7 Keuntungan Memulai Bisnis Ternak Lele

Di luar sana terdapat  banyak bisnis budidaya yang dijalankan oleh masyarakat, salah satunya yaitu bisnis ternak ikan lele. Seperti yang kita ketahui, ikan lele adalah jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Di kota-kota besar, konsumsi ikan lele terus mengalami peningkatan hingga permintaan pasar juga terus meningkat. Di warung-warung pinggir jalan hingga restoran besar, menu ikan lele sering ditemukan dengan berbagai olahan yang lezat.

Ikan ini memiliki rasa yang enak, kaya nutrisi dan harganya pun relatif terjangkau. Nah, bayangkan jika Anda menjalankan bisnis ini, berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Bisnis ternak lele adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan potensial untuk dijalankan. Memulai bisnis ikan lele pun tidak membutuhkan biaya yang cukup besar dan memiliki perawatan yang mudah. Kemudahan menjalankan bisnis ternak ini sangat cocok bagi siapa pun terutama untuk para peternak pemula. Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis ternak lele, di bawah ini akan  dijelaskan apa saja keuntungan menjalankan bisnis ternak lele.

Memiliki Pangsa Pasar Luas

Lele merupakan salah satu ikan paling populer di masyarakat Indonesia. Ikan lele biasanya disajikan menjadi pecel lele, sambel lele, lele bakar dan sebagainya. Dengan banyaknya kreasi makanan berbahan dasar lele, membuat lele memiliki pangsa pasar yang sangat luas.  Lele juga biasa menjadi sajian masakan di warung makan hingga restoran. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam memasarkan ikan lele.

Ikan lele juga merupakan ikan favorit masyarakat Indonesia. Dagingnya yang padat dan lembut yang disajikan dengan cita rasa yang gurih. Selain itu, kandungan protein pada ikan lele juga cukup tinggi sehingga begitu disukai banyak orang. Dengan begitu, permintaan ikan lele pada bisnis Anda akan ada di setiap harinya.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Makanan yang Tren di Indonesia

Perawatan Relatif Mudah

Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus dalam merawat atau membudidayakan ikan lele karena ikan lele termasuk jenis ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, baik di kolam tanah, semen atau terpal. Di mana pun tempat tinggalnya, ikan lele mampu bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik. Hal ini tentu dapat meringankan pekerjaan Anda bukan? Akan tetapi, Anda harus rutin memberi mereka makan agar dapat berkembang dengan baik.

Tahan Penyakit

Beberapa jenis ikan yang dibudidayakan biasanya rentan terhadap serangan penyakit, namun tidak bagi ikan lele. Ikan lele terkenal akan ketahanannya terhadap serangan penyakit dan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Anda akan jarang menemukan ikan lele mati akibat serangan penyakit karena lele telah dilindungi oleh lendir di bagian tubuhnya.

Daya Tahan Kuat

Selain tahan terhadap serangan penyakit, ikan lele juga memiliki daya tahan hidup yang kuat. Ikan lele dapat hidup di berbagai kondisi, bersih, kotor maupun tercemar. Dengan daya tahan hidup yang kuat, maka risiko kerugian karena ikan lele mati menjadi rendah. Meski begitu, Anda tetap harus menjaga dan memerhatikan kebersihan kolam saat ikan lele masih dalam kondisi benih karena ketahanan ikan lele akan meningkat berdasarkan ukuran dan bobotnya sendiri.

Cepat Panen

Selain perawatannya yang mudah, ikan lele juga dapat dipanen dengan waktu yang singkat. Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk memanen lele, biasanya ikan lele sudah siap panen dalam jangka waktu 3 bulan sejak benih ditebar. Dengan waktu panen lele yang lebih singkat, modal yang Anda tanam pun akan lebih cepat kembali atau cepat balik modal. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan peternak tertarik untuk memulai bisnis ternak lele.

Benih Mudah Didapat & Murah

Untuk memulai bisnis ini, hal pertama yang harus Anda miliki adalah benih ikan lele. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkannya, karena menemukan benih ikan lele pun sangat mudah dan harga yang ditawarkan pun murah. Dengan begitu, bisnis ikan lele akan memberikan keuntungan yang basar tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Perputaran Uang Cepat

Ikan lele memiliki waktu panen yang cepat dan memiliki harga jual yang stabil di pasaran sehingga Anda pun berpeluang untuk mendapatkan perputaran uang yang lebih cepat. Anda juga tidak perlu merasa kesulitan dalam menjual hasil panen, karena akan selalu ada pembeli yang membutuhkan ikan lele, mulai dari pemilik warung makan, penjual ikan keliling, hingga restoran mewah sekalipun. Dengan perputaran uang yang lebih cepat, Anda juga dapat lebih mudah untuk menambah jumlah kolam, sehingga hasil panen dan keuntungan yang Anda dapatkan pun akan semakin besar. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana modal usaha dalam ternak lele, Anda dapat klik di sini.

Baca juga : Tips Memasarkan Bisnis Ikan Lele dengan Cara yang Lebih Efektif

Itulah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan mulai menjalankan bisnis ikan lele. Ketika bisnis ini mulai berkembang dan berhasil, Anda juga harus mulai memerhatikan keuangan bisnis Anda. Mulai dari berapa modal yang Anda keluarkan, pengeluaran Anda selama 1 periode, pendapatan Anda dan sebagainya. Anda dapat mengelola keuangan bisnis ini dengan mudah melalui Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola bisnis dan dapat menyediakan laporan keuangan bisnis secara akurat dan realtime. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai fiturnya dapat Anda lihat di sini.

[adrotate banner=”15″]


PUBLISHED03 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: