Cara Mudah Lacak Omzet dengan Faktur Penjualan Toko

Pengelolaan sebuah bisnis membutuhkan banyak usaha dan strategi yang tepat dari pemilik bisnis ritel. Kadang kala, penerapan strategi menjadi hal yang cukup melelahkan. Mulai dari strategi pengelolaan produk hingga pengelolaan keuangan. Termasuk di dalamnya melacak omzet dengan faktur penjualan toko.

Alasan kenapa pengelolaan penting untuk kelancaran bisnis adalah karena keberlangsungan bisnis sangat tergantung kepada bagaimana pemilik bisnis mengatur bisnisnya. Mulai dari pengelolaan stok barang yang baik agar pelanggan tetap bisa menikmati barang yang mereka sukai, hingga pengelolaan transaksi keuangan dalam bisnis.

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu hal yang bisa menentukan apakah sebuah bisnis sehat atau tidak. Pengelolaan keuangan yang baik berarti bisnis tersebut sehat dan bisa berjalan dengan lancar untuk beberapa tahun ke depan. Sebaliknya, jika kondisi keuangan buruk, maka bisnis tidak dapat bertahan lebih lama.

Salah satu pengelolaan keuangan yang baik adalah dengan pencatatan yang rapi atas setiap transaksi bisnis yang terjadi. Anda sebagai pengusaha perlu mencatat setiap produk yang terjual maupun setiap bahan yang dibeli agar bisa menghitung keuntungan bisnis dalam periode tertentu. Di akhir periode bukti transaksi akan menjadi bagian penting dalam penyusunan laporan keuangan.

Maka itu, setiap bisnis ritel perlu memiliki faktur penjualan toko untuk setiap transaksi yang dibuat. Dengan adanya faktur penjualan toko, pemilik bisnis akan lebih mudah melihat barang atau jasa apa saja yang terjual dalam periode tertentu. Kemudian, faktur penjualan juga akan memudahkan perhitungan stock opname.

contoh faktur penjualan

Lacak Omzet dengan Faktur Penjualan Toko

Faktur penjualan toko adalah sebuah dokumen yang berfungsi sebagai bukti transaksi penjualan perusahaan. Faktur penjualan memiliki 2 salinan. Pertama, untuk diberikan kepada pembeli yang melakukan transaksi. Kedua, untuk disimpan perusahaan sebagai rekaman transaksi penjualan.

Faktur penjualan berisi komponen-komponen penting seperti nama, logo, dan detail dari perusahaan, jenis barang atau jasa yang dibeli beserta jumlahnya, hingga tanggal dan catatan pembayaran untuk setiap transaksi. Jika pembayaran dilakukan dalam sekali, maka keterangan Lunas akan ditulis. Jika melalui cicilan, maka jumlah cicilan akan dilampirkan.

Manfaat dari faktur penjualan toko adalah untuk melacak omzet yang diperoleh perusahaan. Hal ini terdeskripsi dalam pola berikut ini:

Baca Juga: Keunggulan Pakai Aplikasi Faktur Penjualan Dibanding Manual

Catatan Pemasukan yang Jadi Sumber Omzet

Faktur penjualan toko  adalah dokumen resmi yang dikeluarkan perusahaan untuk menunjukkan adanya transaksi. Di dalam faktur penjualan, terdapat catatan penjualan yang menjadi sumber omzet. Catatan-catatan transaksi di dalam seluruh faktur penjualan perusahaan tersebut diakumulasi untuk memperhitungkan total omzet yang diperoleh perusahaan. Dapat dikatakan, cara utama untuk melacak omzet adalah dengan menggabungkan jumlah penjualan yang terdapat dalam faktur penjualan toko tersebut. 

 

Pembayaran Pajak

Di dalam faktur penjualan toko, selain terdapat catatan transaksi penjualan barang, biasanya disertai dengan catatan pajak pertambahan nilai (PPN) yang harus dibayar. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengurus perhitungan pajak perusahaan. Pada akhirnya, dapat melacak omzet dan laba perusahaan.  

Baca Juga: Kelola Keuangan Optimal dengan Sistem Approval Transaksi

Kemudahan Penagihan

Beberapa transaksi dilakukan dengan cara kredit atau dibayar secara berangsur. Dengan adanya faktur penjualan toko yang jelas, maka akan memudahkan perusahaan menagih kepada pelanggan. Catatan terkait tahapan tagihan yang telah dibayar dan tagihan yang belum dibayar oleh konsumen menjadi bagian yang penting dalam melacak omzet perusahaan.

Intinya, faktur penjualan toko bisa digunakan untuk mencocokkan jumlah omzet perusahaan sekaligus jumlah barang yang telah terjual.

Rekaman faktur penjualan toko yang terdapat dalam perusahaan bisa menjadi bukti yang dilampirkan dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, pembuatan faktur penjualan adalah hal yang penting untuk setiap transaksi.

Meskipun kebanyakan perusahaan masih menggunakan cara manual untuk membuat faktur penjualan, ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk membuatnya faktur. Salah satunya dengan menggunakan software accounting. Contoh software accounting yang dilengkapi dengan fitur faktur penjualan adalah Jurnal by Mekari.

Dengan Jurnal, Anda tidak perlu lagi membuat faktur penjualan secara manual. Cukup masukkan data yang diperlukan dan Jurnal akan memproses faktur penjualan secara otomatis.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED20 Sep 2020
Desy
Desy


Kategori : Accounting