Indonesia memiliki tanah luas yang sangat berpotensi menjadi ladang pertanian dan peternakan. Dalam hal peternakan, sampai saat ini, Indonesia ternyata masih belum bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Buktinya, sampai saat ini masih ada beberapa produk yang harus diimpor dari luar negeri. Dampak dari adanya impor dan kelangkaan daging dalam negeri, membuat harga daging menjadi sangat mahal dipasaran. Untuk mengatasi hal ini, pengusaha Indonesia perlu lebih giat mengembangkan usaha peternakan dan menjadikannya sebagai peluang usaha baru bagi pengusa lainnya. Untuk memberi inspirasi, berikut ini adalah beberapa peluang usaha peternakan yang bisa Anda coba.

 

Ayam Petelur

Hampir setiap hari masyarakat Indonesia mengonsumsi telur sebagai lauk-pauk. Untuk mengatasi harga telur yang terlalu tinggi, Anda bisa menambah produksi telur ayam dengan beternak ayam petelur. Anda bisa memulai usaha ini dengan membangun kandang yang jauh dari pemukiman untuk menghindari dampak dari limbah kotoran. Anda juga perlu mencari bibit ayam petelur yang bagus, sehingga cepat berkembang. Ketika sudah mulai bertelur, Anda bisa memanen telurnya setiap hari. Ini merupakan sebuah peluang usaha yang bagus.

 

Kambing

Permintaan daging kambing cukup tinggi karena berkhasiat sebagai penambah tekanan darah. Selain banyaknya olahan daging kambing dari beberapa masakan tradisional Indonesia, pada hari raya kurban permintaan ternak kambing juga meningkat drastis. Untuk menjalankan peluang usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak. Perawatan yang diperlukan untuk menjaga kambing tetap sehat juga tidak terlalu sulit, namun bisa memiliki harga jual tinggi dan keuntungan yang tidak sedikit.

 

Burung Puyuh

Permintaan daging burung puyuh maupun telur puyuh semakin lama semakin meningkat karena rasanya yang lezat. Anda bisa beternak burung puyuh untuk memenuhi permintaan pasar, baik telur maupun dagingnya. Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak memerlukan banyak tempat  maupun modal, karena burung puyuh termasuk berukuran kecil dengan harga hanya sekitar Rp10.000 per ekor. Dari setiap ekor burung puyuh yang Anda ternak, Anda bisa mendapatkan telur, sekaligus bisa memanfaatkan dagingnya.

 

Kelinci

Hewan kecil dengan telinga panjang yang lucu ini ketika sudah diolah dengan berbagai rempah bisa menjadi santapan yang menggugah selera makan dan konon berkhasiat untuk kesehatan. Karena jarang sekali peternak kelinci, harga daging kelinci menjadi sedikit mahal. Ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus. Ada dua pilihan beternak kelinci, beternak kelinci pedaging atau beternak kelinci hias yang memiliki harga lebih mahal.

 

Ikan Lele

Ikan yang banyak diminati masyarakat ini patut untuk Anda jadikan sebagai peluang usaha karena perawatannya yang mudah. Ikan lele dapat hidup di air yang keruh dan dapat memakan berbagai jenis pakan yang ada disekitarnya. Anda tidak akan susah mencari pakan jika stok yang Anda miliki habis. Selain pakannya yang mudah didapat, ikan lele tidak terlalu gampang terserang penyakit, masa panennya juga lebih singkat ketimbang ikan gurame. Penjualan ikan lele juga tergolong cepat karena memiliki banyak peminat.

 

Bebek

Hewan unggas yang satu ini memiliki pangsa pasar yang bagus karena banyak restoran yang menyediakan sajian bebek. Jika Anda beternak unggas yang satu ini, Anda harus lebih sabar karena masa panen bebek lebih lama dibanding masa panen ayam. Namun, walaupun masa panennya sedikit lama, daging dan telur bebek memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dibanding daging dan telur ayam.

 

Anda yang memiliki kemampuan dalam beternak bisa memanfaatkan peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan. Jika dilakukan dengan serius, peluang usaha yang satu ini bisa menghasilkan pendapatan yang mungkin akan melebihi pendapatan yang Anda terima setiap bulan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Apapun peluang usaha yang Anda jalani, aturlah semua keuangan dengan baik dan benar agar usaha dapat berjalan lancar. Jurnal software akuntansi online, dapat menjadi mitra pengelola keuangan usaha ternak yang Anda jalankan. Dapatkan semua informasi menarik tentang Jurnal, di sini.

Author