Jurnal Enterpreneur

Tingkatkan Efektivitas Tim Anda dengan 3 Hal ini!

Kebersamaan adalah permulaan. Menjaga bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah keberhasilan.

– Henry Ford


Tim atau kelompok memegang peranan penting dalam kepemimpinan Anda. Mudah untuk mencari anggota yang berprestasi, tapi sulit untuk menyatukan mereka. Karena itu, sebagai pemimpin, banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk membangun tim yang solid dan produktif.

Visi, Struktur, dan Relasi

Visi, struktur, dan relasi merupakan 3 hal penting yang akan mempengaruhi tim dan perusahaan Anda. Masing-masing memiliki peranan dan fungsinya masing-masing dalam membangun kerjasama tim. Ketiga elemen ini harus dimiliki tim Anda.

Visi

Visi sangat penting untuk menentukan arah tim Anda. Anda tidak mungkin membiarkan tim Anda bekerja tanpa tujuan, bukan? Karena itu, sebelum membentuk tim, tentukanlah visi yang ingin Anda capai bersama tim Anda lalu jelaskan pada mereka. Visilah yang kemudian akan menginspirasi Anda untuk membuat misi-misi dan strategi yang akan membangun perusahaan.

Struktur

Setelah menentukan visi, sekarang saatnya untuk menentukan struktur tim. Ingatlah bahwa Anda sedang membangun sebuah organisasi, bukan hanya sekedar bisnis semata. Diperlukan pembagian kerja yang jelas agar setiap anggota mendapatkan tugas yang sesuai dengan fungsi dan peranannya. Tentukan goal bagi setiap bidang, chart organisasi, serta jadwal kerja yang jelas bagi tim Anda. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan efektif dan perusahaan dapat berkembang.

Relasi

Relasi adalah tentang membentuk interaksi sosial dan membangun hubungan yang solid setiap waktu, khususnya ketika menghadapi tantangan. Relasi yang dibangun akan menentukan tingkat kenyamanan dan kesetiaan tim Anda. Pemimpin yang baik akan membangun kepercayaan tim, menyelesaikan konflik, dan berusaha menyesuaikan diri dengan semua anggota. Anda dapat mempererat relasi tim Anda melalui acara-acara kebersamaan seperti camping, outbound, atau kegiatan lainnya. Dengan meningkatkan kenyamanan
mereka, employee engagement dan employee loyalty akan semakin tinggi.

`Read more: Kualitas Seorang Pemimpin

Evaluasi Tim Anda!

Tidak selamanya kinerja tim di perusahaan Anda berjalan mulus. Karena itu Anda perlu melakukan evaluasi tim secara konsisten. Tanyakanlah 3 pertanyaan di bawah ini pada diri Anda untuk melihat sejauh mana kualitas tim Anda

Apakah tim Anda sedang bergerak menuju visi?

Anda dapat menentukan tercapai atau tidaknya visi dengan meneliti setiap strategi yang dijalankan. Strategi yang baik pasti sesuai dengan visi dan misi yang telah ditentukan. Anda juga dapat menentukan tercapai atau tidaknya visi dengan melihat target yang tercapai. Semakin tinggi target yang dicapai, maka semakin dekat Anda dengan tujuan.

Apakah struktur tim Anda sudah efektif?

Anda dapat mengukur efektivitas tim dengan melihat kinerja dan produktivitas mereka. Anda dapat mengurangi atau menambah divisi atau bidang sesuai kebutuhan. Jika Anda melihat anggota tim Anda mengerjakan pekerjaan yang terlalu banyak dan tumpang tindih sehingga produktivitas mereka menurun, maka sudah saatnya bagi Anda untuk me-review kembali struktur dan melakukan perubahan. Jika Anda menemukan ada anggota tim yang tidak nyaman dengan pekerjaannya, maka Anda dapat memindahkannya ke bagian lain yang lebih sesuai. Jangan takut untuk merubah struktur tim Anda selama hal itu dapat meningkatkan teamwork.

Apakah relasi antar anggota terjalin dengan baik?

Anda dapat melihat sebaik apa hubungan antar anggota melalui tingkat kenyamanan mereka antara satu dengan yang lain. Semakin sering terjadi konflik, maka tingkat kenyamanan tim Anda akan semakin menurun. Dalam hal ini, Anda sebagai pemimpin dituntut untuk dapat menyelesaikan konflik. Anda dapat berbicara secara personal dengan mereka atau mempertemukan anggota yang bermasalah untuk membicarakan solusinya. Konflik tidak selalu mendatangkan permusuhan. Sebaliknya, konflik justru dapat mempererat relasi antar anggota jika dihadapi dengan bijaksana.

Read More: 5 Tips Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan Anda

Visi menentukan arah tim, struktur menentukan keefektifan tim, dan relasi menentukan kesatuan tim. Ketiga hal ini akan membuat tim Anda terus berinovasi dan berkembang. Sudahkah Anda memilikinya?

Adapun untuk mempermudah jalannya bisnis yang dipimpin, gunakan software kasir maupun software ERP dari Jurnal.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo