Audit Sistem Informasi Akuntansi

Saat ini melakukan audit sistem informasi akuntansi merupakan hal yang sering dipertimbangkan oleh banyak perusahaan. Terutama untuk perusahaan besar yang memiliki banyak transaksi keuangan setiap harinya. Sehingga perlu untuk memastikan bahwa sistem akuntansi yang digunakan untuk mendukung aktivitas tersebut sudah tepat dan sesuai.

contoh sistem informasi akuntansi dan aplikasi

Sayangnya banyak pihak yang sering kali masih cukup awam akan hal ini dan tidak mengerti apa yang harus dikerjakan. Mulai dari memahami seperti apa yang dimaksud dengan audit tersebut lalu bagaimana pelaksanaannya. Padahal ini adalah hal yang sebaiknya dilakukan dengan benar secara berkala.

Oleh sebab itu untuk memberikan pandangan lebih lanjut mengenai aktivitas ini, berikut beberapa informasi yang bisa diperoleh terkait dengan aktivitas audit, khususnya pada sistem informasi akuntansi perusahaan.

Tentang Audit Sistem Informasi Akuntansi

Dimulai dari memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan audit sistem informasi akuntansi. Aktivitas ini sebenarnya merupakan cara untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan detail terkait dengan sistem informasi akuntansi yang digunakan pada sebuah perusahaan.

Pada dasarnya kebanyakan perusahaan besar memilih menggunakan sistem berupa teknologi berbasis komputer untuk mencatat seluruh transaksi keuangan. Bukan hanya itu saja, namun sistem tersebut menyimpan hingga mengelola data yang dimasukkan untuk memberikan keluaran hasil sesuai kebutuhan perusahaan.

Salah satunya seperti yang banyak ditawarkan oleh kebanyakan software akuntansi yang beredar di pasaran saat ini.

Untuk memastikan software yang digunakan berguna dengan baik, tentunya diperlukan audit berkala untuk memastikan hal tersebut. Maka dari itu pada kebanyakan perusahaan besar, umumnya hal ini dilakukan setiap beberapa saat sekali untuk memastikan kelancaran sistem dan ketepatan sistem.

Terutama dalam memastikan bahwa laporan laba rugi perusahaan benar adanya dan tidak ada yang dipalsukan atau berisi kejanggalan.

Pentingnya Melakukan Audit Terkait Laba Perusahaan

Melaksanakan audit sistem informasi akuntansi ini memang membawa banyak tujuan dan manfaat. Supaya yang terpenting keuangan perusahaan terpantau secara maksimal serta tidak ada potensi pelanggaran dana yang dimiliki perusahaan.

Beberapa hal yang menunjang pentingnya aktivitas ini termasuk berikut ini.

 Melakukan Pengecekan Laba Rugi Perusahaan

Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh perusahaan yang melakukan audit adalah adanya kesempatan untuk melakukan pengecekan terhadap laba rugi perusahan secara tepat. Sering kali beberapa perusahan dengan sistem yang kurang memadai mengalami kerugian akibat laporan laba rugi yang tidak akurat.

Terutama karena adanya penyelewengan dana dan pemalsuan laporan keuangan.

Dengan melakukan audit secara berkala, maka pengecekan dapat dilakukan lebih intens. Sehingga potensi kesalahan dan penipuan dalam laporan laba rugi perusahaan dapat dicegah lebih mudah.

Dengan demikian otomatis perusahaan akan mampu untuk membukukan laba yang lebih baik ketimbang memperoleh rugi karena tindakan pemalsuan dari salah satu staff.

Memberikan Pengamanan Aset Yang Maksimal

Melakukan audit juga merupakan salah satu cara untuk memastikan aset yang lebih aman dan terjaga. Sering kali perusahaan dengan banyak aset kesulitan untuk mendata seluruh aset yang dimiliki.

Yang mana pada akhirnya hal ini juga mempengaruhi besarnya laba rugi yang diterima perusahaan setiap bulannya.

Oleh sebab itu melakukan audit akan membantu memastikan pengamanan aset yang maksimal.

Aset yang jarang diketahui juga tidak akan disalah gunakan. Sehingga perusahaan juga jauh dari potensi mengalami kerugian akibat adanya penggelapan aset yang tidak diinginkan.

Memastikan Penggunaan Sistem Laba Rugi Yang Efektif dan Efisien

Hal penting lainnya yang bisa didapatkan dari audit sistem informasi akuntansi yaitu dapat membantu memastikan bahwa sistem perhitungan laba rugi yang digunakan cukup efektif dan efisien.

Beberapa perusahaan sangat mungkin memilih sistem yang salah sehingga laporan laba rugi tidak tepat sesuai dengan kenyataannya.

Melalui adanya audit, maka hal tersebut dapat diketahui sejak dini. Sehingga jika terjadi kesalahan pada sistem, maka hal ini dapat diatasi lebih awal.

Dengan demikian maka laporan laba rugi tidak akan mengalami kesalahan, serta perusahaan akan dapat memperoleh data yang valid dari sistem yang digunakan.

Menjaga Integritas Data Keuangan Perusahaan Terkait Laba Rugi

Salah satu manfaat penting lainnya yang juga akan diperoleh yaitu kemampuan untuk menjaga integritas dari seluruh data keuangan dalam perusahaan. Terutama yang terkait dengan laporan laba rugi yang akan diserahkan pada pemilik perusahaan secara berkala.

Dengan memastikan adanya audit pada sistem akuntansi yang dipakai perusahaan, tentunya data keuangan milik perusahaan akan terjamin keamanannya. Sehingga tidak terdapat kebocoran data yang bisa merugikan pihak perusahaan pada akhirnya.

Jenis Audit Sistem Informasi Akuntansi Yang Sering Dilakukan

Seiring dengan tujuan serta kepentingan di atas, terutama dalam hal melakukan pengecekan terhadap laba rugi perusahaan, tentu saja aktivitas audit sistem informasi akuntansi perusahaan terbagi menjadi beberapa jenis. Sehingga nantinya hasil audit jauh lebih efektif dan sesuai dengan ekspektasi. Beberapa jenisnya antara lain yaitu sebagai berikut.

 Audit Laporan Keuangan

Pelaksanaan audit yang pertama yaitu sering kali menyasar pada laporan keuangan perusahaan. Hal ini terkait dengan laporan laba rugi bulanan maupun tahunan yang diberikan pada pemilik perusahaan.

Dengan melakukan audit, tentu informasi yang tepat dan terpercaya akan diperoleh. Maka dari itu dalam memastikan pengecekan laporan laba rugi yang akurat, hal ini harus dilakukan.

Dalam melaksanakan audit laporan keuangan, maka salah satu cara yang mudah yaitu dengan melihat seluruh data baik pemasukan maupun pengeluaran perusahaan. Dengan bantuan software yang sesuai, umumnya hal ini dapat berjalan maksimal dan lebih cepat. Sehingga dapat memberikan informasi terkait kemungkinan kecurangan dalam pelaporan laba rugi perusahaan setiap bulannya.

Audit Sistem Operasional Perusahaan

Selain dari laporan keuangan, maka audit sistem informasi akuntansi perusahaan juga akan difokuskan pada sistem operasional perusahaan itu sendiri.

Dalam kata lain maka dilakukan pengecekan terhadap seperti apa sistem yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. Seperti apa aplikasinya, dan apakah terdapat sinkronisasi yang benar dalam menggunakan software tersebut.

Beberapa sistem bisa jadi mengalami error dan kesalahan berulang. Sehingga sangat penting memastikan bahwa sistem yang digunakan tidak mengalami hal tersebut. Apalagi jika terkait operasional perusahaan sehari-hari, yang mana melibatkan keluar masuk dana secara berkala dan simultan.

Dengan demikian tentu saja memastikan sistem operasional perusahaan yang berjalan maksimal sangat penting untuk dilakukan. Supaya tidak ada kerugian yang diterima perusahaan akibat dari sistem yang berjalan tidak lancar sesuai harapan.

Rupanya itulah beberapa hal penting yang patut diketahui mengenai audit sistem informasi akuntansi. Mulai dari seperti apa audit yang dimaksud hingga seperti apa juga bentuk audit yang dilaksanakan dalam sebuah perusahaan.

Dengan demikian tentunya perusahaan yang ingin melakukan hal tersebut dapat memperoleh pandangan yang cukup jelas. Supaya nantinya sistem informasi akuntansi yang digunakan tepat guna dan dapat berjalan seperti yang diharapkan.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo