Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

5 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

Tayang 18 Apr 2021
Diperbarui 24 November 2023

Menjalankan bisnis apapun pasti akan dihadapkan pada sebuah persaingan bisnis. Untuk menanggapi tantangan dan menghindari adanya kebangkrutan, maka para pelaku bisnis UKM membutuhkan strategi yang jitu untuk bisa menerobos ketatnya persaingan.

Berikut ini adalah beberapa strategi sukses dalam persaingan bisnis UKM terbaru yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk Anda.

Perkuat Brand yang Anda Miliki

Strategi pemasaran untuk meraih kesuksesan UKM yang pertama adalah tentang nama brand. Hal terpenting di sini adalah seberapa besar brand dan produk memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan memperkuat nama brand, bisnis Anda akan lebih mudah dikenali dan secara tidak langsung akan mudah dipilih oleh konsumen untuk mewakili produk-produk serupa.

Mengetahui Pesaing Bisnis

Tidak ada hal lain yang lebih sulit selain mencoba mendalami dan mengetahui lebih dalam mengenai kompetitor yang menjadi pesaing dalam berbisnis. Mengetahui pesaing bisnis, berarti mengetahui apa kelebihan dan kelemahan kompetitor Anda.  Sedangkan, kekurangan dari pesaing bisnis akan membuat Anda untuk memiliki kewaspadaan dan tidak jatuh pada kegagalan yang sama.

Aktif Berpromosi

Promosi erat kaitannya dengan penguatan brand produk dan peningkatan nilai di mata konsumen. Semakin efektif nilai pemasaran dan promosi yang Anda jalani, maka semakin besar pula peluang keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Promosi produk untuk meraih kesuksesan UKM saat ini tidaklah terlalu sulit. Banyak media promosi yang bisa Anda pilih dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki bisnis.

Kenali Kebiasaan Konsumen

Konsumen adalah raja. Mereka ibarat udara yang membuat bisnis Anda bisa tetap hidup dan bertahan. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, Anda perlu mengetahui kebiasaan dari konsumen dalam membeli produk.

Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka secara tidak langsung Anda bisa merangkul konsumen menjadi lebih erat, sehingga konsumen bisa menjadi lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan keuntungan lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

Gunakan Internet Marketing

Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi Anda untuk berinovasi. Tampilkan produk bisnis pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang menarik konsumen, serta berinteraksi langsung dengan konsumen.

Untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat, Anda harus mengelola keuangan bisnis mulai sekarang. Untuk mengetahui tren dan strategi yang tepat untuk bisnis, Anda dapat menemukannya langsung di acara Pesta Wirausaha yang diadakan oleh TDA Medan.

Dalam acara ini, Anda akan menemukan insight-insight baru mengenai dunia bisnis sekaligus melakukan networking dengan pengusaha lainnya, simak eventnya lebih lanjut di sini.

Selain itu, untuk bisnis UKM yang sedang berkembang,  menggunakan aplikasi akuntansi UKM sangat praktis dan efisien sehingga dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Jurnal, salah satu platform penyedia aplikasi akuntansi UKM dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan memiliki strategi yang tepat.

Melalui aplikasi akuntansi UKM dari Jurnal, Anda dapat melihat kondisi keuangan perusahaan secara realtime dengan data yang akurat. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Dapatkan semua informasi tentang aplikasi akuntansi UKM dari Jurnal dan tempatkan bisnis Anda untuk selangkah lebih maju meraih sukses dengan aplikasi pembukuan sederhana milik Jurnal. Nikmati demo gratis dengan free trial selama 14 hari dari Jurnal.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal