Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

4 Prediksi Bisnis yang Akan Menjadi Tren di Masa Depan!

Tayang 25 Apr 2023
Diperbarui 17 Oktober 2023

Berikut prediksi bisnis yang akan menjadi tren di masa depan! Apa saja?

Semakin berkembangnya ekonomi di Indonesia, semakin banyak juga peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan.

Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan bisnis akan terus berkembang di setiap tahunnya.

Banyak pengusaha baru yang mulai terjun di dunia bisnis dengan berbagai kreativitas untuk memenangkan persaingan bisnis.

Apa Itu Tren Bisnis?

Tren bisnis merujuk pada arah atau pola perubahan dalam dunia bisnis yang berlangsung dalam periode tertentu.

Ini mencakup berbagai aspek, termasuk cara bisnis dijalankan, strategi pemasaran, model bisnis baru, perkembangan teknologi, preferensi konsumen, dan perubahan dalam lingkungan ekonomi dan sosial.

Tren bisnis dapat muncul dari berbagai sumber, termasuk inovasi teknologi, perubahan regulasi pemerintah, pergeseran preferensi konsumen, dan peristiwa global seperti pandemi atau krisis ekonomi.

Pengusaha dan perusahaan perlu memperhatikan tren bisnis karena dapat mempengaruhi peluang dan tantangan yang dihadapi dalam berbisnis.

Contoh Tren Bisnis

Beberapa contoh tren bisnis yang pernah muncul di masa lalu adalah:

  1. E-commerce: Perkembangan platform e-commerce dan toko daring telah mengubah cara orang berbelanja dan berbisnis. Bisnis online telah menjadi tren yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
  2. Daur Ulang dan Ramah Lingkungan: Tren untuk bisnis yang berfokus pada daur ulang, produk ramah lingkungan, dan upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan semakin meningkat seiring kesadaran akan isu lingkungan.
  3. Digitalisasi dan Keberlanjutan: Perusahaan semakin mengadopsi teknologi digital dan mencari cara untuk meningkatkan keberlanjutan dalam operasi mereka, termasuk melalui penerapan kebijakan yang ramah lingkungan.
  4. Kesehatan dan Kebugaran: Meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebugaran telah membawa pertumbuhan pada industri seperti gym, aplikasi kesehatan, dan makanan sehat.
  5. Pendidikan dan Pelatihan Online: Pendidikan dan pelatihan online semakin populer, terutama karena kemajuan teknologi dan perubahan dalam cara orang belajar.
  6. Kebijakan Perlindungan Data dan Privasi: Semakin banyak perhatian pada perlindungan data dan privasi, yang mendorong perusahaan untuk memperkuat keamanan data dan mematuhi regulasi yang ketat.
  7. Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI): Penggunaan AI dalam berbagai bidang bisnis, termasuk pelayanan pelanggan, analisis data, dan proses otomatisasi, semakin berkembang.
  8. Inovasi Teknologi: Perkembangan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan blockchain terus menghadirkan peluang baru bagi bisnis. Penggunaan teknologi inovatif dapat membuka pasar baru dan mengubah cara kerja perusahaan.
  9. Bisnis Berbasis Pengalaman: Banyak bisnis kini berfokus pada memberikan pengalaman yang unik dan menarik kepada pelanggan. Dengan memberikan pengalaman yang lebih dari sekadar produk atau layanan, bisnis dapat membangun loyalitas pelanggan yang kuat.

Memahami tren bisnis dapat membantu perusahaan mengambil keputusan yang lebih baik, mengantisipasi perubahan pasar, dan mempersiapkan strategi untuk tetap bersaing dan relevan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.

4 Prediksi Bisnis yang Akan Menjadi Tren di Masa Depan!

4 Prediksi Bisnis yang Akan Menjadi Tren di Masa Depan!

Jika Anda baru ingin memulai bisnis, di bawah ini Jurnal akan berikan beberapa prediksi bisnis yang akan menjadi tren di tahun-tahun mendatang.

Bisnis Online

Bisnis ini sudah banyak digeluti sejak Tahun 2016 dan telah terbukti memiliki perkembangan yang cukup baik, serta memiliki keuntungan yang lumayan besar.

Bisnis online akan diprediksi menjadi salah satu bisnis yang tetap bertahan dan menjadi tren di masa depan.

Bisnis ini juga memiiki potensi yang cukup besar jika ditekuni dengan baik.

Perkembangan bisnis online didukung dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin meningkat.

Youtuber

Menjadi seorang YouTuber, akan menjadi salah satu bisnis yang masih diminati banyak orang di tahun ini.

Hanya bermodalkan kamera, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup banyak.

Selain mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda juga bisa menjadi salah satu endorser sebuah brand yang membutuhkan jasa YouTuber untuk mereview produk mereka.

Menjadi YouTuber, berarti Anda harus membuat video dengan konten yang banyak diminati pengguna YouTube.

Jika Anda termasuk orang yang hobi di dunia games, Anda bisa menjadi YouTuber dengan konten tentang review games.

Atau, jika Anda menyukai dunia kuliner, Anda bisa membuat konten Vlog (Video Blog) dengan tema travel, atau kuliner misalnya.

Anda bisa membuat Vlog saat mencicipi makanan di salah satu restoran, review makanan tersebut, dan lain sebagainya.

Produk Handmade

Saat ini, bisnis produk handmade semakin banyak dilirik dan diminati banyak orang, khususnya anak muda.

Bukan hanya menarik, bisnis ini juga menjanjikan pendapatan yang lumayan besar.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Di mana, dengan kreativitas tinggi, Anda dapat membuat inovasi baru dalam mengembangkan produk handmade.

Bisnis handmade yang bisa Anda mulai seperti kreasi aksesoris, kreasi dari kain perca dan flanel, rajutan, sulam benang, dan lain sebagainya.

Food Truck

Food truck adalah salah satu inovasi bisnis kuliner yang akan menjadi tren di tahun ini.

Bisnis ini dapat menarik banyak pelanggan karena Anda tidak hanya memberikan inovasi pada makanan.

Namun juga memberikan inovasi pada cara penyajiannya, yaitu di kendaraan yang unik dan membuat penasaran.

Menyajikan makanan di truk juga dapat memudahkan Anda meraih konsumen di mana pun.

Anda bisa berpindah tempat dan berhenti di satu tempat dengan pelanggan yang cukup banyak

Itulah beberapa prediksi bisnis yang akan bertahan dan menjadi tren di tahun ini.

Sebelum memulai bisnis, cobalah buat rencana bisnis yang matang, dan setelah bisnis berjalan, jangan pernah lupakan untuk mengelola keuangannya dengan baik.

Karena, dengan mengelola keuangan, Anda dapat lebih mudah mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

Tren Bisnis Saat Ini yang Patut Anda Ketahui

Dunia bisnis terus mengalami perubahan dinamis seiring perkembangan teknologi, perubahan perilaku konsumen, dan berbagai tantangan ekonomi.

Bagi pengusaha dan pelaku bisnis, memahami tren-tren bisnis yang sedang berkembang menjadi kunci untuk tetap relevan dan bersaing di pasar.

Berikut beberapa tren bisnis saat ini yang perlu Anda ketahui:

  1. Tantangan di Dunia Kerja: Pengaruh pekerjaan terhadap kehidupan semakin menjadi perhatian utama bagi karyawan. Perusahaan perlu menawarkan karier menarik, lingkungan kerja yang disenangi, dan fleksibilitas untuk memikat karyawan berbakat. Keterampilan kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kepemimpinan menjadi penting dalam dunia kerja yang terus berubah.
  2. WFH dan Hybrid Masih menjadi Tren: Work From Home (WFH) dan bekerja secara hybrid terus menjadi tren, menawarkan keuntungan finansial bagi karyawan. Namun, pemantauan karyawan melalui teknologi semakin meningkat, mendorong perusahaan untuk memastikan produktivitas tetap terjaga.
  3. Social Media Marketing Terus Meningkat: Media sosial menjadi platform penting dalam pemasaran. Banyak perusahaan menambah anggaran untuk strategi pemasaran melalui media sosial, termasuk iklan, konten komunitas, dan kerjasama dengan influencer.
  4. Kekhawatiran pada Inflasi dan Rantai Pasokan: Proyeksi ekonomi yang kurang menggembirakan menyebabkan kekhawatiran atas inflasi dan masalah rantai pasokan. Perusahaan perlu menerapkan strategi pencegahan risiko terhadap pasokan untuk mengatasi perubahan yang tidak terduga.
  5. Kecerdasan Buatan (AI) Mendominasi e-Commerce: Penggunaan AI dalam e-commerce membawa perubahan signifikan. Dengan kemampuannya memprediksi kebiasaan belanja pelanggan, AI membantu perusahaan menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif.
  6. Teknologi Imersif dalam Eksperimen Bisnis: Teknologi VR dan AR semakin populer karena meningkatnya kebutuhan pelanggan untuk customer experience yang menyatukan dunia nyata dan online. Teknologi imersif ini membantu pelanggan berinteraksi dengan merek tanpa batasan ruang dan waktu.
  7. Meningkatnya Fokus terhadap Keberlanjutan: Masyarakat semakin peduli dengan dampak lingkungan dari produk yang mereka konsumsi. Perusahaan yang mengadopsi praktik keberlanjutan akan menarik minat konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk.

Mengikuti tren bisnis saat ini membantu perusahaan dan pengusaha untuk beradaptasi dengan perubahan pasar, menciptakan strategi pemasaran yang efektif, dan tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Dengan memahami tren-tren ini, Anda dapat membuat rencana pengembangan bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Mudah Dengan Bantuan Mekari Jurnal

Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Adalah Berikut

Mekari Jurnal, software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun.

Dengan Jurnal, seluruh data keuangan Anda akan terjamin keamanannya, karena Mekari Jurnal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001.

Selain itu, Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu mengelola bisnis Anda dengan baik.

Baik, Saya Mau Coba Fitur Mekari Jurnal Sekarang

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Mekari Jurnal!

Pelajari lebih lanjut bagaimana aplikasi Mekari Jurnal dapat membantu pekerjaan Anda. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Cara Mengetahui Trend Bisnis Lebih Cepat

Di era digital saat ini, mengetahui tren bisnis telah menjadi lebih mudah berkat berbagai alat dan teknologi yang tersedia.

Memahami tren bisnis dapat membantu para pengusaha dan calon pengusaha untuk mengidentifikasi peluang pasar yang sedang berkembang dan mengarahkan bisnis mereka ke arah yang tepat.

Berikut adalah beberapa cara mengetahui tren bisnis yang perlu Anda ketahui:

Manfaatkan Fitur Google Trends

Google Trends adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk melihat kata kunci atau topik yang sedang populer.

Anda dapat mengatur pengaturan sesuai dengan wilayah atau negara Anda.

Gunakan fitur ini untuk memahami popularitas suatu produk atau layanan tertentu dan mengetahui daerah mana yang berminat terhadap produk tersebut.

Lakukan Penelitian Riset Online atau Offline

Selain menggunakan Google Trends, Anda juga bisa melakukan riset langsung secara online atau offline.

Dalam riset online, Anda dapat memanfaatkan kuisioner atau survei daring untuk memahami preferensi dan kebutuhan pasar.

Sementara itu, riset offline dapat dilakukan dengan mengunjungi pasar tradisional atau melakukan wawancara langsung dengan calon konsumen.

Jalankan Survei ke Target Pasar Untuk Pelajari Tren Bisnis Terkini

Melakukan survei langsung ke target pasar adalah cara efektif untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam tentang preferensi dan kebutuhan konsumen.

Survei ini dapat dilakukan di lingkungan tempat target pasar Anda berada, seperti sekolah, perpustakaan, taman, atau komunitas online yang relevan.

Observasi Dengan Detail Pada Media Sosial dan Media Online

Pantau media sosial dan platform online untuk melihat tren yang sedang populer.

Amati hashtag trending di Twitter dan Instagram, konten yang viral di TikTok atau YouTube, serta berita yang sering muncul di media online.

Hal ini dapat memberikan ide tentang tren dan topik yang diminati oleh banyak orang.

Konsultasi dengan Partner Berpengalaman

Jika Anda memiliki rekan bisnis yang berpengalaman, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka.

Mereka dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam mengidentifikasi peluang bisnis yang sukses.

Jika tidak ada rekan berpengalaman, Anda dapat mengikuti seminar bisnis atau bergabung dengan komunitas pengusaha untuk memperluas jaringan dan mendapatkan inspirasi dari para ahli.

***

Mengetahui tren bisnis merupakan langkah penting dalam mengembangkan bisnis yang sukses dan berdaya saing.

Dengan menggabungkan berbagai metode di atas, Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih komprehensif tentang pasar dan mengarahkan bisnis Anda ke arah yang tepat.

Selamat bereksperimen dan semoga sukses dalam menjalankan bisnis Anda!

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal