Seperti yang kita tahu, hampir semua jenis perusahaan pasti memiliki persediaan. Untuk mengelolanya, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pengelolaan barang dan memudahkan pelaporan data barang yang ada di gudang. Mengelola persediaan dengan baik tentu akan menguntungkan bisnis yang sedang Anda jalani.

 

Mengelola inventory merupakan hal yang gampang-gampang susah, tergantung jenis perusahaannya. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam sistem inventory biasanya meliputi pencatatan; produk, harga produk yang akan dijual, retur barang, biaya persediaan, harga pokok persediaan, catatan pengeluaran dan permintaan barang, serta perhitungan fisik persediaan (stock opname). Pengelolaan persediaan dapat dilakukan dengan bantuan ERP (Enterprise Resources Planning).

 

Namun, Anda mungkin akan merasa kesulitan, karena ERP ini sedikit rumit untuk mengontrol persediaan barang dagangan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, saat ini sistem inventory suatu bisnis dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan software akuntansi. Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat mengelola inventory dengan bantuan software akuntansi.

 

Menghindari Kekurangan & Kelebihan Persediaan

Dengan memiliki sistem inventory, persediaan dapat terpantau dengan mudah. Sehingga Anda dapat mengantisipasi kekurangan bahan baku ataupun barang jadi untuk dijual. Misalnya, ketika ada pembeli datang untuk membeli beberapa produk, karena tidak menggunakan sistem inventory yang tepat, Anda tidak memantau persediaan dengan teratur dan ternyata barang tersebut sudah habis. Kondisi seperti itu tentu sangat memengaruhi penjualan dan tentu saja dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki persediaan yang cukup.

 

Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan yang baik tentu saja akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sistem inventory yang dapat terintegrasi langsung ke bagian penjualan, persediaan, pengiriman, dan bagian pendukung lain sehingga tingkat pelayanan yang diberikan perusahaan kepada konsumen akan lebih cepat, baik, dan tepat.

 

Monitor Persediaan Lebih Baik

Sudah sangat pasti bahwa dengan memiliki sistem inventory yang baik maka kontrol atas persediaan menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Anda dapat mengakses data dan informasi tentang persediaan barang seperti jumlah persediaan yang ada, jumlah persediaan yang harus di pesan, biaya persediaan, dan informasi-informasi lainnya dengan cepat. Dengan begitu, pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Meminimalisasi Biaya

Sistem inventory dapat meminimalisir biaya karena pekerjaan dapat dilakukan oleh sistem secara langsung sehingga Anda dapat mengurangi karyawan atau Sumber Daya Manusia. Selain dapat mengurangi biaya tenaga kerja, dengan menggunakan sistem inventory, Anda juga dapat mencegah atau mengurangi kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh karyawan.

 

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu melakukan manajemen persediaan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online menyediakan laporan tentang jumlah persediaan  yang terintegrasi langsung dengan laporan keuangan perusahaan. Anda dapat mengetahui jumlah persediaan secara cepat dan mudah dengan menggunakan fitur Stok Barang. Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat memiliki sistem inventory, di mana Anda akan mendapatkan fitur seperti:

a. Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.

b. Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan  perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.

c. Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.

d. Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.

e. Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Jadi, mulailah kelola persediaan bisnis Anda dengan mudah dan cepat bersama Jurnal. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.