Anda tidak akan pernah memenangkan pertandingan sepakbola tanpa mencetak goal. Anda tak akan mencetak kesuksesan tanpa menetapkan goal

Bekerja tanpa target sama seperti berjalan tanpa tujuan. Anda serta tim Anda tidak akan pernah sukses tanpa adanya target. Karena itu, sebagai seorang pemimpin dan pebisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui pentingnya menetapkan target dan bagaimana menjalankan bisnis Anda untuk mencapai target.

Anda Membutuhkan Target!

1.Target Membantu Anda Mencapai Visi

Visi memang menentukan arah tim Anda. Namun targetlah yang membuat jalan untuk ke sana. Setiap target yang Anda capai melambangkan sejauh apa langkah yang sudah Anda tempuh. Misalnya, Visi Anda adalah membuat seluruh anak Indonesia mendapat pendidikan yang layak. Untuk mencapai visi tersebut, Anda harus menetapkan target per tahun atau per bulan. Jika Anda ingin seluruh anak di Indonesia dapat bersekolah pada tahun 2017, maka Anda harus menargetkan setiap gedung serta tenaga pengajar siap di akhir tahun 2016. Jika semua siap, maka pada tahun 2017, anak-anak Indonesia mulai dapat bersekolah. Dengan demikian, target Anda terpenuhi dan visi Anda perlahan-lahan akan tercapai.

2.Target Menciptakan Struktur

Target membantu Anda untuk membuat perencanaan dan menciptakan struktur tim yang tepat. Anda tidak akan dapat menentukan anggaran atau mengalokasikan tenaga sampai Anda dapat mengidentifikasi dengan tepat tujuan dari setiap aspek bisnis Anda. Jika ada target yang tidak tercapai maka Anda dapat merancang ulang struktur tim yang lebih efektif.

3.Target Meningkatkan kerjasama Tim

Target mempersatukan tim Anda untuk bekerjasama mencapai tujuan. Tim Anda tidak dapat bekerja dengan maksimal tanpa adanya target karena mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan. Dengan adanya target, setiap anggota tim akan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Kerjasama tim yang baik akan membantu Anda untuk mencapai visi lebih mudah dan cepat.

Read More: Tingkatkan Efektivitas Tim Anda dengan 3 Hal ini!

S.M.A.R.T

Anda perlu mempertimbangkan banyak hal dalam membuat target yang sesuai dengan visi Anda. George T. Doran, dalam paper-nya “There’s S.M.A.R.T”, menyatakan terdapat lima kriteria target yang efektif, yaitu:

Specific (Spesifik)

Target yang spesifik lebih cepat dicapai daripada target yang umum. Target spesifik yang Anda buat harus mudah dimengerti, berkelanjutan, dan memiliki fokus yang jelas. Untuk menetapkan target yang spesifik, Anda harus menjawab 6 pertanyaan in.
• Who => Siapa yang terlibat

• What => Apa yang ingin dicapai

• Where => Tentukan lokasinya

• When => Tentukan jangka waktu

• Which => Identifiasi kebutuhan dan batasan

• Why => Alasan yang spesifik, tujuan, dan manfaat dari pencapaian.

Measureable (Dapat Diukur)

Anda membutuhkan bukti konkrit dari perkembangan usaha Anda. Karena itu, target Anda harus dapat diukur dengan angka. Anda dapat menggunakan persentase atau satuan pengukuran lainnya. Dengan ini, Anda dapat menilai performa tim dan dapat mengetahui sejauh apa target yang telah dicapai.

Attainable (Dapat Dicapai)

Selain harus spesifik dan dapat diukur, target Anda juga harus dapat dicapai. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan strategi untuk mencapainya. Dalam hal pencapaian target, Anda perlu mengasah kemampuan Anda, mengembangkan kepribadian Anda, dan meningkatkan kapasitas finansial Anda. Ingatlah bahwa Anda dapat mencapai target selama Anda mengerjakannya dengan bijaksana.

Realistic (Nyata)

Tentukan target yang tinggi dan realistis. Sebagai pemimpin, Andalah yang menentukan target seperti apa yang ingin dicapai. Karena itu, tetapkanlah target yang masuk akal dan merepresentasikan tujuan yang mau dan dapat Anda capai. Pastikan Anda memiliki target yang relevan serta alat-alat yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana. Target yang terlalu ambisius akan merusak rencana Anda.

*Time (Waktu)*

Sebuah target harus dibuat berdasarkan jangka waktu tertentu. Buatlah timeline yang realistis dan fleksibel. Jangan lupa untuk menentukan deadline untuk mencapai setiap target. Anda harus membuat perencanaan yang baik dengan mempertimbangkan aspek waktu. Jangka waktu yang terlalu lama akan membuat Anda dan tim menjadi lambat dalam mencapai target. Sebaliknya, jangka waktu yang terlalu cepat akan membuat Anda terburu-buru.

Read More: Menjadi Pemimpin Kreatif Bagi Usaha Anda

Jalankan Usaha Anda Menuju Target!

Memimpin tim Anda menuju target bukanlah hal yang mudah. Target tidak dapat dicapai begitu saja. Berikut ini adalah langka-langkah yang dapat diterapkan untuk mencapai target Anda.

Establish (Menetapkan)

Tetapkan target Anda. Menetapkan sebuah target bukan hanya sekedar mengidentifikasi target yang ingin Anda capai. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memastikan visi Anda kuat, akurat, dan sesuai dengan keinginan Anda. Untuk membuat visi yang kuat, Anda harus mengerti apa yang sebenarnya Anda inginkan. Setelah itu barulah Anda dapat menetapkan tujuan utama dan target-target yang ingin dicapai.

Strategy (Strategi)

Strategi adalah ‘tiket’ Anda menuju kesuksesan. Strategi merujuk pada taktik bermain yang efektif untuk mencapai target yang telah ditentukan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti pentingnya strategi. Karena itu, sebelum membuat strategi, pastikan Anda mengerti target Anda dan permasalahan yang dihadapi. Dengan menganalisa masalah, Anda akan menentukan strategi yang tepat. Buatlah strategi yang kreatif dan berbeda dari yang lain. Anda juga dapat memodifikasi ide-ide yang sudah ada dan membuatnya menjadi lebih menarik. Jangan lupa bahwa strategi Anda harus dapat mempengaruhi masyarakat.

Planning (Perencanaan)

Perencanaan adalah tahap dimana Anda menyatukan semua strategi yang ada untuk membangun sebuah konsep rencana yang terstruktur, lengkap, dengan hal-hal mendetail. Di sini, kemampuan berorganisasi dan otak kiri Anda sangat diperlukan. Pada tahap ini, Anda harus mengorganisir tugas-tugas Anda dan mengalokasikan sumber Anda sesuai dengan perannya. Jangan lupa untuk menyesuaikan setiap rencana dengan jadwal Anda. Manajemen waktu akan sangat mempengaruhi jalannya rencana Anda. Pastikan bahwa rencana Anda sesuai dengan strategi yang telah dibuat.

Execution (Eksekusi)

Eksekusi adalah tahap paling kritikal karena orang lain akan melihat dan menilai jalannya rencana Anda. Orang lain tidak akan peduli segala hal yang Anda lakukan sebelum eksekusi karena mereka hanya mau melihat hasilnya. Karena itu, pasti Anda harus mengelola waktu Anda dengan baik dan mengontrol jalannya proyek dengan profesional.

Review (Meninjau Kembali)

Review penting dilakukan setelah pengeksekusian karena akan melatih tanggung jawab Anda. Melalui review, Anda akan mendapatkan feedback dari tim maupun orang lain. Review membantu Anda untuk meneliti mana rencana yang bekerja dan mana yang tidak. Tanpa review Anda tidak akan mengetahui apakah strategi serta rencana Anda membawa Anda menjauh dari target atau tidak. Pujilah Anda serta tim Anda jika target tercapai. Jika tidak, temukan apa yang salah dan doronglah tim Anda untuk bekerja lebih keras lagi.

Target akan menentukan sukses atau tidaknya kepemimpinan serta usaha Anda. Karena itu, tentukanlah target dengan bijak dan capailah target tersebut. Selamat sukses!

Author