Dapatkan tips & insight kembangkan bisnis dengan
manajemen supply chain
Dapatkan tips & insight kembangkan bisnis dengan manajemen supply chain Download laporan sekarang
Download laporan sekarang
×
Daftar Isi
Mekari Jurnal
Mekari Pay

Syarat & Ketentuan Penggunaan Jurnal

 

Berlaku sejak 18 Maret 2024

Syarat dan ketentuan ini (“Syarat dan Ketentuan”) mencakup penggunaan produk, situs, dan layanan apapun yang tersedia dari Jurnal sebagaimana dirinci di bawah ini (“Layanan”). Anda setuju terhadap Syarat dan Ketentuan ini dengan mengakses atau menggunakan Layanan.

A. Definisi

  1. Add-Ons – berarti layanan tambahan diluar Paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.
  2. Akun – berarti hak akses anda untuk dapat menggunakan Layanan.
  3. Anda – berarti Pelanggan atau Pengguna Diundang.
  4. Batasan Penggunaan Jurnal (Jurnal Fair Usage) atau Fair Usage Pricing (FUP) – berarti batasan-batasan sebagaimana ditentukan pada Paket Jurnal yang Anda pesan dan termasuk batasan apa pun yang dikenakan Jurnal terkait dengan modul atau fitur Layanan Jurnal.
  5. Biaya Berlangganan– berarti biaya bulanan (sudah termasuk pajak) yang harus Anda bayar sesuai daftar biaya yang dicantumkan pada Website Jurnal.
  6. Hak Kekayaan Intelektual – berarti paten, model fungsi, paten sederhana atau hak serupa lainnya, hak atas invensi, hak cipta dan hak terkait, dan hak lain yang berkaitan, pengetahuan, penemuan dan kode perangkat lunak, hak moral, merek dagang dan merek jasa, nama bisnis, nama domain, hak atas desain produk dan kemasan, hak untuk menuntut persamaan merek yang menyesatkan atau persaingan tidak sehat, hak atas desain, hak atas perangkat lunak komputer, hak atas basis data, hak untuk menggunakan dan melindungi kerahasiaan dari, informasi rahasia (termasuk keterampilan teknis dan rahasia dagang), dan semua hak kekayaan intelektual lainnya, dalam setiap hal baik terdaftar atau tidak terdaftar dan termasuk semua aplikasi dan hak untuk meminta dan diberikan, pembaharuan atau perpanjangan atas, dan hak untuk mengklaim prioritas, segala hak dan semua hak serupa atau setara atau bentuk perlindungan yang ada atau akan ada sekarang atau di kemudian hari di manapun di dunia.
  7. Informasi Rahasia – berarti seluruh informasi terkait informasi bisnis dari Jurnal (atau para afiliasinya) (termasuk, namun tidak terbatas kepada, desain produk, perencanaan produk, data, piranti lunak dan teknologi, informasi finansial, rencana pemasaran, informasi biaya, data vendor atau pengguna dan informasi lain apapun yang bersifat rahasia, informasi non-publik, dan hak milik yang menyangkut usaha, operasional, dan aset-aset milik Jurnal) yang telah atau akan diberikan kepada Anda atau setiap perwakilan Anda oleh atau atas nama Jurnal, bersama dengan seluruh analisis, kompilasi, perkiraan, studi atau dokumen-dokumen lain yang disiapkan oleh Anda atau perwakilan Anda yang mengandung informasi apapun tersebut.
  8. Kami atau Jurnal – berarti PT Jurnal Consulting Indonesia.
  9. Layanan – berarti layanan penyediaan software as a service untuk pengelolaan akunting, finansial, dan operasional yang disediakan oleh Jurnal melalui Website, aplikasi seluler, dan/atau platform lainnya.
  10. Masa Aktif – berarti durasi masa aktif Akun berlangganan Jurnal Anda yang telah Anda pilih dan bayarkan.
  11. Paket – berarti setiap satu kesatuan modul dan fitur pada Layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.
  12. Pengguna – berarti orang, organisasi, dan/atau badan lainnya, yang mendaftar untuk menggunakan Layanan.
  13. Pengguna Diundang – berarti orang, organisasi, dan/atau badan lainnya, selain Pengguna, yang memakai Layanan dari waktu ke waktu dengan izin dan undangan dari Pengguna.
  14. Website – berarti situs internet di domain www.jurnal.idmy.jurnal.id atau situs internet lainnya yang dikelola oleh Jurnal dan mungkin diubah dari waktu ke waktu.

B. Ketentuan Layanan

  1. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan telah mengaktifkan Akun sesuai prosedur yang Kami tentukan, maka Anda dapat memanfaatkan Layanan sesuai dengan Paket yang dipilih, rincian mana sebagaimana dapat tertuang dalam service order/service quotation/perjanjian penggunaan dan/atau dokumen tertulis serupa apapun lainnya yang diterbitkan oleh Jurnal dan ditandatangani oleh Pengguna (sebagaimana relevan) (“Dokumen Rincian”).
  2. Penggunaan Layanan bersifat non-eksklusif, tidak dapat disublisensikan, tidak dapat dipindahtangankan, dan dibatasi oleh serta tunduk pada ketentuan Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Bahwa adalah tanggung jawab Pengguna untuk menentukan pihak mana yang mendapatkan akses sebagai Pengguna Diundang dan jenis peran dan hak yang mereka punya untuk mengakses, mengolah, mengubah, dan/atau mengurangi Data yang Anda miliki atau tampilkan pada Layanan Jurnal. Pengguna akan menjamin dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pemberian akses kepada Pengguna Diundang dalam kondisi apapun, termasuk dalam hal Pengguna memilih untuk membuat kustomisasi peran tertentu dalam Akun Jurnal terhadap Pengguna Diundang. Pengguna juga wajib untuk (i) memastikan bahwa Pengguna Diundang memahami peran atau kemampuannya masing-masing dalam mengakses atau mengolah Data yang terdapat dalam Akun Pengguna dan (ii) mematuhi Kebijakan Privasi yang diberlakukan oleh Jurnal dari waktu ke waktu. Pengguna dengan ini membebaskan Jurnal atas setiap kerugian dan/atau klaim apapun yang mungkin timbul dari adanya suatu pelanggaran atau kelalaian terhadap Akun Jurnal Pengguna yang dilakukan oleh pihak manapun, termasuk Pengguna Diundang;
    2. Penggunaan Layanan oleh Anda dapat tunduk pada Batasan Penggunaan Jurnal, termasuk jumlah Pengguna, Pengguna Diundang, jumlah faktur dan tagihan yang diterbitkan, volume transaksi bulanan, jumlah SKU, jumlah gudang, dan jumlah panggilan yang diizinkan untuk Anda lakukan terhadap antarmuka pemrograman aplikasi Jurnal. Batasan Penggunaan apa pun akan tetap berlaku selama periode awal Masa Aktif Anda atau periode pembaruan yang relevan (sebagaimana berlaku). Jurnal berhak untuk mengubah ketentuan Batasan Penggunaan Jurnal dengan pemberitahuan tertulis kepada Anda.
    3. Anda tidak dapat menggunakan atau mengakses Layanan dengan cara yang melebihi Batasan Penggunaan Jurnal. Jika Anda melebihi Batasan Penggunaan Anda, maka Kami dapat membatasi hak akses anda kepada Layanan. Anda dapat menonaktifkan atau memperbaiki Batasan Penggunaan tersebut, atau Layanan Anda akan ditingkatkan ke tingkat layanan yang sesuai dengan penggunaan Anda yang sesuai.
    4. Anda dapat menambahkan atau meningkatkan paket berlangganan dan Batas Penggunaan Jurnal Anda dengan menghubungi tim Jurnal terlebih dahulu. Dalam hal ini, maka Jurnal akan menagih Anda atas Biaya Berlangganan yang sesuai dengan peningkatan Layanan baru Anda (“Biaya Berlangganan Terbaru”) dan Anda setuju bahwa Paket, Batas Penggunaan Jurnal dan Biaya Berlangganan Terbaru akan berlaku seterusnya.
    5. Segala pembayaran yang telah Anda lakukan kepada Jurnal tidak dapat dikembalikan oleh karena sebab apapun.
  4. Apabila Pengguna menggunakan layanan tambahan di luar Layanan, maka rincian layanan tambahan tersebut, beserta tata cara pembayarannya, dapat dituangkan dalam Dokumen Rincian.

C. Waktu Operasional Bantuan Pengguna

  1. Live Chat
    Tersedia pada pukul 08.00 – 18.00 WIB, setiap hari Senin s/d hari Sabtu. Dalam hal Live Chat diterima di luar waktu yang ditentukan di atas dan/atau hari terkait merupakan hari libur nasional, maka tim Kami akan memberikan tanggapan pada hari dan jam kerja berikutnya.
  2. Email
    Tersedia pada pukul 08.00 – 18.00 WIB, setiap hari Senin s/d hari Sabtu. Dalam hal Email yang diterima di luar waktu yang ditentukan di atas dan/atau hari terkait merupakan hari libur nasional, maka tim Kami akan memberikan tanggapan hari dan jam kerja akan dibalas pada hari dan jam kerja berikutnya.

D. Kewajiban Anda

  1. KEWAJIBAN PEMBAYARAN
    1. Tagihan adalah nominal total Biaya Berlangganan berlangganan Akun Anda sesuai paket Layanan yang dipilih dan durasi Masa Aktif pemakaian Layanan. Biaya Berlangganan tambahan akan mungkin ditagihkan kepada Anda jika Anda menggunakan layanan tambahan di luar fitur pada Paket yang disediakan oleh Jurnal atau aktivasi layanan Add-Ons pada Jurnal App-Store.
    2. Jurnal akan membuat tagihan Biaya Berlangganan berlangganan Akun Anda sebelum periode Masa Aktif dimulai (termasuk perpanjangan periode Masa Aktif) sampai Anda mengakhiri Layanan sesuai dengan ketentuan pada bagian “Pemutusan Layanan dan Pengakhiran”.
    3. Semua tagihan dari Jurnal akan dikirim kepada Anda melalui kontak penagihan yang telah Anda berikan melalui email yang didaftarkan pada Layanan.
    4. Anda harus melakukan pembayaran sesuai nominal total Biaya Berlangganan berlangganan Akun Anda yang tertera di tagihan Anda sebelum melewati tanggal jatuh tempo untuk tagihannya.
    5. Anda mempunyai tanggung jawab untuk pembayaran semua pajak dan bea yang ditambahkan kepada tagihan Biaya Berlangganan tersebut.
      Jurnal berhak menunda atau membekukan akses anda kepada Akun jika pembayaran yang lengkap dan benar terhadap tagihan belum dilakukan oleh Anda sesuai dengan syarat yang diatur dalam tagihan tersebut.
    6. Kami akan mengaktifkan kembali akses Anda kepada Layanan setelah Anda melakukan pembayaran Biaya Berlangganan dengan tunduk pada ketentuan yang diatur oleh Jurnal.
  2. KEWAJIBAN UMUM
    Anda harus memastikan hanya memakai Layanan dan Website untuk keperluan internal bisnis Anda yang benar dan secara sah, dan dalam hal apapun telah mendapatkan seluruh persetujuan dan izin yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda dan dalam menggunakan Layanan dan Website Jurnal.
  3. SYARAT AKSES
    Anda harus memastikan bahwa semua username dan password yang diperlukan untuk mengakses Layanan tersimpan dengan aman dan secara rahasia. Anda harus segera memberitahu Jurnal mengenai pemakaian password Anda dari pihak yang tidak berwenang, atau pelanggaran keamanan lainnya, dan Jurnal akan mereset password Anda, dan Anda harus melakukan semua tindakan lainnya yang dianggap penting oleh Jurnal untuk mempertahankan atau meningkatkan keamanan sistem komputer dan jaringan Jurnal dan akses Anda kepada Layanan.
    Sebagai syarat dari ketentuan-ketentuan ini, saat mengakses dan menggunakan Layanan, Anda harus:

    1. Tidak mencoba untuk melemahkan keamanan atau integritas dari sistem komputer atau jaringan Jurnal, dan/atau sistem komputer atau jaringan pihak ketiga, jika pihak ketiga menjadi host Layanan;
    2. Tidak menggunakan atau menyalahgunakan Layanan dengan cara apapun yang dapat mengganggu kemampuan pengguna lain untuk menggunakan Layanan atau Website;
    3. Tidak mencoba untuk mendapatkan akses yang tidak sah kepada materi apapun selain yang sudah dinyatakan dengan jelas bahwa Anda telah mendapatkan izin untuk mengaksesnya, atau untuk mengakses sistem komputer Kami dimana Layanannya di host;
    4. Tidak mengirimkan, atau memasukan ke dalam Website, file apapun yang dapat merusak alat komputer atau software orang lain, bahan-bahan yang menghina, atau materi atau Data (sebagaimana didefinisikan di bawah) yang melanggar hukum apapun (termasuk Data atau materi lainnya yang terlindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang dimana Anda tidak memiliki hak untuk memakainya);
    5. Tidak mencoba untuk mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering untuk program komputer apapun yang dipakai untuk memberi Layanan, atau untuk menggunakan Website di luar penggunaan yang diperlukan dan dimaksud.
  4. BATASAN PENGGUNAAN
    Penggunaan Layanan mungkin dapat dibatasi, termasuk tetapi tidak terbatas kepada volume transaksi bulanan dan jumlah panggilan yang diizinkan kepada Anda untuk digunakan, dengan memanggil programming interface aplikasi Jurnal.
  5. SYARAT KOMUNIKASI
    Sebagai syarat pada Syarat dan Ketentuan ini, jika Anda memakai alat komunikasi apapun yang tersedia melalui Website (seperti forum apapun atau ruang chat), Anda setuju untuk memakai alat-alat komunikasi tersebut hanya untuk tujuan yang sah. Anda tidak boleh memakai alat-alat komunikasi tersebut untuk memasang atau menyebarkan materi apapun yang tidak terkait dengan pemakaian Layanan, termasuk tetapi tidak terbatas dengan, menawarkan barang dan jasa untuk dijual, e-mail komersial yang tidak diminta atau diinginkan, file yang dapat merusak alat komputer atau software orang lain, materi-materi yang mungkin dapat menghina Pengguna Layanan atau Website lain, atau materi yang melanggar hukum apapun (termasuk materi yang terlindungi oleh hak cipta atau rahasia dagang dimana Anda tidak memiliki hak untuk memakainya). Saat Anda melakukan komunikasi dalam bentuk apapun di Website, Anda menjamin bahwa Anda diperbolehkan untuk membuat komunikasi tersebut. Jurnal tidak berkewajiban untuk memastikan bahwa komunikasi pada Website adalah sah dan benar, atau bahwa mereka terkait hanya pada penggunaan Layanan. Jurnal berhak untuk menghapus komunikasi apapun setiap saat atas kebijakan Jurnal.

E. Kententuan Aktivasi Akun, Implementasi dan Pelatihan Penggunaan Jurnal

  1. Masa Aktif berlangganan Anda adalah (i) 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal pembayaran diterima oleh Jurnal atau (ii) tanggal lain apabila telah disepakati sebelumnya antara Anda dengan Kami.
  2. Dalam hal Anda menyepakati dengan Kami suatu tanggal tertentu untuk Masa Aktif Anda sebagaimana disebut dalam ayat 1 di atas dan Anda melakukan proses Implementasi (sebagaimana didefinisikan di bawah), maka tanggal mulai Masa Aktif Anda dihitung dari tanggal proses Implementasi diadakan.
  3. Kami akan memberikan Anda layanan implementasi berupa proses persiapan data, pengaturan dan pemasukan data Anda ke dalam sistem Layanan Jurnal (“Implementasi”) dan pelatihan penggunaan Layanan secara bebas biaya sebagai bagian dari pembelian Layanan Jurnal yang Anda lakukan untuk pertama kalinya.
  4. Implementasi dan pelatihan penggunaan Layanan yang disebutkan dalam ayat 2 di atas dapat dilakukan paling lama 3 (tiga) bulan sejak tanggal dilakukannya pembayaran pertama oleh Pengguna. Apabila melebihi jangka waktu 3 (tiga) bulan tersebut Anda belum melakukan implementasi dan pelatihan bebas biaya tersebut, maka Anda dapat melakukan pelatihan dan implementasi dengan Kami dengan biaya tambahan.
  5. Seluruh proses Implementasi dan pelatihan diselenggarakan secara daring. Pengguna akan dikenakan biaya tambahan apabila proses Implementasi dan pelatihan diminta untuk diadakan secara luring.
  6. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku kembali secara otomatis untuk periode pembaruan untuk jangka waktu sebagaimana ditentukan kemudian, selama Anda terus membayar Biaya Berlangganan yang sudah ditentukan saat jatuh tempo.

F. Penggunaan Layanan Pihak Ketiga

  1. Anda dapat memilih untuk mengakses atau menggunakan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga yang mungkin tersedia pada Website Jurnal (“Pihak Ketiga”). Anda dengan ini menyatakan dan mengakui bahwa Anda secara terpisah dapat diminta oleh Pihak Ketiga tersebut untuk tunduk pada syarat dan ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi Pihak Ketiga dan/atau penyedia sistem dan/atau alat pembayaran yang tersedia di dalam layanan Pihak Ketiga.
  2. Jurnal hanya memfasilitasi penyediaan layanan Pihak Ketiga yang disediakan oleh Pihak Ketiga tersebut, layanan mana tidak dimiliki oleh atau berada di bawah kendali Kami, sehingga Kami tidak bertanggung jawab atas layanan Pihak Ketiga tersebut, tidak menjamin kebenaran layanan Pihak Ketiga tersebut, serta implementasi penawaran barang dan/atau jasa oleh Pihak Ketiga tersebut.
  3. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan layanan Pihak Ketiga, pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam syarat dan ketentuan penggunaan layanan Pihak Ketiga atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam syarat dan ketentuan penggunaan layanan Pihak Ketiga oleh Anda.

G. Pernyataan, Jaminan dan Pengakuan Pengguna

  1. Anda menjamin bahwa, jika Anda mendaftar untuk menggunakan Layanan atas nama orang lain, Anda memiliki wewenang untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini atas nama orang tersebut, dan menyetujui bahwa dengan mendaftar untuk memakai Layanan, Anda mengikat orang yang Anda atas namakan untuk, atau dengan niat untuk, membuat tindakan atas nama mereka kepada setiap kewajiban manapun yang Anda telah setujui pada Syarat dan Ketentuan ini, tanpa membatasi kewajiban Anda sendiri kepada ketentuannya.
  2. Anda mengakui bahwa:
    1. Anda memiliki wewenang untuk menggunakan Layanan dan Website, dan untuk mengakses informasi dan Data yang Anda masukan kedalam Website, termasuk informasi atau Data apapun yang dimasukan kedalam Website oleh siapapun yang Anda telah beri kewenangan untuk menggunakan Layanan. Anda juga berwenang untuk mengakses informasi dan data yang sudah diproses, yang disediakan untuk Anda melalui penggunaan Anda pada Website dan Layanan Kami (maupun informasi dan Data itu Anda miliki sendiri atau milik orang lain).
    2. Jurnal tidak bertanggung jawab kepada siapapun selain Anda, dan tidak ada maksud apapun dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk memberi manfaat kepada siapapun selain Anda. Jika Anda memakai Layanan atau mengakses Website atas nama atau untuk manfaat seseorang selain Anda (maupun organisasi berbadan hukum atau tidak, atau lainnya), Anda menyetujui bahwa:
      • Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa Anda memiliki hak untuk melakukannya;
      • Anda bertanggung jawab atas pemberian wewenang kepada siapapun yang Anda berikan akses kepada informasi atau Data, dan Anda menyetujui bahwa Jurnal tidak memiliki tanggung jawab untuk menyediakan siapapun akses kepada informasi atau Data tersebut tanpa otorisasi Anda;
      • Anda membebaskan Jurnal dari klaim apapun atau kehilangan yang terkait pada penolakan Jurnal untuk menyediakan akses pada siapapun kepada informasi atau Data Anda sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, penyediaan informasi atau Data oleh Jurnal kepada siapapun berdasarkan otorisasi Anda.
    3. Penyediaan, akses kepada, dan pemakaian Layanan tersedia sebagaimana adanya dan pada resiko Anda sendiri.
    4. Jurnal tidak menjamin bahwa penggunaan Layanan tidak akan pernah terganggu atau bebas dari kesalahan. Di antara lain, operasi dan ketersediaan sistem yang digunakan untuk mengakses Layanan, termasuk layanan telepon umum, jaringan komputer dan internet, bisa susah diprediksi dan mungkin bisa dari waktu ke waktu mengganggu atau mencegah akses kepada Layanan. Jurnal dengan bagaimanapun tidak bertanggung jawab atas gangguan tersebut, atau pencegahan akses kepada penggunaan Layanan.
    5. Jurnal bukanlah akuntan Anda, dan penggunaan Layanan tidak merupakan penerimaan nasihat akunting. Jika Anda memiliki pertanyaan akunting, harap hubungi seorang akuntan.
    6. Untuk menentukan bahwa Layanan Kami memenuhi keperluan bisnis Anda dan bisa digunakan sesuai dengan tujuan adalah tanggung jawab Anda sendiri.
    7. Anda tetap memiliki tanggung jawab untuk mematuhi semua undang-undang akunting, perpajakan, dan lainnya yang berlaku. Menjadi tanggung jawab Anda untuk memeriksa bahwa penyimpanan dan akses kepada Data Anda melalui Layanan dan Website tetap mematuhi undang-undang yang berlaku kepada Anda (termasuk undang-undang apapun yang membutuhkan Anda untuk menyimpan arsip).

H. Kerahasiaan dan Privasi

  1. Kerahasiaan
    Anda berjanji untuk menjaga kerahasiaan semua Informasi Rahasia sehubungan dengan penggunaan Layanan. Anda tidak akan, tanpa persetujuan tertulis dari Jurnal, mengungkapkan atau memberi Informasi Rahasia kepada siapapun, atau menggunakannya untuk kepentingan sendiri, selain sebagaimana dimaksud oleh Syarat dan Ketentuan ini. Kewajiban Anda mengenai ketentuan ini akan tetap berlaku walaupun setelah pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.
    Ketentuan-ketentuan pasal ini tidak berlaku untuk informasi yang:
    1. Telah menjadi pengetahuan umum selain karena pelanggaran ketentuan ini;
    2. Diterima dari pihak ketiga yang dengan secara sah memperolehnya, dan tidak mempunyai kewajiban untuk membatasi pengungkapannya; dan/atau
    3. Dikembangkan dengan sendiri tanpa akses kepada Informasi Rahasia.
  2. Privasi
    Jurnal memiliki dan mempertahankan kebijakan privasi yang menjelaskan dan menetapkan kewajiban para pihak untuk menghormati informasi pribadi. Anda disarankan untuk membaca dan memahami kebijakan privasi Kami yang tersedia melalui www.jurnal.id/id/privacy dan/atau situs lainnya sebagaimana diberlakukan oleh Jurnal sebagaimana relevan.

I. Hak Kekayaan Intelektual dan Data Pribadi

  1. Kepemilikan dan semua Hak Kekayaan Intelektual yang didapat pada Layanan, Website, dan dokumentasi apapun yang terkait dengan Layanan tetap menjadi hak milik Jurnal.
  2. Atas segala informasi dan data yang diperoleh Jurnal dari Anda dalam akses dan penggunaan Layanan (selanjutnya disebut “Data”), Anda memberikan persetujuan yang sah kepada Jurnal untuk:
    1. memperoleh, mengakses, dan menyimpan Data yang dimasukkan oleh Pengguna ke dalam Website dalam rangka mengakses dan menggunakan Layanan secara optimal;
    2. menggunakan Data yang tidak teridentifikasi sebagai data pribadi berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku, untuk mengoptimalkan Layanan, membantu Jurnal untuk mengetahui bagaimana cara Pengguna menggunakan Layanan, melihat dan menilai efektivitas Layanan, menemukan dan menyelesaikan masalah yang terdapat pada Layanan, serta mengembangkan Layanan untuk kepentingan Pengguna, dan/atau mengembangkan, mengoptimalkan dan/atau menyelesaikan masalah pada layanan atau produk milik afiliasi Jurnal lainnya;
    3. menghapus segala Data yang diunggah Pengguna yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan hukum yang berlaku;
    4. mengirimkan pengumuman layanan, pesan administratif, dan informasi lainnya kepada Pengguna yang berhubungan dengan penggunaan Layanan.
  3. Anda sangat disarankan untuk menyimpan salinan untuk semua Data yang Anda masukan ke dalam Layanan. Jurnal mematuhi kebijakan dan menjalani prosedur terbaik untuk mencegah kehilangan data, termasuk rutinitas sistem harian untuk back-up data, tetapi tidak membuat jaminan apapun bahwa kehilangan Data tidak akan pernah terjadi. Jurnal dengan jelas mengesampingkan tanggung jawab untuk setiap kehilangan Data dengan sebab apapun.

J. Batasan Kewajiban dan Ganti Rugi

  1. Jurnal tidak akan bertanggung jawab terhadap segala kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban, atau biaya yang timbul akibat:
    1. Pelanggaran oleh Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini;
    2. Penggunaan Layanan oleh Anda yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan maupun ketentuan lainnya yang Kami tetapkan;
    3. Jika terdapat cacat atau kerusakan yang Anda sebabkan dikarenakan adanya modifikasi atau add-on pada Produk yang dilakukan tanpa persetujuan dari Jurnal; dan/atau
    4. Anda melakukan integrasi terhadap Layanan dengan perangkat lunak lain sehingga menyebabkan Layanan mengalami gangguan.
  2. Apabila Pengguna (dan/atau perusahaan afiliasinya yang menggunakan Layanan (sebagaimana relevan)) mengalami kerugian nyata ketika menggunakan Layanan selama Masa Aktif yang telah terbukti disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian langsung oleh Jurnal, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan ganti rugi kepada Jurnal.
  3. Dalam kondisi apapun, batasan penggantian kerugian yang dapat diberikan oleh Jurnal sehubungan dengan kerugian yang dialami oleh Pengguna sebagaimana disebut dalam ayat 2 di atas yaitu maksimum sebesar Biaya Berlangganan Jurnal yang telah dibayarkan oleh Pengguna kepada Jurnal (tidak termasuk pajak yang berlaku) dengan tunduk pada persyaratan sebagai berikut:
    1. Pengguna wajib untuk menyampaikan permohonan ganti rugi kepada Jurnal paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sejak kerugian terjadi atau sejak Pengguna menyadari adanya kerugian yang Pengguna alami, mana yang terjadi terlebih dahulu;
    2. apabila Pengguna menggunakan Layanan bersama-sama dengan afiliasi Pengguna lainnya dan kerugian nyata hanya dialami afiliasi Pengguna tertentu, maka Jurnal hanya akan mengganti rugi Pengguna maksimal sebesar Biaya Berlangganan Jurnal yang telah dibayarkan sebagaimana relevan untuk afiliasi terkait tersebut; dan
    3. Ganti kerugian yang dibayarkan oleh Jurnal terbatas kepada Biaya Berlangganan Jurnal yang dibayarkan untuk Masa Aktif Pengguna (dan/atau afiliasinya terkait) yang masih berjalan. Namun apabila Masa Aktif berjalan Pengguna lebih dari 12 (dua belas) bulan, maka perhitungan ganti kerugian akan dibatasi untuk maksimal selama 12 (dua belas) bulan.
  4. Jurnal memiliki diskresi tunggal dalam menetapkan jumlah penggantian kerugian yang akan dibayarkan kepada Pengguna berdasarkan pengecekan internal yang dilakukan melalui sistem Jurnal. Penggantian kerugian yang diberikan oleh Jurnal bersifat final dan mengikat, sehingga dengan menerima penggantian kerugian dari Jurnal, Pengguna menjamin bahwa tidak ada tagihan, biaya, klaim, tuntutan atau kewajiban lain apapun yang timbul atau mungkin timbul, yang dapat ditagihkan oleh Pengguna kepada Jurnal sehubungan dengan hal-hal yang diatur dalam pasal ini.
  5. Sepanjang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, tidak ada pertanggungjawaban dari Jurnal terhadap Pengguna (atau orang yang mengklaim hak yang berasal dari hak pihak lain) atas setiap kehilangan pendapatan, profit, kontrak atau usaha yang aktual atau dapat diantisipasi (baik secara langsung atau tidak langsung, kehilangan data, dan/atau kehilangan atau kerugian apapun yang bersifat insidentil, tidak langsung atau konsekuensial, dalam hal apapun yang timbul berdasarkan atau sehubungan dengan Perjanjian ini, perbuatan melawan hukum (termasuk kelalaian), pelanggaran atas tugas berdasarkan undang-undang atau lainnya.

K. Pemutusan Layanan dan Pengakhiran

  1. Kebijakan Masa Percobaan
    Saat Anda pertama mendaftar untuk mengakses Layanan, Anda bisa mengevaluasi Layanan dengan ketentuan untuk masa percobaan yang sudah ditentukan, tanpa kewajiban untuk melanjutkan penggunaan Layanan. Jika Anda memilih untuk melanjutkan penggunaan Layanan setelah masa percobaan selesai, Anda akan mulai ditagih dari hari yang sama dimana Anda memberikan informasi untuk penagihan Anda. Anda bisa menghapus akun percobaan (trial) Anda.
  2. Dalam hal Anda mengakhiri penggunaan Layanan sebelum berakhirnya Masa Aktif oleh karena sebab apapun, maka segala Biaya Berlangganan yang telah Anda bayarkan kepada Jurnal tidak dapat dikembalikan.
  3. Syarat dan Ketentuan ini dapat diakhiri oleh masing-masing pihak dengan pemberitahuan kepada pihak lainnya setidaknya 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum akhir periode pembayaran yang bersangkutan.
  4. Jika Anda melanggar apapun dari Syarat dan Ketentuan ini (termasuk, tetapi tidak terbatas dengan, tidak membayar Biaya Berlangganan apapun) dan tidak menyelesaikan masalah pelanggaran dalam 14 (empat belas) hari kalender setelah menerima pemberitahuan pelanggaran tersebut jika permasalahan pelanggaran tersebut bisa diselesaikan, maka Jurnal dapat melakukan pemutusan akses terhadap Layanan yang Anda dan/atau Pengguna Diundang gunakan.
  5. Pemutusan Syarat dan Ketentuan ini tidak mengurangi hak dan kewajiban para pihak yang masih harus dibayar sampai dengan tanggal pengakhiran. Pada pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini Anda akan tetap menanggung biaya yang masih harus dibayar dan jumlah yang jatuh tempo untuk pembayaran sebelum atau setelah pengakhiran, dan segera berhenti menggunakan Layanan dan Website Kami.

L. Pengkinian dan Perubahan Terhadap Layanan atau Syarat dan Ketentuan Ini

Layanan Jurnal dapat berubah dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan Jurnal, keputusan pemerintah, perubahan teknis dari sistem, dan/atau oleh karena sebab lainnya. Jurnal berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan ini kapan saja, dan mulai berlaku pada saat Syarat dan Ketentuan yang baru atau yang telah direvisi di lampirkan di Website Jurnal. Anda berkewajiban untuk memastikan bahwa Anda sudah membaca, mengerti, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan terbaru yang tersedia pada Website Jurnal. Dengan mendaftarkan diri untuk menggunakan Layanan Jurnal, Anda menyatakan bahwa Anda sudah membaca, mengerti, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, dan dianggap memiliki wewenang untuk bertindak atas nama siapapun yang terdaftar untuk menggunakan Layanan Kami.

M. Lain-lain

  1. Syarat dan Ketentuan ini, bersama dengan Kebijakan Privasi Jurnal dan ketentuan dari pemberitahuan atau instruksi yang diberikan kepada Anda berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini menggantikan dan menghapus semua perjanjian sebelumnya, representasi (baik lisan maupun tulisan), dan pemahaman, dan merupakan keseluruhan perjanjian antara Anda dan Jurnal yang berhubungan dengan Layanan dan hal lainnya yang dibahas dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Jika salah satu pihak melepaskan tuntutan dari pelanggaran apapun pada Syarat dan Ketentuan ini, ini tidak akan melepaskan mereka dari tuntutan pelanggaran lainnya. Pelepasan dari tuntutan tidak efektif kecuali dibuat secara tertulis.
  3. Anda tidak dapat mengalihkan atau mentransfer hak dan kewajiban Anda yang timbul dari Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga lain tanpa persetujuan tertulis dari Jurnal.
  4. Syarat dan Ketentuan ini tunduk terhadap ketentuan hukum yang berlaku pada wilayah Negara Republik Indonesia.
  5. Apabila terjadi perselisihan antara Anda dan Jurnal, maka akan diselesaikan terlebih dahulu secara musyawarah untuk mencapai mufakat. Apabila dengan cara tersebut tidak tercapai kata sepakat, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilakukan melalui prosedur hukum dengan memilih kedudukan hukum Republik Indonesia di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
  6. Setiap pemberitahuan yang diberikan berdasarkan persyaratan ini oleh satu pihak ke yang lain harus dilakukan secara tertulis melalui email dan akan dianggap telah diberikan pada saat transmisi dilakukan. Pemberitahuan kepada Jurnal harus dikirim ke halojurnal@mekari.com atau ke alamat email lainnya yang diberitahukan kepada Anda oleh Jurnal. Pemberitahuan kepada Anda akan dikirim ke alamat email yang Anda berikan saat membuat akses Anda pada Layanan Kami.
  7. Layanan Jurnal mungkin dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan, di luar kuasa atau di luar kontrol Kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan koneksi internet, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain (“Keadaan Kahar”). Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui aplikasi Jurnal, Website, dan/atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu sebab oleh Keadaan Kahar.
  8. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa berdasarkan diskresi tunggal dari Jurnal, Jurnal berhak untuk menghentikan, mencabut dan/atau menolak akses Pengguna atau Pengguna Diundang terhadap Layanan, untuk sebagian maupun seluruhnya dan baik sementara waktu atau selamanya, dengan/tanpa pemberitahuan sebelumnya, apabila diduga terjadinya hal berikut (i) Pengguna tidak memenuhi ketentuan pembayaran sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, (ii) terdapat indikasi kecurangan, pencurian data, penipuan, tidak memenuhi salah satu atau keseluruhan Syarat dan Ketentuan ini, terjadi pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku atau sebab lainnya, sehingga oleh karenanya setiap kerugian yang timbul akibat dari tindakan-tindakan tersebut bukan merupakan tanggung jawab Jurnal dan Jurnal dalam hal apapun tidak wajib untuk memberikan ganti rugi apapun kepada Pelanggan atau Pengguna Diundang atas hal ini.

Syarat & Ketentuan Penggunaan Mekari Pay
(“Ketentuan Penggunaan”)

 

Berlaku sejak 2 Juli 2024

Selamat datang di Platform Mekari Pay yang dimiliki dan dikelola oleh PT Cipta Fasilitas Satu atau CFS, sebagaimana didefinisikan di bawah ini. Ketentuan Penggunaan yang tertera pada halaman ini mengatur tentang Layanan sehubungan dengan penyediaan platform oleh CFS untuk memfasilitasi penyediaan Layanan yang diberikan oleh CFS yang bekerja sama dengan Mitra kepada Anda.

Dengan mengakses dan menggunakan Layanan, Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, menerima, dan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan oleh karenanya Anda telah setuju untuk terikat secara hukum oleh Ketentuan Penggunaan serta dokumen-dokumen lain sehubungan dengan Ketentuan Penggunaan ini. Apabila Anda tidak menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, mohon untuk tidak menggunakan Layanan ini.

Layanan dimaksudkan untuk digunakan oleh (i) orang perorangan atau individu yang berumur setidaknya 18 (delapan belas) tahun dan memiliki kapasitas hukum untuk menjadi pihak yang dapat diikat dalam suatu perjanjian yang mengikat; (ii) badan usaha dan/atau badan hukum yang diwakili oleh perwakilan resmi dan memiliki kapasitas hukum untuk menjadi pihak dalam suatu perjanjian yang mengikat; dan/atau (iii) tidak dapat digunakan oleh orang, badan usaha atau badan hukum yang dapat menjadikan penggunaannya berpotensi, dianggap atau sudah melanggar hukum. Apabila Anda telah memenuhi kualifikasi tersebut, Anda diperkenankan untuk mengakses atau menggunakan Layanan.

A. Definisi

Istilah-istilah yang digunakan dalam Ketentuan Penggunaan ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Afiliasi” berarti pihak-pihak terafiliasi dari CFS yang secara langsung maupun tidak langsung mengontrol, berada dalam kontrol bersama dengan, atau dikontrol oleh CFS untuk menunjang CFS dalam melaksanakan Layanan ini, termasuk namun tidak terbatas untuk PT Jurnal Consulting Indonesia, yang terlibat terbatas dalam proses penyediaan produk berupa aplikasi pembukaan maupun akuntansi usaha/ perusahaan yang dapat diakses melalui www.jurnal.id.
  2. Akun Mekari Pay” berarti setiap akun atas nama Anda berupa gerbang pengenal yang diterbitkan oleh Kami dan/atau Mitra kepada Anda, sebagaimana berlaku, untuk tujuan menggunakan Layanan.
  3. Anda” berarti setiap orang yang mengakses dan/atau menggunakan Layanan.
  4. Kami” atau “CFS” berarti PT Cipta Fasilitas Satu.
  5. Layanan” berarti fitur atau aplikasi yang dapat digunakan termasuk namun tidak terbatas pada penerimaan pembayaran dan pengiriman dana yang diciptakan, dikelola, dikembangkan oleh CFS, Afiliasi dan/atau bekerja sama dengan dengan Mitra.
  6. “Mitra” berarti badan hukum yang menyediakan layanan sistem pembayaran yang bekerja sama dengan CFS dan diawasi oleh Bank Indonesia.
  7. Platform” berarti platform digital atau marketplace yang dimiliki atau dikelola oleh CFS untuk memfasilitasi transaksi penerimaan pembayaran dan pengiriman dana yang ditawarkan dan disediakan oleh Mitra.

B. Ketentuan umum

  1. Layanan dalam Ketentuan Penggunaan ini merupakan layanan penerimaan pembayaran dan pengiriman dana yang ditawarkan kepada Anda berdasarkan kerja sama antara CFS dengan Mitra.
  2. Dalam hal Anda telah melakukan aktivasi dan akan menggunakan Layanan, Anda wajib mematuhi dan memenuhi persyaratan untuk menggunakan Layanan oleh Anda yang termuat dalam Platform atau yang dipersyaratkan oleh Mitra.
  3. Anda memahami bahwa standar pelayanan dan perjanjian tingkat layanan (Service Level Agreement atau “SLA”) dalam pemberian layanan serta proses pemeriksaan dan verifikasi pendaftaran mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh Mitra, dan oleh karenanya dengan ini Anda membebaskan Kami dari segala tuntutan dan klaim yang timbul dari adanya kendala, ketidaksesuaian, penolakan, penahanan yang dilakukan oleh Kami. SLA atas pemberian Layanan serta proses pemeriksaan dan verifikasi pendaftaran tersebut mengacu kepada standar pelayanan Platform yang diterbitkan oleh CFS dan/atau Mitra dan dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
  4. Kami berhak untuk membatasi, menahan atau menolak permohonan Anda terhadap Layanan, apabila Anda tidak bersedia untuk memberikan seluruh persyaratan yang diminta, dokumen-dokumen persyaratan Anda tidak memenuhi atau sesuai dengan persyaratan Kami, dan/atau terdapat penggunaan Layanan Kami yang tidak sesuai oleh peraturan yang berlaku atau Ketentuan Penggunaan ini.
  5. Dengan mendaftar pada dan menggunakan Layanan Kami, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
  6. Setiap informasi yang Anda berikan kepada Kami adalah benar, akurat, lengkap, dan tidak menyesatkan;
  7. Dana yang digunakan dalam rangka transaksi pada Layanan dan/atau biaya-biaya yang dikenakan dan diberlakukan berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini merupakan sumber dana yang sah, dan bukan merupakan dana yang berasal dari tindak pidana pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, perjudian, korupsi, illegal logging, dan tindak pidana lainnya yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku atau merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun
    1. Anda akan menggunakan Layanan sesuai dengan peruntukan penggunaan Layanan;
    2. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas penggunaan Layanan dan semua konsekuensi hukum yang timbul karenanya;dan
    3. Anda tidak akan melakukan apapun yang dapat membatasi atau mengurangi hak-hak Kami sebagaimana diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  8. Anda dengan ini memberikan persetujuan tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali kepada Kami untuk melakukan pembuatan Akun Mekari Pay, pemasaran, penjelasan, dan/atau penagihan sehubungan dengan penggunaan Layanan. Kami akan menggunakan dan memberikan informasi/data dari Anda kepada Mitra sehubungan dengan penggunaan Layanan dan dalam rangka menyediakan dan/atau mengembangkan Layanan. Anda juga setuju untuk membebaskan Kami atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul dari kegagalan Mitra untuk mengamankan informasi tersebut. Anda sepenuhnya mengakui bahwa persetujuan ini diberikan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.
  9. Kami akan menjaga kerahasiaan informasi/data diri Anda, dan akan menggunakan informasi/data diri Anda hanya untuk keperluan pelaksanaan serta penggunaan Layanan.
  10. Anda berjanji hanya akan menggunakan Platform dan/atau Layanan semata-mata untuk tujuan menggunakan Platform dan/atau Layanan yang diberikan oleh CFS atau Mitra yang terkait sebagaimana diatur dalam Ketentuan Penggunaan, termasuk mengakses informasi mengenai Layanan, dan hanya akan menggunakan akses yang diizinkan atau berhak digunakan. Anda berjanji tidak akan menggunakan Platform dan/atau Layanan untuk setiap tujuan, aktivitas, upaya percobaan, atau melakukan tindakan apapun, yang melawan hukum.
  11. Kami dapat mengambil langkah-langkah atau menempuh upaya-upaya yang dimungkinkan menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada, menonaktifkan atau menutup atau tidak memberikan akses ke Platform dan/atau Layanan, melakukan pemeriksaan atau investigasi dan menghimpun data aktivitas Anda melalui Platform, menyampaikan laporan kepada otoritas yang berwenang, memberikan surat peringatan, mengakhiri Ketentuan Penggunaan ini, mengajukan tuntutan ataupun gugatan, dan/atau menempuh setiap upaya atau proses hukum yang tersedia berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam hal terdapat indikasi kecurangan, pemberian informasi, data dan/atau dokumen yang tidak benar atau menyesatkan, pelanggaran Ketentuan Penggunaan ini, dan/atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku oleh Anda. Kami dapat melibatkan dan/atau bekerja sama dengan pihak ketiga independen dan/atau aparat penegak hukum dalam mengambil tindakan-tindakan sebagaimana disebutkan di atas.
  12. Kami berhak memantau akses, aktivitas, penggunaan Platform dan/atau Layanan oleh Anda untuk memastikan kepatuhan Anda atas Ketentuan Penggunaan ini atau untuk memenuhi ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau bahkan perintah pengadilan atau otoritas yang berwenang lainnya.

C. Ketentuan aktivasi layanan

  1. Anda dapat menggunakan Layanan setelah Anda menyelesaikan proses registrasi awal secara elektronik yang tersedia pada Platform, dan memiliki Akun Mekari Pay. Untuk membuat Akun Mekari Pay, Anda wajib (a) mengisi dan memberikan informasi, data dan/atau dokumen secara akurat dan lengkap, (b) memenuhi segala syarat dan ketentuan yang tertera pada Platform, dan (c) melaksanakan segala prosedur yang wajib dilaksanakan, sebagaimana CFS, Afiliasi dan/atau Mitra persyaratkan atau tentukan dari waktu ke waktu atas diskresi CFS, Afiliasi dan/atau Mitra secara penuh.
  2. Aktivasi atas Platform dilakukan dengan cara Anda melakukan aktivasi Akun Mekari Pay pada aplikasi yang Anda gunakan dalam ekosistem Mekari.
  3. Anda baru dapat menggunakan Layanan dalam Platform setelah menyelesaikan proses mengenal pelanggan atau Know Your Customer (“KYC”) yang terdapat dalam Platform atau platform milik Mitra terkait. Anda wajib menyetujui Ketentuan Penggunaan ini terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan ke laman permohonan Layanan yang terdapat dalam Layanan ini.
  4. Dalam hal dipersyaratkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, Kami berhak untuk dari waktu ke waktu untuk meminta kepada Anda untuk mengisi dan/atau memberikan informasi, data dan dokumen-dokumen dan informasi yang dibutuhkan secara benar, lengkap, dan akurat dalam proses aktivasi melalui Platform sehubungan dengan penerapan KYC sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau berdasarkan kebijakan internal Kami dan/atau Mitra. Kami berhak untuk menyetujui atau menolak registrasi dan pembuatan Akun Mekari Pay dan/atau KYC atas Layanan yang dimohonkan oleh Anda. Anda menyetujui bahwa setiap informasi, data dan dokumen yang telah diberikan dan diserahkan kepada CFS dapat Kami berikan dan serahkan kepada Mitra untuk kepentingan penggunaan Layanan.
  5. Informasi, data dan dokumen yang diperlukan sehubungan dengan KYC, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Perorangan:
      1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemilik;
      2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
      3. Swafoto/selfie dengan KTP Pemilik.
      4. Informasi rekening bank;
      5. Nomor telepon;
      6. Alamat surat elektronik (email); dan
      7. Situs dari website atau aplikasi.
    2. Badan usaha/ badan hukum:
      1. Akta Pendirian beserta perubahannya termasuk pengesahan SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia;
      2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
      3. Izin Usaha dan/atau Nomor Induk Berusaha (NIB) (sebagaimana relevan); dan
      4. KTP Pemilik/Direktur (sebagaimana relevan).
      5. Nama produk/ usaha;
      6. Deskripsi usaha;
      7. Informasi rekening bank;
      8. Nomor telepon;
      9. Alamat surat elektronik (email); dan
      10. Situs dari website atau aplikasi
        Dokumen-dokumen persyaratan tersebut di atas (“Dokumen KYC”) dapat ditentukan atau diubah dari waktu ke waktu atas diskresi CFS atau Mitra sepenuhnya.
  6. Anda menjamin dan memastikan bahwa dokumen-dokumen yang diberikan kepada Kami yang bersangkutan dengan data Anda tidak dalam sengketa, dan dengan ini membebaskan Kami dari segala tuntutan, klaim, kerugian yang terjadi dari pelanggaran atas Ketentuan Penggunaan ini.
  7. Kami berhak untuk menunda/menutup penggunaan Layanan oleh Anda apabila Dokumen KYC yang diberikan dinilai belum lengkap dan/atau tidak benar.

D. Ketentuan penggunaan dan layanan

Dalam hal Anda telah melakukan aktivasi dan akan menggunakan Layanan, Anda wajib mematuhi dan memenuhi persyaratan untuk menggunakan Layanan sebagai berikut:

  1. Penagihan. Dalam melakukan penagihan kepada pelanggan Anda, Anda dapat melakukan penagihan menggunakan sistem elektronik yang didukung oleh Kami. Penagihan yang Anda lakukan akan sama dengan penagihan yang terdapat dalam Platform, dimana Kami hanya meneruskan informasi tersebut kepada pelanggan Anda melalui sistem elektronik tersebut. Anda wajib melakukan pemeriksaan ulang terhadap seluruh tagihan yang Anda berikan kepada pelanggan Anda untuk menghindari kerugian atau kehilangan keuntungan bagi Anda. Dengan ini Anda melepaskan Kami dari tanggung jawab atas kesalahan dan/atau kelalaian yang Anda atau pelanggan Anda lakukan dalam melakukan penagihan yang menyebabkan kerugian atau kehilangan keuntungan terhadap Anda.
  2. Pembayaran Tagihan. Dalam penagihan yang Anda lakukan melalui Layanan, pelanggan Anda dapat memilih metode pembayaran yang tersedia dan melanjutkan proses pembayaran tagihan. Nilai dan informasi mengenai pembayaran yang akan dilakukan oleh pelanggan merupakan nilai dan informasi yang sama dengan tagihan yang Anda kirimkan ke pelanggan Anda tersebut. Dengan ini Anda menyatakan telah mengetahui dan menyetujui bahwa pemrosesan pembayaran tagihan tersebut merupakan sepenuhnya tanggung jawab Mitra. Pembayaran pelanggan Anda tersebut akan diterima oleh Kami pada rekening virtual account Anda. Estimasi waktu diterimanya suatu pembayaran adalah sesuai yang berlaku dari waktu ke waktu oleh Kami atau Mitra terkait pemrosesan pembayaran ini.
  3. Biaya. Kami berhak mengenakan biaya atas penggunaan Mekari Pay oleh Anda yang akan dikenakan kepada Anda untuk setiap transaksinya. Biaya tersebut akan dipotong dari pembayaran yang seharusnya Anda terima dari pelanggan Anda, dihitung dari nilai pembayaran oleh pelanggan Anda tersebut. Kami berhak dari waktu ke waktu untuk melakukan perubahan terhadap Ketentuan Penggunaan ini termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang mengatur biaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan hukum yang berlaku. Perubahan terhadap Ketentuan Penggunaan ini akan diberitahukan kepada Anda sebelum perubahan tersebut berlaku efektif. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Fitur Mekari Pay, maka Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Ketentuan Penggunaan ini.
  4. Chargeback. Apabila pelanggan Anda mengajukan chargeback dan pembeli tersebut berhak atas pembayaran dari pembelian barang dan/atau jasa Anda, maka Anda berkewajiban untuk melakukan pembayaran sebesar chargeback yang dikenakan. Kami berhak menahan pembayaran yang dilakukan pelanggan Anda melalui Mekari Pay hingga seluruh kewajiban Anda terpenuhi atau menagihkan chargeback langsung kepada Anda. Anda dapat mempelajari proses chargeback dalam situs ini.
  5. Withdrawal. Anda juga dapat melakukan penarikan saldo Mekari Pay Anda. Saldo yang Anda tarik, akan masuk ke rekening bank yang telah Anda daftarkan saat aktivasi Mekari Pay. Dalam hal pemrosesan penarikan saldo Mekari Pay dilakukan oleh Mitra, maka dengan ini Anda menyatakan telah mengetahui dan menyetujui bahwa pemrosesan pembayaran tagihan tersebut merupakan sepenuhnya tanggung jawab Mitra dan estimasi waktu diterimanya dana ke rekening bank yang telah didaftarkan tersebut adalah sesuai yang berlaku dari waktu ke waktu oleh Mitra.
  6. Akun Mekari Pay Dormant. Jika Anda tidak memiliki transaksi dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah tanggal go-live atau tanggal transaksi terakhir Anda (“Dormant”), Kami dapat menganggap Akun Mekari Pay tersebut Dormant, dan Kami akan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada Anda untuk menginformasikan bahwa Akun Mekari Pay Anda telah dianggap Dormant. Dengan Akun Mekari Pay Dormant, segala Layanan akan dinonaktifkan. Untuk mengaktifkan kembali Akun Mekari Pay Anda agar dapat menggunakan Layanan, Anda akan diminta untuk mengirimkan kembali beberapa informasi dan/atau dokumen kepada Kami untuk melakukan kembali uji tuntas pelanggan yang diwajibkan oleh undang-undang yang berlaku.
  7. Penghentian Penggunaan. Apabila Anda Tidak Aktif dalam menggunakan Layanan selama 12 (dua belas) bulan berturut-turut, Kami dapat menganggap Anda telah berhenti menggunakan Layanan dan Kami berhak untuk mengakhiri Layanan tersebut. Dalam hal terdapat sisa saldo dalam Akun Mekari Pay tersebut yang mana tanpa adanya suatu aktivitas transaksi apapun, dan Kami tidak menerima instruksi dari Anda untuk penerusan atau pengembalian dana tersebut, Kami berhak untuk dan Anda dengan ini memberikan kuasa kepada Kami dan/atau Mitra untuk mentransfer dana tersebut ke Badan Harta Peninggalan (“BHP”), sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kami akan mencoba mengirimkan pemberitahuan tertulis ke email atau alamat fisik Anda yang terakhir terdaftar di sistem Kami. Anda setuju bahwa setelah kami mentransfer dana ke BHP sesuai dengan Klausul ini, Kami tidak lagi bertanggung jawab atas dana tersebut dan Anda akan terlibat langsung dengan BHP untuk mengklaim dana tersebut. Kita dapat membantu untuk memberikan dokumentasi kepemilikan, transfer data dan tanggal, dan informasi atau data apa pun yang relevan, untuk Anda atau penerus / ahli waris (dalam hal Anda adalah perseorangan) untuk tujuan klaim dana tersebut dari BHP. Anda memahami dan menerima bahwa BHP memiliki kebijakan tunggal apakah akan melepaskan dana yang dapat diklaim oleh Anda, dan Anda akan membebaskan Kami dan/atau Mitra dari kesulitan atau kegagalan dalam mengklaim dana tersebut.
  8. Lain-lain. Untuk membuat Ketentuan Penggunaan ini dapat terlaksana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, Kami dan/atau Mitra berhak untuk memberikan Anda perjanjian atau dokumen lain untuk Anda sepakati dan memintakan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan Kami atau Mitra yang terkait dengan pelaksanaan Layanan. Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda menyatakan untuk tunduk pada syarat dan ketentuan Mitra. Dengan ini Anda menyatakan dan menjamin bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan syarat dan ketentuan Mitra tersebut dan melepaskan kami dari setiap kerugian atau kehilangan kemungkinan keuntungan atas setiap kesalahan atau kelalaian Mitra dalam melaksanakan syarat dan ketentuan termasuk namun tidak terbatas pada pemrosesan pembayaran dan/atau pengamanan data Anda yang Kami kirimkan ke Mitra. Anda memahami bahwa Ketentuan Penggunaan ini dibuat dan dipersiapkan sebagai dokumen elektronik sebagaimana dimaksud oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila dikemudian hari Ketentuan Penggunaan ini dipersyaratkan untuk harus ditandatangani oleh setiap pihak yang terkait, maka setiap pihak tersebut sepakat untuk menandatanganinya secara elektronik dan segala biaya yang timbul atas penandatanganan elektronik tersebut akan ditanggung oleh Anda dan ditagihkan oleh Kami. 

E. Ketentuan lain – lain

  1. Setiap hal yang berkaitan dengan akses ke, atau penggunaan dari, Layanan dan/atau Platform diatur dan dibuat berdasarkan hukum Indonesia. Kegagalan untuk memenuhi syarat-syarat tersebut merupakan penggunaan yang tidak sah dan ilegal dari Layanan dan/atau akses ke Platform Kami.
  2. Kekayaan Intelektual Kami, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, paten dan merek untuk dan atas nama Kami sepenuhnya dimiliki dan menjadi aset tetap Kami. Anda harus menganggap bahwa semua yang Anda baca atau lihat sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh Anda adalah hak kekayaan intelektual Kami, atau suatu pihak ketiga yang melisensikan hak penggunaan kekayaan intelektual tersebut kepada Kami. Kecuali selain yang disebutkan secara jelas, semua yang Anda baca atau lihat sehubungan dengan penggunaan Layanan Kami oleh Anda atau setiap source code atau kode HTML yang Kami gunakan untuk menghasilkan Layanan, tidak diperbolehkan untuk disalin, direproduksi, dimodifikasi, didistribusikan, ditransmisikan, diterbitkan ulang, ditampilkan, atau digunakan secara komersial tanpa persetujuan tertulis sebelumnya oleh Kami, kecuali diperbolehkan oleh ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Kami berhak untuk mengambil tindakan hukum apapun yang dianggap tepat sebagai tanggapan atas pelanggaran atau dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh anda terkait kekayaan Intelektual kami, termasuk namun tidak terbatas pada penangguhan atau pengakhiran akses dan/atau penutupan akun. Kami dapat bekerja sama dengan otoritas hukum dan/atau pihak ketiga dalam penyelidikan dugaan kejahatan atau pelanggaran sipil. Kecuali sebagaimana mungkin dibatasi secara tegas oleh Kebijakan Privasi, Kami setiap saat berhak untuk mengungkapkan setiap informasi yang Kami anggap perlu untuk mematuhi hukum, peraturan, proses hukum atau permintaan pemerintah apapun, atau untuk menyunting, menolak untuk mengirim atau untuk menghapus informasi atau materi apapun, secara sebagian atau seluruhnya, berdasarkan kebijaksanaan Kami.
  4. Ketentuan Penggunaan ini dapat diubah, dimodifikasi, ditambah atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kami menyarankan agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Ketentuan Penggunaan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Platform dan Layanan Kami, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Ketentuan Penggunaan ini.
  5. Kecuali dinyatakan sebaliknya, setiap Layanan tambahan akan juga tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini yang berlaku secara efektif sejak tanggal penambahan tersebut.
  6. Dalam hal terdapat perbedaan apapun di antara Ketentuan Penggunaan ini dan media pemasaran manapun (termasuk namun tidak terbatas pada media daring), Ketentuan Penggunaan ini yang akan berlaku.
  7. Ketentuan lainnya yang tidak secara tegas diatur dalam Ketentuan Penggunaan ini, akan mengacu pada ketentuan yang diatur pada syarat & ketentuan lainnya yang diatur dalam Platform.
  8. Anda dengan ini melepaskan Kami dari segala bentuk tanggung jawab dan wajib mengganti seluruh kerugian yang Kami alami atas penyalahgunaan Platform, termasuk Layanan dalam hal terdapat pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan, dan syarat & ketentuan lainnya yang diatur dalam Platform.

Dengan menekan tanda “Setuju” pada halaman Ketentuan Penggunaan ini, Anda menyatakan telah membaca, mengerti, dan setuju untuk mengikatkan diri serta tunduk pada seluruh ketentuan yang tertuang dalam Ketentuan Penggunaan ini.

WhatsApp Hubungi Kami