Jurnal Enterpreneur

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Kendaraan bermotor terutama mobil kini sangat dibutuhkan, baik itu keperluan pribadi, kelompok, atau perusahaan. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda mencoba cara membuka bisnis rental mobil atau travel yang membawa keuntungan.

Bisnis rental mobil akhir-akhir ini sangat menjanjikan karena dianggap lebih praktis. Harga mobil yang cukup mahal dan berbagai biaya tambahan yang mengikutinya membuat banyak orang enggan untuk membeli sendiri.

Selain itu kebutuhan akan kapasitas mobil juga sering berbeda-beda. Terkadang yang dibutuhkan hanya mobil kecil untuk berwisata bersama keluarga.

Namun pada waktu tertentu membutuhkan mobil yang cukup besar untuk mengangkut banyak anggota orang. Dan jasa rental mobil siap menyediakan mobil sesuai kapasitas yang diinginkan.

Selain kebutuhan yang cukup urgent akan alat transportasi, membuka bisnis rental mobil atau travel juga membawa banyak keuntungan bagi pegiatnya diantaranya melalui cara berikut.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Memungkinkan Jika Tanpa Modal

 

Anda mungkin mengira bahwa memulai usaha rental mobil membutuhkan modal yang cukup mahal. Harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli mobil dan biaya perawatan.

Namun hal tersebut bisa disiasati agar Anda dapat membuka usaha rental mobil dengan modal yang cukup rendah atau bahkan tanpa modal. Bisa dengan kredit mobil atau memanfaatkan kendaraan mitra.

Cara pertama adalah dengan kredit mobil. Harga mobil di pasaran bisa mencapai ratusan juta rupiah, dan itu sangat memberatkan jika harus dibayar lunas.

Dengan uang muka 5 juta hingga 10 juta, kini Anda sudah bisa mendapatkan satu unit mobil untuk disewakan.

Anda mungkin membutuhkan biaya perawatan pertama mobil, namun jumlah tersebut juga tidak melampaui harga sebuah mobil yang dibayar tunai.

Setelah bisnis mulai dijalankan, Anda bisa memanfaatkan hasil dari sewaan tersebut untuk membiayai perawatan dan membayar cicilan mobil. Sedikit meringankan bukan? Tidak perlu langsung mencari mobil ukuran  besar dan harga yang mahal, mulai saja dengan investasi yang kecil.

Cara kedua, Anda bisa bekerja sama dengan mitra. Pada cara ini Anda tidak perlu memiliki mobil untuk dapat membuka usaha rental mobil yang membawa keuntungan.

Cukup bekerja sama dengan mitra yang mempunyai unit kendaraan dan hubungkan mereka dengan penyewa.

Apabila bisnis ini dikelola dengan serius, Anda tidak hanya mengandalkan keuntungan dari mobil kecil saja, namun juga mobil-mobil dengan kapasitas besar.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Keuntungan Bisnis Rental Mobil Cukup Menggiurkan

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Keuntungan dalam bisnis rental mobil atau travel juga tidak sedikit. Kebutuhan mobil saat ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi, namun untuk digunakan sebagai aset bisnis.

Contohnya, Anda bisa menyewakan mobil kepada  mitra taksi online yang membutuhkan mobil. Anda juga bisa bermitra dengan korporasi sebagai kebutuhan perusahaannya.

Di bawah ini salah satu asumsi keuntungan yang bisa didapatkan ketika mencoba bisnis rental mobil.

Modal Awal 1 unit avanza 1,3 E M/T, Tenor 48 bulan

DP: Rp38.780.000

Angsuran bulan pertama: Rp5.010.000

Asuransi All Risk: Rp3.000.000

Biaya Aksesori dan lain-lai: Rp5.000.000

Biaya Promosi: Rp300.000
_____________________________________________________________________

Investasi Awal: Rp52.090.000

Biaya Operasional Perbulan

Angsuran per bulan: Rp5.010.000

Perawatan dan Servis: Rp700.000

Biaya lain-lain: Rp500.000
____________________________________________________________________

Total biaya perbulan: Rp6.210.000

Asumsi Omzet per Bulan

25 hari rental mobil x Rp400.000 = Rp10.000.000

Asumsi Keuntungan per bulannya

= Omzet – Biaya operasional per bulan

= Rp10.000.000 – Rp6.210.000 = Rp3.790.000

Asumsi keuntungan ini memang tidak bisa didapatkan persis setiap bulannya. Semua tergantung strategi bisnis rental yang Anda jalankan.

Anda bisa memberikan variasi tarif misalnya; paket rental, hari yang digunakan untuk rental, atau target audiens Anda.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jangkauan Pasar Luas dan Beragam

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Walau persaingan bisnis rental mobil cukup ketat, namun tetap ada kemungkinan untuk memasarkan bisnis Anda karena pasarnya yang cukup luas dan mndapatkan keuntungan.

Apalagi saat ini bermitra dengan perusahaan atau mitra taksi online cukup menjanjikan.  selain itu Anda bisa membuat produk sampingan dari rental mobil misalnya, menyewakan mobil kepada perusahaan sebagai kendaraan perusahaan.

Anda juga dapat menyewakan kepada perusahaan penyelenggara event. Bisnis rental mobil merupakan bisnis yang memiliki jangkauan yang luas dan beragam.

Mudah Dikelola

 

Rental mobil merupakan bisnis di bidang otomotif yang paling mudah untuk dijalankan. Bisnis rental mobil bisa dijalankan di rumah sehingga memudahkan Anda untuk mengontrol usaha sekaligus keluarga.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga bisa saja menyerahkan mobil Anda kepada jasa rental mobil untuk disewakan dan mendapatkan keuntungan.

Jika mobil tersebut digunakan oleh konsumen, Anda akan mendapatakan persenan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal.

Meskipun mudah dikelola Anda tetap harus menetapkan regulasi dalam penyewaan mobil agar Anda terhindar dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Anda dapat meminta bukti identitas seperti KTP, fotokopi SIM A, dan Anda juga dapat membuat formulir atau surat perjanjian berisi ketentuan-ketentuan peminjaman mobil.

Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko penipuan oleh oknum yang menyewa mobil Anda.

Kelola Usaha Mikro Kecil secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Solusi Penanganan Risiko Cukup Banyak

5 Keuntungan Menjalankan Bisnis Rental Mobil

Meskipun mudah dikelola Anda tetap harus menetapkan regulasi dalam penyewaan mobil agar Anda terhindar dari risiko seperti, mobil dibawa kabur, mobil rusak, mobil hilang, atau mobil mengalami kerusakan.

Anda dapat meminta bukti identitas seperti KTP, fotokopi SIM A, dan Anda juga dapat membuat formulir atau surat perjanjian berisi ketentuan-ketentuan peminjaman mobil.

Selain itu, Anda juga perlu mengasuransikan mobil Anda. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko-risiko tersebut.

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis rental mobil. Namun dari berbagai keuntungan tersebut, Anda juga harus memperhatikan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Buat rencana dan analisis resiko sematang mungkin sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis ini. Aplikasikan sistem peminjaman yang jelas untuk mengantisipasi resiko kehilangan.

Anda bisa mengatur sistem persewaan yang cukup aman misalnya seperti deposito atau memasang GPS untuk mobil Anda. Tidak jarang juga, rental mobil juga sekaligus menyewakan supir jika penyewa tidak ingin menyetir sendiri.

Dengan menawarkan rental mobil dan supirnya, Anda juga lebih mudah mengatur bisnis Anda dengan mudah.

Dan hal yang paling penting adalah kelola bisnis Anda dengan baik agar mampu bersaing dan juga berkembang.

Keuntungan Menggunakan Jurnal untuk Bisnis Rental Mobil Anda!

Selain harus menentukan strategi pemasaran dan promosi, Anda juga harus mengatur keuangan dan laporan transaksi agar Anda bisa memantau perkembangan bisnis rental mobil Anda.

Untuk perhitungan keuangan yang lebih sederhana bisa memanfaatkan software akuntansi yang kini sudah banyak ditawarkan.

Namun untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa mencoba Jurnal, software akuntansi online nomor satu di Indonesia. Tidak hanya sebagai wadah meng-input data, Jurnal juga bisa menghasilkan output yang lebih banyak dan maksimal.

Neraca keuangan, arus kas, laba rugi, faktur pajak, kalkulasi persediaan barang dan lain sebagainya bisa dihasilkan dengan cara mudah. Tunggu apalagi? Nikmati percobaan gratis selama 14 hari hanya di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Itulah beberapa tips dan cara menjalankan bisnis rental mobil atau travel agar membawa keuntungan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Dunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo