Ada sebagian masyarakat yang sering mengikuti perkembangan dunia hiburan di Indonesia, sehingga mereka pasti melihat fenomena artis yang merambah ke dunia bisnis. Dengan memanfaatkan namanya yang sudah terkenal, tentu saja bisnis para artis tersebut menjadi lebih mudah laris manis. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bisnis, langsung intip peluang dan tips sukses bisnis oleh-oleh ala artis di bawah ini.

Peluang Bisnis Oleh-oleh ala Artis

Belajar Bisnis Oleh-oleh ala Artis di Indonesia yang Menggiurkan

  1. Manggo Tart, salah satu ide bisnis oleh-oleh yang menarik untuk dicoba. Indonesia memang sudah terkenal akan buah-buah tropisnya. Jadi, tidak ada salahnya Anda membuat oleh-oleh kue yang menggunakan buah-buahan tropis khas Indonesia seperti buah mangga. Salah satu ide memanfaatkan buah mangga untuk kue adalah menjadikannya sebagai topping di kue tart atau pie. Bentuknya yang cantik dapat dengan mudah menarik hati pembeli.
  2. Strawberry Meringue Cake, salah satu jenis kue yang satu ini mungkin memang  masih jarang ditemui di Indonesia. Meringue kue manis berasal dari Prancis, yang bisa menjadi ide bisnis Anda. Cara membuat meringue ini cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dan gula kasar. Untuk tampilan yang lebih menarik, tambahkan buah-buah segar atau topping lain seperti coklat atau cream.
  3. Bolu Vanila, dengan variasi berbeda yaitu berwarna-warni. Untuk menghasilkan sebuah kue bolu yang berbeda, Anda dapat mencampur adonan kue bolu dengan meses warna-warni. Dengan begitu, warna bolu yang menarik bisa menjadi oleh-oleh kekinian di kotamu.
  4. Kue Bolu Nanas, jika biasanya Anda menemukan nanas hanya di kue kering nastar, kini saatnya Anda mencoba untuk berkreasi. Kue bolu nanas bisa Anda jadikan sebagai kue kekinian yang digandrungi banyak orang.

Tips Menjalankan Bisnis Oleh-oleh ala Artis

Belajar Bisnis Oleh-oleh ala Artis di Indonesia yang MenggiurkanPotensi menjalankan bisnis oleh-oleh ala artis memang memang terbilang cukup menggiurkan. Apalagi oleh-oleh ala artis saat ini memang sedang naik daun. Jadi, jangan heran jika antrean yang panjang akan terlihat di setiap outletnya. Meskipun Anda tidak setenar artis-artis papan atas, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda pun dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis oleh-oleh. Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda terapkan:

1. Menggaet tokoh terkenal untuk melakukan promosi terhadap produk Anda

Misalnya, dengan cara endorse di media sosial atau cara yang lainnya. Dengan cara ini, maka calon konsumen akan lebih cepat mengenal produk yang ingin Anda tawarkan. Untuk melakukan endorsement atau promosi jenis ini, Anda akan membutuhkan biaya ekstra. Tetapi hal tersebut akan sepadan dengan hasilnya.

2. Melakukan kerjasama dengan travel agen agar mengarahkan para wisatawan ke outlet Anda

Cara ini perlu dicoba agar outlet oleh-oleh Anda lebih ramai pembeli. Karena, pada saat travel agen mengarahkan para wisatawan ke berbagai tempat wisata, ia juga dapat membawanya ke outlet oleh-oleh Anda.

3. Membuat produk oleh-oleh baru tanpa meninggalkan ciri khas daerah

Sebagai contoh, artis Teuku Wisnu yang tetap memegang ciri khas Malang yaitu apel, serta Hengky Kurniawan yang tetap memegang ciri khas Lampung yaitu pisang. Anda juga harus menentukan untuk memegang salah satu ciri khas daerah apa untuk diterapkan para produk oleh-oleh Anda.

4. Menyiapkan modal yang cukup untuk menjalankan bisnis oleh-oleh

Karena, memiliki modal yang pas-pasan hanya akan menghambat pergerakan bisnis Anda. Ketika seorang pebisnis hanya mengandalkan modal pribadi, maka seringkali ia tidak dapat mencukupi untuk membesarkan usaha. Solusinya, ketika mulai merasa kekurangan modal, sebaiknya pertimbangkan untuk mendapatkan pinjaman modal dari lembaga keuangan baik dengan atau tanpa jaminan. Namun sebelum mengajukan pinjaman tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan matang-matang dari sisi keuangan. Lihatlah proyeksi keuangan kedepan, apakah mampu untuk membayar cicilan pinjaman tiap bulannya atau tidak.

5. Menyewa jasa konsultan untuk branding yang lebih profesional

Pada saat Anda benar-benar ingin serius dalam membesarkan bisnis oleh-oleh, maka ada banyak aspek lain yang perlu diperhatikan misalnya kemasan serta logo. Itulah mengapa menyewa jasa konsultan menjadi penting untuk Anda lakukan.

6. Memilih lokasi outlet yang tepat dan menjamin dapat memberikan layanan yang ramah

Agar ramai pembeli, outlet oleh-oleh Anda memang sebaiknya berada di lokasi yang strategis. Meskipun harga sewa lokasi di tempat yang strategis terbilang lebih mahal, namun hal itu akan sebanding dengan kesuksesan bisnis Anda. Lokasi outlet yang sulit dijangkau oleh para calon pembeli, akan membuat bisnis cepat surut. Selain tempat yang strategis, hal penting lainnya adalah Anda harus memberikan pelayanan yang ramah agar para pembeli tidak sungkan untuk kembali lagi.

Kisaran Modal yang Diperlukan untuk Bisnis Kue

Belajar Bisnis Oleh-oleh ala Artis di Indonesia Yang Menggiurkan

Dalam menetapkan berapa kisaran modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kue, Anda harus menghitung berdasarkan harga bahan-bahan kue dan alat-alat yang diperlukan. Anda harus menyiapkan alat-alat masak berupa oven, tabung gas, hand mixer elektronik dan manual, timbangan digital, baskom untuk adonan kue, loyang kue, parutan keju, dan alat-alat pendukung lainnya. Untuk membeli berbagai alat-alat tersebut setidaknya Anda membutuhkan modal sekitar Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Lalu, Anda juga harus menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kue, seperti tepung terigu, telur, berbagai jenis keju, margarin, coklat, dan masih banyak lagi. Dalam sekali produksi skala kecil, setidaknya Anda membutuhkan modal untuk membeli bahan kue sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Maka dapat disimpulkan bahwa Anda membutuhkan modal awal dengan kisaran Rp 4,5 juta hingga Rp6 juta.

Ilustrasi di atas merupakan gambaran tentang modal saja. Biaya yang Anda butuhkan pada saat menjalankan sebuah bisnis oleh-oleh kue ala artis bisa lebih besar tergantung dari seberapa banyak Anda ingin memproduksi kue Anda. Selamat mencoba!

Jangan Takut Memulai Bisnis

Belajar Bisnis Oleh-oleh ala Artis di Indonesia Yang Menggiurkan

Untuk mantap dalam menjalankan bisnis, Anda memang harus mengerti dan memahami bisnis apa yang akan Anda geluti. Anda bisa memulai sebuah bisnis sambil mempelajarinya, atau lebih dikenal dengan istilah learning by doing. Pada saat menjalankan bisnis, Anda mungkin akan mendengar beberapa pendapat negatif dari orang-orang di sekitar yang bisa membuat Anda putus asa. Namun, jangan langsung menelan pendapat mereka mentah-mentah karena Anda harus bersikap kritis dalam menerima masukan. Untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses, Anda harus berani menghadapi risiko. Jika bisnis Anda mengalami kendala, bukan berarti bisnis Anda akan gagal. Anda justru dituntut untuk segera mengatasinya. Karena setiap kendala dan masalah yang Anda hadapi justru akan membuat bisnis Anda semakin kuat dan Anda pun semakin cerdas dalam mengelolanya.

Ternyata kesuksesan para artis di Indonesia di bidang bisnis oleh-oleh tidak hanya memanfaatkan namanya yang sudah terkenal. Namun para artis tersebut juga memiliki strategi bisnis dan pemasaran yang baik. Para artis tersebut pada umumnya mempromosikan bisnis oleh-oleh miliknya dengan kemasan yang tidak biasa dan unik. Anda tentu saja bisa meniru dan memodifikasi untuk bisnis pribadi Anda. Pastikan untuk mengelola bisnis secara baik dan benar agar bisnis Anda terus maju dan berkembang.

Jurnal sebagai software akuntansi online menawarkan bantuan bagi Anda yang ingin mengelola keuangan bisnis secara mudah dan andal. Jurnal juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya mengelola stok barang dan menghitung persedian berserta harga pokok penjualan. Bukan hanya itu, Jurnal juga dapat membantu Anda membuat pembukuan dan laporan keuangan lebih cepat, aman, dan nyaman. Untuk mengetahui fitur lainnya, silakan cek di sini! Dan daftar sekarang juga untuk dapatkan free trial 14 hari di sini.