Mekari Jurnal
Daftar Isi

Peran Teknologi Finansial Serta Regulasinya di Indonesia

Tayang 29 Aug 2016
Diperbarui 10 Oktober 2023

Sektor finansial memiliki peran yang penting untuk mendukung kekuatan perekonomian suatu Negara. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sektor finansial juga turut mengalami perkembangan ke arah yang lebih modern dan praktis. Bisnis teknologi finansial atau dalam bahasa Inggris disebut financial technology (fintech) kini sedang naik daun di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bidang fintech, diantaranya adalah proses pembayaran, proses pembukuan, jual beli saham, peminjaman uang serta masih banyak lagi. Namun bagaimana dengan regulasinya di Indonesia?

Regulasi mengenai teknologi keuangan alias financial technology (fintech) sendiri sedang di kaji oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK memastikan akan mengawasi bisnis yang dijalani oleh Financial Technology (fintech) dengan sejumlah aturan yang ketat dimana akan dikeluarkan pada akhir tahun 2016. Satu hal yang nantinya akan dibuat aturan yang jelas adalah terkait penentuan batas modal minimal industri fintech. Salah satu alasan dibuatnya aturan tersebut adalah untuk perlindungan konsumen.

Startup fintech tentunya tidak akan banyak bermunculan bila tidak memiliki peran yang besar. Banyak hal yang membuat perkembangan fintech mampu mempengaruhi gaya hidup masyarakat dunia. Alasan-alasan tersebut membuat bidang fintech terus tumbuh menjadi sebuah kebutuhan baru bagi masyarakat. Beberapa alasan yang membuat fintech menjadi bidang penting bagi gaya hidup dan keadaan keuangan masyarakat dunia.

Baru-baru ini, OJK bersama dengan Kamar Dagang & Industri (KADIN) mengadakan event yang diberi nama Indonesia Fintech Festival and Conference 2016. Event ini diadakan pada tanggal 29-30 Agustus 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) di BSD, Tangerang, Banten. Event ini juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah, regulator, bank, asuransi, lembaga peminjam, startup, investor dan institusi perbankan lainnya. Sebagai salah satu perusahaan teknologi yang fokus dalam masalah pembukuan, Jurnal dengan aplikasi akuntansi android miliknya juga tidak mau ketinggalan mendukung event akbar ini.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal