Jurnal Enterpreneur

Apa Itu Purchase Order? Yuk, Cari Tahu Fungsinya!

Apa itu arti purchase order atau PO? Purchase Order atau PO artinya adalah dokumen yang dibuat untuk menunjukkan barang yang ingin dibeli. Cari tahu fungsi dan penjelasan lengkapnya hanya di blog Jurnal By Mekari di sini.

Pertanyaan tentang arti PO mungkin sering muncul di benak Anda saat ini. PO sendiri adalah singkatan dari Purchase Order.

Lalu arti PO atau Purchase Order artinya adalah sebuah dokumen yang kerap digunakan dalam berbisnis.

Untuk lebih memahami apa itu PO artinya? Simak penjelasan arti PO pada tulisan bawah ini.

Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, proses bisnis pun menjadi semakin kompleks.

Jika dulu Anda bisa dengan mudah memesan material dari supplier melalui email atau telepon, kini penyuplaian mulai sulit dikelola.

Purchase order atau PO disini artinya memiliki peran yang sangat penting bagi pengusaha UMKM atau yang menengah keatas.

Apa Itu Arti Purchase Order Atau PO Artinya Adalah? Selengkapnya Akan Dibahas Disini!

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Arti PO adalah

Apa itu arti PO? Purchase Order atau PO adalah dokumen yang dibuat oleh pembeli untuk menunjukkan barang yang ingin mereka beli dari pihak penjual.

PO artinya juga merupakan sebuah kontrak yang membentuk kesepakatan antara pembeli dan penjual mengenai barang yang ingin dibeli oleh pihak pembeli.

Berbeda dengan invoice, yang dibuat oleh penjual dan dikirim ke pembeli, purchase order (PO) berasal dari pembeli dan dikirim ke penjual.

Kelola Invoice Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu arti purchase order atau PO? Purchase Order atau PO artinya adalah dokumen yang dibuat untuk menunjukkan barang yang ingin dibeli. Cari tahu fungsi dan penjelasan lengkapnya hanya di blog Jurnal By Mekari di sini.

Aspek-Aspek dalam Purchase Order

PO artinya adalah sebuah surat permintaan barang dengan jumlah dan harga yang dicantumkan oleh pembeli.

Sebuah PO memiliki komponen sebagai berikut:

  • Detail perusahaan yang terlibat
  • Tanggal pesanan
  • Nama produk
  • Jumlah barang yang dibeli
  • Harga
  • Ketentuan tambahan untuk penjualan seperti diskon.

Baca juga: 10 Tips Sukses Membangun Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order

 

Apa yang Terjadi Setelah Purchase Order Dikirim?

Nah, diatas tadi adalah arti PO juga penjelasannya. Lalu apa yang akan terjadi jika purchase order ini dikirim?

Setelah purchase order telah dibuat dan dikirim ke penjual, penjual kemudian memutuskan apakah akan menerima kontrak atau tidak.

Jika purchase order atau PO diterima, artinya penjual telah setuju untuk menjual produk dan jumlah yang tercantum pada harga yang ditetapkan oleh pembeli.

Penjual kemudian mengeluarkan faktur (invoice) kepada pembeli berdasarkan pesanan pembelian.

Sebagai contoh ada sebuah perusahaan instalasi listrik perlu membeli bahan baru dari pemasok untuk menciptakan produk mereka.

Perusahaan kemudian membuat pesanan pembelian untuk diajukan ke pemasok dari mana mereka ingin memesan bahan.

Pemasok setuju untuk memenuhi pesanan pembelian dan mengirimkan materi ke perusahaan instalasi listrik tersebut beserta invoice-nya.

Ketika perusahaan instalasi tersebut menerima barang dan invoice, mereka membandingkannya dengan purchase order yang mereka kirimkan.

Jika dokumen dan barangnya sesuai, perusahaan tersebut akan membayar tagihannya.

Sekarang, Anda sudah mengerti apa perbedaan invoice dan purchase order ( PO ) artinya apa bukan?

Kelola usaha mikro kecil secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fungsi Purchase Order atau PO Adalah

Baca Juga : 4 Jenis Strategi Pemasaran Produk yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Purchase Order atau PO Adalah

Setelah Anda tahu arti PO, sekarang Anda harus memahami fungsinya juga.

Meskipun terlihat cukup rumit untuk memesan barang dari pemasok dengan menggunakan purchase order.

Namun pesanan pembelian dengan PO tersebut akan memberi rasa aman dari tindakan penipuan tambahan serta mengamankan ketersediaan bahan dengan harga yang diinginkan

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Purchase Order:

  • Sebagai pemesan, cantumkan identitas perusahaan dengan jelas dalam purchase order.
  • Cantumkan detail apa saja yang akan Anda pesan, seperti merek, nama barang, jumlah, dan informasi lainnya.
  • Cantumkan dengan jelas produsen atau supplier yang Anda pilih.
  • Sebutkan media sebagai tempat iklan produk yang ditawarkan (jika dirasa perlu).
  • Sebutkan bentuk dan jumlah pesanan dengan detail, bila dibutuhkan buatlah daftar dalam tabel agar memudahkan penelusuran serta pelayanannya.
  • Sebutkan cara pengiriman, waktu pengiriman, metode pembayaran, dan juga cara pengiriman yang Anda inginkan.
  • Cantumkan nomor PO (purchase order). Nomor ini sangat penting untuk melakukan penelusuran apabila ada kekeliruan ataupun permasalahan.

Baca juga: Kenapa Program Accounting Dibutuhkan Penjual Online

Kesimpulan : Agar Lebih Mudah Buat Dan Kelola Purchase Order Atau PO Artinya Anda Harus Gunakan Aplikasi Seperti Jurnal By Mekari

Dari penjelasan di atas, sekilas kita akan memahami arti PO, kegunaan PO adalah seperti apa.

Lalu contoh purchase order dan perbedaannya dengan purchase requisition seperti apa pada tulisan yang ada disini.

Nah, jika Anda masih mengalami kesulitan terkait pembuatan purchase order untuk bisnis, Anda bisa mendapatkan kemudahan dengan mendaftarkan bisnis Anda dengan software stok barang milik Jurnal.

Info lebih lanjut tentang fitur yang ada pada aplikasi Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Agar Lebih Mudah Buat Dan Kelola Purchase Order Atau PO Artinya Anda Harus Gunakan Aplikasi Seperti Jurnal By Mekari

Jurnal adalah software akuntansi online berbasis cloud yang memudahkan dalam segala  proses akuntansi seperti membuat purchase order hingga laporan keuangan. Dengan Jurnal, Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman dalam mengelola semua kebutuhan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jurnal Enterprise Plus, Solusi Terlengkap Untuk Optimalkan Transaksi Bisnis Anda!

Nah, sekarang anda tahu apa itu arti purchase order atau PO setelah membaca tulisan ini.

Seperti telah diulas diatas, Purchase Order atau PO artinya adalah adalah sebuah dokumen yang kerap digunakan dalam berbisnis, terkait pengadaan atau pembelian barang.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya.

Baca Juga : Mengenal istilah Debit dan Kredit Dalam Akuntansi

5 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Purchase Order

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan tentang purchase order (PO), apa saja itu?

Purchase Order Lengkap

Agar tidak salah dalam membuat purchase order, pertama Anda harus pastikan isi purchase order lengkap. Sehingga supplier juga tidak salah dalam mengirimkan permintaan Anda.

Minimal harus memuat informasi tentang identitas pemesan dan perusahaan, nama produk, jumlah barang, harga, metode pembayaran, cara pengiriman, syarat dan ketentuan lain, dan sebagainya.

Memilih Supplier

Salah satu kesalahan dalam purchase order biasanya berkaitan dengan supplier. Bisnis Anda tentu saja memiliki supplier bukan? Untuk memenuhi bahan baku atau apapun, sebuah bisnis tentu memiliki supplier.

Wajar saja jika Anda juga memiliki banyak supplier. Anda dapat memilih supplier mana yang menguntungkan bisnis Anda.

Namun, terkadang supplier juga dapat menghambat bisnis Anda. Supplier yang nakal bisa saja mengurangi jumlah permintaan Anda pada purchase order. Jika demikian, proses produksi pun dapat terhambat.

Karenanya sangat penting untuk memperhatikan supplier yang masuk ke bisnis Anda. Pilihlah yang sesuai kebutuhan perusahaan, yang menawarkan kerjasama yang baik ataupun kriteria lain.

Jangan Menerima Harga Apa Adanya

Biasanya perusahaan berpikir bahwa harga pesanan pada purchase order sudah tetap, tidak boleh ditawar.

Padahal tidak begitu, jika Anda bekerja sama dengan supplier tertentu, Anda dapat melakukan penawaran mengenai harganya terlebih dahulu.

Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda akan memesan ulang jika harganya cocok satu sama lain. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda juga menekan atau menghemat biaya sehingga keuntungan yang diperoleh bertambah.

Jangan Abaikan Nasihat Supplier

Supplier merupakan pihak yang paling memahami  produk yang mereka jual. Dengan pengetahuan yang banyak, mereka dapat memberi saran untuk Anda dalam menggunakan produk mereka sehingga hasilnya maksimal.

Maka dari itu, jangan mengabaikan nasihat supplier. Apalagi sekarang persaingan usaha semakin kompetitif, maka bersikap terbuka perlu Anda miliki.

Pesan Sesuai Tujuan

Departemen pembelian memiliki tugas untuk melakukan pemesanan persediaan. Mungkin beberapa orang menganggap tugas tersebut adalah tugas yang mudah, tapi sebenarnya tugas tersebut berat karena kebutuhan setiap departemen berbeda-beda.

Untuk itu sebelum mengirimkan purchase order, pastikan pesanan sesuai dengan tujuan. Jika Anda tidak mau meninjau ulang pesanan, dikhawatirkan barang yang dibeli tidak cocok dengan perusahaan Anda.

Maka pastikan Anda juga tahu tujuan perusahaan sebelum benar-benar melakukan pemesanan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan pada purchase order sebagai bagian penting dalam proses pembelian yang nantinya juga akan berpengaruh dalam aktivitas produksi.

Apakah Anda masih kesulitan membuat purchase order? Anda bisa memanfaatkan Jurnal sebagai software akuntansi online berbasis cloud untuk memudahkan proses akuntansi.

Dengan Jurnal, Anda dapat membuat transaksi penjualan dan pembelian lebih lengkap, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, hingga penagihan.

Hal ini memudahkan Anda dalam memonitor dan mencatat rangkaian transaksi. Karena itu daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di Jurnal, sehingga Anda akan lebih cepat, mudah dan aman untuk mengelola perusahaan melalui aplikasi akuntansi online tersebut.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo