Jurnal Enterpreneur

Akuntan Publik? Begini Pengertian, Tugas, dan Jenisnya

Tertarik untuk menjalankan profesi sebagai akuntan publik? Pelajari dulu apa itu pengertian, peran, tugas, dan jenis dari akuntan publik yang adalah bisa Anda simak di Blog Jurnal by Mekari.

Akuntan publik sangat diperlukan untuk melakukan audit dan pemeriksaan laporan keuangan sebuah perusahaan.

Informasi keuangan yang dilaporkan oleh akuntan publik bisa mempengaruhi citra baik atau kredibilitas perusahaan tersebut.

Kredibilitas perusahaan menjadi taruhannya jika akuntan publik tidak memberikan laporan keuangan yang baik.

Sebagai contoh, pada awal tahun 2020, kantor public accountant milik beberapa perusahaan besar mendapatkan sanksi dari Kementerian Keuangan RI.

Mengapa demikian? Hal ini karena laporan keuangan perusahaan tersebut memiliki keterkaitan dengan kasus modus permainan saham dan memberikan efek negatif ke ekonomi nasional.

Nah, itulah mengapa akuntansi sektor publik sangat diperlukan saat ini seiring banyaknya perusahaan baru yang bermunculan.

Agar Anda lebih tahu mengenai pengertian, peran, tugas, dan jenis dari akuntan publik, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Pengertian Akuntan Publik Adalah

Secara umum, akuntan publik memiliki pengertian yaitu adalah sebuah profesi yang memberikan pelayanan berupa jasa profesional dan sudah memiliki izin resmi untuk praktek sebagai akuntan swasta secara independen.

Selain pengertian di atas, ada pengertian lainnya yang berasal dari sejumlah narasumber.

Menurut UU RI No. 3 Tahun 2011, profesi satu ini memiliki definisi sebagai profesi yang memberikan jasa yang dapat digunakan oleh masyarakat luas untuk membantu dalam mengambil keputusan penting.

Peraturan Menkeu No. 443/KMK.01/2011 juga menjelaskan bahwa setiap akuntan publik wajib untuk masuk menjadi anggota dalam IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). 

IAPI adalah organisai atau ikatan profesi resmi yang sudah diakui oleh pemerintah.

Baca juga: Mengenal Laporan Keuangan Sektor Publik dan Perbedaannya dengan Laporan Keuangan Sektor Swasta

Nah, dari ulasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa profesi satu ini merupakan akuntan yang sudah memiliki izin resmi pemerintah untuk melakukan praktik akuntan dalam memeriksa laporan keuangan sebuah perusahaan.

Selain memiliki tugas untuk memeriksa laporan keuangan, akuntan publik juga bertugas dalam membantu akuntansi manajemen perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pihak internal perusahaan, seperti pemegang saham dan manajer perusahaan dalam mengambil keputusan penting dalam bisnis.

Tugas lainnya yaitu harus melakukan analisis laporan keuangan, audit pajak, audit laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Dengan semua tanggung jawab dan tugas tersebut, gaji akuntan publik pun lumayan besar.

Setiap akuntan publik juga harus mengikuti aturan yang sudah berlaku atau disebut juga sebagai etika profesi akuntansi, sebagaimana yang dijelaskan oleh IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia).

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Bidang Jasa Akuntan Publik Adalah

Apabila diklasifikasikan, bidang jasa akuntan publik terdiri dari dua macam, yaitu jasa atestasi serta jasa non-atestasi.

Apa itu jasa atestasi dan jasa non-atestasi? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jasa Atestasi

Jasa atestasi merupakan semua layanan jasa yang meliputi audit umum laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif, pemeriksaan pelaporan informasi keuangan proforma, serta review laporan keuangan.

Selain jasa-jasa yang sudah disebutkan tersebut, masih ada jasa audit atestasi lainnya yang bisa dilakukan oleh akuntan publik.

2. Jasa Non-Atestasi

Di sisi lain, jasa non-atestasi adalah setiap jasa yang berkaitan dengan keuangan, manajemen, akuntansi, kompilasi, konsultasi, dan urusan perpajakan.

Baca juga: 6 Peran Akuntansi Manajemen Sektor Publik dalam Organisasi

Tugas dan Jobdesk Akuntan Publik

Nah, setelah Anda tahu pengertian dan bidang jasa dari akuntan publik, ketahui juga tugas-tugas profesi satu ini.

Tugas akuntan publik adalah memeriksa laporan keuangan perusahaan yang sudah dibuat oleh akuntan perusahaan tersebut.

Secara spesifik, mereka bertugas untuk memeriksa apakah terjadi kesalahan atau tidak dalam laporan keuangan tersebut sesuai standar keuangan Indonesia.

Selain bertugas untuk memeriksa laporan keuangan, profesi ini juga bertugas untuk membantu perusahaan dalam membuat laporan pajak agar terhindar dari kesalahan, seperti tax amnesty dan SPT Tahunan yang tidak valid.

Akuntan publik juga bisa membantu perusahaan agar membayar pajak sedikit mungkin, namun tetap sesuai dengan aturan UU perpajakan.

Baca juga: Memahami Fungsi Laporan Keuangan Sektor Publik

Selain bertugas memeriksa laporan keuangan, profesi ini juga bertugas memeriksa laporan kepemilikan terhadap aset perusahaan agar terhindar dari penyitaan aset.

Mereka juga wajib  menyampaikan informasi laporan keuangan perusahaan secara transparan kepada publik.

Apabila terjadi inflasi, maka tugas akuntan publik adalah memberikan solusi keuangan kepada perusahaan agar perusahaan bisa membuat keputusan yang benar.

Akuntan publik juga harus memberikan informasi kepada perusahaan tentang cara mengalokasikan sumber-sumber terbatas, contohnya aset perusahaan, pegawai, dan modal bisnis.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jenis-jenis Jasa Akuntan Publik

Selain memiliki tugas yang beragam, akuntan publik juga memiliki sejumlah jenis jasa yang ditawarkan. Lantas, apa sajakah jenis-jenis tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Jasa Akuntansi atau Pembukuan

Jenis jasa akuntan yang satu ini berfungsi untuk membantu perusahaan dalam mempersiapkan laporan keuangan, mulai dari persiapan jurnal umum, neraca, dan buku besar.

Hal ini bertujuan untuk membuat laporan keuangan menjadi akurat dan bisa perusahaan pertanggung jawabkan.

Jenis jasa akuntansi dan pembukuan ini sudah menjadi tugas umum dari seorang akuntan publik professional.

2. Jasa Perpajakan

Selain memberikan layanan jasa akuntansi, profesi ini juga membantu perusahaan untuk membuat laporan perpajakan, seperti laporan Pajak Penghasilan badan (PPh Badan) serta PPh karyawan.

3. Jasa Konsultasi Manajemen

Saat ini, akuntan publik juga memberikan jasa konsultasi manajemen untuk perusahaan yang membutuhkan.

Hal ini untuk membuat laporan keuangan perusahaan menjadi lebih baik serta hasil audit yang lebih bagus pula.

Kelola Pajak Secara Langsung Cukup dengan Sekali Klik, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Menjadi Akuntan Publik

Ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin menjadi seorang akuntan publik.

Persyaratan ini sudah tertulis secara resmi dalam UU Nomor 5 Tahun 2011 pasal 5 ayat 1.

Syarat pertama yaitu Anda harus memiliki Sertifikat Tanda Lulus yang sah dari IAPI atau perguruan tinggi yang mempunyai akreditas pendidikan profesi satu ini.

Syarat selanjutnya yaitu Anda wajib menyerahkan bukti mengikuti PPL (Pendidikan Profesional Berkelanjutan) dengan jumlah SKS paling sedikit yang sudah ditempuh yaitu sedikit 60 Satuan Kredit PPL (SKP) selama 2 tahun.

Persyaratan selanjutnya yaitu Anda harus memiliki pengalaman praktik di bidang audit umum, dengan jumlah sedikitnya 1000 jam dalam 5 tahun yang sudah diresmikan oleh ketua kantor KAP.

Seorang akuntan publik harus memiliki domisili di wilayah RI dan harus menyerahkan KTP. Selain itu, Anda juga harus memiliki NPWP.

Selain itu, Anda harus menjadi anggota dari IAPI dan tidak pernah dijatuhi sanksi pencabutan izin dan tidak pernah dipidana.

Calon akuntan publik  juga tidak boleh sedang berada dalam pengampuan serta harus membuat dan melengkapi formulir Surat Permohonan Izin Akuntan Publik,

Selain itu, Anda juga harus membuat surat pernyataan tidak merangkap jabatan seperti yang sudah dijelaskan dalam pasal 46.

Anda juga perlu membuat surat pernyataan yang sudah dibubuhi materai serta  menyatakan kalau data persyaratan yang Anda sampaikan adalah benar.

Baca juga: Jadi Akuntan Hebat dengan Aplikasi Manajemen Keuangan

Jadikan Proses Akuntansi Lebih Mudah dengan Menggunakan Software Akuntansi Jurnal

Menjadi seorang akuntan memang memerlukan keahlian dan ketelitian dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Untuk itu, Jurnal by Mekari hadir untuk memudahkan Anda dalam proses pembukuan dan juga akuntansi.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Penggunaan software seperti Jurnal akan mempermudah Anda dalam mengelola arus transaksi dan juga informasi akuntansi bisnis Anda.

Adapun fitur-fitur lain yang bisa Anda nikmati adalah:

  1. Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online live chat tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Silakan coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Di atas adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, tugas, dan jenis profesi akuntan publik. Profesi ini memang tidak mudah namun memiliki gaji yang seimbang dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo