Yogyakarta atau Jogjakarta memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak potensi. Ada banyak nilai lebih yang dimiliki baik dari sumber alam maupun manusianya. Yogyakarta juga menjadi salah satu kota dengan peluang usaha yang besar. Semua jenis usaha bisa ditemukan di kota ini, mulai dari usaha kecil, menengah hingga bisnis besar dengan keuntungan yang tidak tanggung-tanggung. Pelaku usahanya pun berasal dari kalangan apa saja, ada dari kalangan muda hingga orang tua. Peluang usaha di kota ini cukup luas dan dapat menjadi kesempatan untuk siapa saja termasuk Anda. Jika Anda salah satu yang bertempat tinggal di Yogya, tidak ada salahnya mencoba hal baru termasuk membuka usaha. Peluang usaha di Yogya apa saja yang bisa Anda coba? Berikut Jurnal berikan ulasannya.

Kuliner

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaSebagian besar wilayah di kota Yogyakarta diisi oleh para pendatang. Potensi wisata yang tinggi serta banyaknya kampus ternamalah yang menjadi alasan. Menjadi wisatawan di suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati makanan khas daerah tersebut. Ini mengapa bisnis kuliner menjadi salah satu usaha yang menggiurkan jika didirikan di Yogya. Bukan hanya itu, Yogya sendiri memiliki banyak macam kuliner yang diminati. Ada gudeg, oseng mercon, mangut lele, mie lethek, bakmi jawa, bakpia, dan masih banyak lainnya.

Potensi usaha kuliner pun bisa lebih besar jika dikaitkan dengan mahasiswa yang memenuhi kota pelajar ini. Di tengah padatnya tugas yang harus dikerjakan, tentunya sebagian besar dari mahasiswa tidak sempat untuk memasak makanannya sendiri. Mereka pun seringkali memerlukan camilan untuk menemani kegiatan mengerjakan tugas. Usaha katering, warung makanan murah, menjajakan kue basah dan snack ringan bisa menjadi ide yang cocok untuk kalangan ini. Selain itu mahasiswa saat ini juga memerlukan tempat mengerjakan tugas, rapat organisasi atau sekadar tempat untuk nongkrong bersama teman-teman. Usaha kuliner bisa dibuat lebih fancy dengan mengembangkannya menjadi coffee shop atau co-working space yang dapat digunakan sebagai tempat berkumpul dan mengerjakan berbagai hal.

Kos dan Penginapan

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaMasih dihubungkan dengan wisatawan dan juga mahasiswa, peluang usaha lainnya yang akan laris manis jika dikembangkan di Yogya adalah kos dan penginapan. Tahun 2019 pemerintah setempat menargetkan adanya 10 juta kunjungan wisatawan. Dan menurut data BPS tahun 2014/2015 setidaknya ada sekitar 350 ribu mahasiswa yang ada di Yigya dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan banyaknya jumlah wisatawan dan mahasiswa tersebut, sudah tentu kos dan penginapan dibutuhkan setiap harinya. Anda bisa memanfaatkan kamar-kamar yang tidak digunakan di rumah untuk disewakan. Bisa juga dengan membuat penginapan atau kos yang profesional untuk menampung lebih banyak orang. Potensi ini akan lebih besar jika memasuki liburan atau acara-acara spesial kampus seperti wisuda.

Sewa Motor dan Mobil

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaAgar dapat menikmati berbagai tempat wisata di kota ini, tentunya dibutuhkan sarana transportasi untuk menuju lokasi. Di Yogya terdapat berbagai transportasi publik yang akan mengantarkan menuju tempat wisata tertentu. Namun masih ada tempat wisata yang tidak dapat dijangkau. Selain itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika memilih menggunakan transportasi publik. Oleh karenanya banyak yang memilih memakai kendaraan pribadi agar perjalanan yang ditempuh lebih singkat dan nyaman. Hal ini juga berlaku bagi mahasiswa yang memadati kota Yogya.

Banyak yang membutuhkan kendaraan sendiri agar lebih leluasa bepergian. Anda dapat memanfaatkan ini menjadi pendapatan dengan menyewakan moda transportasi seperti motor dan mobil. Karena persewaan motor dan mobil cukup berisiko, Anda harus membuat rencana usaha yang matang terlebih dahulu. Peminjaman sebaiknya diawasi sebaik mungkin agar motor dan mobil yang dipercayakan untuk dibawa orang lain dapat kembali dengan selamat kepada Anda.

Perabotan dan Perkakas Murah

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaPeluang usaha ini biasanya sangat diminati di lingkungan mahasiswa. Ada berbagai tipe kos atau asrama yang disediakan di kota pelajar ini, baik yang full furnished atau tanpa furnitur. Untuk kos yang tanpa furnitur, para mahasiswa biasanya membutuhkan perabotan baru untuk mengisinya. Perabot seperti kasur, lemari, meja belajar kursi dan lain sebagainya. Untuk kos yang sudah full furnished juga tetap membutuhkan perkakas kecil seperti bantal, selimut, karpet, sapu, gayung dan sebagainya. Karena kebutuhan akan perabotan dan perkakas ini akan terus ada, tidak ada salahnya jika memanfaatkan ini sebagai peluang usaha.

Fotocopy dan Alat Tulis Kantor

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaMahasiswa dengan beragam kegiatan dan tugas kampusnya, mengunjungi toko fotocopy dan alat tulis kantor tentu menjadi keseharian. Tidak heran jika usaha ini sangat menjamur di lingkungan kampus. Begitu juga dengan Jogja mengingat sebutannya sebagai kota pelajar. Jenis usaha ini memang sudah menjamur, namun tetap akan berkembang karena dibutuhkan oleh banyak orang. Fotocopy dan alat tulis kantor bisa menjadi pilihan bisnis yang ditekuni. Anda bisa membuka usaha fotocopy dan alat tulis kantor di daerah-daerah yang dekat dengan kos mahasiswa. Selain membuka jasa fotocopy, bisa juga ditambah dengan laminating, jasa jilid skripsi, edit foto dan lainnya yang kiranya dibutuhkan oleh mahasiswa.

Oleh-Oleh

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaSatu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan yakni membeli oleh-oleh. Begitupun bagi mahasiswa, mudik ke kampung halaman tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan. Yogya memiliki banyak sekali pilihan yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika pulang ke daerah asal. Ada berbagai jenis makanan, seperti bakpia, yangko, geplak, gudeg dan lain sebagainya. Ada juga macam-macam barang yakni batik, kerajinan perak, kaos Jogja, aksesoris dan masih banyak lagi. Untuk memanfaatkan momen pulang para wisatawan dan mahasiswa menjadi pundi-pundi keuntungan, Anda bisa mencoba usaha oleh-oleh yang cukup menggiurkan.

Fashion

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaBisnis fashion tidak pernah ada matinya dan bisa dibuka dimana saja. Terkhusus Yogya di mana banyak sekali kalangan muda yang memang sangat berminat dengan aneka barang-barang fashion. Ketika Anda ingin membuka sebuah usaha di Yogya, jangan ragu untuk memunculkan item fashion sebagai salah satu pilihannya. Anda bisa menyasar kaum mahasiswa dengan koleksi pakaian yang bisa digunakan untuk kegiatan kuliah ataupun nongkrong. Atau bisa menyasar para wisatawan dengan membuka usaha batik dan kaus khas Yogya.

Tour and Travel

Peluang Usaha Menjanjikan di Yogyakarta yang Patut DicobaDengan predikat sebagai kota wisata, sudah barang tentu membuat Yogya dipadati oleh banyak wisatawan. Akan tetapi tidak jarang di antara mereka yang datang tanpa ada pengetahuan mengenai tempat-tempat wisata di Yogya dan bagaimana cara menjangkaunya. Ada juga yang ingin berwisata dengan santai dan praktis dengan adanya pendampingan. Tour and travel adalah usaha yang bisa Anda dirikan untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda bisa menyediakan beragam paket, mulai dari yang paling sederhana seperti antar jemput di tempat wisata hingga paket wisata lengkap dengan menyediakan jemputan, penginapan, wisata ke berbagai tempat sekaligus guide-nya.

Itu tadi beberapa peluang usaha yang bisa Anda buka di Jogja. Anda bisa memilih usaha manapun untuk dijalani sesuai dengan potensi wilayah Anda, modal, waktu dan kemampuan. Dan usaha apapun yang dipilih, pastikan pengelolaan keuangan tetap terjaga. Jika Anda merasa kerepotan untuk melakukannya, serahkan saja pada Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bisnis Anda. Temukan kemudahan lainnya dengan mengikuti konsultasi secara gratis dengan profesional hanya di sini dan dapatkan solusi terbaik untuk usaha Anda.

Author