Bisnis grosir merupakan salah satu usaha yang paling banyak diminati. Dengan pemilihan lokasi yang baik dan modal yang cukup, bisnis grosir memiliki ROI yang terbilang menggiurkan. Namun, untuk pengelolaan gudang ternyata masih banyak yang menggunakan cara manual, alias tidak menggunakan manfaat aplikasi stok barang. Akibat menganggap remeh pengelolaan gudang, maka tidak sedikit bisnis grosir yang berujung tumbang atau bangkrut. Sering kehabisan stok, tanggal kadaluarsa yang tidak terkontrol, hingga kesulitan dalam mengatur keluar masuknya barang merupakan kendala umum pada bisnis grosir yang masih mengelola stok barang secara manual. Itulah mengapa bisnis grosir penting untuk menggunakan aplikasi stok barang.

Fungsi Aplikasi Stok Barang

Di perusahaan grosir yang memiliki lebih dari satu gudang, bisa dikatakan mustahil jika bisnis grosir dapat berjalan tanpa didukung oleh aplikasi stok barang. Lalu, apa saja yang membuat bisnis grosir sangat tergantung dengan aplikasi stok barang?

Memperbaiki kualitas laporan

Berkembang atau tidaknya sebuah bisnis pasti diketahui dari laporan. Kemudian baik atau tidaknya keputusan yang Anda buat sebagai pebisnis sangat tergantung dari baiknya kualitas laporan, yang tentu saja sulit dicapai dengan pengelolaan stok barang secara manual. Dengan metode manual, maka Anda masih mengandalkan staf untuk pembuatan laporan. Sementara kualitas laporan tersebut tergantung dari kemampuan staf Anda dalam membuatnya. Hal ini membuat laporan Anda tidak memiliki standar yang jelas dan pasti. Namun tidak demikian jika Anda menggunakan manfaat aplikasi stok barang. Laporan Anda tidak tergantung dengan kemampuan staf karena yang membuat laporan tersebut adalah sistem. Cara tersebut tentu saja akan menjadikan laporan Anda memiliki standar kualitas yang dapat dipertahankan dari waktu ke waktu.

Meminimalisir human error

Pekerjaan admin atau inventaris merupakan tugas yang sangat membosankan. Hal tersebut dikarenakan staf admin dituntut untuk melakukan hal yang sama dari waktu ke waktu. Sehingga akibatnya, staf tersebut akan rentan melakukan kesalahan atau human error. Salah satu manfaat aplikasi stok barang adalah dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin dilakukan oleh staf Anda. Dengan fitur barcode, pencatatan dan pendataan barang akan menjadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan. Aplikasi tersebut akan meningkatkan efisiensi pekerjaan staf Anda sehingga mereka tidak merasa bosan saat melakukan pekerjaannya.

Memiliki fitur low stock notification

Tidak ada yang lebih merugikan dibandingkan dengan momen di mana bisnis Anda kehabisan stok barang yang dicari pelanggan. Saat hal ini terjadi, maka sudah pasti pelanggan setia Anda akan beralih pada kompetitor atau pesaing dan keuntungan Anda pun melayang. Inilah pentingnya fitur low stock notification yang terdapat pada aplikasi stok barang. Bisa dikatakan, fitur inilah yang paling banyak dicari oleh para pemilik bisnis grosir. Pada saat persediaan sebuah barang menipis, aplikasi ini akan mengirimkan sebuah email atau melalui push notification pada ponsel Anda.

Lebih mudah melakukan audit inventaris

Audit merupakan sebuah proses penting yang harus dilakukan oleh bisnis grosir dari waktu ke waktu. Selain untuk mengetahui ketersediaan barang di gudang, audit juga penting untuk melakukan pendataan item mana saja yang mendekati tanggal kadaluarsa. Namun, proses audit inventaris sangat memakan waktu, apalagi bagi bisnis grosir yang mempunyai banyak gudang. Jika Anda mempunyai sebanyak 5.000 barang di dalam satu gudang, lalu perusahaan Anda mempunyai 4 gudang, dan setiap bulannya Anda harus melakukan audit inventaris, maka dapat dibayangkan seperti apa tingkat stress dari staf yang melakukan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, dengan aplikasi stok gudang proses panjang tersebut dapat dilakukan secara otomatis. Cukup menggunakan laptop atau komputer, data yang Anda butuhkan akan tersaji dengan mudah dan cepat.

Manajemen multi gudang yang praktis

Aplikasi stok barang akan memudahkan Anda untuk mengontrol semua gudang yang Anda miliki dari satu tempat. Anda tidak perlu meminta data dari masing-masing kepala gudang untuk mengetahui berapa banyak stok yang tersedia di setiap gudang. Dengan fungsi penyimpanan cloud server, maka Anda akan lebih mudah dalam mengontrol setiap gudang bisnis retail kapan saja dan di mana saja, selama anda memiliki koneksi internet. Jika dibandingkan dengan dokumen kertas, aplikasi stok barang jauh lebih aman dari kemungkinan tercecer atau hilang.

 

Bagi perusahaan, penggunaan aplikasi stok barang akan memudahkan perusahaan dalam memantau posisi stok saat ini. Selain itu aplikasi stok barang juga akan memudahkan perusahaan dalam menghasilkan laporan atau informasi bagi stakeholder, memudahkan perusahaan melakukan rekonsiliasi atau stock opname. Dan memudahkan perusahaan dalam mengelola vendor, meminimalisir biaya yang dikeluarkan akibat kesalahan manusia, mengurangi lead time selama proses produksi dan pemesanan barang, serta manajemen saldo. Sementara bagi Dirjen Pajak dan Cukai, manfaat aplikasi stok barang adalah untuk memudahkan dalam mengontrol pergerakan persediaan perusahaan, memudahkan dalam melakukan rekonsiliasi dokumen kepabeanan dengan sistem persediaan yang dimiliki perusahaan. Pilihlah software akuntansi online yang canggih dan dapat diandalkan untuk pengelolaan keuangan bisnis Anda. seperti Jurnal, yang hadir sebagai simple online accounting software yang sangat cocok bagi para pebisnis di Indonesia. Daftarkan bisnis Anda saat ini juga untuk mencoba gratis selama 14 hari. Tunggu apa lagi?