Mekari Jurnal
Daftar Isi

5 Cara Pengelolaan Keuangan Bisnis Kecil Anda Agar Lebih Efisien

Tayang 15 Aug 2018
Diperbarui 28 Desember 2023

Menjalankan sebuah bisnis, sangat penuh dengan pasang surut dan memiliki banyak tantangan dalam hal pengelolaan, termasuk pengelolaan keuangan.

Bagi pemilik bisnis kecil, pengelolaan keuangan yang masih terkesan sedikit, terkadang justru menjadi bumerang ketika proses akuntansinya tidak segera di manajemen dan dirampingkan dari awal bisnis.

Oleh karena itu, untuk menghindari adanya kesalahan perhitungan pada masa pembayaran pajak dan pengajuan tambahan modal atau investasi, maka ada baiknya setiap bisnis mulai memikirkan kebutuhan pengelolaan keuangan dengan bantuan laporan keuangan dan pencatatan akuntansi secara efisien melalui tips di bawah ini.

Gunakan Smartphone Anda Untuk Pembukuan

gunakan aplikasi pembukuan dalam smartphone
Pastikan Anda menggunakan perangkat lunak pembukuan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran melalui smartphone ketika Anda pergi.

Dengan sistem pembukuan yang bisa diakses dari mana saja, Anda akan sangat terbantu untuk memastikan tidak ada pengeluaran bisnis yang tidak dapat diklaim atau tercatatkan segera selama dalam perjalanan.

Dengan penggunaan aplikasi akuntansi online seperti Jurnal mobile melalui smartphone, Anda seperti membawa asisten pembukuan Anda kemana pun Anda pergi.

Merekam semua transaksi melalui aplikasi mobile juga membantu akuntan Anda untuk mengelola keuangan Anda dengan lebih baik.

Dapat menggunakan smartphone Anda bersama dengan cloud accounting akan memungkinkan akses realtime ke data keuangan Anda, yang bisa diartikan sebagai manajemen sehari-hari yang lebih baik.

Pastikan Anda Dapat Mengklaim Semua Biaya yang Dibolehkan

Pastikan Anda Dapat Mengklaim Semua Biaya yang Dibolehkan
Manajemen biaya yang akurat adalah salah satu pelajaran paling penting untuk bisnis kecil, namun meskipun begitu banyak dari pengusaha masih tidak yakin biaya apa saja yang dapat dan tidak dapat diklaim.

Jika berbicara tentang pajak dengan kaitan biaya yang bisa diklaim, maka cara termudah untuk mengurangi pajak adalah dengan mencatat, menyimpan bukti pembayaran dan mengetahui biaya sebenarnya selama proses menjalankan perusahaan.

Jangan kehilangan tanda terima, karena dalam beberapa tanda terima tersebut sudah tertera pajak yang telah Anda bayarkan melalui PPN di setiap pembelian, sehingga di kemudian hari, Anda dapat melakukan klaim untuk menerima pengurangan pajak.

Masukkan bukti pembayaran ke dalam folder (manual atau elektronik) dan beri label dengan tanggal-tanggal penyisihan sesuai dengan aturan pajak.

Dengan folder atau pencatatan pengelompokan, Anda akan selalu memiliki informasi yang tepat saat dibutuhkan tetapi tidak akan terkacaukan dengan folder pembayaran yang sudah digunakan untuk penghitungan pajak sebelumnya.

Tetap di Atas Pembukuan Anda

Hindari menunda pembukuan, dan sebagai gantinya, pastikan semua catatan Anda sudah diperbarui.
Hindari menunda pembukuan, dan sebagai gantinya, pastikan semua catatan Anda sudah diperbarui.

Pindahkan semua tanda terima atau simpan dalam amplop untuk setiap keuangan yang telah dikeluarkan. Jangan menunda tumpukan tanda terima yang ada di meja.

Sisihkan waktu selama setengah jam seminggu untuk menjaga pencatatan akuntansi Anda secara teratur.

Pembukuan paling baik dilakukan ketika bukti transaksi masih sedikit dan sering.

Dengan melakukan pengecekan dan pencatatan secara teratur, proses pembukuan tidak hanya memakan waktu lebih sedikit, tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk menjalankan perusahaan berdasarkan informasi terkini yang akan memberi perusahaan Anda peluang terbaik untuk sukses.

Tunjuk Penasihat Pajak

tunjuk penasehat pajak
Gunakan jasa seorang akuntan maupun software akuntansi keuangan.

Seorang akuntan akan memberi saran tentang di mana pajak dapat disimpan dan memastikan klien memanfaatkan tunjangan yang tersedia.

Carilah seorang akuntan atau jasa penyedia layanan akuntansi yang memiliki paket lengkap dari pembukuan, rekonsiliasi, perhitungan hingga pengembalian pajak dan konsultasi keuangan untuk efisiensi dan merampingkan masalah akuntansi Anda.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Pengusaha Harus Menggunakan Jasa Akuntan

Berbicara dengan Akuntan Secara Berkala

rutin berkoordinasi dengan akuntan

Ketika Anda mempertimbangkan proyek-proyek baru, seorang akuntan akan memberitahu Anda apakah proyek tersebut telah memenuhi syarat untuk memperoleh keringanan pajak dan apakah Anda dapat mengklaim sekarang atau menunggunya hingga akhir tahun.

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk bertemu dengan penasihat pajak secara teratur sehingga Anda dapat mempertimbangkan semua peluang potensial yang tersedia bagi Anda untuk mengurangi kewajiban pajak dan membuat rencana ke depan.

Di Jurnal software akuntansi online, kami menyediakan layanan menyeluruh yang terkait dengan pengelolaan keuangan, penyimpanan bukti pembayaran secara otomatis melalui Jurnal Snap, penghitungan pajak, maupun integrasi terhadap layanan konsultasi keuangan bersama para konsultan mitra kami.

Anda juga bisa terus terhubung dan mencatatkan semua bukti transaksi Anda melalui Jurnal Mobile, selama dalam perjalanan.

Dapatkan kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis secara terjangkau dengan menggunakan aplikasi keuangan perusahaan Jurnal.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal