Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Inspirasi Peluang Usaha Peternakan yang Harus Anda Ketahui!

Tayang 23 May 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Indonesia memiliki tanah luas yang sangat berpotensi menjadi ladang pertanian hingga peluang usaha peternakan.

Dalam hal peternakan, Indonesia ternyata masih belum bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sampai saat ini.

Beberapa produk yang seharusnya dapat diproduksi sendiri, harus diimpor dari luar negeri.

Hal ini memberi dampak yang sangat merugikan seperti harga daging melambung tinggi di pasaran.

Padahal, jika dikaji lebih dalam, produksi daging ini bisa dilakukan tanpa harus adanya impor dari luar negeri.

Untuk itu, para pengusaha di Indonesia harus mengembangkan usaha peternakan lebih baik lagi.

Selain itu, para pengusaha bisa menjadikan pengembangan bisnis mereka untuk membuka peluang bekerjasama dengan pengusaha lainnya.

Lalu, jika ingin memulai bisnis di ranah tersebut, model bisnis seperti apa yang cocok untuk dicoba? Berikut beberapa peluang usaha peternakan yang bisa menjadi referensi.

Peternakan Ayam Petelur dan Potong

Hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengonsumsi telur sebagai lauk-pauk.

Kebutuhan akan telur ini bisa menjadi peluang usaha peternakan. Apalagi harga telur cukup tinggi di pasaran.

Jika Anda tertarik untuk mengatasi permasalah harga telur ini bisnis beternak ayam petelur bisa menjadi pilihan. Anda bisa memulai usaha ini dengan membangun kandang yang jauh dari pemukiman untuk menghindari dampak dari limbah kotoran.

Selain itu, Anda juga perlu mencari bibit ayam petelur yang bagus, sehingga prosesnya akan cepat berkembang.

Ketika sudah mulai bertelur, Anda bisa memanen telurnya setiap hari. Hal ini yang menjadi alasan mengapa peluang usaha ini cukup bagus.

Sama halnya dengan ayam petelur, bisnis ayam potong pun tak kalah menguntungkan. Pasalnya pada tahun 2017 saja sekitar 5,68 kg per kapita/tahun.

Meskipun menguntungkan, bisnis ini perlu modal cukup besar dan perawatan yang cukup ketat. Namun, jika Anda tak ingin pusing merawat dari awal, Anda bisa mencoba menjadi broker yang akan menyalurkan ayam potong ke pasar, restoran, dan warung makan lainnya.

Peternakan Kambing

Permintaan daging kambing yang cukup tinggi juga bisa menjadi peluang usaha. Khasiat dari mengonsumsi daging kambing adalah sebagai penambah tekanan darah.

Banyaknya usaha kuliner yang menjadikan kambing sebagai masakan andalan, menjadikan permintaan kambing juga tidak kalah tingginya.

Selain itu, pada hari menuju Idul Qurban, permintaan kambing juga melonjak hingga berkali lipat. Tidak heran bisnis ini bisa menjadi peluang bagi para calon dan pelaku usaha yang ingin beternak kambing.

Untuk menjalankan peluang usaha ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Perawatan yang diperlukan untuk menjaga kambing tetap sehat juga tidak terlalu sulit, namun bisa memiliki harga jual tinggi dan keuntungan yang tidak sedikit.

Peternakan Burung Puyuh

Permintaan daging burung puyuh maupun telur puyuh semakin lama semakin meningkat karena rasanya yang lezat. Anda bisa beternak burung puyuh untuk memenuhi permintaan pasar, baik telur maupun dagingnya.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak memerlukan banyak tempat  maupun modal karena burung puyuh termasuk unggas berukuran kecil dengan harga hanya sekitar Rp10.000 per ekor.

Dari setiap ekor burung puyuh yang Anda ternak, Anda bisa mendapatkan telur, sekaligus bisa memanfaatkan dagingnya.

Peternakan Kelinci

Hewan kecil dengan telinga panjang yang lucu ini ketika sudah diolah dengan berbagai rempah bisa menjadi santapan yang menggugah selera makan dan konon berkhasiat untuk kesehatan.

Karena jarang sekali peternak kelinci, harga daging kelinci menjadi sedikit mahal. Ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus.

Ada dua pilihan beternak kelinci, beternak kelinci pedaging atau beternak kelinci hias yang memiliki harga lebih mahal.

Baca juga: Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Bisnis Pertanian dan Peternakan

Peternakan Ikan Lele

Ikan yang banyak diminati masyarakat ini patut untuk Anda jadikan sebagai peluang usaha peternakan karena perawatannya yang mudah.

Ikan lele dapat hidup di air yang keruh dan dapat memakan berbagai jenis pakan yang ada disekitarnya. Anda tidak akan susah mencari pakan jika stok yang Anda miliki habis.

Selain pakannya yang mudah didapat, ikan lele tidak terlalu gampang terserang penyakit, masa panennya juga lebih singkat ketimbang ikan gurame. Penjualan ikan lele juga tergolong cepat karena memiliki banyak peminat.

Peternakan Bebek

Hewan unggas yang satu ini memiliki pangsa pasar yang bagus karena banyak restoran yang menyediakan sajian bebek. Jika Anda beternak bebek, Anda harus lebih sabar karena masa panen bebek lebih lama dibanding masa panen ayam.

Namun, walaupun masa panennya sedikit lama, daging dan telur bebek memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibanding daging dan telur ayam.

Tidak heran, peluang usaha peternakan bebek bisa menjadi pilihan dari banyaknya peternakan yang menawarkan penjualan tinggi.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam beternak, bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan.

Sedangkan bagi yang baru akan merintis usaha di bidang peternakan, tidak ada salahnya untuk belajar dan mencoba peluang usaha peternakan.

Jika dilakukan dengan serius, peluang usaha yang satu ini bisa menghasilkan pendapatan yang mungkin akan melebihi pendapatan yang Anda terima setiap bulan dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Namun, tetap berpegang pada jenis usaha yang Anda sukai. Pastinya, Anda akan lebih semangat dalam mengembangkan usaha yang tengah digeluti.

Apapun peluang usaha peternakan yang Anda jalani, aturlah semua keuangan dengan baik dan benar agar usaha dapat berjalan lancar.

Dengan Jurnal software akuntansi online, urusan pengelolaan keuangan bisnis bisa berjalan dengan baik dan aman.

Jurnal sebagai software laporan keuangan perusahaan bisa menjadi mitra pengelola keuangan usaha ternak yang Anda jalankan, jika tidak ingin kerepotan dan bingung mengelola keuangan bisnis.

Dapatkan semua informasi menarik tentang Jurnal melalui aplikasi invoice.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal