti perubahan tersebut. Contohnya sekarang era yang didominasi oleh teknologi pada kehidupan sehari hari, maka selera konsumen pun erat kaitannya dengan keteknologian tersebut. Jadi usaha yang Anda jalankan harus luwes dengan teknologi yang ada supaya tidak jalan di tempat. Berikut merupakan penjelasan mengenai  faktor-faktor yang mempengaruhi usaha.

12. Lakukan Inovasi

Kreativitas dibutuhkan untuk menciptakan inovasi inovasi terbaru. Karena manusia pada dasarnya merupakan makhluk yang tidak pernah puas. Jadi produk Anda yang saat ini dicintai oleh konsumen mungkin ke depannya bisa tergantikan oleh para pesaing, apabila tidak ada inovasi baru.

Faktor-faktor yang mempengaruhi usaha agar berhasil salah satunya adalah melakukan inovasi. Tidak heran apabila banyak perusahaan yang setiap periode atau setiap tahun selalu menawarkan dan meluncurkan sesuatu yang baru. Tujuannya adalah untuk melahirkan sesuatu yang lebih unik dan menantang agar dapat menarik perhatian konsumen.

Contoh yang paling dekat dengan kehidupan sehari hari yaitu perkembangan smartphone. Dulu Anda mungkin mengetahui alat komunikasi hanya telepon dengan kabel, namun semakin berkembang dengan adanya telepon genggam tanpa kabel, hingga berkembang lagi menjadi smartphone yang berupa layar sentuh.

jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha

13. Manajemen

Manajemen merupakan fondasi yang dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan bisnis Anda. Jadi ketika diminta untuk jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, aspek manajemen ini selalu dimasukkan ke dalam daftar. Dan ada banyak sekali aspek yang dicakup dalam manajemen tersebut.

Bukan hanya meliputi pengelolaan dan pengorganisasian bisnis, melainkan pula mencakup manajemen waktu serta struktur keorganisasian. Sebab tanpa struktur organisasi yang jelas, usaha Anda pasti akan menghadapi suatu kendala. Pasalnya peranan jobdesk yang dimiliki oleh sumber daya manusia di dalamnya tidak ada kejelasan.

Di lain sisi, manajemen keuangan pun punya andil besar dalam keberlangsungan usaha. Bisnis bisa berjalan optimal dengan pengelolaan aset bisnis yang tepat dan efisien dengan aplikasi pencatat keuangan. Anda pun perlu melakukan audit secara berkala guna mengevaluasi manajemen keuangan usaha. Dalam hal ini, pastikan pajak, modal, dan arus kas operasional telah berjalan dengan semestinya.

14. Semangat Kompetitif

Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, salah satunya yaitu semangat kompetitif. Karena selama abad 21 ini memang terdapat banyak sekali bermunculan bisnis startup yang dirintis dengan beragam ide cemerlang nan unik. Sehingga Anda memerlukan semangat kompetitif yang membara agar dapat bersaing dengan bisnis bisnis menarik tersebut.

Bahkan sifat kompetitif ini akan sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Itu karena sifat kompetitif akan membuat Anda cenderung tidak ingin kalah dalam berbagai hal. Perasaan ingin menang dalam persaingan pun lama kelamaan terpuruk di dalam diri berkat semangat kompetitif tersebut.

Hal itu membuat Anda lebih berusaha untuk membuat produk bisnis yang mampu bersaing di pasaran agar dapat menang di antara wirausaha wirausaha yang ada. Itulah kenapa ketika diminta jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha, maka semangat kompetitif wajib dimasukkan ke dalam daftar.

15. Lokasi

Pemilihan lokasi dijalankannya bisnis juga memiliki andil yang besar dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha. Khususnya jika usaha yang Anda jalankan memang memerlukan akses langsung kepada pelanggan atau konsumen, seperti bisnis restoran, salon, dan lain sebagainya.

Deretan bisnis seperti itu tentu membutuhkan lokasi yang strategis supaya bisa berinteraksi dengan konsumen secara langsung dan lama kelamaan membuat bisnis lebih berkembang. Menunjang hal ini, Anda pun perlu mempertimbangkan beberapa aspek lainnya. Seperti kemudahan akses lokasi terhadap tempat parkir, transportasi umum, jalan raya, dan lain lain.

Faktor Penyebab Kegagalan Usaha

Penting untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha dari perspektif lain. Faktor penyebab kegagalan usaha ini perlu diketahui agar Anda bisa menghindarinya selama menjalankan bisnis. Sama seperti faktor yang menentukan keberhasilan usaha, faktor penyebab kegagalan usaha pun ada banyak macamnya.

Ada yang disebabkan karena seseorang merasa takut menciptakan perubahan atau inovasi baru, dan ada juga karena faktor mentalitas. Pasalnya jika sudah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, memang dibutuhkan mental baja agar tetap bertahan. Sebab dalam dunia usaha terdapat seleksi alam yang halus dan lama kelamaan membuat bisnis bangkrut akibat usaha baru yang lebih inovatif.

Jadi ketika diminta jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha kenapa bisa gagal, jawabannya sangat banyak. Seperti tidak jujur dalam mengelola usaha, tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnis yang ditekuni, tidak memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik, dan kurangnya keahlian manajemen SDM.

Telah dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi usaha pada ulasan di atas, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis hingga pembukuan usaha yang tepat. Apabila masih ragu, bisa dimulai dari skala kecil terlebih dahulu baru dikembangkan secara perlahan. Semoga berhasil!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo