Memiliki sebuah usaha yang sukses tidaklah semudah yang terlihat, perlu sebuah proses panjang dan banyak faktor pendukung terutama pada saat memulainya. Jika ingin bertahan dan sukses dalam usaha, terlebih dahulu Anda harus menyadari kesalahan-kesalahan umum dan jebakan yang dapat merusak rencana usaha terbaik yang telah Anda buat. Berikut  ini adalah 7 kesalahan memulai usaha yang umum sering terjadi dan perlu Anda waspadai.

 

Memilih Usaha yang Salah

Memulai dan menentukan usaha apa yang akan dijalankan memang gampang-gampang susah. Tapi jangan asal-asalan atau sekedar mengikuti tren dalam berbisnis. Usaha akan sulit untuk berhasil jika Anda salah memilih sebuah bidang yang tidak Anda pahami, tidak sesuai passion, atau tidak disukai.

 

Kurangnya Visi Usaha

Tidak memiliki visi jangka pendek dan jangka panjang yang jelas untuk usaha adalah resep untuk gagal. Apa yang ingin Anda capai harus jelas dari usaha yang akan Anda jalani. Tanpa visi yang jelas, maka sebuah usaha tidak bisa berkembang dan tumbuh.

 

Salah Dalam Menetapkan Harga

Jika harga terlalu tinggi, pelanggan tidak akan membeli dari Anda, dan jika harga terlalu rendah Anda akan rugi. Jadi pastikan untuk memiliki perhitungan yang tepat ketika memulai usaha dan menjual sebuah produk. Hitung semua biaya-biaya dan tentukan bagaimana harga akan memengaruhi laba bersih usaha tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal untuk memudahkan Anda dalam memperoleh penetapan harga melalui perhitungan semua biaya produksi yang dibutuhkan.

 

Meremehkan Sumber Daya & Modal

Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh pengusaha ketika memulai usaha adalah membuat asumsi yang tidak realistis tentang usaha, arus kas, dan proyeksi keuangan. Luangkanlah waktu untuk memastikan bahwa Anda tahu persis berapa biaya yang dibutuhkan untuk usaha tersebut dan apakah memiliki modal yang cukup untuk itu. Tanyakan kepada diri sendiri. Apakah Anda dapat menghidupi bisnis? Jika tidak, apa Anda tahu bagaimana dan di mana Anda bisa mendapatkan uang yang dibutuhkan?

 

Gagal Menangani Sebuah Ekspansi

Sebuah usaha akan berkembang baik hanya jika pertumbuhannya bisa ditangani dan diantisipasi dengan benar. Seluruh operasi bisa meledak jika seorang pemilik usaha tidak tahu bagaimana cara untuk menangani peningkatan pelanggan, saluran distribusi baru, atau peluang mendadak untuk bisnis.

 

Malas Belajar Dari Usaha Lain

Kebanyakan orang biasanya tidak meminta nasihat dalam memilih usaha, baik karena mereka terlalu bangga, takut seseorang akan mencuri ide mereka, atau hanya tidak tahu bantuan tersedia di luar sana. Anda perlu berkumpul dengan sesama pengusaha yang telah banyak memiliki pengalaman dan menyerap pengetahuannya. Meminta nasihat dan bertukar pikiran dengan orang yang berpengalaman, selain akan menumbuhkan pengetahuan dan sikap hati-hati juga menghindarkan Anda dari kemungkinan kegagalan usaha yang sama.

 

Salah Memanajemen Usaha

Membangkitkan kembali sebuah usaha untuk berhasil adalah satu hal, tetapi mengelola adalah cerita yang sama sekali berbeda. Anda harus mampu menetapkan tujuan dan arah yang jelas karena sebuah usaha perlu melihat peluang, memastikan arus keuangan yang memadai, menjaga karyawan tetap termotivasi, bahagia, dan mampu mengelola pasang surut ekonomi.

 

Agar terhindar dari beberapa faktor penyebab kesalahan memulai usaha seperti kesalahan menetapkan harga, tidak realistis terhadap proyeksi keuangan dan arus kas, maka Anda bisa mulai menggunakan software akuntansi online Jurnal sebagai solusinya.

Dapatkan kemudahan untuk melihat proyeksi keuangan usaha, memantau arus kas, bahkan mengetahui semua biaya yang telah ditanggung sebuah usaha agar terhindar dari kesalahan penetapan harga yang bisa mengakibatkan kerugian. Kini Anda bahkan bisa menikmati free trial 14 hari dan paket harga terjangkau yang sesuai dengan semua jenis usaha tanpa perlu khawatir keuangan usaha Anda akan terkuras. Dapatkan kesuksesan memiliki usaha dengan mulai menggunakan  Jurnal, di sini.