Memiliki sebuah bisnis UKM di era teknologi menuntut para pelakunya harus mampu mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Kehadiran teknologi memang akan membuat sebuah bisnis dapat berjalan dengan lebih baik. Sebelum teknologi berkembang pesat seperti sekarang ini, dulu para pebisnis selalu menggunakan teknik manual dalam menyusun hal-hal yang berbau dengan keuangan. Baik dalam menyusun neraca, jurnal, hingga laporan keuangan. Kemudian dengan kehadiran komputer, para pebisnis tersebut menjadi lebih terbantu.

Dengan adanya software pengelolaan angka seperti spreadsheet, penyusunan data keuangan menjadi lebih mudah. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata spreadsheet tidak bisa menjadi acuan pasti untuk membuat laporan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan spreadsheet cukup sulit karena adanya rumus-rumus tersendiri yang tidak semua orang mudah mengingat dan mengerti rumus tersebut.

Salah satu teknologi yang harus diterapkan para pelaku UKM adalah sistem keuangan dengan menggunakan sebuah software akuntansi. Ada beberapa alasan mengapa setiap UKM dianggap perlu menggunakan software UKM. Kehadiran teknologi keuangan berbasis software akuntansi akan membantu para pelaku UKM dalam menghemat keuangan dan waktu, serta lebih terbantu dalam merampingkan keuangan bisnisnya.

Pentingnya Penggunaan Software UKM

Tips Memilih Software UKM yang Paling Ideal untuk Menunjang Kesuksesan BisnisHingga saat ini, sudah ada berbagai macam software akuntansi yang beredar sejak 20 tahun yang lalu. Setiap pebisnis bebas untuk memilih, yang sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Ada beberapa alasan mengapa Anda sebagai pelaku UKM harus memakai software UKM.

  1. Dengan menggunakan software akuntansi, pebisnis tidak memerlukan rumus untuk menghitung secara keseluruhan laba dan rugi, berapa biaya operasional bulanan yang dikeluarkan, berapa omzet yang didapatkan, dan lain sebagainya. Semua itu, hanya cukup diinput pada software saja dan tidak perlu dihitung secara manual.
  2. Setiap pebisnis dapat melakukan review setiap saat ketika membutuhkan data keuangan bisnis. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa setiap pelaku UKM wajib menggunakan software akuntansi untuk merampingkan data keuangan bisnis. Dengan melakukan review setiap saat, maka akan sangat membantu dalam memantau kondisi keuangan bisnis.
  3. Penggunaan software akuntansi dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan. Berbeda dengan sistem manual, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan laporan keuangan untuk periode satu bulan.
  4. Pembuatan laporan pajak juga dapat dikerjakan secara lebih mudah. Software akuntansi akan memudahkan para pebisnis untuk menyusun laporan pajak tahunan. Pilihlah software akuntansi yang sudah terintegrasi dengan pajak, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat laporan pajak menggunakan software akuntansi lainnya.

Cara Memilih Software UKM Sesuai Kebutuhan Bisnis

Tips Memilih Software UKM yang Paling Ideal untuk Menunjang Kesuksesan BisnisSetelah mengetahui pentingnya menggunakan software UKM dalam mengelola bisnis, Anda harus menentukan pilihan. Software seperti apa yang Anda butuhkan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda. Saat ini sudah banyak software akuntansi di Indonesia, baik yang bersifat lokal maupun vendor dari luar negeri. Bahkan sudah ada software akuntansi online, yang memiliki kelebihan dalam hal penyimpanan data. Dengan penyimpanan data berbasis Cloud, Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan storage khusus untuk menyimpan data keuangan. Selain itu, Anda juga tidak akan takut lagi apabila komputer yang Anda gunakan untuk menyimpan data mengalami kerusakan. Data yang telah tersimpan di Cloud dapat dilihat hanya dengan koneksi internet. Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk memilih sebuah software akuntansi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memilih software sesuai dengan budget yang dimiliki. Namun, jangan sampai hanya karena melihat faktor budget, software yang Anda pilih tidak memiliki modul yang lengkap dalam membantu menyusun laporan keuangan bisnis.
  2. Memilih software yang terintegrasi dengan lembaga pemerintah, misalnya pajak. Karena pajak merupakan hal yang cukup penting bagi setiap pelaku bisnis, baik itu bisnis besar maupun UKM. Usahakan software yang Anda pilih dapat membantu dalam menyusun pelaporan pajak. Sehingga Anda tidak perlu menyewa atau meminta orang lain untuk menyusun laporan pajak bisnis.
  3. Memilih software yang mudah digunakan dan dapat diakses kapan dan di mana saja.

Daftar Software yang Cocok Digunakan Pelaku UKM

Terdapat banyak sekali jenis software akuntansi online yang beredar di Indonesia. Dari sekian banyak jenis software yang ada, tentu ada beberapa software yang populer digunakan oleh para pelaku UKM. Alasan utamanya adalah karena software tersebut mudah untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa daftar software akuntansi online yang banyak digunakan oleh para pelaku UKM di Indonesia:

1. Jurnal

Jurnal, software akuntansi online yang sangat cocok untuk digunakan para pelaku bisnis. Jurnal menyediakan laporan keuangan secara lengkap, mulai dari laporan neraca, laba-rugi, arus kas, piutang, utang, piutang, stok barang, perubahan modal, aset, penjualan, dan lain sebagainya. Laporan yang didapat akan disesuaikan dengan paket yang dipilih. Software akuntansi Jurnal dirancang untuk memudahkan setiap pebisnis dalam mencatat pembukuan keuangan meskipun belum atau tidak pernah belajar ilmu akuntansi sekalipun. Kelebihan aplikasi ini, Anda tidak perlu mengunduh ataupun install software apapun. Dan semua aktivitas input laporan serta pemeriksaan dapat dilakukan secara realtime.

2. Sleekr

Sleekr merupakan software HR berbasis cloud yang mempermudah Anda dalam mengelola administrasi perusahaan dan karyawan. Dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari penghitungan payroll, mengelola cuti, menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, mengelola klain dan reimbursement, dan masih banyak lagi. HR atau Anda juga dapat membuat laporan payroll dan absensi karyawan dengan mudah hanya dengan 1 klik.

3. Klikpajak

Klikpajak merupakan Application Service Provider (ASP) resmi dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Republik Indonesia yang telah diresmikan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak Nomor: KEP-169/PJ/2018. Aplikasi ini juga penting untuk digunakan para pelaku UKM di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini, setiap pelaku UKM dapat melakukan pelaporan untuk semua jenis pajak melalui e-Filing dengan lebih mudah. Anda tidak perlu khawatir karena data pajak akan tersimpan secara aman di arsip pajak khusus bisnis Anda. Klikpajak merupakan salah satu solusi terbaik untuk perpajakan bisnis UKM Anda dengan tampilan yang sangat mudah dipahami.

Itulah beberapa informasi tentang software UKM yang perlu Anda ketahui. Gunakan software UKM yang dapat membantu Anda dalam mengelola UKM lebih mudah. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal, Anda dapat klik di sini. Daftar sekarang juga untuk dapatkan free trial selama 14 hari.