Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Kaleidoskop Akuntansi & Finansial 2023: Mulai dari Penerapan IFRS 17 hingga Prediksi Inflasi di Penghujung Tahun

Tayang 26 Dec 2023
Diperbarui 28 Desember 2023

Tidak terasa bahwa penghujung tahun 2023 sudah semakin dekat, tahun ini telah terjadi berbagai peristiwa, tren, dan isu menarik yang berkaitan dengan ekonomi, akuntansi dan finansial. Untuk gambaran lebih lengkap simak dalam kaleidoskop akuntansi 2023 berikut ini.

Baik isu lokal maupun global, peristiwa-peristiwa ini telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan di Indonesia.

Lalu, apa saja isu dan peristiwa menarik yang telah terjadi sepanjang periode tahun 2023 ini?

Simak selengkapnya dalam kaleidoskop akuntansi 2023: a voice from the past, mulai dari penerapan IFRS 17 dan PSAK 74, kabar IHSG, hingga tren inflasi Indonesia oleh Mekari Jurnal berikut ini.

IFRS 17 Rilis, Ubah Standar Akuntansi Dalam Kelola Asuransi

Kaleidoskop Akuntansi & Finansial 2023: Mulai dari Penerapan IFRS 17 hingga Prediksi Inflasi di Penghujung Tahun

Mulai 1 Januari 2023, IFRS 17 akan diterapkan secara global menggantikan standar pengaturan asuransi yang lama yaitu IFRS 4.

IFRS 4 merupakan standar interim yang mengizinkan masing-masing perusahaan asuransi untuk mengatur kebijakannya dalam mengukur kontrak asuransi.

Namun dalam implementasinya, nyatanya masi banyak perusahaan asuransi yang tidak konsisten dalam mengatur kebijakan sesuai standar yang berlaku.

Oleh karena itu, dengan adanya IFRS 17 dapat mentransformasi berbagai aspek akuntansi dalam industri asuransi serta termasuk prinsip konsistensi.

Di Indonesia, IFRS 17 telah diadopsi dan tercantum dalam PSAK 74, di mana menurut OJK akan mulai diterapkan paling lambat 1 Januari 2025.

Harapannya, dengan adanya PSAK 74 yang telah mengadopsi IFRS 17 dapat memberikan angin segar dalam perkembangan industri asuransi yang lebih baik.

Apa saja yang output yang akan dihasilkan nantinya?

Mengutip dari PWC, standar akuntansi ini akan berfokus dalam mengatur kontrak asuransi secara lebih konsisten dalam skala global.

Lebih lanjut, metode analisis akan menjadi retrospektif dengan tingkat pengukuran yang lebih rinci. Dampaknya, sistem pencatatan dan pelaporan yang lebih sistematis, meningkatkan infrastruktur teknologi akuntansi, dan mengembangkan sumber daya manusianya.

Butuh informasi lebih mengenai penerapan IFRS dan PSAK di Indonesia? Yuk, cek selengkapnya dalam artikel berikut: Mengenal Perbedaan SAK dan IFRS dalam Akuntansi 

Terus Menanjak, IHSG Pecah Rekor Tertinggi 2023

Terus Menanjak, IHSG Pecah Rekor Tertinggi 2023

Pada pembukaan perdagangan pada hari Jumat, 15 Desember 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat mencapai all time high untuk sepanjang periode tahun 2023 ini di level 7.215.

Berdasarkan para riset dan pengamat sekuritas mengungkapkan bahwa secara teknikal akan menguji tahap resistance ke level 7.200. Stabilnya volume transaksi juga dapat meningkatkan level.

Peningkatan ini sebagian besar terjadi karena ada sentimen positif dan eksternal, di antaranya kebijakan The Fed yang menahan suku bunganya di 5,25% – 5,50%.

Selain itu, sektor perbankan sentral Amerika Serikat (AS) yang memberikan pernyataan dengan puncak suku bunga dan lebih dovish. Masih dari AS, sentimen berasal dari adanya sejumlah data ekonomi yang rolis seperti data tenaga kerja.

Terakhir, pengamat juga meyakini masih ada efek dari santa clause rally yang juga berdampak pada menguatnya Rupiah dan pergerakan indeks regional.

Banyak riset, pengamat, serta analis keuangan yang memprediksi IHSG akan mencapai level 7.250-an dengan kemungkinan kecil berada di rentang 7.100-7.150.

Hingga saat artikel ini dibuat, Rabu (20/12/2023) IHSG berada di level 7.219,67 dan nilai tukar Rupiah menguat ke angka Rp 15.500 per Dollar AS.

OJK Luncurkan Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027

OJK Luncurkan Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027 Sumber: ojk.go.id

Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027 merupakan sebuah panduan dalam memberikan gambaran arah pengembangan ke depan untuk menciptakan pasar modal yang stabil, tangguh, dan berkelanjutan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan bahwa dalam roadmap ini akan berisi misi dan target yang akan dicapai untuk lima tahun ke depan.

Apa lima poin target pengembangan pasar modal Indonesia, yaitu:

  1. Kapitalisasi pasar sebesar Rp 15.000 triliun (70% dari PDB).
  2. Jumlah perusahaan yang tercatat sebanyak 1.100 buah.
  3. Jumlah investor lebih dari 20 juta.
  4. Rata-rata nilai transaksi sebesar Rp 25 triliun/ hari.
  5. Pengelolaan dana industri hingga sebesar Rp 1.000 triliun.

Lebih lanjut, pengembangan Pasar Modal akan berfokus kepada lima pilar utama berikut:

  1. Akselerasi pendalaman pasar melalui variasi produk dan layanan jasa keuangan yang efisien.
  2. Akselerasi program tentang keuangan yang berkelanjutan.
  3. Penguatan peran pelaku industri dalam pengembangan sektor keuangan.
  4. Peningkatan upaya perlindungan investor.
  5. Penguatan layanan keuangan digital untuk penguatan kredibilitas dan kepercayaan masyarakat.

Selain pilar yang dikemukakan dalam Roadmap, terdapat juga beberapa tantangan yang perlu Indonesia hadapi seperti,

Melalui adanya Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027, diharapkan pengembangan pasar modal dapat semakin terarah, maju, terkoordinasi, dan berkelanjutan untuk mendukung perekonomian Indonesia.

Inovasi AI dalam Akuntansi Semakin Kuat Secara Global di tahun 2023

kaleidoskop akuntansi dan finansial : Inovasi AI dalam Akuntansi Semakin Kuat Secara Global di tahun 2023

Tahun 2023 merupakan era transformasi baru khususnya dalam dunia akuntansi berkat berbagai trobosan terkait teknologi AI.

Adanya inovasi dan implementasi teknologi berbasis kecerdasan buatan mampu meningkatkan kinerja dan performa pada berbagai aspek dalam akuntansi, seperti eksplorasi, efisiensi, dan akurasi.

Ada beberapa fitur yang menjadi highlights dari inovasi AI dalam dunia akuntansi di tahun ini, di antaranya:

  1. Keamanan tinggi, data keuangan memiliki peran yang vital dalam aktivitas perusahaan, sehingga dengan adanya AI dapat membantu mendeteksi ancaman siber, kebocoran data, dan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Proses automasi, memungkinkan memproses berbagai praktik akuntansi yang menguras banyak waktu, tenaga, bersifat repetitif, dan meminimalisir risiko human error.
  3. Analisis berbasis AI, di mana proses analisis dapat mengidentifikasi berbagai tren dan pola dalam data keuangan historis dan memproyeksikan hasil yang dapat memperdalam wawasan bisnis.
  4. Mempercepat Pengambilan Keputusan, adanya sistem yang canggih memudahkan perusahaan dalam memprediksi arus kas, mengevaluasi performa bisnis, hingga kondisi tren dan pasar.

Adanya perkembangan dan inovasi seputar AI dalam dunia akuntansi juga memberikan kabar baik bagi pemilik dan manajemen perusahaan. Ini dapat terlihat berdasarkan beberapa survei dan raport yang dikemukakan oleh para institut global.

Berdasarkan survey KPMG LLP, sebesar 60% eksekutif perusahaan sudah mulai menunjang departemen pajak dan akuntansi dengan teknologi AI, sisanya belum menerapkan tapi tertarik untuk memulainya.

Kemudian, sebanyak 22% firma akuntansi setuju bahwa AI membantu tugas-tugasnya dan mengembangkan operasional bisnisnya.

Dari sisi investasi dan penanaman modal, International Data Corporation (IDC) mengemukakan bahwa pengeluaran untuk AI global diprediksi akan melampaui USD $ 300 miliar pada tahun 2026.

Ini mencerminkan bahwa seluruh perusahaan berfokus dalam mengembangkan AI dan memanfaatkannya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Masih banyak contoh perkembangan AI yang bisa Anda lihat melalui perusahaan akuntansi, selengkapnya dapat Anda temukan dalam artikel berikut: Perkembangan Teknologi AI Dalam Dunia Akuntansi

Pahlawan Digital UMKM Kembali Digelar, Apa Manfaatnya?

Pahlawan Digital UMKM Kembali Digelar, Apa Manfaatnya?
Sumber: web.kominfo.go.id

Apakah kalian pernah mendengar dengan program Pahlawan Digital UMKM sebelumnya?

Program ini merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh Staf Khusus Presiden yaitu Putri Tanjung yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Tujuan utama dari gelaran ini adalah sebagai pendekatan dalam membina dan menciptakan akselerasi untuk dapat berkembang dan naik kelas.

Salah satunya adalah dengan mendorong para pelaku usaha UMKM Indonesia bertransformasi secara penuh ke ekosistem digital.

Lalu, mengapa digital yang menjadi acuannya?

Menkoimfo Budi Uri mengungkapkan dalam Awarding Night Pahlawan Digital UMKM 2023 bahwa terdapat sebuah kajian di AS dan Belanda di mana mampu meningkatkan produktivitas hingga 30% dengan mengimplementasi teknologi digital.

Sehingga, menunjukkan begitu besar dampak dari adanya transformasi digital dalam hal produktivitas kerja.

Acara ini juga bermaksud untuk mengapresiasi para pelaku bisnis UMKM yang berhasil berinovasi secara digital pada bidangnya melalui Awarding Night Pahlawan Digital UMKM 2023.

Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian agar dapat terpilih menjadi Pahlawan Digital UMKM, seperti growth businesssustainabilityprofitability, dan impact terhadap lingkungan maupun pada bisnis UMKM itu sendiri.

Dari aspek-aspek penilaian tersebut, terpilih tiga Pahlawan Digital UMKM 2023 yaitu Chickin, Jala, dan Elevarm. Ketiga kandidat terpilih ini tentunya mendapat hadiah apreasisi berupa uang dan menjadi mitra strategis Kemeterian Koperasi.

Adapun, program ini telah digelar sejak tahun 2020 di mana telah berhasil membantu lebih dari 800 ribu UMKM Indonesia untuk bergabung dalam ekosistem digital.

Selain itu, sebagai pelaku usaha UMKM, Anda juga dapat meningkatkan produktivitas dengan menerapkan beberapa aplikasi bisnis, selengkapnya bisa Anda temukan dalam artikel ini: Contoh Aplikasi Pendukung Untuk UMKM yang Bisa Anda Gunakan!

Tren Penurunan Impor RI Terus Berlanjut, Turun 11,38% YoY

Kaleidoskop akuntansi dan ekonomi 2023: Terus berlanjut, Tren Penurunan Impor RI menurun hingga 11,38% YoY

Ekspor merupakan kegiatan perdagangan antar negara yang memberikan manfaat kepada negara dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

Namun, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kabar yang kurang mengenakkan, di mana terjadi penurunan ekspor yang terus terjadi sepanjang tahun, hingga bulan November ini.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya (Oktober), nilai ekspor Indonesia hanya mencapai US$22,00 miliar atau turun 0,67% dari bulan Oktober 2023.

Penurunan ini akan semakin terlihat jika dibandingkan bulan November tahun sebelumnya, di mana nilai ekspor turun hingga sebesar 8,56%.

Sedangkan untuk perkembangan nilai impor Indonesia hingga bulan November mencapai US$19,59 miliar naik 4,89% dari bulan sebelumnya (3,29% dari November 2022).

Lalu, apa yang menyebabkan nilai Impor di tahun ini menurun?

Jika melihat berdasarkan data sepanjang tahun 2023, penurunan yang paling signifikan terlihat pada semua sektor nonmigas di mana turun hingga sebesar 12,47%.

Adanya penurunan ini dipicu oleh beberapa faktor global, salah satunya adalah adanya penurunan harga komoditas tambang di pasar global.

Di sisi lain, Indonesia masih mencatatkan surplus sebesar US$ 2,41 miliar hingga bulan November ini yang tentunya masih membawa angin segar pada pertumbuhan ekonomi negara di tahun 2023 ini.

Inflasi Negara Tetap Terkendali Tahun Ini, Stabil di Bawah 4%

Inflasi Negara Tetap Terkendali Tahun Ini, Stabil di Bawah 4%

Inflasi merupakan suatu peristiwa dalam ekonomi di mana terjadi kenaikan harga barang dan jasa secara berkelanjutan dalam jangka waktu tertentu.

Adanya inflasi dapat membantu negara dalam mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat.

Jika inflasi terlalu tinggi, maka pendapatan riil masyarakat akan tergerus di mana harga barang secara umum semakin mahal. Menurunkan daya beli, sekaligus standar hidup masyarakat.

Lalu, jika berdasarkan dari hal tersebut, bagaimana kondisi tingkat inflasi Indonesia di tahun 2023 ini?

Mengutip dari BPS mengenai tingkat inflasi negara hingga November 2023, terjadi kenaikan hingga sebesar 2,86% YoY.

Tingkat inflasi dihitung berdasarkan data gabungan tingkat inflasi YoY dari 90 kota di Indonesia. Adapun inflasi tertinggi terjadi di Tanjung Panda dengan nilai sebesar 5,89%.

Walaupun begitu, berbagai ahli dan analis memperkirakan bahwa tingkat inflasi Indonesia masih stabil dan cukup landai dengan kisaran di akhir tahun di bawah 4% di tengah situati ekonomi yang volatil.

Masih terdapat beberapa tantangan juga yang mungkin dapat mempengaruhi tingkat inflasi di tahun ini, seperti apresiasi Rupiah, kenaikan harga pangan, dan persiapan pemilu.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memahami secara mendalam mengenai tingkat inflasi dan penyebabnya karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap aktivitas bisnis sehari-hari.

Ada beberapa strategi yang bisa pemilik bisnis terapkan untuk meminimalisir dampak dari inflasi. Yuk, baca dalam artikel berikut: Penyebab & Strategi Perusahaan Menghadapi Inflasi

Penutup

Itulah beberapa poin yang menjadi highlight isu dan tren yang berkembang sepanjang tahun yang kemudian dikemas menjadi kaleidoskop akuntansi dan finansial 2023 ini.

Walaupun tidak seluruhnya memberikan pengaruh yang positif, harapannya Anda dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan perencanaan yang strategis untuk pengelolaan akuntansi dan keuangan pada periode selanjutnya.

Salah satu langkah cerdas untuk bisa beradaptasi dengan tren dan anomali yang dinamis dengan cepat dan efektif adalah dengan menunjang pekerjaan dengan menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal dapat menjadi solusi yang adaptif bagi pertumbuhan bisnis Anda karena dapat menjalankan praktik akuntansi yang repetitif seperti otomatis, mulai dari pencatatan, perhitungan, dan penyajian data dalam laporan keuangan.

Anda juga dapat mengelola berbagai data yang berkaitan keuangan, seperti anggaran, persediaan barang, dan perpajakan hanya dalam satu platform saja tanpa harus repot pindah aplikasi.

Mekari Jurnal juga sudah menerapkan teknologi AI dalam sistemnya yang dapat membantu Anda dalam menganalisis data pada laporan keuangan secara lebih cepat, akurat, dan mendalam.

Oleh karena itu, Mekari Jurnal dapat membantu Anda dalam meningkatkan performa dan mempertahankan stabilitas keuangan yang penting dalam pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan free trial version untuk mengeksplorasi fitur unggulan kami lebih lanjut!

Baik, Saya Akan Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Terima kasih, dan semoga artikel kaleidoskop akuntansi dan finansial 2023 ini dapat membantu meningkatkan wawasan bisnis Anda!

 

 

Referensi:

IFRS. “17 Insurance Contracts IFRS“.
PWC. “PSAK 74/IFRS 17 – Insurance Contracts“.
Kontan Investasi. “IHSG Mencatatkan Angka Tertinggi 2023, Begini Pendapat Analis
Market Bisnis. “Kado Akhir Tahun The Fed, IHSG Tembus Rekor Tertinggi 2023 7.215
OJK. “Roadmap Pasar Modal Indonesia 2023-2027“.
Global Banking And Finance Review. “The battle of robots and accountants with a side of statistics“.
PR Newswire. “KPMG LLP Survey: 40% Of C-Suite Leaders Will Invest In AI To Transform Tax Department“.
Forbes. “AI In Accounting And Bookkeeping: Braving The New Digital Frontier“.
Detik. “Pemerintah Bikin Program Pahlawan Digital UMKM, Apa Itu?“.
BPS. “Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia November 2023“.
CNBC Indonesia. “Parah! Ekspor RI Anjlok 11,38% pada Januari-November 2023“.
BPS. “Perkembangan Indeks Harga Konsumen November 2023“.
Market Bisnis. “Pemerintah Pede Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 5% pada Akhir 2023“.

Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal