Mengembangkan sebuah bisnis memang bisa ditempuh dengan melakukan penjualan yang kontinyu. Dan untuk itu dibutuhkan marketing yang andal. Namun, ada sebagian pebisnis yang terlalu berfokus mengurusi marketing dan luput mengurusi hal lainnya yang tidak kalah penting yakni pengelolaan keuangan.

Keuangan adalah salah satu hal penting yang harus dikelola dengan bijak untuk kelangsungan perusahaan. Jika keuangan tidak dikelola dengan baik, pendapatan dan pengeluaran tidak akan terkontrol, sehingga bisa menyebabkan kebangkrutan. Salah satu yang dikelola dalam hal keuangan adalah modal.

Modal tidak hanya dibebankan pada awal merintis bisnis, namun di seluruh proses produksi dan penjualan, saat ini dan selanjutnya. Oleh karena itu modal harus dicatat dengan baik sehingga Anda tahu bahwa keuntungan yang diterima sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Tentu saja sulit mencatat perhitungan modal secara terperinci dan kontinyu untuk setiap lini. Tidak disarankan untuk membuat asumsi-asumsi dalam pengelolaan keuangan karena hanya akan menjadi bumerang bagi bisnis. Maka disiniliah peran penting software akuntansi dapat diandalkan.

Dengan sistem yang canggih dan proses yang otomatis, data serumit dan sebanyak apapun bukan lagi menjadi masalah. Anda tidak perlu memasukkan data dan memprosesnya lagi secara manual. Ini hanya akan menambah kerepotan. Masukkan data-data modal serta informasi keuangan lain dan biarkan software akuntansi yang mengolahnya menjadi berbagai output yang Anda butuhkan. 

 

Masalah Dalam Pengelolaan Keuangan yang Sering Terjadi Pada Sebuah Bisnis

Selain penjelasan sebelumnya, ada berbagai masalah lain yang kerap ditemukan di kalangan pebisnis baik itu skala kecil maupun besar namun mampu diselesaikan dengan menggunakan software akuntansi. Berikut Jurnal merangkum masalah serta solusi yang diberikan ketika Anda menggunakan software akuntansi.


Atasi Masalah Pengelolaan Keuangan Bisnis dengan
Software Akuntansi Jurnal

Saat ini banyak sekali vendor yang menawarkan produk software akuntansi dengan iming-iming menyelesaikan seluruh permasalahan keuangan bisnis. Salah satu yang bisa menjadi pilihan karena berbagai keunggulannya dalam memecahkan masalah keuangan adalah Jurnal. Software akuntansi online #1 di Indonesia ini memiliki fitur-fitur lengkap yang tentu saja dapat disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.

a. Sulit Melacak Keuntungan dan Kerugian

#Masalah

Masalah yang kerap ditemukan adalah tidak terukurnya performa bisnis. Pebisnis tidak mengetahui apakah untung atau rugi, apakah arus kas surplus atau defisit. Bisa jadi uang yang didapat dari bisnis lebih banyak digunakan untuk keperluan pribadi sehingga tidak cukup jika digunakan belanja modal lagi atau tidak mampu membayar operasional usaha. Maka usaha Anda akan tutup.

#Solusi

Anda dapat melihat performa dan kondisi bisnis dalam satu dasbor di Jurnal. Sehingga mempermudah Anda dalam melihat kondisi bisnis kapan dan di mana saja. Selain dasbor, Anda juga dapat membuat laporan keuangan lengkap mulai dari neraca, arus kas, perubahan modal, laba-rugi, pembelian-penjualan, hingga laporan stok barang secara komplit. Jadi tidak ada lagi kesulitan untuk menilai performa bisnis Anda. 

 

b. Berutang dalam Jumlah Banyak

#Masalah

Bagi banyak pebisnis, jika bisnisnya kekurangan modal atau defisit keuntungan maka solusinya adalah berutang. Dan biasanya ketika bisnis meminjam uang, jumlahnya tidak main-main. Jika berutang kepada perorangan, mungkin masalah bunga bukan hal yang harus dipikirkan. Namun jika yang dipinjami merupakan sebuah entitas resmi seperti bank dan cicilan pembayaran tidak lancar, maka tumpukan bunga akan semakin meningkat dan semakin sulit dibayar. Ini juga berlaku bagi pebisnis yang meminjam uang namun tidak lihai dalam memutarkannya sehingga akan tetap mengganggu bisnis.

#Solusi

Kini lupa membayar utang dan menagih piutang tidak akan terjadi lagi jika menggunakan fitur daftar kontak dan pengingat faktur dari Jurnal. Dengan kedua fitur ini Anda dapat mengatur batas maksimal piutang pelanggan dan utang kepada supplier sehingga mengurangi risiko piutang tidak tertagih ataupun utang yang tidak terbayarkan.

 

c. Tidak Memiliki Pembukuan dan Laporan yang Baik

#Masalah

Berbisnis tidak sekadar menghitung pengeluaran dan penghasilan. Tidak cukup menganggap bahwa setiap uang masuk adalah pendapatan, uang keluar adalah biaya dan selisihnya dianggap untung. Keuangan mempunyai sistem yang lebih kompleks. Pebisnis perlu menghitung laba-rugi, membuat neraca keuangan, perubahan modal, arus kas yang rapi, data inventori dan lain sebagainya. Hal ini kerap kali dianggap merepotkan karena banyaknya proses yang harus dilakukan. Namun, dengan membuat  pembukuan serta laporan keuangan yang baik maka setiap transaksi dalam bisnis dapat diketahui dengan jelas.

#Solusi

Kerepotan ini dapat diatasi dengan mudah oleh fitur laporan keuangan dari Jurnal. Anda hanya perlu mencatat setiap transaksi ke dalam Jurnal, dan sistem akan menyiapkan seluruh laporan keuangan secara realtime dengan data yang lebih akurat. Anda juga bisa mengatur transaksi berulang, sehingga seluruh transaksi yang terjadi berulang setiap bulannya akan terjadwal otomatis, sehingga lebih menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan dalam pencatatan

 

d. Sulit Mengakses Laporan Keuangan

#Masalah

Hal ini biasa dialami oleh pebisnis yang masih menggunakan aplikasi akuntansi secara offline. Semua data yang dimasukkan akan disimpan di dalam komputer yang berada di dalam kantor. Sehingga akan sulit untuk mengakses data keuangan kapanpun dan dimanapun dibutuhkan. Padahal seorang pebisnis harus mengetahui dan memonitor setiap pergerakan dan perputaran arus keuangan bisnisnya.

#Solusi

Anda tidak perlu menunggu akhir periode pencatatan untuk mendapatkan laporan mengenai kinerja bisnis. Dengan software berbasis Cloud computing Jurnal yang menggabungkan komputer dan internet, Anda dapat melakukan kegiatan bisnis kapan saja dan di mana saja dengan data realtime.

 

e. Sulit Melakukan Evaluasi

#Masalah

Dengan tidak adanya pengelolaan keuangan yang jelas, pebisnis akan meraba-raba apa yang terjadi pada bisnisnya. Jika tidak tahu apa yang terjadi dan bagaimana perkembangan di dalam bisnis, tentu saja akan sulit untuk melakukan evaluasi. Padahal hal ini perlu dilakukan. Karena jika evaluasi tidak dilakukan maka masalah yang terjadi di dalam sebuah bisnis akan semakin besar dan semakin sulit untuk diatasi. Ada baiknya melakukan evaluasi rutin khususnya masalah keuangan, baik evaluasi harian, mingguan, maupun bulanan.

#Solusi

Jurnal menyajikan laporan secara lengkap, akurat serta cepat. Anda dapat melihat dan memonitor seluruh transaksi untuk mengevaluasi juga mengambil keputusan bisnis secara tepat. Selain itu Anda juga dapat mengetahui di mana letaknya kesalahan, sehingga Anda dapat mengevaluasi dan membuat rencana bisnis lebih tepat.

 

f. Minimnya Pengetahuan Mengenai Akuntansi

#Masalah

Siapapun berkesempatan membangun dan mengembangkan bisnis, meskipun latar belakangnya bukan dari akuntansi. Ini yang menyebabkan pebisnis kerap tidak memahami akuntansi dengan baik. Oleh karenanya, seorang pebisnis dituntut untuk mengetahui setidaknya dasar-dasar dari akuntansi  agar mengerti kondisi keuangan bisnisnya.

#Solusi

Di Jurnal Anda dapat mengubah tampilan pada laporan keuangan sehingga memudahkan Anda dan pihak terkait dalam membaca dan memahami. Dengan fokus untuk mempermudah pengelolaan keuangan UKM di Indonesia, maka Jurnal menggunakan istilah-istilah yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Dengan Jurnal kini Anda tidak perlu pusing memikirkan berbagai masalah keuangan yang tidak terselesaikan. Jurnal merupakan software akuntansi  dengan fitur terlengkap dan cocok digunakan bisnis apapun. Anda dapat memilih berbagai paket sesuai kebutuhan dengan harga yang dapat disesuaikan. Anda dapat meng-upgrade paket yang digunakan tanpa perlu mengganti aplikasi kapan pun dibutuhkan. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang memang tidak diperlukan. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan lihatlah bagaimana Jurnal akan memberikan Anda kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis. 

Author