Inovasi merupakan salah satu hal penting yang harus terus dilakukan pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Membuat inovasi bukanlah hal mudah, Anda perlu kreativitas yang tinggi untuk menemukan ide-ide baru. Namun, tak perlu khawatir, coba lakukan aktivitas ini untuk mengasah kemampuan berinovasi.

 

Catat Semua Ide yang Terlintas

Inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja tanpa kita duga. Untuk itu, cobalah bawa buku catatan ke mana pun Anda pergi dan tulis seluruh ide yang terlintas dipikiran Anda. Ketika mencatat segala sesuatu yang dipikirkan, jangan pernah pedulikan seberapa masuk akal ide tersebut. Hal itu hanya dapat membatasi dan menghambat Anda dalam mencari dan menemukan inspirasi bisnis.

 

Bangun Lebih Pagi

Bukan hanya membuat tubuh lebih sehat dan segar, bangun di pagi hari juga dapat meningkatkan daya pikir dan konsentrasi. Dengan udara yang segar di pagi hari, Anda akan lebih mudah berpikir dengan tenang dan jernih sehingga memudahkan dalam mencari ide untuk membuat sebuah inovasi bisnis. Jadi, cobalah bangun lebih pagi setiap hari demi kesehatan dan perkembangan bisnis Anda.

 

Cari Pengalaman Baru

Untuk menjadi inovatif, Anda harus mencoba menerapkan tentang apa yang Anda pikirkan dan cobalah melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Mencari pengalaman baru bukan berarti harus pergi ke suatu tempat, Anda hanya butuh mencoba hal baru seperti baca buku atau menonton film dengan genre yang berbeda, melakukan kegiatan yang tidak pernah terbayangkan untuk Anda lakukan, dan kegiatan lainnya yang dapat memberikan pengalaman baru

 

Perluas Pertemanan

Teman bukan sekedar orang yang dapat diajak bersenang-senang, teman juga dapat membantu Anda dalam menemukan inovasi baru. Semakin banyaknya teman, Anda akan lebih mudah bertukar pikiran untuk menemukan ide-ide baru. Jika telah menemukan ide, jangan lupa untuk mencatat semua ide dan mintalah pendapat mereka tentang ide tersebut. Dengan begitu, Anda akan mendapat masukan yang dapat merangsang kreativitas sekaligus memudahkan dalam membuat inovasi baru.

 

Itu adalah 4 aktivitas yang dapat membantu Anda dalam mengasah kemampuan berinovasi. Namun, dalam membuat inovasi baru, Anda juga membutuhkan sebuah strategi. Laporan keuangan adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat ingin membuat sebuah strategi. Jurnal, software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat memonitor dan mengelola keuangan bisnis di mana saja dan kapan saja. Untuk info lebih lanjut tentang Jurnal, klik di sini.

Author