Jurnal Enterpreneur

Masih Bingung dengan Purchase Order (PO) dan Invoice? Cari Tahu Perbedaannya!

Apa perbedaan purchase order dan invoice? Baca di blog Jurnal by Mekari ini saja sampai selesai untuk mengetahui apa perbedaan PO dan invoice!

Dalam menjalankan bisnis, istilah purchase order (PO) dan invoice akan sering terdengar.

Namun, faktanya masih banyak orang yang belum memahami perbedaannya.

Walaupun isinya tidak jauh berbeda, PO dan format invoice memiliki perbedaan yang wajib diketahui karena keduanya memiliki peranan penting saat transaksi jual beli dalam suatu perusahaan dagang.

Untuk mengetahui keduanya lebih lanjut, simak ulasannya berikut ini.

Jangan lupa cek juga aplikasi invoice online Jurnal untuk bisnis lebih cepat dan mudah.

Mengenal PO dan Invoice

Purchase order atau biasa dikenal dengan PO adalah dokumen pemesanan barang yang dibuat oleh pembeli dan ditujukan kepada pihak penjual.

Umumnya, isi yang ada di dalam PO adalah detail mengenai barang yang akan Anda beli, mencakup nama barang, warna, jumlah, harga, dan informasi penting lainnya.

PO sangat penting dibuat untuk memperjelas pesanan pembelian dari pihak buyer untuk menghindari kesalahan pesanan saat barang tiba di tempat tujuan.

Jika PO dikirimkan oleh pembeli kepada penjual, invoice adalah kebalikannya.

Invoice adalah dokumen yang dibuat oleh penjual dan ditujukan kepada pembeli.

Invoice adalah dokumen yang berisi bukti pemesanan untuk menagih pembayaran kepada pembeli atas barang yang dibeli.

Apa Persamaan dan Perbedaan purchase Order Dan Invoice?

Apa perbedaan purchase order dan invoice? Baca di blog Jurnal by Mekari ini saja sampai selesai untuk mengetahui apa perbedaan PO dan invoice!

Meskipun istilah PO dan invoice sering terdengar, tapi ternyata masih banyak orang yang keliru mengenai keduanya.

Hal ini tentu saja harus dihindari agar proses transaksi tetap berjalan dengan lancar.

PO dan invoice adalah dokumen yang sangat penting dalam kegiatan transaksi dan keduanya memang memiliki kesamaan, antara lain:

  • PO dan invoice sama-sama menjadi bukti adanya pemesanan dan pembelian barang antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual).
  • PO dan invoice adalah dokumen penting yang terikat secara hukum karena didalamnya berisi perjanjian atas pembelian dan pemesanan barang antara pihak pembeli dan penjual.
  • Informasi yang ada di dalam PO maupun invoice memiliki kemiripan yang berisi daftar rincian pesanan, nama perusahaan, nomor telepon, serta harga yang sudah disepakati.

Namun, di balik persamaan yang dimilikinya, tentu saja ada perbedaan purchase order dan invoice, yaitu:

  • PO dibuat oleh pembeli kepada penjual, sementara invoice dibuat oleh penjual yang ditujukan kepada pembeli.
  • PO adalah dokumen yang berisi detail pemesanan barang yang ingin dibeli atau jasa yang digunakan, sedangkan invoice memuat informasi mengenai penagihan atas barang atau jasa.
  • PO adalah dokumen yang dikirimkan ketika pembeli memesan barang atau jasa, sementara invoice dikirimkan setelah barang atau jasa selesai dikirimkan atau dikerjakan serta saat tanggal jatuh tempo.

Buat & Kelola Invoice Otomatis dan Terintegrasi ke dalam Laporan Jurnal Anda Lebih Mudah Dan Cepat Seperti Pada Gambar Dibawah

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fungsi Purchase Order dan Invoice bagi Perusahaan

Setiap dokumen, baik PO dan invoice tentunya memiliki manfaat yang berbeda.

Manfaat Purchase Order

Berikut manfaatnya purchase order.

Mengamankan ketersediaan barang

Manfaat utama memakai sistem PO adalah mengamankan ketersediaan barang agar tidak terjual kepada orang lain.

Purchase order tentunya akan membantu mengamankan barang atau jasa yang ingin Anda beli.

Dengan adanya PO inilah, penjual akan memastikan barang yang Anda inginkan tersedia, lalu menyimpannya sebelum dikirimkan pada waktu yang ditentukan.

Umumnya, PO akan sangat membantu Anda yang ingin memesan barang yang mudah laku di pasaran.

Audit keuangan

Menggunakan sistem PO dalam transaksi jual beli bisa menjadi bukti terjadinya pemesanan produk atau barang yang dikelola dengan baik di perusahaan Anda.

Selain sebagai catatan pengeluaran, hal ini juga bisa menjadi cara untuk membuktikan kepada bank, auditor, atau lembaga perpajakan bahwa perusahaan Anda melakukan transaksi bisnis dengan benar.

Dokumen yang mengikat

Purchase order bertindak sebagai dokumen yang mengikat secara hukum antara pihak pembeli maupun penjual.

Hal ini tentunya akan menjad saksi jika terjadi konflik antara kedua belah pihak, seperti barang tidak dikirimkan.

Dengan sistem PO, pengiriman barang akan terkontrol dengan baik sehingga menghindari kesalahan-kesalahan yang akan terjadi di masa mendatang dan merugikan perusahaan.

Setelah mengetahui perbedaan purchase order dan invoice anda harus mengetahui manfaatnya juga.

Contoh rincian PO:

  • Tanggal pembelian
  • Nama dan alamat pembeli
  • Nama dan alamat penjual
  • Nomor purchase order
  • Rincian barang atau jasa yang dipesan
  • Syarat dan ketentuan transaksi

Baca Juga : Proses Pembuatan Invoice Bisnis Lebih Mudah Secara Online

Manfaat Invoice

Berikut adalah beberapa manfaat dari invoice:

Memberikan visibilitas bagi perusahaan terkait pengeluaran

Invoice adalah dokumen penting yang biasanya dibutuhkan oleh setiap perusahaan saat melakukan tansaksi, terutama untuk pembelian dalam jumlah besar.

nvoice berisi rincian pembelian dengan detail dan tepat sehingga pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat diketahui secara transparan.

Mengelola pembayaran

Invoice juga berfungsi untuk melacak pembayaran secara formal karena menunjukkan berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan dan tagihan apa saja yang belum dilunasi oleh perusahaan Anda.

Menagih pembayaran atas barang atau jasa

Invoice adalah dokumen yang sah untuk menagih pembayaran kepada pembeli.

Sejumlah perusahaan biasanya tidak mau mengeluarkan uang jika ditagih melalui e-mail atau telepon saja.

Oleh karena itu, keberadaan invoice ini sangat membantu karena berisi informasi yang rinci mengenai pembayaran yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan.

Contoh rincian invoice:

  • Tanggal invoice
  • Nama dan alamat penjual
  • Nama dan alamat pembeli
  • Nomor invoice
  • Nomor purchase order, jika PO (purchase order) dikeluarkan
  • Rincian dan jumlah barang dan jasa yang diberikan
  • Harga yang disepakati
  • Diskon dan pajak
  • Jumlah total yang harus dibayarkan
  • Syarat dan ketentuan transaksi (opsional)
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran

Purchase order dan invoice adalah bagian penting dari kegiatan sehari-hari di perusahaan Anda.

Karena itu Anda harus tahu perbedaan purchase order dan invoice.

Perbedaan Invoice dan Purchase Order

Berikut ini adalah perbedaan antara purchase order (PO) dan invoice:

  • PO dibuat oleh pembeli kepada penjual, sementara invoice dibuat oleh penjual yang ditujukan kepada pembeli.
  • PO adalah dokumen yang berisi detail pemesanan barang yang ingin dibeli atau jasa yang digunakan, sedangkan invoice memuat informasi mengenai penagihan atas barang atau jasa.
  • PO adalah dokumen yang dikirimkan ketika pembeli memesan barang atau jasa, sementara invoice dikirimkan setelah barang atau jasa selesai dikirimkan atau dikerjakan serta saat tanggal jatuh tempo.

Baca juga: Contoh Template Surat Purchase Order dalam Bahasa Indonesia

Kelola Purchase Order Lebih Mudah Dengan Aplikasi Jurnal

Jika sampai saat ini Anda masih kesulitan membuat PO dan invoice dengan benar, sudah saatnya Anda beralih dan memanfaatkan software akuntansi yang tepat, seperti Jurnal.

Kelola Purchase Order Lebih Mudah Dengan Aplikasi Jurnal

Hadir sebagai software akuntansi online, Jurnal akan memudahkan bisnis perusahaan Anda dalam membuat PO dan invoice dengan template form yang mudah dan sederhana.

Tidak hanya itu saja, namun Jurnal juga memudahkan pencatatan akuntansi perusahaan dagang yang akurat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur aplikasi Jurnal By Mekari? Silahkan coba sendiri aplikasi ini dengan gratis.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, sekarang Anda tahu apa itu perbedaan purchase order dan invoice setelah membaca tulisan ini.

Sekarang Anda juga bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik ini seperti :

  • Purchase invoice form biasa disebut apa?
  • Disebut apakah daftar pengiriman barang pesanan pembeli yang harus dibayar?
  • Dokumen pemesanan disebut juga dengan istilah apa?
  • Berikut ini yang tidak termasuk isi dari dokumen purchase order adalah?
  • Tagihan dari supplier kepada perusahaan disebut apa?

Semoga artikel yang membahas perbedaan purchase order dan invoice ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo