Hubungan antara Laporan Laba-Rugi, Perubahan Modal, dan Neraca

Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara data keuangan suatu perusahaan dengan pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan.

 

Melalui laporan keuangan, perusahaan akan mendapatkan berbagai wawasan terkait kondisi keuangan serta bisnis yang sedang berjalan. Tidak hanya itu, perusahaan dapat memiliki acuan untuk membandingkan kondisi finansial dalam suatu periode tertentu, misalnya perbandingan pada bulan ini dan satu bulan sebelumnya.

Hasil perbandingan tersebut dapat digunakan sebagai rujukan untuk mengetahui apakah bisnis perusahaan berada dalam jalur yang tepat dan mengalami peningkatan keuntungan. Informasi tersebut juga dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan strategis demi kemajuan perusahaan.

Melihat berbagai manfaat yang dapat didapatkan, penting bagi perusahaan untuk memiliki laporan keuangan yang baik. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang perlu disusun oleh perusahaan. Laporan keuangan seperti laporan laba-rugi, laporan perubahan modal, dan neraca, memiliki keterkaitan satu sama lain.

Perbedaan Laporan Laba-Rugi, Perubahan Modal, dan Neraca

a. Menurut Ardhykartansa, Laporan laba-rugi merupakan laporan yang menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan serta beban yang terjadi selama periode tertentu. hasil akhir dari laporan laba rugi adalah laba bersih atau rugi bersih.

b. Laporan perubahan modal merupakan laporan yang menunjukkan sumber dan penggunaan modal perusahaan yang dapat dihitung setelah mengetahui adanya hasil dari laporan laba-rugi.

c. Neraca merupakan laporan yang menunjukkan jumlah aktiva, utang, dan modal dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu, yang dapat dituliskan setelah mengetahui adanya perubahan modal dari laporan perubahan modal.

 

Contoh Skema Pembuatan Neraca dari Laporan Laba-Rugi dan Perubahan Modal

a. Laporan Laba/Rugi

Laporan ini menyajikan pendapatan, beban, dan laba atau rugi perusahaan untuk suatu periode tertentu. Dari laporan ini, Anda dapat mengetahui kinerja keuangan perusahaan, apakah mengalami keuntungan atau kerugian. Untuk pembuatan laporan laba-rugi, akun-akun yang diperlukan hanyalah akun Pendapatan dan Beban pada buku besar.

 

Bella Salon

Laporan Laba/Rugi

Periode Desember 2017

Akun

Debit

Kredit

Pendapatan Salon

5.450.000

Beban Operasional:

    Beban Sewa

300.000

    Beban Iklan

50.000

    Beban gaji

470.000

    Beban Telp & Listrik

150.000

    Beban perlengkapan

1.500.000

    Beban penyusutan peralatan salon

1.300.000

Total Beban Operasional

(3.770.000)

Laba Bersih

1.680.000

 

   

Hasilnya bisa dilihat bahwa laba kotor Bella Salon ialah sebesar Rp5.450.000 dan pengeluaran yang dilakukan ialah sebesar Rp3.770.000. Sehingga secara keseluruhan, pada periode tersebut Bella Salon mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp1.630.000

 

b. Laporan Perubahan Modal

 

Laporan ini diperlukan untuk mengetahui maju atau mundurnya kondisi perusahaan. Jika modal perusahaan bertambah, berarti terdapat kemajuan, begitu juga sebaliknya. Jika modal awal lebih besar daripada modal akhir maka hal ini menunjukkan perusahaan mengalami kemunduran.

Jadi, laporan perubahan modal ini menceritakan perubahan yang terjadi pada modal (ekuitas) pemilik perusahaan. Perubahan ini disebabkan oleh hasil operasi perusahaan dalam suatu periode tertentu. Lihat contoh laporan perubahan modal di sini. Pembuatan laporan ini memerlukan data mengenai besar nominal modal awal, jumlah laba bersih, prive, dan penambahan modal.

c. Neraca

Laporan keuangan ini menyajikan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu. Berikut adalah contoh neraca keuangan.

 

Bella Salon

Neraca

Periode Desember 2017

AKTIVA

KEWAJIBAN

Aktiva Lancar

Utang Lancar

Kas

6.600.000

Utang usaha

2.500.000

Piutang

1.750.000

Utang gaji

1.750.000

Perlengkapan

5.500.000

Jumlah Utang Lancar

4.250.000

Sewa dibayar di muka

900.000

Jumlah Aktiva Lancar

14.750.000

Aktiva Tetap

Modal

Peralatan

13.000.000

Modal Bella Salon

23.780.000

Akumulasi penyusutan peralatan

(1.300.000)

Jumlah Aktiva Tetap

11.700.000

Jumlah Modal

23.780.000

Jumlah Aktiva

26.450.000

Jumlah Kewajiban & Modal

28.030.000

 

 

Sebelum membuat neraca, Anda harus membuat laporan laba/rugi dan laporan perubahan moda terlebih dahulu. Karena adanya keterkaitan dalam proses akuntansi tersebut, maka akan sangat mudah jika setiap laporan keuangan atau transaksi perusahaan tercatat secara otomatis dalam software akuntansi yang langsung dapat mengolahnya ke dalam berbagai laporan keuangan tanpa perlu memasukkan data berulang kali.

Pilihlah software akuntansi online yang berbasis cloud. Hal ini akan mengurangi risiko kehilangan dan kesalahan dalam pencatatan dan pengolahan laporan keuangan. Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa menjadi solusi keuangan dan pembukuan perusahaan Anda. Dengan menggunakan Jurnal, Anda tidak perlu membuat laporan keuangan satu per satu. Hanya dengan memasukkan seluruh data transaksi bisnis, Anda bisa mendapatkan semua laporan keuangan yang Anda butuhkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

 


PUBLISHED24 May 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: