Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Manfaat Software Akuntansi untuk Sistem Inventory Bisnis

Tayang 11 May 2022
inventaris-barang
Manfaat Software Akuntansi untuk Sistem Inventory Bisnis

Seperti yang kita tahu, hampir semua jenis perusahaan pasti memiliki persediaan. Untuk mengelolanya, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pengelolaan barang dan memudahkan pelaporan data inventaris yang ada di gudang.

Mengelola persediaan dengan baik tentu akan menguntungkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Manajemen inventory merupakan hal yang gampang-gampang susah, tergantung jenis perusahaannya.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam sistem yang biasanya ada di aplikasi stok barang biasanya meliputi pencatatan;

Pengelolaan persediaan dapat dilakukan dengan bantuan ERP (Enterprise Resources Planning).

Namun, Anda mungkin akan merasa kesulitan, karena ERP ini sedikit rumit untuk mengontrol persediaan barang dagangan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, saat ini sistem inventory suatu bisnis dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan software akuntansi.

Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat mengelola inventory dengan bantuan software akuntansi.

Menghindari Kekurangan & Kelebihan Persediaan

Dengan memiliki sistem inventory, persediaan dapat terpantau dengan mudah.

Sehingga Anda dapat mengantisipasi kekurangan bahan baku ataupun barang jadi untuk dijual.

Misalnya, ketika ada pembeli datang untuk membeli beberapa produk, karena tidak menggunakan sistem inventory yang tepat, Anda tidak memantau persediaan dengan teratur dan ternyata barang tersebut sudah habis.

Kondisi seperti itu tentu sangat memengaruhi penjualan dan tentu saja dapat merugikan perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki persediaan yang cukup.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan yang baik tentu saja akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen.

Sistem inventory yang dapat terintegrasi langsung ke bagian penjualan, persediaan, pengiriman, dan bagian pendukung lain sehingga tingkat pelayanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen akan lebih cepat, baik, dan tepat.

Monitor Persediaan Lebih Baik

Sudah sangat pasti bahwa dengan memiliki sistem inventory yang baik maka kontrol atas persediaan menjadi sangat mudah untuk dilakukan.

Anda dapat mengakses data dan informasi tentang persediaan barang seperti jumlah persediaan yang ada, jumlah persediaan yang harus di pesan, biaya persediaan, dan informasi-informasi lainnya dengan cepat.

Dengan begitu, pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Sederhana Adalah Berikut

Meminimalisasi Biaya

Sistem inventory dapat meminimalisir biaya karena pekerjaan dapat dilakukan oleh sistem secara langsung sehingga Anda dapat mengurangi karyawan atau Sumber Daya Manusia.

Selain dapat mengurangi biaya tenaga kerja, dengan menggunakan sistem inventory, Anda juga dapat mencegah atau mengurangi kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh karyawan.

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu melakukan manajemen persediaan adalah Jurnal.

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi online menyediakan laporan tentang jumlah persediaan yang terintegrasi langsung dengan laporan keuangan perusahaan.

Anda dapat mengetahui jumlah persediaan secara cepat dan mudah untuk memonitor stok barang dengan salah satu fitur untuk mengelola stok barang.

 

Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat memiliki sistem inventory, di mana Anda akan mendapatkan fitur seperti:

  • a. Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • b. Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • c. Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • d. Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • e. Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Jadi, mulailah kelola persediaan bisnis Anda dengan mudah dan cepat bersama Jurnal.

Manfaatkan juga software Mekari Jurnal untuk pembukuan akuntansi sederhana untuk bisnis Anda, sehingga pencatatan dan pembukuan lebih tertata.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Kategori : Bisnis
Gunakan Mekari Jurnal untuk kemudahan bisnis Anda Mekari JurnalCoba demo gratis
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Gunakan Mekari Jurnal untuk kemudahan bisnis Anda Mekari JurnalCoba demo gratis
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal