Pengertian dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi Produksi

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ada banyak sekali. Bagi seorang pengusaha atau seorang mahasiswa yang kuliah mengambil jurusan manajemen bisnis pasti sudah sangat familiar dengan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi karena bagaimanapun hal tersebut sudah menjadi salah satu unsur pengelolaan yang dilakukan di lapangan serta telah dipelajari setiap hari.

Akan tetapi, untuk sebagian orang yang tidak menggeluti bidang bisnis ataupun belajar mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tentunya akan merasa sangat asing tentang hal tersebut.

Pada dasarnya, sistem produksi maupun proses produksi ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan karena kedua hal tersebut saling berkaitan erat satu sama lain. Jika diartikan produksi sendiri adalah sebuah komponen yang memiliki peranan begitu penting di dalam sebuah perusahaan.

Hal ini karena adanya peranan produksi dalam sebuah perusahaan dapat meningkatkan nilai guna suatu barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Sedangkan, proses dari produksi ini merupakan sebuah cara, metode, hingga teknik yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memproduksi sesuatu. Sementara untuk sistem produksi memiliki arti sebagai sebuah susunan dalam kegiatan proses produksi sehingga dapat berjalan dengan baik sehingga proses dari produksi pun bisa saling terintegrasi dengan baik.

Jika Anda masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, maka simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

 

faktor-faktor yang mempengaruhi produksi

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi

Jika diartikan menurut pengertian secara umum maka faktor- faktor yang mempengaruhi produksi ini merupakan suatu proses maupun barang yang bisa dimanfaatkan sebagai sebuah sarana di mana dapat menciptakan atau menghasilkan sebuah nilai jual sekaligus nilai guna pada sebuah produk maupun jasa.

Kalau disimpulkan dari pengertian tersebut maka faktor-faktor ini merupakan seluruh barang yang bisa meningkatkan atau menambah nilai dari manfaat produk yang sudah diproses tersebut, hal inilah yang disebut sebagai faktor faktor yang mempengaruhi produksi.

Akan tetapi, faktor-faktor yang mempengaruhi produksi juga bisa diartikan sebagai seluruh benda yang memiliki peran untuk membantu melancarkan kegiatan dari proses produksi pada perusahaan. Pengertian tersebut merupakan sebuah analogi dari nilai guna dari sebuah buku.

Di mana buku tersebut merupakan buku yang tidak akan mungkin memiliki nilai manfaat maupun nilai jual kalau tidak ada bahan pendukung lain seperti kertas ataupun lem yang berguna sebagai bahan mentahan proses produksi nilai buku tersebut.

Dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi produksi buku seperti kertas dan lem ini akan membuat suatu buku memiliki sebuah nilai guna yang disebut dengan buku.

Oleh karena itu, faktor produksi pada dasarnya bisa diartikan sebagai seluruh kebutuhan sebuah usaha yang diperlukan oleh seorang produsen untuk bisa melaksanakan proses dari produksinya dengan lancar dan mudah sehingga bisa ditarik kesimpulan dari pengertian ini bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ini merupakan sebuah faktor yang sangat penting dan keberadaannya harus ada di dalam sebuah perusahaan.

Kalau sampai faktor produksi ini tidak ada atau salah satu komponennya tidak ada maka bisa dipastikan proses produksi yang akan dilakukan tidak akan mungkin bisa berjalan.

Kalau sampai seperti itu maka efek yang akan diberikan adalah Anda tidak akan bisa menghasilkan sebuah produk maupun jasa karena terkendala oleh proses produksi yang tidak bisa berjalan atau macet.

Hal ini pun tentu saja akan membuat usaha yang Anda jalankan akan mengalami kerugian atau hal yang paling parah adalah usaha yang Anda lakukan bisa saja mengalami kondisi gulung tikar.

Tujuan Dari Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika faktor-faktor itu wajib untuk disediakan oleh produsen sebelum mereka akan membangun usaha produksinya.

Hal ini karena memiliki sebuah tujuan tertentu yang memang ingin dicapai. Berikut adalah beberapa tujuan yang di maksud oleh faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, antara lain:

Dapat Melancarkan Proses Dari Produksi Atau Jasa

Faktor produksi ini memiliki tujuan utama yaitu untuk melancarkan proses dari produksi sebuah barang ataupun jasa karena semua saranan maupun prasarananya sudah tersedia. Bahkan, faktor dari produksi ini tidak hanya memiliki keterkaitan dengan proses dari produksi saja.

Akan tetapi, faktor produksi ini juga bisa memberi sebuah pengaruh mulai dari proses pemasaran, manajemen perusahaan, penggalangan modal, dan lain sebagainya. Karena faktor faktor tersebut akhirnya membuat keberadaan dari faktor produksi memang harus ada secara lengkap.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, faktor produksi sebaiknya jangan sampai hilang atau rusak karena hal tersebut akan membuat proses dari jalannya produksi menjadi bermasalah.

Memberi Sebuah Keuntungan Kepada Perusahaan

Selain untuk memperlancar proses dari produksi ataupun jasa, faktor produksi ini juga memiliki tujuan yaitu dapat memberi sebuah keuntungan pada perusahaan. Bisa dikatakan memang tujuan satu ini merupakan sebuah tujuan yang memang sudah sangat jelas terlihat.

Apalagi dalam proses produksi sendiri faktor faktor produksi tidak boleh sampai hilang karena hal tersebut akan menghambat proses dari jalannya produksi yang dapat menimbulkan masalah.

Ketika faktor produksi ini tersedia maka proses dari produksi sebuah barang atau jasa akan berjalan dengan baik. Selain itu, hasil yang akan didapatkan pun memiliki kualitas yang bagus.

Ketika dipasarkan dan produk tersebut laku di pasaran, tentu saja pihak produsen secara otomatis akan mendapat sebuah keuntungan yang besar. Keuntungan yang didapat oleh produsen ini pun bisa menjadi sebuah modal tambahan yang dapat meningkatkan usaha mereka serta mengembangkan faktor faktor produksi selanjutnya.

Produk Sesuai Dengan Apa Yang Diharapkan Oleh Konsumen

Berikutnya dari faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ini memiliki tujuan yaitu produk atau barang yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan bisa sesuai dengan apa yang diharapkan oleh keinginan konsumen baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas nya.

Untuk mendapatkan hasil produksi dengan yang berkualitas tentu dibutuhkan faktor produksi yang lengkap dengan mutu yang bagus. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak tersedia atau ada di dalam proses produksi maka akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan kualitas produksi yang berkualitas dan disukai oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Karena tujuan tersebut membuat faktor produksi wajib untuk dihadirkan dan dimasukkan dalam rencana produksi sebuah perusahaan. Paling tidak sebuah perusahaan mengetahui sarana seperti apa yang bisa membuat sebuah produk sesuai dengan apa yang diinginkan oleh target pasar (konsumen).

Jika dilihat pada tujuan yang satu ini memang bisa dikatakan jika manajemen sebuah perusahaan memang sebaiknya menempatkan faktor produksi pada titik prioritas dari perusahaan mereka karena dengan memiliki faktor produksi tersebut dapat memberikan sebuah efek kepuasan kepada para konsumen dan hal itu lah yang akan memberikan efek penjualan semakin mengalami peningkatan.

faktor-faktor yang mempengaruhi produksi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi

Di dalam pengembangan sebuah usaha tentu faktor produksi merupakan hal yang sangat diperlukan atau menjadi sebuah patokan yang sangat penting agar sebuah produksi dapat berjalan dengan baik. Berikut adalah faktor faktor yang mempengaruhi produksi dalam membuat suatu produk. Antara lain :

1. Sumber Daya Alam

Bisa dikatakan faktor dari sumber daya alam ini merupakan salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi produksi. Faktor produksi dari sumber daya alam ini meliputi bahan bahan mentah yang nantinya akan dijadikan sebuah produk.

Bahan mentah tersebut nantinya akan diproduksi atau diolah kembali menjadi suatu barang yang memiliki kualitas baik.

Ketika barang yang diproduksi tersebut telah siap maka barang itu akan dipasarkan kepada konsumen. Sumber daya alam yang termasuk dalam faktor-faktor tersebut antara lain mulai dari tanah, udara, air, hewan, tumbuhan, bahan tambang dan lain sebagainya.

Misalnya sebagai contoh ketika usaha Anda ingin memproduksi suatu barang yang memiliki bahan dasar kulit maka sumber daya alam yang Anda butuhkan agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar adalah hewan.

Kulit dari hewan tersebut nantinya akan menjadi bahan dasar atau bahan mentah yang akan diproses agar menjadi sebuah barang.

2. Sumber Daya Manusia

Faktor berikutnya adalah sumber daya manusia. Bisa dikatakan faktor dari sumber daya manusia ini merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting juga sebagai sebuah unsur dalam proses produksi.

Hal ini karena dalam proses produksi atau ketika sedang mengolah bahan mentah agar bisa menjadi barang jadi tentu peran sumber daya manusia ini tidak bisa dihilangkan.

Jadi, bisa dikatakan tanpa adanya peranan manusia maka proses produksi juga tidak bisa berjalan dengan baik karena tidak ada yang mengolah bahan mentah tersebut atau mengatur bagaimana proses dari produksi suatu barang.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan jika adanya sumber daya manusia menjadi sebuah faktor yang penting dan harus ada di dalam usaha. Terlebih jika sumber daya manusia tersebut memiliki kompetisi yang baik dalam bidang mengolah sebuah produk maupun mengoperasikan alat alat produksi yang ada.

Misalnya mampu mengoperasikan aplikasi pencatatan keuangan serta aplikasi catatan penjualan dari Mekari Jurnal yang mampu membuat kegiatan dalam proses bisnis Anda semakin ringkas dan mudah.

Meskipun, sebagian orang akan menganggap bahwa di zaman yang sebar maju saat ini peran dan sumber daya manusia sudah bisa digantikan dengan peran robot. Akan tetapi, dari segi perasa dan jiwa dari manusia tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan robot dan hal tersebut lah yang membuat produk yang ada produksi tersebut memiliki kualitas yang lebih baik.

3. Modal

Ketika sumber daya alam yang memiliki peranan sebagai bahan mentah dan sumber daya manusia untuk mengolah bahan tersebut sudah ada maka faktor lain yang harus Anda miliki adalah modal.

Bahkan, bisa dikatakan dengan memiliki adanya modal ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat Anda bisa menghasilkan sebuah produk dengan kualitas yang bagus.

Karena untuk memproduksi sebuah produk tentunya Anda membutuhkan sebuah modal untuk memproduksi sebuah barang. Modal tersebut akan digunakan untuk membeli bahan mentah, alat produksi barang, hingga membayar tenaga kerja.

Tentu, untuk mendapat produk dengan kualitas yang baik Anda memerlukan modal yang cukup untuk membeli bahan mentah dengan mutu baik agar kualitas yang dihasilkan bagus. Oleh karena itu, faktor modal ini menjadi salah satu faktor produksi yang tidak kalah penting.

Ketika modal yang Anda miliki semakin besar maka Anda bisa memiliki bahan mentah dengan mutu yang semakin baik serta alat produksi yang Anda gunakan pun akan semakin canggih.

Semoga bermanfaat!

Kategori : BisnisIndustri

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo