Jenis Laporan Keuangan Perusahaan PT yang Perlu Diketahui

Seperti apa itu dan bagaimana cara membuat dan contoh laporan keuangan untuk perusahaan PT? Simak artikel Blog Mekari Jurnal!

Perusahaan yang berkembang dengan pesat pasti tahu tentang bagaimana cara mengelola sebuah bisnis dan tetap mengembangkan potensi perusahaan sehingga bisa memaksimalkan kualitas perusahaan.

Pengelolaan bisnis dalam perusahaan mencakup pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi, modal, produk, hingga pemasaran.

Setiap faktor saling berhubungan untuk memajukan perusahaan. Pelajari bagaimana aplikasi keuangan perusahaan dapat membantu pekerjaan Anda.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Lalu dalam pengelolaan keuangan, ada beberapa faktor yang harus dimengerti. Misalnya apa itu laba, rugi, neraca, modal, dan seterusnya.

Bagian-bagian tersebut terdapat di dalam laporan ini akan bermanfaat untuk setiap proses pelaporan keuangan perusahaan.

Tidak ada perbedaan mencolok dalam isi laporan keuangan perusahaan PT. Hanya saja terdapat perubahan di beberapa bagian untuk menyesuaikan dengan jenis perusahaan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan PT

Isi dari laporan tergantung dari jenis laporan yang dibuat. Ada beberapa jenis laporan yang setiap akhir periode akuntansi dibuat oleh perusahaan seperti beberapa contoh di bawah ini.

Berikut isi dari laporan keuangan PT berdasarkan jenis dan contoh:

1. Laporan Neraca (Balance sheet)

Jenis laporan posisi keuangan atau neraca adalah laporan yang sistematis tentang aktiva, utang serta modal dari suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.

Di dalam neraca terdapat sumber daya perusahaan atau aset perusahaan, kewajiban ekonomis atau utang, modal saham, dan hubungan antar item tersebut.

Tujuan dari laporan neraca adalah menunjukan posisi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode tertentu, biasanya pada waktu di mana buku-buku ditutup dan di tentukan sisanya pada suatu akhir tahun fiskal atau tahun kalender.

Di bawah ini adalah contoh laporan posisi keuangan PT Amelia Merchandise:

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana

2. Laporan Laba Rugi (income statement)

Laporan laba rugi adalah laporan sistematis yang berisi tentang penghasilan, biaya, rugi-laba yang diperoleh oleh suatu perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

Laporan laba rugi juga mencatat kegiatan perusahaan dalam satu periode termasuk di dalamnya aktivitas rutin perusahaan atau operasional perusahaan.

Setiap detail transaksi dan aktivitas perusahaan terdapat di dalam laporan laba rugi agar pembaca laporan mengerti tentang isi dari laporan tersebut.

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan laba rugi perusahaan PT Amelia Merchandise:

contoh laporan keuangan laba rugi pt

3. Laporan arus kas

Isi dari laporan arus kas digunakan untuk menganalisis dan memberikan informasi mengenai penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

Laporan arus kas bertujuan untuk memperkirakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan kas.

Di dalam laporan arus kas, disajikan informasi mengenai efek penggunaan kas perusahaan dari kegiatan investasi, pendanaan, dan operasi perusahaan selama periode akuntansi tertentu.

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan arus kas PT Amelia Merchandise:

4. Laporan perubahan ekuitas

Laporan perubahan modal adalah laporan pelengkap. Pada dasarnya, suatu perusahaan cukup memiliki 3 laporan sebelumnya yaitu laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan yang harus dibuat oleh perusahaan yang menggambarkan peningkatan atau penurunan aktiva bersih atau kekayaan selama periode yang bersangkutan berdasarkan prinsip pengukuran tertentu yang dianut.

Laporan perubahan ekuitas dibuat ketika terjadi perubahan modal pada perusahaan akibat dari segala kegiatan pokok operasi perusahaan dalam suatu periode akuntansi tertentu.

Di bawah ini adalah contoh laporan keuangan perubahan ekuitas atau modal PT Amelia Merchandise:

contoh laporan keuangan perubahan modal pt

4. Catatan atas Laporan Keuangan (notes of statement)

Sama seperti laporan perubahan ekuitas, Catatan atas laporan keuangan atau CALK merupakan pelengkap.

Catatan atas Laporan Keuangan adalah catatan tambahan dan informasi yang ditambahkan ke akhir  untuk memberikan tambahan informasi kepada pembaca dengan informasi lebih lanjut.

Jenis -jenis laporan keuangan PT di atas memiliki isi yang berbeda-beda. Tetapi yang paling penting dimiliki oleh setiap perusahaan adalah laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Laporan pelengkap hanya digunakan jika memang diperlukan oleh perusahaan. Setiap laporan bermanfaat untuk perusahaan.

Perusahaan tidak bisa melewatkan setiap detail transaksi saat membuat laporan ini.

Karena laporan keuangan adalah dokumen penting perusahaan, maka harus sangat teliti dalam setiap pencatatan transaksinya.

manfaat ms excel untuk pembukuan laporan keuangan pt perusahaan

Selain itu ada banyak manfaat lain misalnya: membantu investor untuk memeriksa kondisi keuangan perusahaan sehingga para investor bisa memperkirakan penanaman modal yang akan dilakukan kepada perusahaan.

Selain itu manfaat lainnya bagi karyawan adalah bisa mengetahui stabilitas dan profitabilitas perusahaan tempat mereka bekerja.

Laporan ini bisa memberikan informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dalam periode tertentu dan juga perubahan-perubahan yang terjadi terhadap aktiva, pasiva, dan modal perusahaan.

Maka dari itu,  merupakan hal yang penting di dalam perusahaan.

Catatan transaksi harus selalu detail dan tidak bisa terlewatkan karena sedikit kesalahan transaksi maka akan mengakibatkan laporan neraca yang tidak seimbang dan juga laporan laba rugi yang berbeda.

Tentunya akan berdampak pada kinerja perusahaan juga. Memastikan setiap transaksi yang terjadi di perusahaan tercatat adalah langkah awal menyusun laporan keuangan perusahaan yang baik.

Serta bagi pelanggan, laporan keuangan yang stabil pastinya akan membuat pelanggan percaya kepada perusahaan terutama jika pelanggan memiliki kontrak jangka panjang.

Baca juga: Hubungan antara Laporan Laba-Rugi, Neraca, dan Perubahan Modal

Buat Laporan Keuangan Perusahaan PT Anda dengan Software Akuntansi Jurnal

Kembangkan bisnis Anda dengan memulai pembukuan dan pencatatan laporan keuangan yang benar mulai sekarang dengan software akuntansi Mekari Jurnal.

Beragam fitur yang diberikan, seperti:

  1. Invoice & PO, buat faktur penjualan, pesanan pembelian, dan surat jalan profesional secara otomatis.
  2. Laporan cepat & tepat, susun laporan finansial dan aktivitas bisnis secara real-time dengan 1-klik.
  3. Kontrol stok persediaan, monitor stok serta lakukan stok opname untuk laporan tepat.
  4. Kolaborasi real-time, tambah pengguna lainnya untuk performa kerja multi-tasking.
  5. Online live chat tiap Saat, hubungi kami kapan saja, tim support kami siap membantu Anda.

Silakan coba aplikasi Jurnal untuk kelola keuangan perusahaan secara gratis selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Di atas adalah pengertian, contoh, dan jenis dari laporan keuangan perusahaan PT. Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi seputar keuangan, bisnis, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo