Permintaan pasar pada makanan ringan terus meningkat di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Hal ini membuat bisnis makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang diminati banyak orang dan menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang dapat memberikan keuntungan lebih besar. Bisnis makanan ringan ini juga termasuk bisnis yang fleksibel, terutama dalam masalah modal. Berikut adalah beberapa peluang bisnis makanan ringan yang bisa Anda jalankan dengan modal yang kecil.

 

Kedai Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman khas dan favorit orang Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pengusaha memulai bisnis kedai kopi. Jika Anda termasuk salah satu pecinta kopi, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang kecil dengan membuka angkringan atau warung kopi. Bisnis kopi juga memiliki banyak pesaing, jadi usahakan untuk membuat inovasi dalam membuat kopi. Ada banyak kopi yang bisa Anda coba untuk membuat produk unggulan kedai kopi Anda seperti kopi luwak, arabika, robusta, dan masih banyak lagi.

 

Minuman Dingin

Banyak masyarakat Indonesia menyukai jenis muniman dingin, terutama ketika cuaca sedang panas. Minuman dingin memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak kecil hingga dewasa, maupun laki-laki dan perempuan. Bisnis ini juga merupakan salah satu bisnis dengan prospek dan keuntungan yang cukup besar. Jika tertarik menjalankan bisnis ini, pilihlah lokasi bisnis yang sesuai seperti dekat sekolah atau kampus, atau di tempat yang panas. Anda juga dapat menjual berbagai minuman dingin mulai dari ice cream, jus buah, bubble drink, thai tea, es susu, puding, dan lain sebagainya.

 

Roti Bakar

Bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat Anda jalankan dengan modal kecil dan dapat dilakukan diberbagai tempat, mulai dari membuat kedai sendiri, berjualan di taman, dekat sekolah, ataupun dipinggir jalan. Untuk menarik daya tarik pelanggan dan calon pelanggan, Anda dapat membuat inovasi pada produk roti bakar, misalnya dengan menambahkan topping baru atau dengan memberikan kebebasan pada pelanggan untuk memesan roti bakar dengan topping sesuai selera mereka.

 

Singkong Keju

Singkong merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Di era mdern seperti sekarang, banyak pengusaha yang memulai bisnis dengan memanfaatkan makanan tradisional yang dibungkus secara modern, salah satunya singkong keju. Selain modal yang dibutuhkan sedikit, membuat singkong keju juga cukup sederhana. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, cobalah untuk sajikan singkong keju dengan berbagai variasi mulai dari rasa pedas, cokelat, keju, dan lain-lain

 

Keripik

Meski terlihat jadul, ternyata bisnis ini bisa dikemas menjadi bisnis modern. Apalagi, hingga saat ini masih banyak peminat keripik, namun tidak banyak yang menjual makanan ini. Keripik biasanya dicari banyak konsumen untuk menemani kegiatan mereka seperti nonton bola, belajar, kumpul bersama teman, dan sebagainya. Untuk menarik konsumen, Anda dapat menjual berbagai jenis keripik seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan jangan lupa berikan variasi rasa di setiap keripik yang akan Anda jual.

 

Itulah lima peluang bisnis makanan ringan yang dapat Anda manfaatkan. Dengan memulai bisnis kuliner, berarti Anda juga harus siap untuk terus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis. Strategi bisnis juga sangat dibutuhkan dalam me mbuat inovasi. Untuk itu, Anda harus membuat strategi yang tepat dengan melihat laporan keuangan bisnis.

 

Dengan melihat laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengambil keputusan dalam membuat strategi bisnis. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda menyediakan laporan keuangan secara lengkap dan instan. Dengan Jurnal, Anda juga dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan perusahaan di mana pun dan kapan pun. Info lebih lanjut mengenai berbagai fitur Jurnal lihat di sini dan segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal!

Author