Jurnal Enterpreneur

Cloud Jadi Solusi Bisnis UKM Ramah Biaya di Situasi Sulit

Kondisi ekonomi yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab terhambatnya pertumbuhan sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

Sebagian besar pemilik bisnis UKM terpaksa melakukan efisiensi demi bertahan di situasi krisis.

Beberapa bentuk efisiensi yang bisa dilakukan UKM ialah dengan menekan beban usaha.

Penghematan juga bisa dilakukan di lini biaya tenaga kerja, atau biaya pemeliharaan peralatan.

Jika tidak, UKM berpotensi gulung tikar karena tak mampu menanggung beban pengeluaran.

Berdasarkan data lembaga riset MARS Indonesia, banyak UKM masih enggan memanfaatkan teknologi dalam proses bisnis karena investasi yang digelontorkan cukup mahal.

Padahal, teknologi terbukti mampu meningkatkan efisiensi.

Oleh karena itu, teknolog cloud bisa jadi solusi bisnis UKM.

Berkenalan dengan Teknologi Cloud

Secara harfiyah, cloud computing atau komputasi awan merupakan paradigma baru untuk penempatan (hosting) dan pengiriman (delivering) melalui internet.

Cloud computing merupakan mekanisme sekumpulan sumber daya teknologi informasi yang saling terhubung, baik infrastruktur maupun aplikasi.

Cloud dikelola sepenuhnya oleh pihak ketiga sehingga memungkinkan pengguna memanfaatkan resource tersebut secara on-demand melalui jaringan, baik bersifat jaringan private maupun public.

Dengan teknologi cloud, UKM dapat menggunakan aplikasi tanpa harus melakukan instalasi di komputer lokal, mengakses file pribadi di komputer manapun, kapanpun melalui akses internet. T

ujuan utama penggunaan cloud adalah meningkatkan fleksibilitas dan keandalan tanpa meningkatkan biaya komputasi.

Sampai saat ini, sistem cloud telah tersedia melalui berbagai jenis layanan, seperti layanan perangkat keras (hardware), infrastruktur, platform, dan aplikasi.

Prinsipnya, cloud tak membutuhkan lokasi akhir berbentuk fisik dan konfigurasi dari sistem komputasi yang dapat mengirimkan berbagai jenis layanan ke penggunanya.

UKM dianggap membutuhkan teknologi cloud untuk menghadapi persaingan yang ketat dan bertahan di tengah guncangan ekonomi berskala besar.

Lebih rinci, simak alasan-alasan UKM membutuhkan teknologi cloud seperti dikutip Blog Mekari Jurnal.

Teknologi Cloud Murah Meriah 

Bagi pelaku bisnis UKM, pengadaan teknologi untuk penunjang bisnis perlu hitung-hitungan yang jelas. Untuk itu, teknologi cloud dianggap pas karena biaya yang dikeluarkan tidak semahal yang diperkirakan.

Dengan menggunakan cloud computing, UKM tidak perlu lagi membeli server dan software yang mencapai puluhan juta.

Kemudian pelaku bisnis UKM juga tidak harus membeli peralatan baru atau mengganti yang sudah rusak.

Semua sudah disediakan oleh perusahaan penyedia jasa cloud.  Sehingga biaya yang harusnya dikeluarkan dapat dialihkan untuk kebutuhan perusahaan lainnya

. Tentu hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Seperti halnya software akuntansi online berbasis cloud, Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal, UKM cukup hanya mengeluarkan biaya sewa sesuai kebutuhan operasional.

Fitur yang ada di Jurnal pun sangat lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan pelaku bisnis UKM, misalnya:

  • Membuat lebih dari 30 laporan keuangan secara otomatis dan akurat.
  • Menyiapkan beberapa bentuk laporan keuangan di antaranya, laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.
  • Mendata penjualan, pembelian, biaya, pelanggan, dan supplier.
  • Mengelola faktur atau invoice dengan mudah dilengkapi 11 pilihan desain profesional.
  • Mengelola stok barang secara mobile, bahkan dengan multi gudang.
  • Rekonsiliasi semua transaksi dengan data akun bank bisnis.
  • Memantau performa bisnis secara instan langsung dari aplikasi mobile.

Jurnal tak hanya bisa dipakai dengan perangkat komputer dan laptop, tetapi juga smartphone. Jadi selain murah meriah sangat efisien dan praktis.

Pada akhirnya, pemilik bisnis UKM akan diuntungkan.

Teknologi Cloud Memiliki Kapasitas Penyimpanan Cukup Besar dan Aman

Jika menggunakan cloud, pelaku bisnis UKM bisa menentukan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, pemilik usaha tak perlu menggelontorkan biaya untuk kebutuhan pembaruan (upgrade) memori komputer.

Sebagai software akuntansi online berbasis cloud, Jurnal memiliki kapasitas penyimpanan cloud storage yang sangat besar.

Pelaku bisnis UKM dapat menyimpan banyak data-data penting.

Layanannya yang berbasis online mampu untuk mengakses dan mengunduh data dimana saja dan kapan saja dengan perangkat apa pun selama memiliki jaringan internet.

Keunggulan lainnya menggunakan Jurnal adalah membantu pelaku bisnis UKM dalam mengelola, memperbaiki, mengamankan sistem yang berisi data-data berharga tersebut.

Jika dulu pelaku bisnis UKM sering kehilangan data karena terhapus atau komputer rusak, sekarang tidak perlu lagi khawatir karena cloud storage mampu menyimpan data Anda dengan sangat aman.

Teknologi Cloud Mampu Meningkatkan Produktivitas Bisnis UKM

Layanan cloud berperan besar dalam meningkatkan produktivitas perusahaan.

Pelaku bisnis UKM dengan mudah dapat mengelola data besar (big data) yang dimilikinya.

Biasanya diperlukan waktu beberapa minggu bagi seorang spesialis untuk melakukan analisis database perusahaan.

Namun dengan tools yang disediakan cloud seperti Jurnal, Anda dapat mengelola seluruh data dengan mudah dan cepat.

Pelaku bisnis hanya perlu fokus pada bisnis tanpa memikirkan biaya IT untuk pengelolaan sistem.

Cloud merupakan media kolaborasi yang sangat baik. Segala pekerjaan dapat dilakukan bersama-sama dengan cloud.

Misalnya dengan Jurnal, Anda dapat menggunakan berbagai fitur untuk meningkatkan performa bisnis.

Misalnya Mekari Pay yang memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan Anda.

Mekari Pay tersedia untuk pembayaran virtual account (bank transfer) dan kartu kredit dengan biaya minimal dan sekali pengaturan.

Kemudian, pencatatan pembukuan terhadap pembayaran yang telah diterima akan dilakukan otomatis oleh sistem secara instan.

Penagihan untuk penjualan Anda menjadi lebih mudah, cepat, dan profesional.

Teknologi Cloud Efisien

Pelaku bisnis tidak perlu lagi berkonsentrasi terhadap hal-hal kecil yang mendetail karena cloud akan melakukannya untuk Anda.

Saat ini banyak perusahaan berbasis cloud yang menawarkan jasa mereka di berbagai bidang.

Contohnya perusahaan software akuntansi berbasis cloud, Jurnal, yang akan membantu pelaku bisnis UKM dalam mengelola bisnisnya seperti laporan keuangan perusahaan.

Jurnal memiliki fitur Financial Reporting. Aplikasi pembukuan ini bisa menjadi salah satu alat yang membantu Anda melakukan proses pembukuan dengan lebih cepat dan rapi.

Sehingga, pelaku bisnis UKM bisa menganalisa dengan tepat mana pos-pos yang biayanya besar dan perlu dikontrol pengeluarannya.

Kemudian manfaat lainnya adalah layanan cloud meningkatkan daya saing bisnis. Sistem komputasi cloud beroperasi di berbagai wilayah di waktu yang berbeda.

Keluasan jaringannya memudahkan pelaku bisnis UKM untuk menjangkau, mengakses, dan berinteraksi dengan pelanggan sehingga kebutuhan pelanggan bisa difasilitasi.

Pelaku bisnis UKM juga dapat menganalisa aktivitas pasar dan merancang strategi yang tepat untuk mencapai target.

Sebagai aplikasi software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal langsung!

Kategori : BisnisDunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg
Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg
Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo