Dalam aktivitas produksi suatu perusahaan pasti dikenal istilah COGS atau cost of goods sold dan biasanya dikenal dengan nama harga pokok penjualan (HPP). Sebagai seorang pengusaha, apakah Anda sudah memahami tentang COGS? COGS merupakan bagian dari produksi sehingga sangat penting untuk Anda memahaminya. Dengan begitu, pengelolaan perusahaan akan berjalan dengan baik. Karena seperti yang diketahui, COGS akan berpengaruh terhadap biaya dan penjualan yang terjadi. Secara definisi, COGS adalah seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan produk/jasa, mulai dari tahap pembuatan hingga pendistribusiannya.

Biaya-biaya komponen COGS

COGS terdiri atas beberapa biaya. Adapun biaya-biaya yang masuk dalam perhitungan atau komponen COGS adalah sebagai berikut:

a. Persediaan

Karena COGS merupakan bagian dari produksi, tentu saja persediaan merupakan salah satu komponennya. Untuk menghitung inventory pada COGS, Anda dapat melihat persediaan awal kemudian ditambahkan dengan pembelian barang dagangan saat periode berjalan dan dikurangi dengan persediaan akhir atau sisa persediaan. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan manufaktur maka persediaan barang terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi. Sementara, jika perusahaan Anda bergerak dalam usaha dagang, besarnya persediaan barang yang terjual adalah persediaan barang jadi. Jadi jika ingin menghitung persediaan pada COGS, beberapa hal ini harus Anda ketahui dulu, seperti:

  • Persediaan awal, di mana ini merupakan persediaan yang berasal dari periode sebelumnya.
  • Pembelian, Anda dapat melihat pembelian dari pengeluaran kas yang dilakukan kemudian cantumkan angka pembelian bersihnya saja.
  • Harga pokok produksi, jika perusahaan Anda bergerak di bidang manufaktur.
  • Persediaan akhir, merupakan persediaan akhir yang sisa pada akhir periode.

b. Tenaga kerja langsung

Tenaga kerja langsung juga merupakan komponen biaya untuk menghitung COGS. Hal ini karena biaya tenaga kerja langsung terlibat dalam proses produksi produk atau jasa. Untuk menghitung biaya atau beban tenaga kerja langsung, Anda dapat melihat  jumlah upah atau gaji yang dikeluarkan perusahaan. Jumlah biaya tenaga kerja langsung juga dipengaruhi upah harian yang dihitung dengan tarif per jam atau target banyaknya unit yang dapat dihasilkan oleh mereka.

c. Biaya overhead

Komponen COGS selanjutnya yakni biaya overhead. Biaya overhead merupakan biaya yang muncul selain dari biaya inventory dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya overhead dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti berdasarkan skala usaha, jenis usaha,sumber daya yang digunakan dan lain sebagainya. Biaya overhead juga biasa disebut dengan biaya tidak langsung. Sebagai contoh beberapa biaya yang termasuk dalam biaya overhead, sebagai berikut:

  • Biaya sewa
  • Depresiasi peralatan
  • Biaya listrik, air, telepon, dll
  • Biaya gudang, dan masih banyak lagi.

Manfaat Menghitung COGS

Menghitung COGS adalah hal yang penting karena , perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat, 2 diantaranya seperti:

a. Menentukan harga jual

Umumnya pelaku usaha akan mengandalkan biaya produksi sebagai patokan untuk menentukan harga jual. Namun,  jika hanya mengandalkan biaya produksi atau kekuatan tawar menawar maka resiko kerugian akan meningkat lebih besar. Untuk mengatasinya, perusahaan dapat mempertimbangkan dan menentukan harga jual produknya melalui perhitungan COGS. Sehingga harga jual yang dihasilkan tepat.

b. Menghitung laba rugi

Dengan melakukan perhitungan COGS atau HPP yang akurat, Anda dapat menilai laba atau rugi yang akan diterima perusahaan. Hal ini dapat diketahui  jika harga jual lebih besar dari COGS maka perusahaan akan mendapatkan laba, sedangkan jika harga jual lebih rendah dari COGS maka Anda akan mengalami kerugian.

Itulah beberapa hal tentang COGS yang perlu Anda pahami. Agar lebih mudah menghitung COGS, maka Anda dapat memanfaatkan software akuntansi Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis dengan cepat, tepat dan mudah. Hal ini karena sistem secara otomatis akan mengintegrasikan data yang telah diinput ke laporan keuangan. selain itu, Anda juga dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Jadi daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.