Aplikasi Manajemen Persediaan Yang Tepat Untuk Bisnis

Salah satu alat untuk mengukur laju bisnis adalah menggunakan laporan keuangan. Sebuah laporan keuangan dapat dibuat secara manual dengan aplikasi akuntansi excel atau bisa juga menggunakan aplikasi akuntansi khusus. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan aplikasi akuntansi, banyak perusahaan yang sudah mulai beralih untuk menggunakannya. Hal tersebut dikarenakan sistem yang lebih memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan dibandingkan dengan cara yang manual. Terdapat banyak aplikasi untuk akuntansi saat ini yang bermunculan, termasuk aplikasi manajemen persediaan stok barang. Di era modern yang seperti sekarang ini, kegiatan manajemen persediaan barang dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi cloud dan internet yang memungkinkan segala sesuatunya dapat dengan mudah dipantau atau diawasi kapan dan di mana saja.

Kelebihan Penggunaan Aplikasi Akuntansi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan aplikasi akuntansi yang berbasis online cloud accounting:

  1. Dapat mengakses laporan keuangan secara real-time.
  2. Data-datanya selalu update.
  3. Dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang juga berbasis cloud.
  4. Jika memiliki beberapa kantor cabang, maka data yang ada dapat disinkronkan dengan mudah.
  5. Telah tersedia pelayanan pemeliharaan sistem dari pemilik jasa aplikasi.
  6. Pengguna aplikasi akuntansi online berbasis cloud hanya perlu memasukkan data-data ke cloud. Kemudian semua data akan diproses secara online sehingga tidak perlu melakukan instalasi apapun pada komputer.

Tips Memilih Aplikasi Akuntansi

Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat juga mempengaruhi aplikasi yang ada di dalamnya. Berbagai aplikasi yang muncul sangat membantu pekerjaan manusia dan sebagian dari aplikasi tersebut seperti wajib dimiliki karena sudah ketergantungan dengan beragam manfaatnya. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang setiap harinya semakin maju. Salah satunya adalah pengelolaan keuangan perusahaan yang juga semakin mudah dan praktis dalam menggunakan sebuah aplikasi akuntansi. Mengingat pentingnya manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan, maka dari situlah berbagai macam penemuan dalam bidang akuntansi juga ikut terus berkembang. Dalam menggunakan aplikasi manajemen persediaan, perhatikan tips-tips berikut sebelum memilih aplikasi manajamen persediaan yang tepat.

1. Keamanan data yang terjamin

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi berbasis offline, maka keamanan datanya tergantung dari pihak Anda, karena aplikasi akan diinstal dalam komputer. Sehingga data-data akan tersimpan dalam komputer yang Anda gunakan. Namun jika ingin menggunakan aplikasi yang berbasis online, maka Anda dapat menanyakan bagaimana cara penyimpanan dan cara melindungi data Anda kepada perusahaan penyedia jasa aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi kepada konsultan pengguna aplikasi tersebut untuk membantu Anda dalam segala hal yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi akuntansi.

2. Aplikasi berbasis online atau offline

Saat ini, ada beberapa produk aplikasi manajemen persediaan yang tersedia di pasaran, ada yang berbasis online dan ada juga yang offline. Untuk aplikasi yang berbasis offline, berarti tetap membutuhkan kehadiran Anda di perusahaan untuk memasukkan data melalui komputer. Selain itu, Anda juga tidak dapat memantau laporan keuangan secara berkala. Sedangkan untuk aplikasi yang berbasis online, Anda dapat mengaksesnya dari mana dan kapan saja sehingga sangat memudahkan fleksibilitas Anda. Namun untuk fungsinya, baik aplikasi yang berbasis online maupun offline masih sama.

3. Dilengkapi sistem backup data

Selama ini, laporan keuangan lebih sering diakses menggunakan software Microsoft Excel baik secara online maupun offline. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi akuntansi yang menyediakan fasilitas ekspor dan impor data berupa excel. Selain dapat memudahkan untuk melakukan pembacaan data, hal tersebut juga akan menyelamatkan data-data perusahaan jika terjadi situasi bug pada aplikasi akuntansi online tersebut. Kelebihan lainnya jika data dapat di backup dalam bentuk excel adalah karena hampir sebagian besar software support terhadap excel.

4. Memiliki fitur canggih

Fitur-fitur yang ada dalam sebuah aplikasi akuntansi dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih aplikasi yang tepat. Fitur-fitur yang umumnya ada dalam aplikasi akuntansi seperti merekam jurnal voucher, memperlihatkan data hutang dan piutang, membuat dan mengelola pajak, menambahkan anggota tim. Selain itu, dapat membuat dan menampilkan faktur, mengelola daftar vendor dan pelanggan, melacak pengeluaran berdasarkan kategori, digunakan untuk melihat laporan, neraca, neraca saldo, untung dan rugi, mengelola persediaan, pergerakan stok barang ke luar serta kerugian, serta dapat digunakan untuk membuat catatan pembelian inventaris dan pesanan pembelian (PO).

Selain itu, sangat direkomendasikan untuk Anda dalam memilih aplikasi akuntansi yang memiliki fitur tambahan seperti dapat terintegrasi dengan sistem ERP, dapat mengontrol akses setiap anggota yang terlibat, dapat melakukan transaksi multi uang. Serta transaksi dapat dikategorikan berdasarkan proyek dan dapat memproses dan mengelola penggajian karyawan.

5. Didukung oleh customer support

Salah satu hal penting tapi sering dilupakan oleh para pebisnis adalah dukungan customer support dari partner penyedia layanan aplikasi. Pilihlah layanan aplikasi yang memiliki dukungan dengan baik ketika Anda memiliki pertanyaan atau kendala saat menggunakannya. Jangan hanya terjebak dengan fitur-fitur canggih dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut. Karena, jika suatu saat aplikasi akuntansi yang Anda gunakan mengalami kendala, dukungan customer support menjadi hal yang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Namun, hal penting lainnya yang juga perlu diingat adalah jika sebuah perusahaan memberikan dukungan support yang baik, biasanya mereka juga akan menawarkan harga yang lebih tinggi dari pada pesaingnya. Cara lain untuk mengetahui apakah penyedia aplikasi akuntansi tersebut memiliki dukungan customer yang baik atau tidak adalah Anda dapat menghubungi nomor kontak yang tercantum dan melihat bagaimana cara mereka merespon dan menanggapi Anda.

 

Bagaimana, apakah Anda sudah cukup paham dengan aplikasi manajemen persediaan atau aplikasi akuntansi dan manfaatnya untuk bisnis Anda? Pilihlah aplikasi yang terbukti canggih dan terpercaya seperti Jurnal. Jurnal memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Fitur-fitur pada Jurnal meliputi laporan keuangan, faktur, stok barang, multi gudang, dan masih banyak lainnya. Dengan bantuan Jurnal, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam mengelola stok barang. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga, dan dapatkan free trial selama 14 hari.

[adrotate banner=”10″]


PUBLISHED31 Jul 2019
Rishna Maulina
Rishna Maulina


Kategori : Bisnis