Jurnal Enterpreneur

5 Peluang Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

Bisnis kuliner seperti makanan cemilan atau makanan ringan adalah salah satu bisnis yang saat ini sedang menjadi tren, karena sebagai salah satu bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan kita.

Permintaan pasar pada makanan ringan terus meningkat di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Hal ini membuat bisnis makanan ringan menjadi salah satu bisnis yang diminati banyak orang dan menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang dapat memberikan keuntungan lebih besar.

Bisnis makanan ringan ini juga termasuk bisnis yang fleksibel, terutama dalam masalah modal.

Modal usaha yang digunakan untuk menjalankan bisnis makanan ringan cenderung lebih kecil.

Rekomendasi Bisnis Makanan Ringan

Jika Anda tertarik untuk mencoba berbisns di bidang makanan, Anda harus mengetahui peluang makanan apa yang sekiranya memiliki banyak peminta.

Biasanya, bisnis makanan memiliki tren yang unik sehingga Anda tidak boleh ketinggalan akan hal ini. Berikut adalah beberapa peluang bisnis makanan ringan yang bisa Anda jalankan dengan modal yang kecil.

Kedai Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman khas dan favorit orang Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak pengusaha memulai bisnis kedai kopi.

Jika Anda termasuk salah satu pecinta kopi, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang kecil dengan membuka angkringan atau warung kopi.

Bisnis kopi juga memiliki banyak pesaing, jadi usahakan untuk membuat inovasi dalam membuat kopi.

Ada banyak kopi yang bisa Anda coba untuk membuat produk unggulan kedai kopi Anda seperti kopi luwak, arabika, robusta, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Menghitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop

Minuman Dingin

Banyak masyarakat Indonesia menyukai jenis minuman dingin, terutama ketika cuaca sedang panas.

Minuman dingin memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak kecil hingga dewasa, maupun laki-laki dan perempuan.

Bisnis ini juga merupakan salah satu bisnis dengan prospek dan keuntungan yang cukup besar.

Jika tertarik menjalankan bisnis ini, pilihlah lokasi bisnis yang sesuai seperti dekat sekolah atau kampus, atau di tempat yang panas.

Anda juga dapat menjual berbagai minuman dingin mulai dari ice cream, jus buah, bubble drink, thai tea, es susu, puding, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Roti Bakar

Bisnis makanan ringan selanjutnya adalah bisnis roti bakar. Hanya dengan dengan modal kecil, Anda dapat menjalankan bisnis ini di berbagai tempat, mulai dari membuat kedai sendiri, berjualan di taman, dekat sekolah, ataupun dipinggir jalan.

Untuk menarik daya tarik pelanggan dan calon pelanggan, Anda dapat membuat inovasi pada produk roti bakar, misalnya dengan menambahkan topping baru atau dengan memberikan kebebasan pada pelanggan untuk memesan roti bakar dengan topping sesuai selera mereka.

Baca Juga : 4 Alasan Peluang Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Singkong Keju

Singkong merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Di era modern seperti sekarang, banyak pengusaha yang memulai bisnis dengan memanfaatkan inspirasi bisnis kuliner semacam ini, misalnya singkong keju.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, cobalah untuk sajikan singkong keju dengan berbagai variasi mulai dari rasa pedas, cokelat, keju, dan lain-lain

Baca Juga : Peluang Bisnis Makanan Indonesia yang Mendunia

Keripik

Saat ini masih banyak orang yang sangat suka dengan cemilan keripik, namun tidak banyak yang menjual makanan ini, dan menjadikannya bisnis yang menguntungkan.

Untuk menarik konsumen, Anda dapat menjual berbagai jenis keripik seperti keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, dan jangan lupa berikan variasi rasa di setiap keripik yang akan Anda jual.

Itulah lima peluang bisnis makanan ringan yang dapat Anda manfaatkan. Dengan memulai bisnis kuliner, berarti Anda juga harus siap untuk terus membuat inovasi untuk mengembangkan bisnis.

JIika bisnis yang Anda pilih sudah berjalan, gunakanlah aplikasi invoice untuk bisa memantau transaksi jual beli bisnis.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : 20 Peluang Usaha yang Perlu Anda Coba

Manfaat aplikasi invoice adalah bisa memproses dan memonitor segala transaksi pelanggan dengan cepat serta pembuatan invoice yang otomatis.

Memantau kegiatan jual beli dalam bisnis Anda tidak lagi memakan waktu dan tenaga yang besar.

Selain itu, Anda harus membuat strategi yang tepat dengan memakai software akuntansi bisnis kuliner serta pantau laporan keuangan bisnis Anda dengan mudah.

Jangan lupa untuk membuat analisa omzet agar Anda mendapatkan gambaran atas pendapatan dan keuntungan dari bisnis tersebut.

Dengan begitu Anda dapat memilih mana bisnis yang cocok untuk dijalankan di lingkungan Anda.

Dengan melihat laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengambil keputusan dalam membuat strategi bisnis.

Jurnal merupakan software akuntansi online dan aplikasi pembukuan online shop untuk bisnis kuliner yang dapat membantu Anda menyediakan laporan keuangan secara lengkap dan instan.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat lebih mudah melihat kondisi keuangan perusahaan di mana pun dan kapan pun.

Info lebih lanjut mengenai berbagai fitur software akuntansi bisnis kuliner dari Jurnal, bisa Anda lihat di sini dan segera daftarkan bisnis Anda sekarang di Jurnal, dan dapatkan demo gratis free trial 14 hari!.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo