Medan merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara dan menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Ramainya kota Medan menjadikan kota tersebut memiliki banyak peluang usaha. Selain prospek yang cerah, usaha di Medan juga menjanjikan untung yang besar. Oleh karena itu, menjadi pengusaha menjadi pilihan yang cukup banyak dimintai. Bagi Anda yang tinggal di kota Medan atau ingin membuka usaha, Medan dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang perlu dipertimbangkan.

Memulai usaha di Medan mungkin memang susah-susah gampang. Namun, jika Anda berani dan dapat mempersiapkan semua hal seperti analisis peluang, konsep bisnis serta strategi pemasaran tentu saja nama besar atau brand usaha Anda hanya tinggal menunggu waktu. Tidak cukup itu, niat dan kerja keras tentu saja wajib Anda miliki. Lalu, peluang usaha seperti apa yang cocok di kota Medan?

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap saat dalam dunia bisnis pasti akan selalu ada pendatang dan pembaharuan. Karenanya, Anda juga harus memiliki kreativitas agar dapat bersaing dengan yang lain. Berikut ini ada beberapa referensi untuk Anda yang ingin membuka usaha di Medan.

Bisnis Jualan Kue Khas Medan

6 Peluang Usaha di Medan yang Menguntungkan

Kue khas medan sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain datang kesana langsung, orang-orang juga banyak yang melakukan penitipan untuk membeli kue khas Medan. Karenanya Anda bisa mencoba peluang usaha ini. Terlebih jika Anda memiliki hobi kuliner. Seperti pepatah ‘sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui’ selain menyalurkan hobi, Anda juga dapat memperoleh keuntungan bukan? Sementara, untuk masalah promosi atau strategi marketingnya Anda dapat memanfaatkan social media seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Kemudian, jika Anda berencana membuka bisnis offline maka Anda dapat mencari lokasi yang strategis.

Baca juga: 5 Cara Membuat Strategi Pemasaran Bisnis Online Agar Viral

Jasa Laundry

6 Peluang Usaha di Medan yang MenguntungkanBisnis jasa cuci pakaian atau laundry di zaman sekarang merupakan sebuah solusi bagi orang=orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Oleh karena itu, peluang usaha laundry sangat besar di Medan. Bisnis laundry juga cukup mudah bukan? Selain menguntungkan, siapapun dapat melakukannya termasuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri.

Baca juga: Strategi Efektif Mengelola Modal Usaha Bagi Pemula

Bisnis Katering atau Rumah Makan

6 Peluang Usaha di Medan yang MenguntungkanBisnis catering atau rumah makan merupakan salah satu bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Bisnis ini sangat berpeluang besar, mengingat makan merupakan kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, bisnis katering juga dapat digunakan saat ada acara tertentu di mana mereka tidak memiliki waktu untuk memasak atau menghindari kerepotan. Nah, seperti judulnya rumah makan, artinya yang dijual makanan maka untuk membuka usaha ini Anda juga harus memiliki keahlian memasak. Dengan masakan yang enak dan lezat, maka orang-orang akan sering memesan katering Anda. Untuk memilih tempat yang strategis, Anda dapat membuka usaha ini di dekat daerah kampus, kosan, perkantoran, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemasaran yang jitu.

Bisnis Properti

Medan merupakan kota yang semakin hari semakin tumbuh dan berkembang. Akan selalu ada pendatang yang datang ke Medan baik untuk sekolah, bekerja ataupun tinggal menetap. Pertumbuhan tersebut tentu saja membawa dampak dalam berbagai aspek, salah satunya yakni dari segi bisnis properti. Merujuk hukum alam, semakin banyak orang tinggal di suatu daerah dan membutuhkan tempat tinggal, maka harga tempat tinggal, rumah, properti pun akan meningkat. Dengan begitu, Anda pun dapat memanfaatkan peluang usaha ini. Anda dapat menjadi agen pemasaran properti, atau jika Anda memiliki modal yang banyak, Anda dapat membeli tanah kemudian dibangunkan perumahan rakyat.

Usaha Fotocopy

6 Peluang Usaha di Medan yang MenguntungkanDi Medan banyak terdapat kampus ataupun perkantoran, karena itu fotocopy dan percetakan cocok untuk usaha di sana. Usaha fotocopy dapat dibilang cukup menjanjikan apalagi  jika lokasi nya strategis, bisnis ini tidak pernah sepi. Lihat saja dalam satu kampus ada berapa banyak jumlah mahasiswa nya apalagi setiap tahun terus bertambah jumlahnya. Kemudian, ada berapa kampus dalam satu kota biasanya pasti lebih dari satu bukan? Itulah kenapa bisnis fotocopy menjadi menguntungkan. Jika Anda merasa jasa fotocopy saja tidak terlalu menarik, maka Anda juga dapat menambahkan berbagai macam perlengkapan alat tulis ataupun yang lainnya. Sehingga, akan ada banyak alasan untuk pembeli datang ke tempat usaha Anda.

Usaha Makanan Organik

Masyarakat Indonesia kini semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Kesadaran ini pun terbawa sampai dalam hal pemilihan makanan. Hal ini karena menurut mereka pemilihan makanan organik merupakan sebuah prioritas untuk memenuhi kebutuhan. Untuk membuka usaha ini caranya, Anda dapat bekerja sama atau menjadi agen dengan perusahaan makanan organis yang sudah terkenal. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan petani sayuran di daerah yang menanam sayuran organik. Atau cara lainnya, Anda sendiri yang menanam tanaman organik sehingga biaya nya pun dapat diminimalisir atau di efisien kan. Makanan organik terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit karena itu bisnis ini layak untuk Anda coba.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Usaha

6 Peluang Usaha di Medan yang MenguntungkanItulah beberapa peluang usaha di Medan yang cukup menguntungkan dan dapat dijadikan referensi. Namun, untuk membuka sebuah usaha tidak cukup hanya mengetahui jenis usaha nya saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan juga, diantaranya seperti:

  • Business Plan

Business plan atau rencana bisnis perlu Anda buat sebelum membuka sebuah usaha. Hal ini karena rencana bisnis berkaitan dengan rencana masa depan Anda dan usaha Anda. Untuk membuat rencana bisnis, Anda dapat melakukan penelitian terlebih dahulu sehingga bisnis yang nantinya akan Anda bangun benar-benar matang. Business plan ini minimal berisi informasi seperti model usaha, strategi pemasaran, target pasar, dan sebagainya.

  • Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan  keuangan juga harus Anda perhatikan. Pastikan bahwa sistem pengelolaan keuangan bisnis Anda baik dan benar. Hal ini karena, keuangan memiliki dampak terhadap kelangsungan usaha Anda. Maka dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, perusahaan akan terus berkembang dan maju. Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal. Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang mudah dan dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi dengan aman, cepat, dan mudah.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti meng-input penjualan, setting penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan, dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis. Sehingga Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan. Jurnal juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lain yang sangat bermanfaat untuk Anda. Selain itu, Jurnal yang memiliki sistem cloud membuatnya dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik di sini.