Alasan Usaha Rental Mobil Butuh Aplikasi Pembukuan

Mengelola keuangan pada bisnis rental mobil adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Namun sayangnya masih banyak pemilik bisnis rental yang belum memahami bagaimana caranya. Dengan adanya aplikasi pembukuan rental mobil, Anda sebagai pemilik bisnis bisa belajar sendiri bagaimana cara mengelola keuangan bisnis rental.

Kebutuhan akan transportasi pribadi di Indonesia tergolong masih tinggi. Hal ini membuat peluang bisnis rental mobil tidak pernah mati. Mulai dari kebutuhan pekerjaan, rekreasi, hingga kebutuhan pribadi menjadikan mobil sebagai kebutuhan utama.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Tidak hanya itu, kemunculan aplikasi taksi online juga menjadikan kebutuhan akan rental mobil semakin meningkat.

Di tengah tingginya permintaan pasar, harus diimbangi pula dengan pengelolaan keuangan yang baik. Tujuannya adalah agar bisnis Anda berjalan dengan lancar dalam jangka panjang.

Kenapa Usaha Rental Mobil Butuh Aplikasi Pembukuan?

Mencatat Transaksi Secara Lengkap dan Detail

Transaksi keuangan usaha yang dicatat secara lengkap dan detail akan memudahkan pembuatan laporan keuangan. Jika di depan terjadi kebocoran pos pengeluaran, akan lebih mudah diketahui. 

Aplikasi pembukuan dapat melakukan pencatatan transaksi secara otomatis. Mulai dari pendapatan sewa, piutang usaha, beban perlengkapan, hingga setoran modal. 

Mengetahui Besarnya Keuntungan atau Kerugian

Dengan pencatatan transaksi bisnis yang lengkap, Anda bisa langsung mengetahui apakah bisnis sedang mengalami untung atau rugi.

Untung atau rugi dalam bisnis adalah hal yang wajar. Yang menjadi masalah adalah tidak terdeteksi apa yang menyebabkan untung atau rugi perusahaan dalam satu periode. 

Aplikasi pembukuan akan membantu Anda untuk melihat di mana terjadinya kebocoran keuangan yang menyebabkan kerugian. 

Sebagai Bahan Penilaian Bisnis Rental

Melalui pencatatan keuangan yang rapi dan laporan keuangan yang lengkap, aplikasi pembukuan membantu Anda untuk melihat posisi bisnis Anda. Artinya, apakah performa bisnis sedang baik atau tidak baik dapat terlihat dari laporan keuangan di aplikasi pembukuan. 

Aplikasi pembukuan menyediakan ringkasan beserta insight perkembangan bisnis dalam satu periode. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah membentuk keputusan strategis untuk perkembangan bisnis. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Bisnis

Fitur Aplikasi Pembukuan yang Dibutuhkan

Menggunakan aplikasi pembukuan rental mobil akan sangat membantu operasional bisnis terutama di bidang keuangan. Untuk mendapatkan aplikasi terbaik, perhatikan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Setidaknya, aplikasi pembukuan rental memiliki fitur sebagai berikut:

Laporan Kinerja Bisnis

Fitur ini akan membantu Anda dalam menyusun keputusan yang strategis kemajuan bisnis Anda. Artinya, dalam laporan kerja bisnis akan terlihat performa bisnis Anda apakah sedang bagus atau tidak.

Insight keuangan dapat dilihat secara real time kapanpun dan di manapun melalui fitur ini. 

Online Payment

Di era yang serba digital, pembayaran secara online akan membantu transaksi yang lebih cepat dan sederhana. Anda dapat menerima metode pembayaran melalui akun virtual, transfer otomatis, dan terhubung dengan layanan bank online

Fitur ini terbukti sangat mempermudah pemilik bisnis maupun konsumen rental mobil. 

Pengelolaan Aset Tetap secara Otomatis

Bisnis rental Anda memiliki banyak aset tetap yang setiap periode akan mengalami penyusutan. Melalui aplikasi pembukuan, Anda bisa menghitung dan memperkirakan penyusutan yang terjadi pada aset tetap Anda seperti gedung maupun mobil rental. 

Penyediaan Laporan Keuangan

Dengan aplikasi pembukuan, menyusun laporan keuangan tidak lagi rumit karena data transaksi sudah tercatat dengan baik sebelumnya. Sehingga pada saat proses laporan keuangan semua data sudah secara otomatis diolah menjadi laporan keuangan yang akurat.

Jurnal software akuntansi UKM

Aplikasi Pembukuan Rental Mobil Terbaik

Aplikasi pembukuan adalah salah satu solusi pengelolaan keuangan terbaik di tengah perkembangan teknologi. Terutama bagi bisnis rental mobil yang peminatnya masih sangat tinggi namun membutuhkan pengelolaan keuangan yang kompleks. 

Salah satu aplikasi pembukuan yang bisa Anda coba adalah dari Jurnal by Mekari. membantu Anda membuat pembukuan bisnis dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Seluruh data keuangan akan disajikan secara instan dalam pembukuan yang sistematis dan terperinci.

Software Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Bagi yang berlangganan Jurnal minimal 6 bulan, Anda akan mendapat diskon hingga 30%, lengkap dengan free penggunaan selama 30 hari, dan free training sebanyak 2x.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog


PUBLISHED30 Aug 2020
Risna
Risna


Kategori : Bisnis