Jurnal Enterpreneur

Keuntungan & Panduan Melakukan Endorsement bagi Perkembangan Bisnis Online

Endorsement atau sering disebut endorse adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia social media, apalagi Instagram. Biasanya yang membuka jasa ini adalah artis, selebgram (seleb instagram), dan orang yang memiliki pengikut banyak di instagram.

Selain memiliki jumlah followers yang banyak, seorang endorser juga harus memiliki engagement (comment dan likes) yang banyak dalam akun Instagram mereka.

Tahukah Anda kalau software akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Endorsement bagi Bisnis

Endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran online yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Alasan utama pemilik online shop menggunakan cara endorsement adalah untuk mempromosikan produk yang mereka jual dan penjualan yang meningkat.

Berikut adalah beberapa keuntungan endorsement yang perlu Anda ketahui sebagai pebinis online.

a. Media Promosi

Melakukan endorsement adalah cara yang efektif dan berdampak positif. Dengan Anda melakukan endorse produk kepada selebgram, produk Anda akan dikenal lebih luas. Karena followers selebgram akan memperhatikan produk yang di-posting melalui akun selebgram tersebut. Dari sinilah biasanya Anda akan mendapatkan tambahan followers, like, dan order-an.

b. Hemat Biaya Pemasaran Produk

Anda tak perlu lagi menyiapkan dana pemasaran produk, Anda hanya perlu mencari selebgram yang berpotensi dan kira-kira cocok dengan produk Anda. Cara ini lebih menekan biaya dari pada harus mempromosikan lewat iklan lainnya. Misalnya televisi, radio, maupun media cetak seperti koran dan majalah.

Kelola bisnis trading dan distribusi secara efektif.

c. Peningkatan Order

Followers selebgram yang melihat postingan tersebut tentu juga melihat produk Anda. ini memberikan kesempatan besar untuk orang tertarik dengan produk Anda. Karena biasanya seorang public figure akan menjadi trendsetter  para fans-nya. Dengan demikian kemungkinan Anda mendapatkan peningkatan penjualan akan sangat tinggi.

Panduan Memilih Endorsement Sesuai Budget Promosi

Setelah Anda mengetahui keuntungan endorsement, jangan terburu-buru melakukannya. Perhatikan panduan berikut agar budget promosi Anda tidak membengkak.

a. Perhatikan Budget Promosi

Di awal membangun bisnis online jangan buru-buru menghabiskan dana Anda untuk endorse. Karena biaya endorse itu tidak murah, apalagi jika Anda memilih jasa artis sebagai endorser, Anda harus mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah.

Untuk awal memulai bisnis online, cobalah untuk menaikkan followers secara gratis atau dengan bantuan Instagram Ads. Meskipun tetap mengeluarkan uang saat split test tapi jumlahnya dapat ditekan semaksimal mungkin.

b. Tentukan Target Artis Endorse

Menentukan target artis endorse harus dilakukan dengan baik, jangan asal-asalan. Menentukan target endorse harus mewakili target pasar Anda. misalnya produk yang Anda jual adalah tote bag, maka target pasarnya adalah anak muda sehingga Anda harus memilih artis endorse yang memiliki latar belakang sama.

Jangan sampai Anda salah pilih artis endorse. Karena hal itu dapat membuat target pasar Anda tidak tepat sasaran.

c. Usahakan Endorse Secara Rutin

Endorsement lebih tepat sebagai media promosi atau proses branding produk Anda kepada masyarakat. Sebaiknya, endorsement dilakukan secara rutin, misalnya 2 minggu sekali atau paling tidak sebulan sekali. Dengan Anda sering endorse, maka semakin dikenal produk Anda di masyarakat.

Hal ini membuat Anda tidak perlu repot menyakinkan konsumen tentang bagusnya produk Anda.

Coba Fitur Aplikasi Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

d. Sediakan Dana untuk Endorsement

Perlunya pemisahan dana dalam bisnis itu perlu dilakukan. Mana yang masuk dana produksi, dana marketing, dan laba yang diperoleh. Tetapi tips ini sebaiknya dilakukan saat profit bisnis Anda sudah stabil.

e. Pastikan Stok yang Dimiliki Cukup

Persiapkan produk yang di endorse memiliki stok yang banyak. Karena biasanya konsumen menginginkan produk yang sama persis dengan apa yang dikenakan idolanya tersebut

f. Catat Penjualan dengan Jurnal

Hal terakhir yang harus Anda lakukan setelah melakukan endorsement adalah mencatat seluruh penjualan yang dihasilkan. Anda dapat melakukan pencatatan penjualan dengan software akuntansi online Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat mencatat seluruh transaksi bisnis, mulai dari penjualan, pembelian, hingga melihat seluruh daftar stok secara akurat, seperti pada fitur aplikasi stok barang sederhana.

Tidak hanya itu saja, namun Jurnal juga merupakan pendukung pembukuan online yang paling efektif untuk perusahaan Anda.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo