Belajar Membuat Laporan Keuangan Pribadi Secara Sederhana

Siapa bilang laporan keuangan sederhana hanya memerlukan bagi sebuah perusahaan atau institusi? Sebagai pribadi, kita juga perlu memiliki sebuah laporan keuangan.

Laporan keuangan pada dasarnya adalah pencatatan seputar keuangan. Setiap orang yang sudah berpenghasilan dapat menyusun laporan keuangan dalam format paling sederhana.

Pada prinsipnya, sebuah laporan keuangan pribadi akan memuat sumber penghasilan berikut besarannya, ke mana saja penghasilan membelanjakan, apa saja pengeluaran rutin yang mengeluarkan, bagaimana alokasi kebutuhan untuk hari depan, dan lain sebagainya.

Dengan menyusun laporan keuangan pribadi, Anda bisa mengecek kondisi finansial dengan mudah setiap saat. Begitu juga ketika melakukan evaluasi keuangan tahunan, Anda bisa melihat dengan mudah bagaimana keuangan

Anda selama setahun, bagaimana pertumbuhan aset, dan berapa tingkat kenaikan penghasilan. Beginilah cara membuat laporan keuangan sederhana yang bisa mencoba.

 

3 Hal Penting Dalam Laporan Keuangan Sederhana

Laporan Arus Kas

Arus kas adalah catatan mengenai keluar masuknya uang yang Anda kelola. Intinya semua penerimaan dan pengeluaran yang melakukan wajib mencatat dalam buku ini.

Catatan ini sangatlah penting keberadaannya karena selanjutnya akan menggunakan untuk membuat laporan keuangan. Sebaiknya untuk mempermudah pekerjaan Anda maka bedakanlah antara buku catatan pengeluaran dan pendapatan.

Sebelumnya, Anda perlu melakukan perkiraan-perkiraan berdasarkan asumsi pengeluaran dan pemasukan Anda. Langkah ini akan sangat berguna untuk memperkirakan berapa banyak dana yang harus mengeluarkan dan mencadangkan untuk kedepannya.

Baca Juga : 6 Jenis Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Start Up

Laporan Laba Rugi untuk Mencatat Pendapatan

Setelah membuat catatan arus kas, langkah selanjutnya adalah membuat laporan laba rugi. Laporan ini berisi catatan mengenai pendapatan yang telah memperoleh kemudian mengurangi dengan biaya yang telah mengeluarkan sehingga dapat mengetahui apakah Anda mengalami kerugian atau tidak.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat laporan ini Anda harus mengeluarkan faktor aset, modal, dan utang. Masukanlah unsur depresiasi dalam laporan ini.

Neraca untuk Laporan per Tahun

Neraca ini penting membuat setahun sekali untuk mengetahui nilai keuangan Anda dari tahun ke tahun. Ketika di awal biasanya neraca hanya terdiri dari modal awal, utang, dan aset yang memperoleh. Aset termasuk dari aktiva sedangkan modal dan utang masuk ke dalam pasiva.

Tidak selamanya aset tersebut mengalami pertambahan akan tetapi bisa juga mengalami penyusutan atau berkurang sebagai akibat dari untung dan rugi.

Baca Juga : 5 Manfaat Memiliki Laporan Keuangan untuk Pengusaha

Berikut tadi merupakan contoh membuat laporan keuangan sederhana yang bisa dibuat. Setelah Anda mengetahui komponen-komponen dari laporan keuangan sederhana maka Anda akan menjadi tahu betapa pentingnya laporan keuangan untuk diri Anda dalam membantu mengambil keputusan.

Dengan membuat laporan keuangan pribadi, Anda juga bisa belajar sedikit sebelum mulai membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda. Keuangan pribadi maupun bisnis sama-sama penting dan harus dikelola dengan baik.

Untuk mengelola keuangan pribadi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi finansial seperti Finansialku, Money Manager Expense & Budgeting, atau Uang Ku. Sedangkan untuk mengelola keuangan bisnis, Anda dapat memanfaatkan software laporan keuangan perusahaan, Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa melihat dan memonitor keuangan Anda secara realtime di mana pun dan kapan pun.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo