Memulai suatu bisnis atau menjadi wirausahawan merupakan sebuah tantangan yang bisa dibilang “susah-susah gampang”. Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin membuka suatu usaha atau bisnis. Namun seperti pepatah optimis yang sering Anda dengar, “peluang usaha akan selalu muncul jika Anda mengusahakannya!“.

Semua orang bisa menjadi pengusaha dengan caranya masing-masing. Permasalahan utamanya adalah niat untuk mau memulai menjalankan usaha Anda. Dan sebenarnya peluang usaha bisa muncul kapan dan di mana saja Anda berada bahkan dengan modal terbatas. Salah satunya adalah di kota Surabaya.

Surabaya merupakan kota besar atau metrpolitan kedua setelah Jakarta. Terbukti dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang berdiri di kota ini. Selain pusat perbelanjaan, Surabaya juga memiliki tempat-tempat wisata yang bersejarah, varian kuliner yang khas dan unik, dan infrastruktur jalur transportasi yang memadai. Ditambah dengan adanya Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak, jalur perdagangan di Surabaya terbilang lancar dan hal ini sangat memudahkan para pengusaha yang tinggal di kota ini. Maka tidak heran banyak pengusaha sukses dan enterpreneur besar yang berasal dari kota Surabaya.

Bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha atau bisnis di Kota Surabaya, tentu itu adalah potensi yang besar dan terbuka bagi siapapun. Dibantu dengan fakta-fakta yang sudah terpaparkan sebelumnya mengenai Surabaya, Anda bisa membuka usaha baik walaupun Anda memiliki modal yang tidak banyak.

Bagi mereka yang berjiwa wirausaha, biaya startup mungkin dapat menjadi “penghalang” yang signifikan. Tapi di mana ada kemauan, di situ ada jalan! Ide-ide dan bentuk usaha atau bisnis berikut ini tidak banyak membutuhkan biaya atau modal untuk memulainya. Dan ini sangat cocok bagi mereka yang bermimpi untuk jadi pengusaha di Surabaya dengan anggaran atau modal kecil.

Pemandu Wisata (Tour Guide)

4 Peluang Usaha Bermodal Kecil yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Sama dengan Yogyakarta dan Bali, Surabaya juga memiliki beberapa tempat wisata bersejarah dan menarik untuk dikunjungi oleh turis asing maupun lokal. Contohnya seperti Musium Surabaya, Monumen Kapal Selam, Surabaya Carnival Park, Ekowisata Mangrove, dan masih banyak lagi. Ini jelas menjadi peluang usaha yang bagus bagi Anda yang ingin menjadi wirausahawan.

Tidak perlu muluk-muluk untuk memikirkan apakah Anda harus memiliki kantor untuk bisnis ini. Anda bisa menjadi pemandu wisata dengan modal yang terbilang sangat rendah. Cukup dengan bermodalkan kemampuan berkomunikasi dan bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar, Anda bisa memulai jenis usaha ini. Dan tidak lupa Anda juga harus melakukan riset mengenai tempat-tempat wisata di Surabaya untuk modal pengetahuan Anda. Internet dan aplikasi-aplikasi serupa Google Places bisa menjadi referensi Anda.

Berikutnya, Anda perlu memperluas jaringan agar orang-orang mengetahui usaha Anda. Anda hanya perlu memanfaatkan akun media sosial seperti Instagram atau twitter sebagai wadah bentuk usaha ini. Sertakan foto-foto dan caption menarik dari tempat-tempat wisata di Surabaya di feed akun media sosial Anda. Tidak lupa Anda juga harus menyertakan informasi kontak dan bio mengenai penjelasan usaha Anda dan jasa apa saja yang akan Anda berikan. Tagar atau hashtag yang Anda bubuhkan di setiap feed akun media sosial akan membantu memperluas jaringan Anda. Sehingga Anda bisa menjangkau lebih luas kepada orang yang butuh untuk dipandu selama mereka liburan di Surabaya.

Bisnis Kuliner

4 Peluang Usaha Bermodal Kecil yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Selain tempat wisata, Surabaya juga memiliki kuliner khas yang menggugah selera orang-orang. Katakanlah Lontong Balap, Rawon Setan, Soto Lamongan, dan makanan khas lainnya yang banyak menarik konsumen. Siapa sih yang tidak butuh makan? Kuliner masih menjadi peluang usaha yang diminati oleh banyak orang.

Jika Anda cermat, Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai masalah permodalan. Sesuatu yang baik dan besar dimulai dari yang kecil terlebih dahulu. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menggunakan modal besar dan langsung menyewa tempat yang besar sekelas restoran. Bahkan jika Anda mulai membuka usaha di tempat strategis di suatu pinggir jalan dengan gerobak pun masih tetap bisa berpotensi mendatangkan banyak pelanggan. Dengan syarat, Anda harus bisa memanfaatkan teknologi informasi yang sudah berkembang pesat sekarang ini.

Adakan riset dan daftarkan bisnis kuliner Anda di Google Place agar orang-orang mengetahui eksistensi bisnis Anda. Jika Anda bisa memuaskan pelanggan dari makanan yang Anda sajikan, pelanggan akan meninggalkan komentar baik secara online lewat Google Place atau aplikasi semacamnya. Dan lambat laun bisnis Anda diharapkan bisa menjadi terkenal dan nantinya bisa Anda kembangkan lagi ke tahap yang lebih besar.

Event Organizer (EO)

4 Peluang Usaha Bermodal Kecil yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Aktivitas masyarakat Surabaya terbilang tidak kalah sibuknya seperti di Jakarta. Padatnya penduduk Surabaya membuat orang-orang membutuhkan suatu acara atau event yang menghibur, edukatif, dan inspiratif. Karena kota Surabaya ditinggali oleh berbagai macam jenis penduduk seperti mahasiswa, pebisnis, turis asing dan lokal, dan lainnya. Jika Anda jeli, ini bisa menjadi peluang usaha yang menarik.

Jika Anda mahasiswa atau seseorang yang memiliki jaringan luas di antara komunitas-komunitas di Surabaya, itu cukup untuk menjadi modal Anda. Perencanaan bisnis yang matang, visi dan misi yang jelas, dan pengalaman mengorganisir suatu acara akan menjadikan EO Anda bisnis yang menguntungkan. Bahkan untuk memulainya, Anda tidak harus menggunakan modal besar. Cukup dengan kemampuan komunikasi yang baik dan manfaatkan jaringan yang Anda miliki akan menjalankan jenis usaha ini. Jika Anda benar-benar orang yang berpengalaman dan dipercaya, mencari sponsor untuk suatu acara yang Anda buat tentu akan termudahkan.

Konsultan Media Sosial

4 Peluang Usaha Bermodal Kecil yang Menjanjikan di Kota Surabaya

Seiring dengan perkembangan bisnis di Surabaya, banyak bisnis dan startup yang membutuhkan peran media sosial baik untuk kebutuhan pemasaran dan brandingPerusahaan besar biasanya menyewa agen atau anggota staf full-time untuk mengelola akun dan blog Facebook, Instagram, dan Twitter mereka. Tetapi, usaha atau startup kecil seringkali harus mengelola media sosial mereka sendiri. Dengan begitu banyak tanggung jawab lain yang terbengkalai akibat pemilik bisnis mungkin terlalu sibuk atau kewalahan dalam menjalankan strategi pemasaran via media sosial.

Anda sebagai konsultan yang berpengalaman di bidang media sosial dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, jadwal posting, dan konten untuk target pelanggan mereka. Begitu jumlah followers mereka bertambah, bisnis kecil Anda pun juga akan berkembang pesat.

Masih banyak lagi ide dan peluang usaha atau bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan di kota Surabaya. Hampir mirip dengan Jakarta, kota ini juga membuka peluang secara luas terhadap ide dan bentuk usaha apapun. Sekarang, Anda hanya perlu memikirkan bagaimana agar keuangan bisnis Anda bisa terkelola dengan baik. Anda tentu membutuhkan tool yang tepat untuk mengurusi masalah pencatatan transaksi bisnis dan pelaporan keuangannya.

Dengan Software Akuntansi, semua hal tersebut bisa terkelola dengan cepat dan mudah. Jurnal, salah satu Software Akuntansi terpercaya dan andal bisa menjadi opsi terbaik Anda. Karena dengan Jurnal, proses pencatatan bisa diatur dengan mudah. Contohnya, Anda bisa memberikan nomor transaksi per transaksi pembelian yang Anda lakukan atau Jurnal bisa menomorinya secara otomatis. Hal ini tentu akan mempermudah pelacakan transaksi ketika Anda ingin melihat histori suatu transaksi dan untuk kebutuhan audit. Guidebook mengenai pengaturan nomor transaksi bisa Anda lihat di sini.