Semakin berkembangnya ekonomi di Indonesia, semakin banyak juga peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Tidak dapat dipungkiri, pertumbuhan bisnis akan terus berkembang di setiap tahunnya. Banyak pengusaha baru yang mulai terjun di dunia bisnis dengan berbagai kreativitas untuk memenangkan persaingan bisnis. Jika Anda baru ingin memulai bisnis, di bawah ini Jurnal akan berikan beberapa prediksi bisnis yang akan menjadi tren di Tahun 2018.

 

Bisnis Online

Bisnis ini sudah banyak digeluti sejak Tahun 2016 dan telah terbukti memiliki perkembangan yang cukup baik, serta memiliki keuntungan yang lumayan besar. Bisnis online akan diprediksi menjadi salah satu bisnis yang tetap bertahan dan menjadi tren di Tahun 2018. Bisnis ini juga memiiki potensi yang cukup besar jika ditekuni dengan baik. Perkembangan bisnis online didukung dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin meningkat.

 

Youtuber

Menjadi seorang YouTuber, akan menjadi salah satu bisnis yang masih diminati banyak orang di Tahun 2018. Hanya bermodalkan kamera, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup banyak. Selain mendapatkan penghasilan dari YouTube, Anda juga bisa menjadi salah satu endorser sebuah brand yang membutuhkan jasa YouTuber untuk mereview produk mereka. Menjadi YouTuber, berarti Anda harus membuat video dengan konten yang banyak diminati pengguna YouTube. Jika Anda termasuk orang yang hobi di dunia games, Anda bisa menjadi YouTuber dengan konten tentang review games. Atau, jika Anda menyukai dunia kuliner, Anda bisa membuat konten Vlog (Video Blog) dengan tema kuliner misalnya Vlog saat mencicipi makanan di salah satu restoran, review makanan tersebut, dan lain sebagainya.

 

Produk Handmade

Saat ini, bisnis produk handmade semakin banyak dilirik dan diminati banyak orang, khususnya anak muda. Bukan hanya menarik, bisnis ini juga menjanjikan pendapatan yang lumayan besar. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi. Di mana, dengan kreativitas tinggi, Anda dapat membuat inovasi baru dalam mengembangkan produk handmade. Bisnis handmade yang bisa Anda mulai seperti kreasi aksesoris, kreasi dari kain perca dan flanel, rajutan, sulam benang, dan lain sebagainya.

 

Food Truck

Food truck adalah salah satu inovasi bisnis kuliner yang akan menjadi tren di Tahun 2018. Bisnis ini dapat menarik banyak pelanggan karena Anda tidak hanya memberikan inovasi pada makanan, tapi juga memberikan inovasi pada cara penyajiannya, yaitu di kendaraan yang unik dan membuat penasaran. Menyajikan makanan di truk juga dapat memudahkan Anda meraih konsumen di mana pun. Anda bisa berpindah tempat dan berhenti di satu tempat dengan pelanggan yang cukup banyak

 

Itulah beberapa prediksi bisnis yang akan bertahan dan menjadi tren di Tahun 2018. Sebelum memulai bisnis, cobalah buat rencana bisnis yang matang, dan setelah bisnis berjalan, jangan pernah lupakan untuk mengelola keuangannya dengan baik. Karena, dengan mengelola keuangan, Anda dapat lebih mudah mempertahankan dan mengembangkan bisnis.

Jurnal, software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Dengan Jurnal, seluruh data keuangan Anda akan terjamin keamanannya, karena Jurnal telah tersertifikasi ISO/IEC 27001. Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu mengelola bisnis Anda dengan baik seperti fitur stok barang yang dapat membantu memonitor stok, fitur management assets yang membantu Anda mengelola dan menghitung nilai penyusutan aset secara tepat, dan masih banyak fitur lainnya. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Author