Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi pusat perekonomian di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuat Surabaya disinggahi banyak orang, baik dari sekitar Jawa Timur sendiri maupun dari luar daerah. Bahkan di sana pun banyak pendatang yang akhirnya menetap.

Surabaya selain dikenal sebagai kota pahlawan, ia juga dikenal sebagai kota perdagangan. Ada banyak sekali jenis usaha di sana, bahkan banyak pengusaha-pengusaha besar yang tinggal di Surabaya. Hal itu menandakan bahwa kota Surabaya merupakan ladang investasi untuk berbisnis, seperti salah satu nya bisnis kuliner. Bagaimana tertarik membuka bisnis kuliner di Surabaya? Berikut beberapa referensi mengenai peluang bisnis kuliner dapat Anda coba.

Seafood

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda! Seperti yang kita tahu, Surabaya terletak di daerah yang dekat dengan laut, melihat hal tersebut tentunya dapat Anda manfaatkan untuk membuat bisnis kuliner seafood. Peluang usaha warung makan seafood dapat Anda coba karena sebagian orang sangat menyukai berbagai jenis makanan olahan hasil laut. Dengan kondisi yang dekat laut, tentu saja Anda bisa mendapatkan  bahan baku seperti udang, cumi, kepiting, kerang, dan lainnya dengan mudah, cepat, baik, dan murah. Meskipun mudah, Anda juga harus memastikan kualitas dari bahan baku Anda segar. Sehingga konsumen pun akan senang dan datang kembali untuk mencoba usaha kuliner Anda.

Franchise

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Di Surabaya masyarakat beraneka ragam seperti suku, pekerjaan/profesi, agama, warga negara, dan banyak lainnya. Dari banyaknya keanekaragaman ini membuat bisnis franchise atau waralaba makanan cukup besar peluangnya. Sebagai contohnya seperti KFC, McDonalds, Basket Robins, Dunkin Donat, dan sebagainya. Mungkin contoh yang disebutkan sudah sangat banyak dan biasa, oleh karena itu Anda perlu mencari bisnis franchise yang masih jarang di Surabaya. Bisnis kuliner tidak pernah ada matinya, ia selalu disukai semua orang sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang cukup tinggi untuk segmen franchise makanan atau kuliner yang berasal dari luar negeri. Selain itu, jika letak usaha Anda strategis, maka sangat berpeluang untuk mendapatkan omzet yang besar mengingat orang Surabaya sendiri cukup sensitif dengan gaya hidup yang cukup tinggi.

Sate Klopo

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Apakah Anda tahu apa itu sate klopo? Sate klopo ini bukan sate kelapa ya tetapi jenis sate yang menggunakan daging dan campuran jeroan dan lemak. Namun, sate ini akan diberikan lumuran parutan kelapa sebelum dibakar. Kemudian setelah matang nanti akan diberikan bumbu kacang dan potongan cabai serta bawang. Selain unik, rasa sate ini juga gurih dan enak. Sate klopo masih jarang sekali, untuk itu peluang usaha kuliner ini cukup baik dan menjanjikan.

Nasi Krawu

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Nasi krawu merupakan salah satu makanan berat yang dapat Anda jual di Surabaya. Nasi krawu sendiri sebenarnya berasal dari gresik tetapi banyak diminati masyarakat sehingga Anda dapat mencoba peruntungan bisnis ini. Nasi krawu adalah satu porsi nasi putih dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng dan sambal terasi. Biasanya nasi krawu digunakan untuk sarapan. Hangatnya nasi putih dan lauk yang gurih membuat lidah Anda merasa ingin lagi, lagi dan makan lagi.

Lontong Kupang

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Akhir-akhir ini di salah satu social media, ada sebuah postingan makanan yang baru dikenal khalayak yakni lontong kupang. Kupang merupakan kerang yang hanya bisa ditemukan di Surabaya. Kupang memiliki tekstur yang unik, kecil seperti pasir. Namun, rasanya jangan ditanyakan lagi, enak dan lezat. Nah, karena masih ada beberapa orang yang belum pernah mencoba nya atau bahkan belum pernah mendengarnya maka bisnis kuliner ini dapat menjadi salah satu referensi untuk Anda.

Sambal

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Orang Surabaya umumnya sangat menyukai rasa pedas.  Maka sambal merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjanjikan di sana. Mungkin terlihat sepele hanya karena sambal. Namun, jika Anda dapat membuat sambal yang berbeda dengan sambal yang biasanya, enak, gurih, dan dapat diterima masyarakat luas maka peluang keuntungannya sangat besar. Sudah banyak dibuktikan, ada banyak pengusaha yang hanya menjual sambal tetapi sukses. Mereka pun bisa mengapa Anda tidak mencoba nya bukan?

Baca juga: Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis Anda 

Rawon10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Jika Anda mendapat pertanyaan seperti ini “kalo ke Surabaya mau makan apa?” pasti Anda akan menjawab salah satunya rawon. Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur yang berisi daging dengan kuah yang segar. Sekilas mungkin mirip dengan soto tetapi kuah rawon ini unik. Kuah rawon terbuat dari kluwek. Selain berisi daging, biasanya rawon juga ditambahkan dengan campuran jeroan dan kikir. Telur asin, tempe goreng, kecambah, perkedel, kerupuk, dan sambal yang super pedas sebagai pelengkap yang pasti ada dan membuat lidah bergoyang. Meskipun, penjual rawon sudah banyak tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda membuka bisnis kuliner ini mengingat permintaan nya yang selalu ada. Berikan saja sentuhan yang berbeda dalam bisnis Anda sehingga menarik konsumen untuk mencoba bisnis Anda.

Makanan Melayu

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Dari sabang sampai merauke siapa yang tidak tahu dengan makanan melayu? Seperti nasi padang, teh tarik contohnya atau yang lainnya. Oleh karena itu, makanan khas melayu akan selalui memiliki pelanggan di mana pun. Rasanya yang penuh rempah dapat diterima banyak orang. Terlebih orang-orang melayu juga banyak yang melakukan migrasi sehingga peluang membuka bisnis kuliner ini cukup besar. Namun, karena pesaingnya cukup banyak, Anda yang berminat membuka usaha kuliner makanan melayu di Surabaya juga harus membuat ciri khas sendiri yang dapat membedakan Anda dari pesaing dan dapat menarik konsumen untuk datang.

Cake

10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Cake atau sejenis roti-rotian juga dapat Anda coba untuk berbisnis di Surabaya. Seperti yang kita tahu, oleh-oleh dari Surabaya umumnya adalah jenis roti-rotian. Jika Anda dapat menciptakan ide tentang roti atau cake yang enak dan diminati banyak orang tentu saja akan laku. Lihat saja beberapa kue artis di Surabaya kini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang banyak diminati. Maka membuat usaha oleh-oleh seperti cake dan roti juga dapat Anda coba.

Kerupuk10 Peluang Bisnis Kuliner di Surabaya untuk Usaha Anda!

Selain usaha kuliner seafood, Anda juga dapat membuat bisnis kerupuk. Mengingat semua orang dari anak-anak hingga orang tua pasti doyan kerupuk maka Anda pun dapat memanfaatkan peluang ini. Buatlah kerupuk yang berbeda dari yang lainnya. Misal, umumnya kerupuk terbuat dari udang lalu Anda dapat membuat kerupuk dari lobster yang lebih besar dari udang atau hasil laut lainnya. Dengan begitu, Anda juga dapat memberikan nilai tambah kepada sebuah produk. Pikirkan, jika Anda hanya menjual lobster mentah mungkin harganya rendah tetapi jika Anda olah menjadi kerupuk maka harganya akan meningkat.

Surabaya memiliki letak astronomis yang dekat dengan laut, dengan begitu untuk mendapatkan bahan baku nya pun mudah bukan? Mungkin sebagian dari Anda berpikir kalau kerupuk harganya murah dan termasuk makanan pelengkap saja. Namun, jika Anda dapat berpikir lebih jauh dan memberikan kreativitas maka bisnis kuliner kerupuk juga dapat membuat Anda menjadi pengusaha sukses dengan keuntungan yang besar.

Baca juga: Cara Mudah Menghemat Biaya Produksi bagi UKM

Itulah 10 peluang bisnis kuliner di Surabaya yang dapat Anda jadikan referensi. Dalam sebuah bisnis, Anda tidak hanya memikirkan masalah peluang tetapi juga harus memastikan bahwa pembukuan dan laporan keuangan perusahaan sehat. Untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan dengan cepat, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi. Salah satu aplikasi akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi yang memiliki sertifikat ISO/IEC 27001 yang memenuhi standar keamanan sistem manajemen informasi yang berlaku. Fitur dan menu pada Jurnal juga sangat lengkap mulai dari laporan keuangan, faktur, cash link, pengelolaan biaya, stok barang, dan kegiatan akuntansi lainnya. Sehingga dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Saat ini Jurnal memberikan penawaran free trial selama 14 hari untuk Anda yang ingin mengetahui fitur-fitur yang dimiliki. Dapatkan informasi lengkap tentang Jurnal di sini.