Mekari Jurnal
Daftar Isi

Manfaat Aplikasi Stok Barang: Fitur Notifikasi Stok Habis Dalam Bisnis Grosir

Tayang 23 Jan 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Aplikasi stok barang memiliki manfaat dalam mengefisiensikan pengelolaan stok yang dimiliki oleh suatu bisnis untuk bekerja lebih optimal.

Ini penting terlebih bagi bisnis yang secara menyeluruh menjalankan operasionalnya dengan berbasis penjualan barang dalam jumlah besar.

Salah satu contoh bisnis yang berada pada sektor tersebut yakni bisnis grosir yang cukup banyak diminati.

Mengapa demikian? Sebab jika pemilihan lokasi yang baik dan modal yang cukup, bisnis grosir memiliki ROI (Return on Investment) yang terbilang menggiurkan.

Namun, untuk pengelolaan gudang ternyata masih banyak yang menggunakan cara manual, alias tidak menggunakan manfaat aplikasi stok gudang.

Karena kurang mengoptimalkan pengelolaan gudang, inventory, dan supply chain, tidak sedikit bisnis grosir yang berakhir tumbang atau bangkrut.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kebangkrutan sektor grosir, seperti sering kehabisan stok, barang kadaluarsa, hingga sulitnya memantau keluar masuknya barang menjadi faktor kendala yang masih mengelola stok barang secara manual.

Itulah mengapa bisnis grosir penting untuk menggunakan aplikasi stok barang.

Manfaat Aplikasi Stok Barang: Fitur Notifikasi Stok Habis Dalam Bisnis Grosir

Oleh karena itu, agar Anda dapat memahami apa peran dan manfaat dari adanya aplikasi stok barang, simak artikel berikut!

1. Memperbaiki Kualitas Laporan

Walaupun saat ini kita membahas pengelolaan stok barang, dalam penyusunan laporan keuangan tentunya tidak akan lepas dari komponen ini.

Berkembang atau tidaknya sebuah bisnis dapat diketahui dari melalui data pengelolaan persediaan barang yang terdapat di dalam laporan keuangan.

Kemudian baik atau tidaknya keputusan yang Anda buat sebagai pebisnis sangat tergantung dari baiknya kualitas laporan stok barang dan laporan lainnya.

Tentu saja ini sulit dicapai jika pengelolaan stok barang masih dilakukan secara manual. Melalui metode manual, maka Anda masih mengandalkan staf untuk pembuatan laporan.

Sementara kualitas laporan tersebut tergantung dari kemampuan staf Anda dalam membuatnya. Hal ini membuat laporan Anda tidak memiliki standar yang jelas dan pasti.

Namun tidak demikian jika Anda menggunakan aplikasi stok barang yang memiliki manfaat untuk membentuk standarisasi dalam penyusunan laporan melalui sistem yang digunakan.

Cara tersebut tentu saja akan menjadikan laporan Anda lebih konsisten karena memiliki standar kualitas yang dapat dipertahankan dari waktu ke waktu.

Sesuai dengan visi misi Youtap yang ingin membantu mendigitalisasi UMKM dengan menghadirkan aplikasi kasir digital Youtap POS dengan fitur laporan transaksi yang akan membantu pemilik usaha mengetahui laporan penjualan secara up to date dan dapat diakses multi device.

Download Youtap POS sekarang! Gratis!

via GIPHY

2. Meminimalisir Human Error

Manfaat kedua yang dapat Anda dapatkan adalah dapat meminimalisir risiko kesalahan atau error.

Dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari, bisa dikatakan bahwa pekerjaan admin atau inventaris merupakan tugas yang sangat membosankan karena bersifat repetitif.

Sehingga akibatnya, staf akan rentan melakukan kesalahan atau human error karena pekerjaan yang berulang.

Untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya hal ini, Anda dapat menerapkan aplikasi stok barang dalam aktivitas operasional.

Namun, jangan sampai benar-benar menggantikan staf Anda, cukup gunakan aplikasi ini untuk menunjang pekerjaan dan cobalah berikan pelatihan agar para staf Anda memahami cara penggunaannya yang optimal.

Salah satu fitur yang mungkin bisa Anda ajarkan dan gunakan adalah fitur barcode scanner, pencatatan dan pendataan barang akan menjadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Aplikasi tersebut akan meningkatkan efisiensi pekerjaan staf Anda sehingga mereka tidak merasa bosan saat melakukan pekerjaannya.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Sederhana Adalah Berikut

3. Lebih Mudah Melakukan Audit Inventaris

Audit merupakan sebuah proses penting yang harus dilakukan oleh bisnis atau perusahaan dari waktu ke waktu, tidak terkecuali bisnis grosir.

Selain untuk mengetahui ketersediaan barang di gudang, audit juga penting untuk melakukan pendataan item mana saja yang mendekati tanggal kadaluarsa.

Namun, proses audit inventaris sangat memakan waktu, apalagi bagi bisnis grosir yang mempunyai banyak gudang.

“Jika Anda mempunyai sebanyak 5.000 barang di dalam satu gudang, lalu perusahaan Anda mempunyai 4 gudang, dan setiap bulannya Anda harus melakukan audit inventaris, maka dapat dibayangkan seperti apa tingkat stress dari staf yang melakukan pekerjaan tersebut”.

Oleh karena itu, dengan aplikasi stok gudang proses panjang tersebut dapat dilakukan secara otomatis. Cukup menggunakan laptop atau komputer, data yang Anda butuhkan akan tersaji dengan mudah dan cepat.

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Mekari Jurnal!

4. Manajemen Multi Gudang yang Efisien

Aplikasi stok barang akan memudahkan Anda untuk mengontrol semua gudang yang Anda miliki dari satu tempat.

Anda tidak perlu meminta data dari masing-masing kepala gudang untuk mengetahui berapa banyak stok yang tersedia di setiap gudang.

Dengan fungsi penyimpanan cloud server, maka Anda akan lebih mudah dalam mengontrol setiap gudang bisnis retail kapan saja dan di mana saja, selama anda memiliki koneksi internet.

Jika dibandingkan dengan dokumen kertas, aplikasi stok barang jauh lebih aman dari kemungkinan tercecer atau hilang.

Bagi perusahaan, penggunaan aplikasi stok barang akan memudahkan perusahaan dalam memantau posisi stok saat ini.

5. Fitur Low Stock Notification

Tidak ada yang lebih merugikan dibandingkan dengan momen di mana bisnis Anda kehabisan stok barang yang dicari pelanggan.

Saat hal ini terjadi, maka sudah pasti pelanggan setia Anda akan beralih pada kompetitor atau pesaing dan keuntungan Anda pun melayang.

Inilah pentingnya fitur low stock notification yang terdapat pada aplikasi stok barang. Bisa dikatakan, fitur inilah yang cukup banyak dicari oleh para pemilik bisnis grosir.

Lalu, bagaiman cara kerjanya?

Sederhananya, pada saat persediaan sebuah barang menipis atau kosong, sistem secara otomatis akan mengirimkan sebuah email atau melalui push notification pada ponsel Anda.

Di saat itu juga Anda langsung dapat memeriksa ketersediaan stok secara realtime dan mengkalkulasikan jumlah persediaan yang sudah mau habis.

Salah satu contoh aplikasi stok barang yang memiliki fitur notifikasi ini dapat terlihat di Mekari Jurnal, fiturnya dapat terlihat seperti di bawah ini.

gambaran fitur notifikasi dalam aplikasi stok barang

6. Membantu Permudah Proses Seperti Pada Software Mekari Jurnal

Selain itu software stok barang atau aplikasi stok barang juga akan memudahkan perusahaan dalam menghasilkan laporan atau informasi bagi stakeholder, memudahkan perusahaan melakukan rekonsiliasi atau stock opname.

Adanya aplikasi ini juga dapat menunjang pengelolaan vendor perusahaan, pembukuan toko, meminimalisir biaya yang dikeluarkan akibat kesalahan manusia, mengurangi lead time selama proses produksi dan pemesanan barang, serta manajemen saldo.

cara mengatur fitur notifikasi barang menipis di mekari jurnal

“Sebanyak 51% perusahaan tertarik untuk menerapkan sistem otomasisasi pada pengelolaan supply chain untuk meningkatkan fokus pekerjanya”.

Toolsgroup Supply Chain Digital Transformation 2022 Survey Report

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat yang cukup banyak dicari adalah fitur notifikasi bahwa stok barang akan segera habis.

Melalui aplikasi stok barang Mekari Jurnal, Anda dapat mengendalikan fitur notifikasi ini dengan mudah karena tampilannya yang sederhana dan mudah.

Agar fitur ini dapat berjalan dengan efektif, Anda harus terlebih dahulu mengatur batas minimum (stock buffer) stok barang.

Melalui ini, sistem jadi dapat memahami produk mana yang harus di restock kembali agar jumlah persediaan tetap terjaga di saat pelanggan Anda memesan barang.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai fitur notifikasi ini, baca tutorialnya dalam Help Center by Mekari Jurnal.

below buffer mekari jurnal

Pilihlah software akuntansi online yang canggih dan dapat diandalkan untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Seperti Mekari Jurnal, yang hadir sebagai simple online accounting software yang sangat cocok bagi para pebisnis di Indonesia.

Daftarkan bisnis Anda saat ini juga untuk mencoba gratis selama 14 hari. Tunggu apa lagi?

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih!

 

Referensi:

Toolsgroup, “Supply Chain Digital Transformation 2022 Survey Report“.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal