Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

7 Manfaat Penggunaan Software Akuntansi, Apa Saja?

Tayang 20 Dec 2023

Ada banyak sekali manfaat penggunaan software akuntansi yang bisa didapatkan oleh perusahaan, tiga manfaat utama di antaranya adalah mempersingkat waktu, meningkatkan keakuratan data, dan memperdalam analisis data keuangan.

Setiap jenis usaha pasti tidak terlepas dari perhitungan dalam hal keuangan, baik yang berhubungan dengan  modal, keuntungan, maupun kerugian.

Baik usaha yang berskala kecil, menengah hingga besar, pasti berkaitan dengan persoalan keuangan dan akuntansi dalam pengelolaannya.

Bagi perusahaan-perusahaan yang berskala besar bahkan sampai harus menyewa dan memiliki konsultan akuntansi untuk melakukan audit keuangan perusahaan.

Jasa yang diberikan oleh konsultan akuntansi diantaranya adalah jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, dan lain sebagainya.

Semua jenis bantuan tersebut bisa didapatkan oleh setiap perusahaan dari seorang konsultan akuntansi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, manfaat software akuntansi dapat membantu perusahaan sehingga dapat meminimalisir untuk menyewa jasa konsultan akuntansi.

Ada banyak manfaat software akuntansi yang bisa perusahaan rasakan setelah menerapkannya. Apa saja itu? Simak uraian lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Jenis Usaha yang Membutuhkan Konsultan Akuntansi

Pihak yang dapat menggunakan jasa konsultan akuntansi sebenarnya tidak hanya perusahaan saja, tetapi juga orang pribadi atau perseorangan, koperasi, yayasan, PT, CV, dan entitas sejenis lainnya.

Ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan jasa konsultan akuntansi, diantaranya adalah:

1. Perusahaan Jasa

Mulai dari jasa konstruksi, jasa periklanan, media dan lainnya. Perusahaan jasa tersebut membutuhkan konsultan akuntansi untuk membantu jalannya jasa dan usaha yang sedang dijalankan.

2. Perusahaan Dagang

Selain perusahaan jasa, perusahaan dagang juga membutuhkan jasa konsultan akuntansi. Meskipun pada umumnya sudah memiliki karyawan yang bertugas untuk mengurus keuangan.

Tugas konsultan akuntansi dalam hal ini lebih spesifik dalam bidang akuntansi dan manajemen, sehingga pengelolaan keuangan perusahaan dapat berjalan secara lebih profesional.

3. Perusahaan Manufaktur

Industri berikutnya yang sering menggunakan jasa konsultan akuntansi adalah perusahaan manufaktur.

Konsultan akuntansi pada industri atau perusahaan manufaktur berperan dalam membuat berbagai macam laporan keuangan yang khusus hanya dapat ditemukan pada industri manufaktur.

apa saja tugas akuntan saat ini?

Tugas Konsultan Akuntansi

Tugas dan peran penting seorang konsultan akuntansi meliputi beberapa aspek di bawah ini:

  1. Aspek legalitas, yaitu konsultan akuntansi memiliki payung hukum yang diakui oleh publik. Sehingga dapat memberikan kepercayaan serta rasa aman bagi pihak yang menggunakan jasa konsultan akuntansi tersebut.
  2. Aspek standar dan mutu, yaitu sebagai alat kontrol dalam menjaga mutu jasa konsultan akuntansi.
  3. Selanjutnya adalah aspek profesionalisme, yaitu dapat menjaga kompetensi dan profesionalisme dalam memberikan jasa di bidang akuntansi.
  4. Aspek integritas, yaitu memberikan pelayanan jasa akuntansi sesuai kode etik yang telah disepakati.
  5. dan terakhir yaitu Aspek pengawasan, yaitu terdapat pengawasan terhadap kinerja konsultan akuntansi oleh pihak yang telah ditunjuk.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Akuntansi

Berdasarkan beberapa tugas dan peran yang dilakukan oleh konsultan akuntansi, maka ada banyak keuntungan dan manfaat yang akan diperoleh perusahaan saat menggunakan jasa konsultan akuntansi, antara lain:

  1. Kredibilitas dan kebenaran laporan keuangan perusahaan akan lebih terjamin  karena sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.
  2. Persepsi keuangan lebih baik karena telah ditangani oleh akuntan yang kredibel dan profesional.
  3. Perusahaan tidak akan kesulitan dalam membuat laporan keuangan karena ditangani langsung oleh ahlinya.
  4. Bisnis dapat berjalan dengan lancar karena keuangan perusahaan lebih rapi dan akuntabel.
  5. Perusahaan tidak perlu merekrut karyawan dalam jumlah yang banyak untuk ditugaskan dalam bidang akuntansi karena sudah ditangani oleh akuntan.

manfaat menggunakan software akuntansi

Memaksimalkan Manfaat Software Akuntansi

Bagi Anda yang sudah menggunakan software akuntansi dan mengetahui manfaatnya, apakah Anda yakin perusahaan sudah memaksimalkannya dengan baik?

Coba buktikan sendiri dengan melihat tanda-tandanya seperti di bawah ini:

1. Proses Akuntansi dapat Berjalan Secara Otomatis

Sebuah bisnis yang sukses menggunakan software akuntansi biasanya memiliki kondisi keuangan yang mudah diketahui setiap saat.

Manajemen keuangan perusahaan pun akan lebih rapi dan dapat berjalan secara otomatis.

Proses dalam mencatat, mengidentifikasi, hingga menyajikan data yang berhubungan dengan transaksi juga dapat diketahui dengan mudah.

Selain itu, pembacaan informasi keuangan yang berfungsi untuk memprediksi dan memperkirakan potensi perusahaan dalam pencapaian pengambilan keuntungan juga menjadi tidak rumit.

Salah satu manfaat software akuntansi adalah dapat menyediakan data-data secara lengkap. Melalui hal ini, pengelolaan utang piutang dapat diselesaikan dengan sangat mudah.

Perkembangan software akuntansi saat ini juga dapat membantu operasional bisnis seperti pengelolaan persediaan barang yang berjalan secara otomatis.

Melalui sistem yang sudah terautomasi, setiap karyawan tidak akan lagi bekerja secara tumpang tindih atau tidak akan terjadi overlapping.

2. Penyusunan Laporan Keuangan yang Lebih Instan

Keberhasilan penggunaan software akuntansi mampu menghasilkan data keuangan dalam waktu singkat dan cepat.

Selain akurat dan dapat dipastikan kebenarannya, proses pembuatan data laporan keuangan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Jika terjadi perubahan, akan lebih mudah untuk dilakukan monitoring kapan saja.

Selain itu, data-data yang didapatkan sangat detail dan dapat digunakan untuk laporan keuangan internal maupun eksternal.

Anda hanya perlu melakukan input data, kemudian software akan menyajikannya dengan cepat.

Tidak heran jika software akuntansi laris manis digunakan oleh para akuntan profesional, para pemilik bisnis, dan ribuan user lainnya.

Banyak manfaat software akuntansi yang bisa didapatkan oleh perusahaan.

3. Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

Jika pada umumnya mengurus masalah keuangan perusahaan membutuhkan waktu yang lama, penggunaan software akuntansi justru sebaliknya.

Mengutip dari Techtarget, menerapkan software akuntansi membantu perusahaan untuk dapat menentukan berbagai keputusan bisnis secara lebih cepat dan tepat.

Dengan begitu, pekerjaan akan menjadi semakin efektif dan tidak perlu repot untuk membaca laporan keuangan secara manual yang dapat melelahkan.

Implementasi software akuntansi juga sudah disesuaikan sehingga cepat dan mudah untuk diterapkan di berbagai jenis usaha di Indonesia.

Skalanya mulai dari mikro, kecil, menengah, hingga enterprise, mulai dari bisnis kafe, perdagangan, kuliner, usaha manufaktur, hingga usaha di bidang jasa, dan lain sebagainya.

4. Akses Mudah di Berbagai Cabang

Jika sebuah bisnis sudah mempunyai banyak cabang dan tidak sulit dalam mengelola keuangan bisnis di setiap cabang, berarti perusahaan tersebut telah sukses dalam menggunakan software akuntansi.

Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan tidak akan kerepotan untuk mengelola banyaknya cabang perusahaannya.

Karena software tersebut memiliki sistem multi gudang yang dapat diakses bahkan hanya dari satu komputer saja.

Data-data bisnis juga dapat diakses kapan saja secara online dan real-time.

Mulai dari input data, melihat data customer, data supplier, data-data aktiva, data inventori, editing, otorisasi, pembacaan laporan di berbagai anak cabang perusahaan, dan lain sebagainya.

Alur kerja setiap karyawan juga akan berjalan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

manfaat menerapkan software akuntansi salah satunya adalah memangkas beban pengeluaran bisnis

5. Biaya yang dikeluarkan Lebih Kecil

Salah satu tanda usaha sukses menggunakan software akuntansi adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan cenderung minimal atau lebih kecil.

Untuk dapat mengelola keuangan perusahaan dengan baik, biasanya dibutuhkan lebih dari 3 orang akuntan untuk mengatur arus kas dan membuat laporan keuangan.

Namun, hal itu dapat disiasati dengan penggunaan software akuntansi sehingga lebih efektif tanpa harus menyediakan banyak tenaga ahli akuntansi.

Dengan begitu perusahaan tidak membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangan  sehingga dapat memangkas biaya untuk gaji karyawan.

Efisiensi SDM ini benar-benar efektif untuk memangkas anggaran pengeluaran perusahaan.

Sehingga kerugian-kerugian yang terjadi selama ini dapat diminimalisir dengan baik.

Jika resiko kehilangan anggaran sangat minimal, maka profit perusahaan pun secara otomatis akan meningkat.

6. Meningkatkan Akurasi dan Keakuratan Data

Salah satu kesalahan utama dalam mengelola keuangan adalah kesalahan memasukkan data atau human error. Umumnya ini sering terjadi karena sistem pencatatan yang masih bersifat manual dan repetitif.

Kondisi dapat mempengaruhi produktivitas kerja dan dapat mengganggu perhitungan keuangan perusahaan.

Oleh karena itu, melalui software akuntansi yang menerapkan sistem pengolahan berbasis otomatis, kesalahan-kesalahan ini dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Proses pemantauan juga dapat dilakukan secara realtime sehingga jika terjadi suatu kesalahan, dapat teratasi dengan cepat. Sehingga, data keuangan dalam laporan dapat lebih akurat dan tepat.

7. Inovasi dan Penerapan Teknologi dalam Akuntansi yang Cepat

Salah satu manfaat yang cukup pengaruh dari software akuntansi pada saat ini adalah karena tren perkembangan serta inovasi teknologi pada dunia akuntansi yang sangat cepat.

Perkembangan ini tentunya dapat membawa angin segar yang dapat mempengaruhi segi produkvitas dan efisien kerja. Salah satu inovasi pada software akuntansi yang cukup berkembang saat ini adalah teknologi AI dalam dunia akuntansi.

Adanya artificial intelligence memberikan bantuan yang signifikan khususnya pada menganalisis data serta memperkaya wawasan bisnis.

Melalui pengumpulan data yang lebih cepat dan mendalam, membantu manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan strategis yang lebih tepat dan strategis.

Di Mekari Jurnal sendiri, saat ini sudah terdapat fitur terbaru yang menerapkan teknologi AI dalam menganalisis data dalam laporan keuangan, yaitu Airene.

Melalui Airene, Anda dapat menganalisis dan mengidentifikasi tren dan anomali seputar keuangan bisnis melalui data pada laporan keuangan, dan merangkumnya secara otomatis untuk memberikan insight yang akurat dan mendalam untuk pemilik bisnis.

Saat ini, fitur analisis berbasis AI tersedia untuk laporan laba-rugi dan kas. Coba fitur ini sekarang dan tingkatkan pertumbuhan bisnis Anda sekarang juga!

Kesimpulan

Agar perusahaan Anda tidak terlalu sering membutuhkan jasa konsultan akuntansi, sebaiknya mulai sekarang Anda mempertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi.

Berbagai manfaat software akuntansi bisa Anda nikmati salah satunya adalah mengatasi berbagai masalah akuntansi dengan lebih mudah dan tepat.

Anda hanya perlu menentukan pilihan dalam menentukan software akuntansi mana yang akan Anda gunakan.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kesehatan finansial bisnis atau perusahaan Anda.

Berbagai fitur unggulan di dalamnya sudah dapat menjawab berbagai masalah yang bisnis sering hadapi, seperti pengelolaan anggaran, biaya operasional, manajemen ketersediaan barang, perpajakan, hingga pelaporan keuangan.

Anda juga bisa mempelajari penggunaan Enterprise Resource Planning (ERP) module dan bagaimana program ERP dapat membantu akselerasi bisnis Anda.

Lihat bagaimana Mekari Jurnal akan memanjakan Anda dengan berbagai kemudahan dan keuntungan. Kontak Mekari Jurnal dan eksplorasi berbagai fitur unggulannya dengan mendaftar saat ini juga serta dapatkan akses free trial version!

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Terima kasih, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal