Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengunjungi kota Bandung. Keindahan dan keelokan kota Bandung ini memang telah memikat hati para jutaan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Bandung yang juga terkenal dengan sebutan kota kembang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Indonesia. Tidak heran, jika banyak pelaku bisnis yang mengembangkan usahanya di kota ini. Meskipun sudah ada banyak pebisnis yang tersebar di Bandung, tetapi peluangnya masih terbuka salah satunya adalah bisnis oleh-oleh. Berikut ini beberapa uraian tips sukses geluti bisnis oleh-oleh di Bandung yang perlu Anda coba.

Ide Bisnis Oleh-oleh Khas Bandung

Tips Sukses Geluti Bisnis Oleh-oleh di Kota Bandung 1. Peuyeum

Oleh-oleh peuyeum memang tidak sulit ditemukan di Bandung. Peuyeum atau yang umumnya disebut dengan tape ini memang sudah identik dengan kota Bandung sejak dulu. Biasanya, peuyeum ini digantung di depan kios sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengenali tempat yang menjual peuyeum. Peuyeum merupakan produk olahan dari singkong, yang proses pembuatannya cukup mudah. Singkong yang sudah dibersihkan kemudian direbus, lalu ditaburi ragi dan disimpan di tempat tertutup, dan bisa dinikmati 2 sampai 3 hari kemudian.

2. Oncom

Satu lagi oleh-oleh khas Bandung yang tidak boleh dilewatkan adalah oncom. Oleh-oleh tradisional ini merupakan produk olahan dari kacang yang telah difermentasi. Oncom dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat masakan lezat lainnya, seperti oncom goreng. Oncom Raos adalah salah satu tempat yang menyediakan produk olahan oncom yang berlokasi di Jalan Cihampelas 91 B. Tidak hanya oncom goreng, tempat yang sudah berdiri lebih dari 40 tahun ini juga menyediakan berbagai jenis oleh-oleh lainnya seperti aneka keripik, sale pisang dan juga manisan.

3. Pisang Bollen Kartika Sari

Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengunjungi tokonya yang berkantor pusat di Jalan H Akbar Nomor 4, Kebon Kawung. Pisang Bollen ini memang sangat populer di Bandung. Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini merupakan pelopor Pisang Bollen di Bandung yang telah populer sejak tahun 1970-an. Dan sampai saat ini masih menggunakan resep asli turun temurun, sehingga cita rasanya dijamin tidak akan berubah.

4. Picnic Roll Prima Rasa

Picnic Roll ini merupakan makanan dari olahan daging cincang yang sudah diberi bumbu, lalu dimasukkan ke kulit pastry bersama telur rebus, kemudian dipanggang sampai berwarna coklat. Rasanya tidak perlu diragukan lagi. Picnic Roll tersedia dalam dua varian yaitu daging sapi dan daging ayam. Semua pastry dan kue buatan Prima Rasa diproduksi dalam satu dapur yang terpusat di Jalan Kemuning. Tidak mengherankan jika kualitas rasa yang dihasilkan sama baiknya dan tidak mengecewakan penikmatnya.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Oleh-Oleh

Tips Sukses Geluti Bisnis Oleh-oleh di Kota Bandung

Bagi Anda yang tertarik menggeluti bisnis oleh-oleh di Bandung, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Tentukan Skala Prioritas Kebutuhan Bisnis

Keinginan untuk membuka bisnis oleh-oleh bisa saja terhambat jika Anda tidak memiliki modal yang cukup. Namun, jangan takut untuk memulai sebuah bisnis hanya karena masalah modal. Karena bisnis pertama tidak harus muluk-muluk dan bermodal besar. Jika Anda belum terlalu berpengalaman, maka mulailah bisnis yang sederhana untuk mengurangi risiko. Anda bisa menyiasatinya dengan cara membuat daftar kebutuhan kemudian mengklasifikasinya. Membuat skala prioritas bertujuan agar Anda mengetahui peralatan apa yang harus diprioritaskan. Misalnya, Anda ingin merintis usaha oleh-oleh berupa kue, maka kebutuhan peralatan seperti oven, mixer, loyang kue, spatula, dan lain sebagainya yang harus Anda prioritaskan. Dengan begitu, meskipun kemampuan finansial Anda kurang memadai, Anda tetap bisa mewujudkan impian menjadi culinary entrepreneur.

2. Temukan Ide Bisnis yang Menarik

Sudah ada banyak sekali oleh-oleh yang beredar di pasaran. Tetapi diantara semua itu, belum tentu menarik perhatian. Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan bisnis oleh-oleh, sebaiknya Anda menemukan ide menarik yang bisa membuat orang lain penasaran. Temukan ide yang berbeda dan unik sehingga orang lain tidak hanya merasa penasaran, tetapi mudah untuk mengingatnya.

3. Tentukan Jenis Kue yang Akan Diproduksi

Terdapat 2 jenis kue yang bisa Anda jadikan sebagai ladang bisnis, yaitu kue kering dan kue basah. Anda memang harus memilih dan menentukan jenis kue apa yang ingin Anda jalankan. Hal ini tergantung dari selera dan skill Anda, atau berdasarkan dengan melihat tren yang sedang terjadi sekarang. Jangan lupa untuk terus melakukan inovasi agar produk kue Anda terus diminati khalayak umum.

4. Lakukan Riset Produk

Hal ini memang sangat penting untuk dilakukan untuk mencari tahu varian atau rasa apa yang cocok untuk bisnis kue Anda.Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan survei secara langsung kepada orang lain. Atau bisa juga mencari informasi melalui internet tentang rasa kue apa yang paling banyak di senangi dan rasa kue apa yang sedang menjadi tren sekarang.

5. Berikan Tester Produk

Hal ini juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan feedback mengenai rasa dan kualitas kue secara langsung dari orang lain. Jangan sampai Anda sudah terlanjur mengeluarkan uang yang banyak untuk bisnis ini, namun pada akhirnya menjadi sia-sia, atau bahkan mengalami kebangkrutan karena Anda tidak melakukan tester produk terlebih dahulu.

6. Ciptakan Brand yang Unik

Branding memang sangat penting untuk jenis bisnis apapun. Brand bisa dikatakan sebuah identitas dari sebuah bisnis atau usaha. Brand yang dimaksud meliputi nama, tagline, ciri khas hingga kemasan. Dengan menciptakan brand yang unik dan berbeda, maka Anda akan lebih mudah dan lebih leluasa dalam memasarkan bisnis kue sehingga mudah diingat oleh masyarakat umum.

7. Lakukan Marketing Pemasaran Efektif

Anda harus membuat strategi marketing atau strategi pemasaran yang efektif. Di antara jenis pengeluaran bisnis yang pada umumnya memakan porsi paling besar adalah biaya untuk iklan promosi. Namun untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda tidak perlu memasang iklan di TV, koran, atau radio yang membutuhkan dana besar. Kehadiran media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda secara lebih murah dan bahkan gratis.

Selain melalui media sosial, bentuk promosi yang paling mudah untuk dilakukan adalah melalui teman-teman Anda. Ceritakan keunikan kue yang Anda jual baik dari segi rasa, bentuk hingga kemasannya. Selain itu, Anda juga bisa memberi sampel gratis kepada teman-teman, tetangga sekitar rumah, bahkan saudara-saudara Anda ketika sedang kumpul keluarga besar. Jika kue Anda memang enak, tentu saja mereka tidak akan ragu untuk mempromosikannya kepada orang lain baik dari mulut ke mulut atau menggunakan sosial media mereka sendiri.

Pastikan bahwa Anda mengelola keuangan bisnis secara baik dan benar. Apabila Anda merasa kerepotan, Jurnal dapat memberikan solusi terbaik. Jurnal menyediakan layanan software akuntansi secara online yang sangat cocok bagi para pebisnis UKM di Indonesia. Anda dapat mengakses dari mana dan kapan saja menggunakan koneksi internet. Lakukan daftar lalu login, dan Anda dapat mulai mengerjakan pembukuan secara lebih aman dan handal.

Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan sekaligus bisnis. Mulai dari membuat invoice, menagih pembayaran, mengelola utang piutang, mengelola persediaan dan stok barang, melakukan rekonsiliasi, hingga pengelolaan aset bisnis. Dapatkan informasi lebih lengkap dan fitur-fitur lain dari Jurnal hanya di sini!