Kemajuan teknologi dan internet di dunia bisnis memberikan pengaruh yang sangat besar dan positif. Dengan bantuan kecanggihan teknologi, kini siapapun dapat membuat sebuah bisnis secara cepat dan mudah. Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa tahun ini banyak sekali muncul entreprenuer muda yang membuka bisnis startup. Secara definisi, startup adalah sebuah perusahaan yang operasinya kurang dari lima tahun.

 

Jika Anda ingin memiliki startup, membuat perencanaan dan persiapan yang matang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain inovasi dan kreativitas, Anda juga perlu mempersiapkan masalah pembukuan bisnis startup. Pembukuan merupakan hal yang penting untuk dibuat oleh suatu bisnis. Dengan pembukuan, Anda dapat memantau perkembangan keuangan bisnis startup, menilai rencana, dan proses yang sudah dikerjakan. Selain itu, pembukuan juga merupakan kewajiban suatu bisnis sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak yang berkepentingan, dan masih banyak manfaat lain yang dapat Anda dapatkan dengan melakukan pembukuan. Lalu, jenis pembukuan apa saja yang harus dimiliki bisnis startup.

 

Buku Pengeluaran

Buku pengeluaran adalah catatan untuk setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan startup Anda. Semua pengeluaran sebaiknya dicatat secara rinci pada buku pengeluaran, baik pengeluaran dalam nominal kecil maupun nominal besar.

 

Buku Pemasukan

Seperti halnya buku pengeluaran, buku pemasukan merupakan catatan untuk setiap uang yang masuk ke bisnis Anda. Usahakan catatan buku pemasukan ini dilakukan secara teratur, setiap hari. Sehingga dalam periode bulanan, Anda dapat langsung mengetahui pendapatan yang masuk untuk bisnis Anda.

 

Buku Aliran Kas

Seperti namanya, aliran kas maka pembukuan ini merupakan catatan semua hal yang berkaitan dengan kas perusahaan, baik untuk pengeluaran maupun pemasukan. Kas merupakan salah satu aset yang menentukan likuiditas perusahaan, sehingga sebaiknya pencatatan pembukuan dilakukan dengan teliti dan benar. Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan pengawasan atau kontrol yang rutin, karena kas juga bersifat restricted.

 

Buku Catatan Persediaan

Stok atau persediaan adalah salah satu penentu keberlangsungan penjualan suatu bisnis. Sehingga Anda harus memastikan bahwa persediaan ada pada saat penjualan, dan stok persediaan pada akhir periode juga tidak menimbun banyak, karena dapat menyebabkan kerugian. Karenanya, persediaan harus selalu dicatat dalam pembukuan dengan baik. Pada saat terjadi penambahan ataupun terjadi pengurangan, dengan begitu Anda dapat mengawasi operasional perusahaan startup Anda secara mudah dan teratur.

 

Buku Inventaris Barang

Pembukuan ini berisi catatan semua aset yang Anda miliki. Caranya, Anda harus mencatat setiap barang (aset) yang dibeli, setelahnya Anda juga mencatat pada jenis buku pengeluaran. Hal ini disebabkan karena pada saat membeli aset, tentu saja Anda mengeluarkan sebuah cost berupa apapun sehingga selain mencatat pada buku inventaris barang, Anda juga harus mencatat pada buku pengeluaran.

 

Buku Laba/Rugi

Buku laba/rugi ini berbeda dan sedikit memiliki kesamaan dengan laporan keuangan. Buku laba/rugi lebih sederhana jika dibandingkan dengan laporan keuangan laba/rugi. Namun, informasi yang terkandung di dalam buku laba/rugi sebenarnya sama seperti pada laporan keuangan, yakni unsur-unsur pendapatan dan beban yang terjadi pada periode berjalan. Sehingga Anda dapat mengetahui laba/rugi yang diperoleh dari perusahaan dengan cepat sebelum laporan keuangan jadi/diterbitkan.

Demikian informasi tentang pembukuan sederhana yang dapat dibuat oleh startup. Jika Anda sudah memahami semua hal tersebut, maka artinya Anda sudah siap untuk menjadi seorang founder atau pemiliki bisnis startup. Untuk memudahkan Anda mengelola laporan keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan software pembukuan. Salah satu software pembukuan yang mudah dan dapat membantu Anda adalah Jurnal. Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan, dan membuat laporan keuangan secara mudah, cepat dan aman. Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik di sini.