Jurnal Enterpreneur

5 Fakta Unik Tentang Kehidupan Anak Akuntansi

Siapa sih yang nggak kenal dengan Akuntansi? Jurusan yang terkenal dengan mahasiswanya yang pintar ini ternyata juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak diminati. Salah satu alasannya, karena jurusan ini memiliki prospek karir yang cemerlang dan selalu dibutuhkan oleh perusahaan apapun. Nggak heran, kalau banyak anak SMA/sederajat yang tertarik untuk masuk ke jurusan ini.

Nah, setelah kamu berhasil masuk ke jurusan ini, kamu juga nggak bisa santai-santai aja. Dengan masuk ke jurusan ini, berarti kamu sudah siap untuk bertemu angka dan laporan keuangan setiap harinya. Selain itu, anak akuntansi juga dituntut untuk menjadi kreatif, yap kreatif dalam meneliti. Keteraturan, ketertiban, dan kepatuhan akan menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menjalankan fungsi akuntansi untuk membuat laporan keuangan sesuai dengan ketentuan. Kamu juga akan selalu dituntut untuk menyimpan seluruh bukti transaksi secara lengkap, rapi, dan berurutan. Dari berbagai macam tuntutan tersebut, ternyata ada beberapa fakta unik tentang mahasiswa jurusan akuntansi.

1. Kalkulator Lebih Penting Dibanding Pacar

Beda dengan mahasiswa lainnya, mahasiswa jurusan akuntansi akan lebih memilih membawa kalkulator ke mana pun ia pergi dibanding membawa pacarnya sendiri. Benda yang setia menemani kegalauan anak akuntansi saat perhitungannya nggak tepat dan nggak balace ini juga sering banget dijadiin becandaan sama teman-teman. Sering banget anak akuntansi ngelempar candaan seperti, “Sedih mana, nggak bawa kalkulator sama nggak punya pacar”, atau “Kalkulator mulu yang diperhatiin, pacar sendiri dilupain”. Bahkan,sampai ada kalkulator khusus nih ternyata buat anak akuntansi.

2. Sering Berkhayal Punya Uang Banyak

Anak akuntansi sering banget menghitung uang yang banyak banget, tapi sayangnya uang itu nggak ada wujudnya dan nggak bisa dipegang langsung. Saking seringnya menghitung uang yang nggak berwujud itu, mahasiswa jurusan ini sering banget berkhayal punya uang banyak. Ya tapi cuma bayang-bayang palsu gitu. Coba wujudnya ada dan boleh dibawa pulang, dijamin mereka makin rajin ngerjain soal-soal akuntansi.

3. Teliti dalam Hitung-Hitungan

Anak akuntansi biasanya sangat teliti dalam perhitungan, terutama dalam pembuatan laporan keuangan. Kebiasaan ini akhirnya terbawa dalam kesehariaannya, sehingga banyak teman-teman mereka salah paham dan justru memandang mereka adalah orang yang perhitungan. Ketika kamu makan bareng anak akuntansi, jangan pernah kaget ketika mereka tiba-tiba mengeluarkan benda kesayangannya saat waiter memberikan bon atau nota pembayaran. Mereka akan menghitung berapa banyak uang yang harus mereka bayarkan secara cepat dan tepat.

4. Pacar Idaman

Biar gimanapun, mahasiswa jurusan akuntansi termasuk salah satu kriteria pacar idaman loh! Gimana enggak, pacaran dengan anak akuntasi bisa bikin kamu bahagia dan nggak repot soal masalah keuangan. Nggak cuma itu, kesetian anak akuntansi juga nggak bisa diragukan lagi. Kehilangan ‘0’ satu aja, dia bakal cari sampai ketemu, bisa dibayangkan gimana jadinya kalo dia kehilangan pacarnya kan? Makanya, sering banyak yang bilang kalau “pacaran tuh sama anak akuntansi.” . 

5. Kerja di Mana Saja

Lulusan anak akuntansi kerja jadi apa? Lulusan akuntansi biasanya gampang cari kerja, anak akuntansi umumnya banyak ditempatkan sebagai tenaga akuntansi pada bagian finance atau keuangan. Tapi nggak menutup kemungkinan kalau lulusan akuntansi juga bisa berkarir dibagian lain di banyak industri. Terus apa aja sih prospek karier lulusan akuntansi? Yap, selain bekerja menjadi Akuntan Publik, lulusan ini juga bisa jadi Akuntan di Pemerintahan. Nggak cuma itu, lulusan ini juga bisa jadi Auditor Internal, Auditor Pajak, maupun Auditor di Badan Pengawas Keuangan (BPK). Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan keuangan maupun tenaga pengajar (guru maupun dosen). Nah, yang paling menariknya itu, kamu bisa jadi pengusaha dan memiliki bisnis pribadi.

Baca juga : 8 Prinsip Dasar Etika Profesi dalam Bidang Akuntansi

Kamu termasuk anak akuntansi atau lulusan akuntansi? Jurnal sebagai software akuntansi online ingin mengajak kamu untuk menjadi konsultan pembukuan yang dapat membantu berbagai macam bisnis dalam mengatur keuangan bisnisnya. Dengan menjadi konsultan di Jurnal, kamu bisa mendapat uang tambahan hingga berkesempatan untuk bekerja di perusahaan yang telah bekerja sama dengan Jurnal software. Daftarkan diri kamu di sini atau daftarkan kampusmu untuk bergabung dengan Jurnal University dengan mengirimkan email melalui maju@jurnal.id.

Kategori : Lifestyle

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo