Seperti yang kita tahu, di Indonesia banyak perusahaan yang berdiri baik dalam skala besar maupun kecil. Bagi perusahaan besar pengelolaan manajemen pasti dilakukan secara profesional. Namun, untuk perusahaan-perusahaan kecil? Kebanyakan dari mereka masih dikelola secara sederhana dan tentu saja masih jauh dari kata profesional.

 

Salah satu masalah yang terjadi pada usaha-usaha kecil yaitu banyak di antara mereka yang tidak menjalankan urusan akuntansi dan pembukuannya dengan baik. Alasannya adalah karena bisnis mereka masih kecil. Padahal, dengan mengerjakan sistem akuntansi dan pembukuan yang benar pengusaha dapat memperoleh banyak keuntungan, seperti memudahkan dalam pengambilan keputusan, melakukan penelusuran, pengawasan, dan perencanaan.

 

Kondisi inilah merupakan kesempatan emas untuk Anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntansi. Kemampuan dan tenaga Anda sangat dibutuhkan untuk membuat sistem pencatatan, pembukuan sampai pada pelaporan. Bahkan jika diminta lebih Anda dapat mengelola keuangan perusahaan dari segala sisi secara lebih spesifik.

 

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis ini, hal pertama yang Anda lakukan adalah membuat proposal penawaran, sertakan latar belakang pendidikan dan konsep layanan dengan spesifik layanan yang akan Anda berikan. Kemudian, sadarkan calon konsumen tentang pentingnya usaha yang memiliki sistem pencatatan/pembukuan. Jabarkan manfaat pembukuan untuk usaha mereka. Selain proposal Anda juga dapat membuat website untuk menawarkan jasa Anda sehingga pencarian akan lebih mudah dilakukan oleh konsumen. Berikut ini beberapa jenis jasa pembukuan yang dapat Anda tawarkan:

 

Catatan Aktivitas Aliran Kas

Seperti yang kita tahu, setiap perusahaan pasti memiliki kas. Kas merupakan salah satu hal yang penting karena dapat menentukan likuiditas perusahaan. Oleh karenanya, pengelolaan dan catatan mengenai aliran kas menjadi sangat penting. Aliran kas masuk dan aliran kas keluar harus dicatat dengan detail. Aliran kas ini akan menjadi dasar pembuatan laporan keuangan, seperti laporan aliran kas dan laporan laba rugi.

 

Catatan Persediaan

Persediaan merupakan salah satu aset perusahaan yang penting karena menentukan kualitas produksi yang akan dijual. Namun, beberapa bisnis kecil masih kurang memperhatikan pengelolaannya. Anda dapat mengambil peluang untuk menawarkan jasa pembukuan. Anda dapat mencatat barang yang masuk dan keluar di gudang, termasuk didalamnya tentu nilai ekonomi dari setiap barang di gudang. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat mengatur sistem keluar masuk persediaan di gudang.

 

Perhitungan HPP

Banyak di antara pelaku usaha yang menghitung biaya produksi secara umum dengan menggunakan konsep perhitungan kasar. Cara ini membuat biaya yang terungkap semua dan lebih parahnya biaya yang seharusnya tidak masuk perhitungan menjadi masuk dalam perhitungan. Inilah yang menyebabkan HPP tidak efisien dan tidak akurat. Anda dapat memberikan jasa Anda untuk membuat pencatatan dan perhitungan HPP secara lebih akurat dan efisien.

 

Aktivitas Keuangan

Aktivitas keuangan dasar yang harus dibuat oleh seorang pengusaha yaitu penjualan (secara tunai dan kredit), pembelian produk atau bahan baku (secara tunai dan kredit), aliran kas, biaya-biaya lainnya. Oleh karena itu peluang bisnis pembukuan ini juga menjadi sangat besar. Anda dapat membantu klien untuk melakukan proses akuntansi, mulai dari pembukuan sama dengan pelaporan. Karena setiap bisnis wajib melakukan pelaporan di akhir periode secara utuh, yakni laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan aliran kas.

 

Perhitungan Budget dan Perencanaan

Salah satu jasa yang dapat Anda tawarkan juga menghitung budget (anggaran) dan perencanaan. Pelaku usaha pasti ingin dan berniat untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki, Anda dapat membantu menghitung rencana usaha yang ingin dibukanya. Selain itu, Anda juga sekaligus dapat membuat budget yang diperlukan untuk menjalankan rencana/program tersebut. Perhitungan ini akan menjadi sangat penting di dalam proposal bisnis.

 

Tahukah Anda, sekarang proses akuntansi mulai dari pencatatan pembukuan sampai dengan pelaporan keuangan menjadi sangat mudah dengan bantuan software akuntansi. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda. Jurnal berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Jurnal memiliki banyak fitur di dalamnya seperti fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap, perhitungan pajak otomatis, cash link, membuat laporan keuangan, dan lainnya.

Sehingga Anda dapat lebih mudah, cepat, dan aman melakukan bisnis pembukuan. Dan tentu saja, Anda akan mendapatkan keunggulan tersendiri di mata klien jika melakukan usaha pembukuan ini dengan menggunakan sistem yang modern dan sudah tidak manual. Temukan informasi lengkap mengenai Jurnal di sini.