13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Sebutan bulan puasa sebagai bulan yang penuh berkah bukanlah kata-kata semata. Selain nikmatnya ibadah yang terus bertambah, pahala yang dihasilkan terus berlipat ganda, rezeki yang didapatkan pun bisa terus mengalir. Banyak peluang bisnis di bulan puasa yang bisa Anda coba lakukan. Mau tau apa saja ide jualan bulan puasa yang laris?

Peluang Bisnis di Bulan Puasa

Peluang bisnis di bulan puasa yang cukup terbuka akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan tambahan pendapatan demi melengkapi perayaan lebaran.

Dari awal dimulainya puasa hingga nanti ditutup tentunya tetap ada peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bisa dengan membuka usaha kecil-kecilan yang musiman atau mungkin akan dikembangkan menjadi lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba, berikut beberapa rekomendasi peluang bisnis bulan puasa yang akan sangat menguntungkan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

13 Ide Jualan Bulan Puasa Paling Laris

Berikut ini adalah 13 ide jualan bulan puasa paling laris yang bisa Anda coba:

Hidangan Sahur

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Kegiatan berpuasa sudah pasti diawali dengan sahur. Ada yang sudah mempersiapkan pada malam hari ataupun pagi harinya.

Menghidangkan berbagai makanan dan minuman agar puasa esok hari bisa dijalani dengan penuh semangat tanpa terganggu rasa lapar dan haus.

Akan tetapi ada sebagian orang  yang tidak mempunyai waktu untuk menyiapkan hidangan sahur walaupun sangat membutuhkan.

Anda bisa membuat hidangan sahur menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Tidak harus langsung membuka usaha catering atau warung makan, tawarkan saja dulu  kepada tetangga atau orang-orang terdekat yang membutuhkan.

Jika merasa puas, tidak menutup kesempatan mereka akan mempromosikan masakan Anda kepada orang lain.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Hidangan Buka Puasa

Waktu berbuka puasa sudah pasti menjadi saat yang paling ditunggu. Setelah seharian menahan rasa lapar dan haus, keinginan untuk mencicipi berbagai jenis makanan dan minuman pastinya sangat tinggi.

Menjelang berbuka puasa, orang-orang sudah berhamburan di jalan-jalan atau di pasar ramadan untuk mencari hidangan favoritnya.

Karena hidangan buka puasa selalu menjadi primadona di mana pun itu, tidak ada salahnya jika Anda membuka usaha ini.

Ada banyak ide jualan makanan ataupun minuman di bulan puasa. Anda bisa memulai dengan menjual minuman segar sederhana seperti es teh, es jeruk, air mineral dingin atau minuman botol lainnya.

Jika mempunyai cukup waktu dan modal, Anda bisa menjajakan hidangan yang lebih bervariasi seperti es dawet, es kolang kaling, jajanan pasar, gorengan, kolak dan masih banyak lagi.

Kurma

ide jualan bulan puasa

Ramadan sangat lekat dengan kurma. Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi di hari-hari menjelang Ramadan hingga lebaran.

Ini karna kurma  menjadi makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika berbuka. Kandungan serat dan glukosa di dalamnya mampu menambah energi setelah seharian berpuasa.

Namun tidak ada salahnya juga menyajikan kurma ketika sahur. Kurma pun bisa menjadi hidangan andalan di hari raya.

Karena ketenarannya, permintaan yang cukup banyak dan stok yang melimpah, menjajakan kurma bisa jadi alternatif ide jualan bulan puasa yang menggiurkan untuk menambah pemasukan di bulan suci.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat. Pelajari Jurnal Selengkapnya di sini!

https://www.jurnal.id/id/fitur/laporan-keuangan-bisnis/lengkap-efisien/?utm_source=digital%20-%20trial%20direct%20sign%20up%20(o)&utm_medium=website%20-%20blog&utm_campaign=IdeJualanPuasa

Peralatan Ibadah

Bulan puasa adalah saat yang tepat bagi seluruh insan memupuk amalan dan pahala. Jadi tidak mengherankan jika pada bulan ini masjid-masjid setiap saat penuh karena gencarnya orang-orang beribadah.

Dengan waktu ibadah yang cukup padat, pastinya diperlukan peralatan ibadah yang cukup banyak. Bukan hanya untuk individu, masjid-masjid juga butuh menyediakan Alqur’an, mukena, peci, sarung atau sajadah dengan jumlah yang lebih untuk digunakan oleh jamaah.

Kebutuhan yang banyak ini menjadikan peralatan ibadah sebagai ide jualan bulan puasa yang cukup menjanjikan.

Jilbab dan Busana Muslim

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Di bulan Ramadan orang berbondong-bondong untuk merubah penampilan ke arah yang lebih baik. Yang awalnya belum berjilbab, maka di bulan ini berusaha sedikit demi sedikit untuk menutup aurat.

Yang tadinya masih menggunakan pakaian yang membentuk tubuh, banyak yang akhirnya memutuskan memakai pakaian yang lebih lebar untuk menyamarkannya.

Dengan berbagai perubahan ini dari sisi bisnis sudah dipastikan para penjual jilbab dan busana muslim yang paling diuntungkan. Akan ada peningkatan permintaan untuk kedua produk tersebut.

Hal ini juga berlaku untuk Anda. Mengapa tidak mencoba untuk menjadi salah satu pihak yang mendapatkan keuntungan?

Dengan mencoba usaha jilbab dan busana muslim, Anda tidak hanya mendapatkan pundi-pundi uang tetapi juga memfasilitasi orang-orang yang berusaha untuk merubah penampilannya.

Kelola usaha mikro kecil secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Jurnal Untuk Bisnis Saya!

 

Jasa Jahit

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Mode baju yang banyak dijual sudah terlalu pasaran? Membuat baju dengan kain yang dipilih sendiri dan desain yang dibuat sendiri bisa menjadi ide cemerlang.

Di bulan puasa dan menjelang hari raya tidak hanya satu atau dua orang saja yang akan berpikiran seperti ini. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya dibutuhkan jasa tukang jahit yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang mempunyai keterampilan jahit, tidak ada salahnya untuk menyalurkannya menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan.

Penyalur Asisten Rumah Tangga dan Babysitter Infal

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Masalah yang paling sering dialami oleh keluarga pekerja adalah kerepotan mengurus anak dan rumah. Ditambah dengan asisten rumah tangga yang biasanya akan mengambil libur di bulan puasa apalagi mendekati hari lebaran.

Asisten rumah tangga dan babysitter infal sangat dibutuhkan pada saat-saat seperti ini. Anda bisa membantu keluarga-keluarga dengan mencarikan asisten rumah tangga dan babysitter pengganti.

Tentunya usaha Anda ini tidak akan dihargai secara gratis. Anda bisa memanfaatkan ini sebagai alternatif menambah pendapatan.

Namun harus dipastikan terlebih dahulu asisten rumah tangga dan babysitter yang Anda tawarkan mempunyai kejujuran dan kemampuan yang mumpuni agar tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Kendali penuh stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Jurnal

Saya Mau Penawaran, Jadwalkan Demo Dengan Sales!

 

Kue Lebaran

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Lebaran dengan euforianya sangat lekat dengan berbagai jenis kue kering. Namun, membuat kue lebaran terkadang membutuhkan kemampuan khusus.

Salah bahan dan cara pengolahan bisa membuat kue yang dibuat gagal. Padahal kue-kue ini akan dihidangkan kepada tamu.

Ini yang membuat orang-orang lebih banyak membeli kue lebaran di pasaran atau menyerahkan pembuatannya kepada orang lain.

Jika Anda hobi masak dan membuat kue, tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan bisnis kue lebaran. Kreasikan kue lebaran buatan Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Bisnis Kue Sederhana

Toples Kue

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Usaha ini memang cukup sepele. Namun di tengah banyaknya permintaan kue lebaran, sudah pasti banyak juga yang membutuhkan wadah untuk menampungnya.

Tidak perlu membuka usaha pecah belah untuk bisa berjualan toples kue. Cukup mencari supplier toples yang bisa didapatkan dengan mudah secara online.

Di tengah tingginya kebutuhan, toples dari ukuran paling kecil hingga paling besar, dengan desain yang biasa saja hingga yang paling unik sudah barang tentu akan menjadi ide jualan bulan puasa yang laku di pasaran.

Pantau Bisnis Anda Kapan Saja dan Dimana Saja dengan Jurnal. Pelajar Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Aplikasi Akuntansi Jurnal Sekarang!

 

Parcel

Ide Jualan Bulan Puasa

Di Indonesia, berkirim parcel pada saat lebaran sudah menjadi tradisi. Pekerja kantoran juga kerap kali mendapatkan tunjangan hari raya yang berbentuk parcel.

Jika Anda menjadi salah satu produsennya, sudah barang tentu akan kebanjiran order-an. Namun tentu saja tidak boleh asal-asalan.

Buat desain parcel semenarik mungkin agar pelanggan puas dengan produk Anda. Bisa juga dengan mengkreasikan isi parcelnya. Tidak melulu roti dan sirup, Anda bisa saja mengganti dengan barang pecah belah, peralatan ibadah, buku dan lain sebagainya.

Baca juga: 9 Peluang Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan 

Rental Mobil

Selain berbagai parcel, mudik atau pulang kampung juga jadi salah satu tradisi yang sangat melekat dengan orang Indonesia.

Ketika dimulai cuti bersama, semua orang berbondong-bondong mempersiapkan barang bawaan dan pulang ke rumah orang tua.

Ada banyak jasa transportasi publik yang tersedia, mulai dari bus, kereta api, pesawat ataupun kapal laut. Namun menggunakan transportasi publik sering sekali menimbulkan ketidak nyamanan.

Ongkos yang melambung tinggi, penumpang yang membludak, jadwal keberangkatan dan waktu istirahat yang tidak fleksibel, tempat yang kotor dan masih banyak lagi.

Tidak heran jika banyak yang memilih untuk menggunakan mobil pribadi, apalagi jika membawa keluarga besar. Bagaimana jika tidak mempunyai mobil pribadi?

Ini adalah kesempatan Anda untuk menyediakan sarana transportasi yang berupa rental mobil. Jika Anda mempunyai mobil pribadi dan tidak terlalu urgent untuk digunakan, maka Anda bisa merentalkan pada orang lain yang lebih membutuhkan.

Selain memberikan kenyamanan untuk mudik mereka, Anda juga akan mendapatkan tambahan pendapatan.

Oleh-Oleh Khas

Setelah kendaraan siap, yang biasanya dipikirkan oleh para pemudik adalah membeli oleh-oleh untuk keluarga yang akan dikunjungi.

Mendekati hari-hari besar seperti lebaran, toko oleh-oleh biasanya akan kebanjiran pesanan. Bahkan banyak toko yang kehabisan stok dalam waktu yang cukup singkat.

Menggeluti bisnis pembuatan oleh-oleh khas daerah Anda tinggal bisa jadi sesuatu yang menjanjikan.

Kelola Bisnis Online Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Jurnal Untuk Bisnis Online Saya!

Pakai Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah!

Ketupat

13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

Lebaran kurang lengkap rasanya jika tidak menyantap ketupat dengan opor ayam, rendang atau tambahan lezat lainnya.

Berjualan ketupat bisa jadi alternatif tambahan pendapatan menjelang lebaran. Apalagi pembuatan ketupat yang cukup rumit dan tidak semua orang bisa melakukannya. Bisnis ini dijamin akan laris manis.

Itu tadi beberapa peluang bisnis atau ide jualan bulan puasa yang bisa dicoba. Tidak perlu langsung membuat usaha yang besar dengan toko yang tampak secara fisik.

Anda bisa memanfaatkan berbagai saluran promosi lain seperti media sosial atau word of mouth yang juga cukup efektif. Anda bisa memilih bisnis yang akan dijalani sesuai dengan modal, waktu serta kemampuan.

Namun, apapun pilihan usahanya pengelolaan keuangan harus tetap terjaga. Jika Anda merasa kerepotan untuk melakukannya, serahkan saja pada Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bisnis Anda.

Pemakaiannya cukup sederhana namun mampu memberikan output  yang luar biasa. Bahan bagi Anda yang tidak berlatar belakang akuntansi sekalipun.

Penggunaan software seperti Jurnal akan mempermudah Anda dalam mengelola arus transaksi dan juga informasi akuntansi bisnis Anda. Silakan coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

 

Kategori : BisnisDunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo