Mekari Jurnal
Daftar Isi

11 Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang

Tayang 07 Mar 2023
Diperbarui 19 Oktober 2023

Temukan beberapa contoh surat permohonan pembayaran untuk berbagai keperluan, baik itu pelunasan angsuran atau kredit di Blog Mekari Jurnal!

Selama menjalankan bisnis, Anda pasti sering menghadapi pelanggan yang telat membayar.

Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengirimkan surat permohonan pembayaran beberapa hari sebelum jatuh tempo pembayaran sebagai pengingat.

Surat permohonan pembayaran adalah surat resmi yang ditulis pada saat seseorang belum menerima pembayaran dari seseorang/organisasi.

Misalnya, seorang karyawan yang belum menerima pembayaran gajinya pada bulan tertentu berhak mengirimkan contoh surat permohonan pembayaran gaji kepada pihak manajemen perusahaan.

Atau misalnya ada pelanggan yang belum memenuhi kewajibannya untuk membayar DP rumah padahal sudah mendekati jatuh tempo.

Maka developer dapat membuat contoh surat permohonan pembayaran uang muka rumah dan mengirimkannya ke pelanggan.

Jadi, surat ini sangat penting ketika seseorang seharusnya menerima pembayarannya tetapi pembayarannya tertunda karena beberapa alasan.

Jika pembayaran untuk pekerjaan / penjualan Anda belum dicairkan oleh perusahaan, maka Anda berhak menulis surat permintaan pelunasan pembayaran.

Isi dari Surat Permohonan Pembayaran

Isi dari surat permohonan pembayaran biasanya berisi informasi tentang beberapa hal, seperti:

  • Jumlah piutang yang harus dibayar.
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran.
  • Rincian transaksi atau faktur yang menjadi dasar piutang tersebut.
  • Instruksi pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak yang berutang.
  • Konsekuensi hukum atau denda atas keterlambatan pembayaran.

Terima pembayaran lebih cepat dengan menggunakan aplikasi invoice dari Mekari Jurnal untuk mengirim faktur pembayaran ke klien langsung melalui template yang sudah disediakan! Coba gratis Jurnal sekarang!

buat permohonan pembayaran

Fungsi Surat Permintaan Pembayaran Dalam Bisnis

Tujuan dari surat permohonan pembayaran adalah untuk mempercepat pembayaran atas piutang yang belum diselesaikan oleh pihak yang berutang.

Surat ini juga dapat menjadi bukti bahwa pihak yang mempunyai piutang sudah mengambil tindakan untuk meminta pembayaran yang seharusnya dilakukan oleh pihak yang berutang.

Surat permohonan pembayaran memiliki beberapa fungsi penting dalam bisnis, di antaranya adalah:

  • Meminta pembayaran atas layanan atau produk yang telah disediakan oleh perusahaan. Surat ini mengingatkan penerima untuk segera membayar tagihan dan memperjelas jumlah yang harus dibayarkan.
  • Membangun hubungan bisnis yang baik dengan pelanggan dan mitra. Dengan mengirimkan surat permohonan pembayaran yang sopan dan jelas, perusahaan dapat memperkuat hubungan bisnis dengan penerima dan menunjukkan bahwa mereka serius dalam bisnis.
  • Menjaga kondisi keuangan dan arus kas agar tetap sehat. Pasalnya, kemungkinan pelunasan pembayaran akan lebih banyak dan tepat waktu, alhasil, perusahaan dapat menghindari masalah likuiditas dan memastikan bahwa mereka memiliki cukup uang tunai untuk membiayai operasional bisnis dan membayar gaji karyawan.
  • Menunjukkan profesionalisme. Surat yang tertata rapi, jelas, dan sopan menunjukkan profesionalisme perusahaan dan membantu meningkatkan citra perusahaan di mata penerima.
  • Mencegah sengketa  yang tidak perlu dengan penerima. Dengan menjelaskan rinci jumlah yang harus dibayar dan informasi pembayaran lainnya, perusahaan dapat menghindari kesalahpahaman dan memastikan bahwa pembayaran dilakukan dengan benar.

Cara Membuat Surat Permohonan Pembayaran

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat surat permohonan pembayaran:

  • Tuliskan alamat penerima di sebelah kiri atas, kemudian di bawahnya tuliskan tanggal.
  • Selanjutnya, tuliskan alamat pengirim di sebelah kanan atas.
  • Beri salam pembuka. Misalnya “Kepada Yth. Bapak/Ibu [nama penerima]”.
  • Mulailah dengan menjelaskan mengapa Anda mengirimkan surat ini. Misalnya, “Saya menyampaikan surat ini untuk memohon pembayaran atas [layanan atau produk yang telah disediakan].”
  • Jelaskan jumlah yang harus dibayar, kapan jatuh tempo, dan rincian informasi pembayaran, seperti nomor rekening atau cara pembayaran lainnya.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan perhatian penerima. Misalnya, “Perhatian dan kerjasama Anda sangat berharga. Jadi, kamu berterima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan.”
  • Sertakan salam penutup dan tanda tangan.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagai Jenis Usaha

Contoh Surat Permohonan Pembayaran

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa ada banyak contoh surat permohonan pembayaran yang bisa Anda jumpai dalam dunia bisnis, mulai dari bisnis ritel, penyedia jasa, dan banyak lagi. Inilah segelintir contohnya:

  1. Surat Permintaan Pembayaran Penyedia Jasa Konsultan

Dalam bisnis konsultan, waktu dan uang adalah dua faktor yang sangat penting dan keduanya harus diatur dengan hati-hati.

Oleh karena itu, mengirimkan surat permohonan pembayaran sangat penting guna menyampaikan pesan yang jelas dan profesional tentang tagihan yang harus dibayar oleh klien

 

Surat Permintaan Pembayaran Penyedia Jasa Konsultan

Sumber: Scribd

  1. Permohonan Pembayaran Ganti Rugi Lahan

Surat permohonan pembayaran ganti rugi lahan merupakan dokumen penting dalam proses pembebasan lahan untuk kepentingan umum, seperti pembangunan infrastruktur, gedung-gedung pemerintah, dan proyek-proyek lainnya.

Dengan surat ini, developer dan pemilik lahan dapat menegosiasikan nilai ganti rugi agar kedua belah pihak sama-sama merasa adil.

Surat Permohonan Pembayaran Ganti Rugi Lahan

  1. Surat Permintaan Pembayaran Angsuran

Jika bisnis Anda menerapkan sistem pembayaran kredit atau angsuran, maka Anda bisa gunakan contoh surat permohonan pembayaran di bawah ini.

Melalui surat tersebut, Anda akan terbantu dalam menjaga catatan pembayaran yang akurat.

Surat Permintaan Pembayaran Angsuran

Sumber: academia-photos

  1. Surat Permintaan Pembayaran Secara Kredit

Selain untuk melunasi pembayaran, surat ini juga bisa  digunakan untuk meminta pembayaran dengan cara pembayaran secara kredit atas suatu transaksi atau pembelian barang atau jasa dalam jangka waktu tertentu.

Surat ini biasanya digunakan oleh pihak penjual atau penyedia jasa untuk memberitahu pihak pembeli bahwa mereka bersedia memberikan waktu tertentu untuk pembayaran dan menegaskan syarat-syarat kredit yang disetujui.

contoh Surat Permintaan Pembayaran Secara Kredit

  1. Permohonan Pembayaran Uang Muka

Anda juga dapat menggunakan surat ini untuk meminta pembayaran sejumlah uang pada tahap awal atau sebelum transaksi atau pekerjaan dilakukan atau diserahkan sepenuhnya.

contoh Permohonan Pembayaran Uang Muka

  1. Permohonan Pembayaran Honorarium

Jika individu atau kelompok sudah melaksanakan kewajibannya untuk berkontribusi dalam suatu kegiatan tapi belum juga mendapatkan upah atau honorarium, maka mereka berhak mengirimkan surat ini untuk meminta pembayaran sebagai bentuk pengakuan.

Surat ini biasanya digunakan oleh para profesional, akademisi, atau pengajar yang memberikan jasa atau mengisi acara sebagai pembicara atau narasumber pada suatu kegiatan.

surat pembayaran honorarium

  1. Surat Permohonan Pembayaran Termin / Piutang Jatuh Tempo

Dalam pembayaran termin, jumlah piutang yang harus dibayar dibagi menjadi beberapa termin dan masing-masing termin memiliki tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.

Jika Anda menyepakati sistem pembayaran termin (bertahap) dengan pelanggan atau klien Anda, maka Anda dapat menulis surat ini agar pembayaran dilakukan tepat waktu.

surat pembayaran termin

  1. Contoh Surat Permohonan Keringanan Pembayaran

Dalam beberapa kasus, pelanggan telat membayar dikarenakan mengalami situasi tertentu yang menyulitkan kondisi keuangannya, misalnya sakit, bangkrut, bencana alam, dsb.

Jika sudah demikian, maka menulis surat ini bisa jadi solusi untuk untuk meminta keringanan atau pengurangan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan.

Dengan begitu, pihak kreditor atau pemberi pinjaman dapat mempertimbangkan permintaan keringanan pembayaran dan memberikan solusi alternatif, seperti restrukturisasi hutang atau penundaan pembayaran untuk jangka waktu tertentu.

  1. Pembayaran Jasa Tur and Travel

 

Sumber: Lezgereal

  1. Study Tour

  1. Pembayaran Proyek

Itulah beberapa contoh surat permohonan pembayaran yang bisa Anda jadikan acuan jika ingin menulis surat ini.

Yang penting, gunakanlah bahasa yang sopan, ramah, dan ringkas saat menulis dan mengirimkan surat ini untuk menciptakan citra profesional.

Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal