Manajer keuangan merupakan jabatan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, karena sebagai ujung tombak yang berkaitan dengan keuangan. Peran manajer keuangan dapat beragam, tergantung pada ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Sebagai contoh, di perusahaan yang lebih besar, mungkin manajer keuangan dapat melakukan kegiatan yang terfokus seperti analisis strategi. Kegiatan ini berfungsi untuk membantu para manajer senior membuat keputusan terbaik. Hal tersebut dapat mencakup interpretasi informasi keuangan dan perkiraan berbagai tren di masa mendatang.

 

Di perusahaan yang lebih kecil, manajer keuangan dapat mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih luas, atau mungkin mengelola seluruh fungsi keuangan. Beberapa manajer keuangan bahkan terus melakukan pengawasan tim silang fungsi (cross-function) dengan departemen TI dan juga staf administrasi. Hal ini karena perusahaan berskala kecil, sehingga masih dapat diatasi oleh satu manajer keuangan.

 

Tugas Manajer Keuangan

Tugas utama manajer keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan memberi nasihat keuangan yang sesuai. Adapun tugas dari manajer keuangan yang lainnya adalah sebagai berikut:

a. Bekerja sama dengan manajer lainnya untuk merencanakan serta meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perencanaan umum keuangan perusahaan.

b. Menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan se-efisien dan se-efektif mungkin dengan menjalin kerja sama dengan manajer lainnya.

c. Mengambil keputusan penting dalam investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.

d. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

 

Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Tanggung jawab utama dari manajer keuangan antara lain sebagai berikut:

a. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban pajak perusahaan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

b. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahaan, serta mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan.

c. Mengelola fungsi akuntansi dalam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan secara akurat.

d. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem serta prosedur keuangan dan akuntansi. Selain itu juga mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur.

e. Merencanakan dan mengkonsolidasikan perpajakan seluruh perusahaan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

f. Merencanakan, mengkoordinasi, dan mengontrol arus kas perusahaan (cash flow), terutama pengelolaan piutang dan utang. Sehingga, hal ini dapat memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahaan dan kondisi keuangan dapat tetap stabil.

 

Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus mengetahui dengan baik bagaimana tugas dan tanggungjawabnya untuk mencapai tujuan perusahaan. Berbagai tugas dan tanggung jawab manajer keuangan tidak lepas dari pembuatan laporan keuangan yang baik. Kini, Anda sebagai manajer keuangan dapat menyusun laporan keuangan menggunakan software akuntansi.

 

Jurnal sebagai software akuntansi online, dapat membantu Anda membuat laporan keuangan secara instan dan realtime, sehingga Anda dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis. Kemudahan akses di mana pun dan kapan pun dari Jurnal tidak akan menghalangi mobilitas Anda yang tinggi. Selain itu, keuntungan lain dalam mengelola bisnis menggunakan Jurnal menggunakan teknologi berbasis Cloud yang dapat membantu membuat faktur, mengatur biaya pengeluaran, hingga menyimpan bukti pembayaran dengan mudah. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

 

Author