Kendaraan bermotor terutama mobil kini sangat dibutuhkan, baik itu keperluan pribadi, kelompok, atau perusahaan. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba ide membuka bisnis rental mobil. Bisnis rental mobil akhir-akhir ini sangat menjanjikan karena dianggap lebih praktis. Harga mobil yang cukup mahal dan berbagai biaya tambahan yang mengikutinya membuat banyak orang enggan untuk membeli sendiri. Selain itu kebutuhan akan kapasitas mobil juga sering berbeda-beda. Terkadang yang dibutuhkan hanya mobil kecil untuk berwisata bersama keluarga. Namun pada waktu tertentu membutuhkan mobil yang cukup besar untuk mengangkut banyak anggota orang. Dan jasa rental mobil siap menyediakan mobil sesuai kapasitas yang diinginkan. Selain kebutuhan yang cukup urgent akan alat transportasi, membuka bisnis rental mobil juga membawa banyak keuntungan bagi pegiatnya. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Memungkinkan Jika Tanpa Modal

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental MobilAnda mungkin mengira bahwa memulai usaha rental mobil membutuhkan modal yang cukup mahal. Harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli mobil dan biaya perawatan. Namun hal tersebut bisa disiasati agar Anda dapat membuka usaha rental mobil dengan modal yang cukup rendah atau bahkan tanpa modal.  Bisa dengan kredit mobil atau memanfaatkan kendaraan mitra. Cara pertama adalah dengan kredit mobil. Harga mobil di pasaran bisa mencapai ratusan juta rupiah, dan itu sangat memberatkan jika harus dibayar lunas. Dengan DP 5 juta hingga 10 juta, kini Anda sudah bisa mendapatkan satu unit mobil untuk disewakan. Anda mungkin membutuhkan biaya perawatan pertama mobil, namun jumlah tersebut juga tidak melampaui harga sebuah mobil cash. Setelah bisnis mulai dijalankan, Anda bisa memanfaatkan hasil dari sewaan tersebut untuk membiayai perawatan dan membayar cicilan mobil. Sedikit meringankan bukan? Tidak perlu langsung mencari mobil ukuran  besar dan harga yang mahal, mulai saja dengan investasi yang kecil. Cara kedua yakni bekerja sama dengan mitra. Pada cara ini Anda tidak perlu memiliki mobil untuk dapat membuka usaha rental mobil. Cukup bekerja sama dengan mitra yang mempunyai unit kendaraan dan hubungkan mereka dengan penyewa. Apabila bisnis ini dikelola dengan serius, Anda tidak hanya mengandalkan keuntungan dari mobil kecil saja, namun juga mobil-mobil dengan kapasitas besar.

 

Keuntungan Cukup Menggiurkan

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental MobilBerikut dijabarkan asumsi keuntungan yang bisa didapatkan ketika mencoba bisnis rental mobil.

Modal Awal 1 unit avanza 1,3 E M/T, Tenor 48 bulan

DP: Rp38.780.000

Angsuran bulan pertama: Rp5.010.000

Asuransi All Risk: Rp3.000.000

Biaya Aksesori dan lain-lai: Rp5.000.000

Biaya Promosi: Rp300.000
_____________________________________________________________________

Investasi Awal: Rp52.090.000

Biaya Operasional Perbulan

Angsuran per bulan: Rp5.010.000

Perawatan dan Servis: Rp700.000

Biaya lain-lain: Rp500.000
____________________________________________________________________

Total biaya perbulan: Rp6.210.000

 

Asumsi Omzet per Bulan

25 hari rental mobil x Rp400.000 = Rp10.000.000

 

Asumsi Keuntungan per bulannya

= Omzet – Biaya operasional per bulan

= Rp10.000.000 – Rp6.210.000 = Rp3.790.000

 

Asumsi keuntungan ini memang tidak bisa didapatkan persis setiap bulannya. Ada masanya rental mobil akan sepi, namun tidak menutup kemungkinan jika bisnis ini sangat ramai bahkan sebulan penuh. Apalagi di musim lebaran di mana banyak orang membutuhkan mobil untuk bepergian baik di dalam kota maupun ke luar kota. Harga yang tertera di atas pun bisa sewaktu-waktu naik. Anda bisa memberikan tarif yang berbeda apabila sepaket dengan supir, mobil digunakan ke luar kota atau digunakan pada hari libur serta perayaan hari besar.

 

Pasarnya Luas

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental MobilWalau persaingan bisnis rental mobil cukup ketat, namun tetap ada kemungkinan untuk memasarkan bisnis Anda karena pasarnya yang cukup luas. Baik di kota kecil maupun kota besar, mobil dibutuhkan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari mobil pribadi seperti Avanza, Xenia, Innova, SUV, APV, minibus yang bisa digunakan untuk perjalanan keluarga. Mobil-mobil ini pun seringkali disewa untuk perjalanan jauh, wisata, rombongan pengantin, mengantar tamu perusahaan dan lain sebagainya. Jenis lain yakni kendaraan niaga seperti mobil pick up dan truk yang bisa disewakan untuk operasional pedagang maupun perusahaan. Atau mungkin kendaraan berat yang bisa disewakan kepada perusahaan-perusahaan besar.

 

Mudah Dikelola

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental MobilRental mobil merupakan bisnis di bidang otomotif yang paling mudah untuk dijalankan. Bisnis rental mobil bisa dijalankan di rumah sehingga memudahkan Anda untuk mengontrol usaha sekaligus keluarga. Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga bisa saja menyerahkan mobil Anda kepada jasa rental mobil untuk disewakan. Jika mobil tersebut digunakan oleh konsumen, Anda akan mendapatakan persenan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal. Atau bisa juga menyewakan mobil Anda kepada perusahaan. Sistem ini biasanya lebih menguntungkan karena biaya perawatan mobil biasanya ditanggung oleh perusahaan. Selain itu, kebanyakan perusahaan menyewa dalam jangka waktu yang cukup panjang. Bisa bulanan bahkan tahunan. Anda tinggal mendapatkan keuntungan setiap bulannya dan bisa sambil mengurus bisnis lainnya.

 

Solusi Penanganan Risiko Cukup Banyak

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental MobilWalaupun mudah untuk dikelola, bukan berarti bisnis ini bebas dari resiko. Resiko tetap ada, bahkan cukup besar. Namun masih ada alternatif solusi yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Dalam bisnis rental mobil, resiko yang sering ditemukan antara lain mobil dibawa kabur, mobil terlibat kecelakaan dan mobil rusak. Untuk masalah tersebut ada beberapa solusi yang dapat diaplikasikan. Untuk resiko mobil dibawa kabur, bisa diatasi dengan memasang GPS atau alat pelacak di dalam mobil. Ini akan memudahkan Anda untuk melacak lokasi mobil.

Jika mobil belum memiliki sistem ini, bisa dicegah dari awal dengan lebih hati-hati dalam memilih calon penyewa serta memberikan syarat yang ketat. Biasanya penyewa diminta untuk memberikan jaminan lebih dari satu kartu identitas yang masih berlaku. Selain itu ada pula yang meminta tambahan jaminan lain seperti sepeda motor. Hal ini sangat wajar dilakukan untuk benar-benar mencegah terjadinya tindakan yang tidak diinginkan terhadap mobil. Untuk masalah kerusakan dan kecelakaan, bisa dengan mendaftarkan asuransi. Asuransi berguna untuk meringankan biaya kerusakan yang dialami oleh mobil. Bahkan pada asuransi all risk, untuk kerusakan kecil pun klaim akan tetap dibayarkan. Namun tentu saja dibutuhkan premi yang lebih tinggi.

 

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis rental mobil. Namun dari berbagai keuntungan tersebut, Anda juga harus memperhatikan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Buat rencana dan analisis resiko sematang mungkin sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini. Aplikasikan sistem peminjaman yang jelas untuk mengantisipasi resiko kehilangan. Dan hal yang paling penting adalah kelola bisnis Anda dengan baik agar terus berkembang. Selain harus gencar melakukan promosi, Anda juga harus membuat perhitungan yang rapi khususnya keuangan. Karena ini yang akan menunjukkan keuntungan dan kerugian dengan jelas sehingga Anda mampu menentukan langkah selanjutnya.

Untuk perhitungan keuangan yang lebih sederhana bisa memanfaatkan software akuntansi yang kini sudah banyak ditawarkan. Namun untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa mencoba Jurnal, software akuntansi online nomor satu di Indonesia. Tidak hanya sebagai wadah meng-input data, Jurnal juga bisa menghasilkan output yang lebih banyak dan maksimal. Neraca keuangan, arus kas, laba rugi, faktur pajak, kalkulasi persediaan barang dan lain sebagainya bisa dihasilkan dengan cara mudah. Tunggu apalagi? Nikmati percobaan gratis selama 14 hari hanya di sini.

Author